Sinopsis dan Review The Veil, Kembalinya Agen BIN yang Hilang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Veil
3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Nama Namgoong Min seperti jaminan mutu di industri hiburan Korea Selatan. Kualitas aktingnya sejauh ini sudah diganjar oleh banyak nominasi dan penghargaan. Dinobatkan sebagai Best Actor dalam berbagai ajang sudah bukan hal mengherankan. Tahun 2021 ini, Namgoong Min kembali terlibat dalam pembuatan drama. Drama terbarunya ini merupakan karya orisinal dari Park Seok Ho; pemenang MBC Drama Screenplay Contest 2018 lalu.

The Veil (2021) yang disutradarai oleh Kim Sung Yong mendapuknya sebagai tokoh utama bernama Han Ji Hyuk. Dia adalah mantan agen BIN yang sempat dinyatakan meninggal tapi kemudian kembali ditemukan. Kemunculannya membawa rahasia dan teka-teki, bahkan bagi dirinya sendiri. Seperti apa lengkapnya drama terbaru dari Namgoong Min ini? Simak ulasannya berikut ini!

  • Tahun Rilis: September 2021
  • Genre: Spy, Action
  • Produksi: MBC, 3Mana Creativa, Ateod Co. Ltd
  • Sutradara: Kim Sung Yong
  • Pemeran: Namgoong Min, Park Ha Sun, Kim Ji Eun, Jang Young Nam
  • Jumlah Episode: 12

Sinopsis

Han Ji Hyuk ditugaskan bersama dua rekannya. Dalam penugasan tersebut dua rekannya tewas sedangkan JI Hyuk dinyatakan hilang, tak lama ikut dinyatakan meninggal dunia. Satu tahun kemudian, polisi air menemukan Han Ji Hyuk berada di kapal yang beroperasi untuk penjualan organ manusia. Kemunculannya menimbulkan kehebohan di kalangan petinggi dan rekan-rekannya. Berikut sinopsis dan review The Veil (2021) episode 1 untuk lebih jelasnya.

Episode 1

Episode 1 The Veil

Di sebuah kapal yang beroperasi untuk bisnis jual beli organ manusia, Han Ji Hyuk menyelamatkan gadis cilik yang hendak dibawa pergi oleh para pelaku. Tak lama polisi air datang dan mengidentifikasinya. Badan Intelijen Nasional kaget karena Han Ji Hyuk, agen mereka yang dinyatakan meninggal, masih hidup. BIN lalu bergerak memulangkannya.

Heukyang, tim agen elit di bawah Biro Intelijen Asing, adalah gugus tugas rahasia bentukan BIN. Han Ji Hyuk merupakan agen lapangan terbaik Heukyang yang berhasil mengeksekusi beberapa target atau proyek BIN di luar negeri. Han Ji Hyuk menghilang tanpa jejak tahun lalu ketika bekerja menyelidiki tiga agen BIN yang tewas dibunuh saat mereka ditugaskan di China dan Korea Utara.

Setelah diselidiki, ternyata mereka berurusan dengan kartel narkoba yang mengedarkan barang tersebut ke Korea Utara. Saat hampir selesai melakukan tugasnya, dua anggota Heukyang dan Han Ji Hyuk hilang kemudian dinyatakan meninggal. Kemunculan Han Ji Hyuk memunculkan kehebohan di kalangan petinggi.

Setelah diperiksa, ditemukan bahwa luka-luka di tubuh Ji Hyuk disebabkan oleh penyekapan dan penyiksaan dalam waktu lama. Dalam darahnya terdapat banyak zat neurokimia. Di antara zat neurokimia itu terdapat ZIP yang dapat menghapus ingatan. Peneliti menyebutkan bahwa kemungkinan ada seseorang yang sengaja menyuntikkan zat tersebut untuk membuat Ji Hyuk hilang ingatan. Dia tidak ingat apa pun selama setahun terakhir.

Disaksikan Do Jin Sook dan Kang Pil Ho atasannya di BIN, Ji Hyuk menjalani tes kebohongan. Han Ji Hyuk tersinggung dengan pertanyaan yang seolah mencurigainya terlibat dalam kematian dua agen BIN lain yang bertugas bersama setahun lalu. Han Ji Hyuk berontak dan mengamuk. Hasil wawancara menyatakan bahwa Ji Hyuk tidak berbohong.

Kemunculan Ji Hyuk kembali diiringi rumor bahwa dia adalah orang yang merilis daftar agen BIN setahun lalu. Di sisi lain dia adalah orang yang bisa menyelamatkan BIN. Do Jin Sook meminta Kang Pil Ho, bawahannya, untuk segera memulihkan ingatan Han Ji Hyuk. Pil Ho sebagai perekrut Ji Hyuk, keberatan karena terlalu cepat. Do Jin Sook sendiri meragukan apakah Ji Hyuk benar-benar hilang ingatan atau tidak.

Pil Ho meminta Ji Hyuk dibebaskan dari segala pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan perintah atasan. Namun dokter tidak menyetujui itu karena Ji Hyuk sesungguhnya mengalami PTSD; keadaannya belum memungkinkan. Hari itu Ji Hyuk kembali bertemu dengan rekannya di BIN, Soo Yeon.

Dia adalah pasangan Oh Kyung Seok, rekan Ji Hyu yang tewas dalam tugas. Han Ji Hyuk ingat Soo Yeon sempat berselingkuh dari Kyung Seok. Ji Hyuk mencurigai Soo Yeon terlibat dalam peristiwa setahun lalu karena ketika Ji Hyuk mengirim kontak dia ada di markas bersama Ha Dong Kyun. Han Ji Hyuk bertekad menemukan orang di balik kematian dua rekannya.

Untuk sementara Ji Hyuk ditugaskan di Pusat Informasi Kejahatan sebagian bagian dari tim dukungan di bawah pimpinan Ha Dong Kyun. Ji Hyuk baru dapat turun bertugas ketika mereka meminta bantuannya. Lelaki itu bersedia dengan syarat setelah melakukan tugas, dia dibiarkan menyelidiki kejadian yang menimpa dua rekannya seorang diri.

Han Ji Hyuk mendapat rekan kerja baru. Dia seorang gadis pintar bernama Yoo Je Yi yang merupakan kelulusan KAIST dengan gelar di bidang Kimia. Dia bergabung dengan organisasi di usianya yang ke 21. Selama 7 tahun bekerja di tim pemprosesan data, Ye Ji mendapat evaluasi baik dari atasan dan rekan-rekan. Terbiasa kerja di belakang meja, bisakah Ye Ji bekerja di lapangan bersama Ji Hyuk?

Menemui Ha Dong Kyun, rupanya dia pun meragukan apakah Ji Hyuk benar-benar kehilangan ingatannya atau tidak. Dong Kyun juga membicarakan soal Soo Yeon yang berubah setelah peristiwa itu. Untuk pertama kalinya Ji Hyuk dipertemukan dengan Ye Ji sebagai satu tim. Pulang ke apartemennya, Ji Hyuk mendapat kode misterius berisi sebuah petunjuk yang malah membuatnya semakin bingung.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram