bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 21 September 2021

Sosok vampir yang mulanya identik dengan sosok yang kejam dan menyeramkan tampaknya berubah setelah munculnya sosok Edward Cullen. Pada The Twilight Saga, Edward Cullen diceritakan sebagai sosok vampir tampan yang mampu mencuri hati seorang gadis manusia bernama Bella hingga akhirnya mereka menjadi sebuah keluarga.

Rangkaian The Twilight Saga terbagi dalam lima judul film dan diawali dengan The Twilight Saga atau Twilight. Pada sekuel film pertama ini, Bella akan bertemu pertama kali dengan Edward, sosok vampir yang membuatnya jatuh cinta hingga rela memberikan segalanya. Bagi kamu yang belum menonton film ini, berikut sinopsis dan review-nya.  

Sinopsis

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 1Sumber: letterboxd.com
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Romance / Fantasy
  • Produksi: Summit Entertainment
  • Sutradara: Catherine Hardwicke
  • Pemeran: Robert Pattinson, Kristen Stewart, Billy Burke, Peter Facinelli

The Twilight Saga atau Twilight menjadi film pertama dari rangkaian Universe The Twilight Saga. Film ini diadaptasi dari novel best seller berjudul Twilight karya Stephenie Meyer. Kisah dalam film ini bermula ketika Bella Swan baru pindah ke sekolah barunya di kota kecil bernama Forks. Sebelumnya, Bella dan keluarganya tinggal di Arizona, Amerika Serikat.

Bella pindah ke kota Forks bersama sang ayah, Charlie Swan yang bekerja sebagai kepala kepolisian di wilayah tersebut. Di Forks, Bella juga bertemu dengan teman lamanya, Jacob, yang berasal dari suku Quileute. Saat masuk ke sekolah barunya, Bella sangat penasaran dengan anak-anak keluarga Cullen yang juga belajar di sekolah tersebut.

Anak-anak keluarga Cullen memiliki sikap yang begitu dingin dan misterius. Kabar di sekolah juga menyebutkan bahwa mereka adalah keturunan vampir. Bella yang penasaran kemudian mencoba berinteraksi dengan Edward Cullen saat mereka duduk bersebelahan. Namun Edward justru menjauhi Bella bahkan sempat tidak masuk sekolah selama satu minggu.

Setelah itu, Edward kembali ke sekolah dan bersikap seolah tidak terjadi apa-apa. Hal aneh pun mulai dialami oleh Bella, salah satunya saat Edward berhasil menolongnya saat hendak tertabrak van. Sejak saat itu, Bella berkesimpulan bahwa Edward memiliki kekuatan layaknya vampir. Saat ia menanyakan hal tersebut pada Edward, Edward pun tak mengelaknya.

Meski begitu, Edward mengaku bahwa keluarganya tidaklah seperti vampir lain yang menghisap darah manusia. Keluarga Cullen rupanya hanya menghisap darah binatang. Edward pun mulai memperkenalkan Bella pada keluarganya. Seiring berjalannya waktu, Bella dan Edward mulai jatuh cinta semakin dalam.

Namun kebahagiaan mereka tiba-tiba terganggu saat tiga vampir nomaden mendatangi Folks dan mencium bau darah Bella di kediaman keluarga Cullen. Salah satu vampir tersebut, James, hampir berhasil membunuh Bella. Namun hal tersebut dicegah oleh Edward, Alice, Emmet, dan Jasper. Bella pun berhasil selamat sebelum berubah menjadi vampir.

Pada pesta perpisahan sekolah, Bella dan Edward berdansa dengan romantis. Di momen tersebut, Bella yang sudah begitu mencintai Edward meminta kekasihnya tersebut untuk mengubahnya menjadi vampir. Namun Edward menolak permintaan Bella tersebut. Di kejauhan, vampir bernama Victoria yang merupakan pasangan James memandang mereka dan menunggu untuk membalas dendam.

Kisah Fantasi yang Menarik

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 3Sumber: imdb.com

Para penggemar film fantasi tentu setuju jika film ini merupakan salah satu film bergenre fantasi dengan kisah yang menarik. Film ini mengangkat tema fantasi yang baru dan berbeda, yaitu tentang kisah cinta vampir dan manusia. Ada banyak cerita atau adegan dalam film yang tampaknya tak pernah terpikirkan sebelumnya namun berhasil divisualisasikan dengan baik dalam film ini.

Film ini berhasil menyajikan banyak kisah baru, mulai dari bagaimana penggambaran sosok vampir yang hidup dan bergaul di dunia modern serta bagaimana para vampir tersebut bisa memiliki perasaan cinta terhadap manusia.

Baca juga: Inilah Urutan yang Benar saat Menonton Film Twilight Saga!

Salah Satu Film Romantis Sepanjang Masa

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 5Sumber: alternateending.com

Film Twilight dan seluruh film dalam Universe The Twilight Saga memang bisa disebut sebagai salah satu film romantis sepanjang masa. Setelah 10 tahun lebih berlalu, kisah cinta antara Bella Swan dan Edward Cullen ini masih sering diperbincangkan. Sosok Edward dan Bella juga menjadi salah satu pasangan ikonik dalam sebuah film.

Chemistry yang terjalin antara Kristen Stewart dan Robert Pattinson memang membuat kisah cinta antara Edward dan Bella menjadi lebih hidup. Bahkan, pasangan bintang film ini sempat terlibat cinta lokasi dan menjalin hubungan di dunia nyata. Meski akhirnya harus berpisah, keduanya tetap dikenal dengan begitu ikonik sebagai pasangan romantis Edward dan Bella.

Film Pembuka yang Sukses Menarik Perhatian

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 7Sumber: aceshowbiz.com

Film Twilight atau The Twilight Saga yang rilis pada tahun 2008 merupakan sekuel pertama yang menjadi film pembuka dari rangkaian film selanjutnya. Film ini barulah film permulaan yang mengisahkan tentang pertemuan pertama Bella dengan Edward yang merupakan sosok vampir. Sekuel pertama ini pun menjadi film yang sukses menarik perhatian.

Menyusul kesuksesan novelnya, film ini pun sukses menjadi film box office di tahun tersebut dan juga menjadi film yang mengangkat popularitas Kristen Stewart dan Robert Pattinson. Twilight juga berhasil menarik perhatian para pecinta film untuk terus mengikuti sekuel-sekuel film selanjutnya yang terdiri empat judul film.

Setelah menonton film pertamanya ini, kamu bisa lanjut menyaksikan kisah cinta Edward dan Bella dalam film The Twilight Saga: New Moon, The Twilight Saga: Eclipse, The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1, dan The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2.

Cerita Vampir yang Tidak Biasa

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 9Sumber: cheatsheet.com

Hal yang paling diingat dari para pentontonnya tentang film Twilight atau The Twilight Saga adalah penggambaran karakter vampir yang diperlihatkan dalam sosok Edward Cullen. Sebelum film ini sukses di pasaran, penggambaran vampir umumnya akan ditampilkan sebagai sosok hantu seram dan mengerikan dengan tampilan mistis dan siap untuk membunuh manusia.

Namun gambaran mengenai sosok vampir itu terpatahkan dengan sosok Edward Cullen yang diperankan oleh Robert Pattinson. Edward Cullen kemudian menjadi karakter yang begitu ikonik tentang sosok vampir paling tampan yang pernah ada. Begitu pula dengan gambaran karakter para vampir dari keluarga Cullen yang lain yang selalu tampil modis dan bergaya.

Efek Visual yang Keren

Review & Sinopsis The Twilight Saga, Cinta Vampir & Manusia 11

Selain jalan cerita yang romantis, film ini juga memiliki efek visual yang keren dan sangat khas, baik dari segi tone warna hingga efek-efek lain yang digunakan. Pada film ini, kita bisa melihat visualisasi Kota Forks dengan gambaran yang sangat khas dan tampak berbeda dengan visualisasi kota-kota di film lain, misalnya saja dari nuansa warna yang digunakan saat memperlihatkan kota tersebut.

Film ini juga banyak menyajikan efek-efek visual yang semakin mendukung jalan cerita. Penonton akan melihat bagaimana para vampir-vampir tersebut menjalani kehidupannya dengan meloncat dari satu tempat ke tempat lainnya atau pertarungan antara vampir dengan efek visual yang mengagumkan.

Itulah review dan sinopsis dari The Twilight Saga atau Twilight, film pertama yang menjadi cerita pembuka mengenai kisah cinta Edward dan Bella. Film ini hanyalah permulaan, karena pada sekuel-sekuel selanjutnya Universe The Twilight Saga, kamu bisa menyaksikan kisah cinta yang lebih seru antara pasangan vampir dan manusia ini.

Apakah kamu sudah menonton film ini? Apa hal yang paling berkesan untukmu setelah menontonnya? Ceritakan di kolom komentar ya!

The Twilight Saga
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram