bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis The Usual Suspect, Penuh dengan Plot Twist

Written by Sri Sulistiyani - Updated on 17 Oktober 2021

Tak lengkap rasanya jika menyebut film-film dengan plot twist terbaik tanpa memasukkan judul The Usual Suspect. Meski sudah dirilis sejak tahun 1995 lalu, film The Usual Suspect masih menjadi salah satu film dengan plot twist terbaik hingga saat ini. Di film ini, kamu tidak akan bisa menebak bagaimana jalan ceritanya sampai film ini selesai.

Berikut review dan sinopsis film The Usual Suspect, film penuh plot twist yang mengisahkan tentang kriminal legendaris Keyser Soze.

Sinopsis

Review & Sinopsis The Usual Suspect, Penuh dengan Plot Twist 1
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Crime /Thriller
  • Produksi: PolyGram Filmed Entertainment / Gramercy Pictures
  • Sutradara: Bryan Singer
  • Pemeran: Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, Kevin Spacey

Film The Usual Suspect yang berdurasi 108 menit ini dimulai dengan adegan saat seseorang yang membakar dan menembak seorang pria. Lalu terlihat bahwa kejadian itu terjadi di dek sebuah kapal di pelabuhan dan terkait dengan proses jual beli narkoba.

Nama pria yang tertembak itu adalah Dean Keaton. Kasus ini kemudian ditangani Dave Kujan dari kepabeanan USA dan Jack Baer dari FBI. Kujan dan Baer kemudian melakukan interogasi dengan dua korban selamat di kapal tersebut, Roger “Verbal” Kint dan Arkosh Kovash yang terkena luka parah dan harus diinterogasi di rumah sakit.

Dalam kondisi kritis, Kovash menyebut nama Keyser Soze, seorang kriminal legendaris dan menjadi mitos yang cukup ditakuti. Baer pun meminta Kovash memberikan ciri-ciri detail untuk pembuatan sketsa.

Sementara itu, Kujan berusaha menginterogasi Verbal Kint yang menurutnya menyembunyikan sesuatu dan memberi kesaksian yang tak meyakinkan. Verbal Kint pun mengawali ceritanya saat ia dan empat orang kriminal lain, Keaton, Michael McManus, Fred Fenster, dan Todd Hockney bertemu sebagai tahanan di penjara atas tuduhan pembajakan kendaraan.

Polisi tak cukup memiliki bukti sehingga mereka hanya ditahan semalam saja. Namun malam itu mereka membuat kesepakatan mengenai kerja sama kriminal. Mereka lalu mendapat tawaran pekerjaan dari Kobayashi. Namun tawaran itu rupanya hanya jebakan agar geng tersebut mau menerima pekerjaan dari bosnya, Keyser Soze, penjahat ulung yang keberadaannya adalah mitos.

Apabila mereka berhasil, mereka akan mendapat imbalan. Apabila mereka menolak atau kabur, Keyser Soze yang sangat berkuasa dan tahu segalanya bisa memburu dan menghabisi mereka. Keyser Soze pun sudah mengetahui seluk beluk kehidupan mereka berlima. Salah satu anggota, Fenster, mencoba kabur dan ia pun tewas dibunuh Kobayashi.

Keempat penjahat yang tersisa terpaksa melakukan tugas mereka, menggagalkan transaksi jual beli narkoba dari penjahat Argentina saingan Keyser Soze. Mereka pun membagi tugas. Hockney menangani perampokan uang pada transaksi tersebut, Keaton dan Mcmanus membunuh para penjual dan pembeli narkoba.

Verbal bertugas membawa uang transaksi pada Edie, pengacara yang juga kekasih Keaton untuk berjaga-jaga. Awalnya misi tersebut berjalan lancar, namun Keaton dan McManus tak kunjung menemukan narkoba yang dimaksud.

Keaton yang mulai kebingungan justru melihat Hockney dan McManus tewas. Ia dan salah satu geng Argentina, Kovash, kemudian ditembak oleh orang tak dikenal.

Orang tak dikenal itu mulai membakar kapal. Adegan pun kembali pada adegan di awal film, lalu Verbal menyelesaikan ceritanya. Mendengar cerita Verbal, Kujan menyangka jika Keyser Soze adalah Keaton. Ia pun membebaskan Verbal. Di saat yang sama, sketsa wajah Keyser Soze yang diungkap Kovash selesai dibuat.

Kujan yang masih mengamati bukti-bukti kasus itu kemudian tersadar sesuatu. Ia menyadari bahwa ia baru saja melepas Keyser Soze yang selama ini ia cari. Di waktu yang sama, Baer melihat hasil sketsa yang mengungkap bahwa sosok Keyser Soze adalah Verbal. Di luar, Verbal alias Keyser Soze asli telah dijemput dengan mobilnya dan kembali bebas.

Alur Cerita Maju Mundur yang penuh Kejutan

Review & Sinopsis The Usual Suspect, Penuh dengan Plot Twist 3

Alur cerita yang digunakan dalam film The Usual Suspect menggunakan alur maju mundur sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dan juga kejutan. Adegan yang dimunculkan di awal film rupanya merupakan adegan klimaks yang akan kembali dimunculkan di akhir film. Adegan yang mulanya berupa teka-teki di awal pun menjadi semakin jelas saat sampai di akhir cerita.

Di sepanjang film ini, penonton juga akan dikejutkan dengan banyaknya plot twist yang terjadi. Seperti yang sudah disebutkan di awal, film The Usual Suspect masih menjadi salah satu film dengan plot twist terbaik. Sepanjang film ini, penonton juga seolah diajak untuk ikut menebak mengenai siapakah sosok Keyser Soze sebenarnya.

Meski terkesan penuh kejutan, sebenarnya pembuat film ini telah menyelipkan informasi-informasi yang yang berkaitan dengan sosok Keyser Soze ini. Jadi, pastikan kamu benar-benar memperhatikan dengan detail adegan demi adegan saat menonton film The Usual Suspect ini ya!

Baca juga: Film Terbaik yang Ceritanya Mirip Sherlock Holmes

Penuh Adegan Aksi yang Seru dan Menegangkan

Review & Sinopsis The Usual Suspect, Penuh dengan Plot Twist 5

Selain menyajikan cerita yang tak terduga dan penuh kejutan, film The Usual Suspect juga menyajikan banyak adegan aksi yang seru dari para pemerannya. Karakter lima penjahat yang bergabung untuk menyelesaikan misi dari Keyser Soze ini menampilkan banyak adegan pertarungan yang cukup menegangkan.

Tak hanya adegan pertarungan, berbagai efek seperti ledakan dan kebakaran juga terlihat sangat menegangkan dan cukup canggih untuk ukuran film yang diproduksi pada tahun 90-an. Teknik sinematografi yang banyak menyajikan shot-shot cepat di berbagai adegan aksi pun semakin menambah keseruan film The Usual Suspect ini.

Karakter Verbal Kint yang Tak Bisa Ditebak

Review & Sinopsis The Usual Suspect, Penuh dengan Plot Twist 7

Sosok Verbal Kint yang diperankan oleh Kevin Spacey cukup menjadi karakter yang menarik perhatian di The Usual Suspect ini. Di awal film, Kevin Spacey begitu mahir memerankan tokoh Verbal yang seolah memiliki gangguan berbicara dan selalu gagap dalam membalas lawan bicaranya. Ia juga tampak seperti sosok yang paling lemah dibanding dengan empat penjahat lainnya.

Namun sejak awal film, karakter Verbal yang seolah begitu lemah ini menjadi sosok yang menarik untuk dicurigai. Penonton pun seolah ikut diajak untuk menyelidiki mengenai apa yang disembunyikan oleh karakter ini. Hingga akhirnya teka-teki tersebut pun terjawab di akhir film saat sosok Verbal terungkap sebagai Keyser Soze.

Saat Kujan mengetahui hal tersebut, Verbal yang sudah keluar dari kantor detektif seolah menunjukkan aura yang lain. Karakternya seolah berubah menjadi sosok Keyser Soze yang begitu disegani dan ditakuti. Akting yang bagus dari Kevin Spacey membuat karakter Verbal Kint ini benar-benar menjadi karakter yang tak bisa ditebak pemikirannya di sepanjang film.

Itulah review dan sinopsis film The Usual Suspect yang akan membuatmu kaget dengan semua plot twist dan kejutan yang tersaji dalam filmnya. Apalah kamu sudah selesai menonton film ini? Bisakah kamu menebak sejak awal sosok Keyser Soze yang asli? Atau kamu juga tertipu seperti Kujan dan semua orang di film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

The Usual Suspects
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram