bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis The Tourist (2010), Film Johnny Depp

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 10 September 2021

Film The Tourist adalah sebuah remake dari film asal Perancis tahun 2005 yang berjudul Anthony Zimmer. Film ini didanai, dan diproduksi oleh Gk Films, bekerjasama dengan Sony Pictures Worldwide Acquisitions, yang merilisnya di beberapa negara melalui Columbia Pictures.

Total biaya pembuatan film The Tourist mencapai 100 juta dollar, dan film ini pada akhirnya meraup 278 juta dollar di box office seluruh dunia.

Meskipun mendapat sambutan negatif dari para kritikus, The Tourist dinominasikan untuk tiga Golden Globes Award, yakni Best Musical or Comedy, Actor Musical or Comedy (Johnny Depp), dan Actress Musical or Comedy (Angelina Jolie).

Nominasi tersebut lalu memicu perdebatan karena film ini memiliki genre romantic thriller, namun malah dikategorikan ke dalam bagian dari komedi serta musikal.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Romantic, Thriller
  • Rumah produksi: Columbia Pictures, GK Films, Spyglass Entertainment, dan StudioCanal
  • Sutradara: Florian Henckel von Donnersmarck
  • Pemeran Utama: Angelina Jolie, Johnny Depp, Paul Bettany, Timothy Dalton

Elise Clifton-Ward adalah seorang wanita berkebangsaan Inggris, yang sekarang sedang dibuntuti oleh polisi Perancis atas arahan Inspektur John Acheson. Sang Inspektur ternyata telah memburu kekasih Elise bernama Alexander Pearce, selama bertahun-tahun karena memiliki hutang pajak sebesar 744 juta poundsterling.

Acheson juga meyakini jika Pearce saat ini telah menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Di suatu kafe di Kota Paris, Elise lalu mendapatkan sebuah catatan dari Pearce, yang menyuruhnya untuk pegi ke Venesia, Italia. Elise kemudian menggandeng seorang pria asing bernama Frank Tupelo, yang diketahui sebagai guru matematika dari community college di Wisconsin.

Elise secara sengaja memilih pria tersebut agar para polisi yang sedang membuntutinya percaya jika dia adalah Pearce. Elise selanjutnya membakar catatan itu, dan berhasil menghindari polisi dengan naik kereta. Akan tetapi, Acheson bisa menemukan sedikit informasi tentang rencana yang dilakukan oleh Pearce dari sisa-sisa catatan yang dibakar itu.

Di lain sisi, seorang mafia bernama Reginald Shaw, yang juga tengah mengincar Pearce, rupanya ikut mengetahui rencana dari dirinya. Ia pun segera bergegas pergi ke Kota Venesia, Italia. Sementara itu, Elise lalu mengundang Frank untuk tinggal bersamanya di Hotel Danieli di Venesia. Pearce kemudian   memberikan instruksi kepada Elise untuk menghadiri pesta.

Elise selanjutnya meninggalkan Frank, yang kini dikejar oleh anak buah Shaw. Saat mencoba melarikan diri, Frank ditahan oleh polisi Italia. Seorang inspektur korup kemudian berusaha menyerahkannya kepada anak buah Shaw. Tapi, Elise secara cepat mampu menyelamatkan Frank sebelum dia diserahkan kepada Shaw.

Singkat cerita, Elise sebenarnya adalah seorang agen Scotland Yard, yang sedang diskors karena dicurigai memiliki hubungan dengan Pearce. Ia lalu melakukan penyamaran, dan setuju berpartisipasi dalam operasi tangkap tangan untuk membawa Pearce ke pengadilan.

Saat berada di pesta dansa, seorang pria lalu meletakkan amplop di atas mejanya Elise, dan ia pun langsung menghilang di kerumunan. Lewat amplop tersebut, Elise lalu berusaha menemukan Pearce dengan mencari pria itu. Namun, pergerakan Elise dihentikan oleh Frank, yang mengaku mencintainya dan mengundangnya untuk menari.

Polisi dengan sigap datang di pesta tersebut dan membawa Frank ke dalam tahanan. Elise kemudian membaca catatan dari amplop itu, dan langsung pergi dengan kapalnya. Shaw, yang mengetahui jejak Elise, langsung dengan cepat membuntutinya. Sementara itu, Acheson dan para polisi juga mengikuti mereka untuk menemukan keberadaan Pearce.

Proses Produksi Tidak Berjalan Mulus

Proses Produksi Tidak Berjalan Mulus

The Tourist awalnya digadang-gadang bakal menjadi salah satu film terlaris, dan terbaik sepanjang tahun 2010 lalu. Namun nyatanya, film ini mendapatkan ulasan yang kurang baik dari kritikus hingga penonton, walaupun telah menghadirkan pemain papan atas Hollywood seperti Angelina Jolie (Elise Clifton-Ward), Johnny Depp (Alexander Pearce/Frank Tupelo) hingga Paul Bettany (Inspektur John Acheson).

Beberapa situs penilai film yang kredibel pun memberikan rating, dan nilai yang tidak memuaskan kepada film garapan Florian Henckel von Donnersmarck ini. Salah satu Situs aggregator film paling terkenal, Rotten Tomatoes, tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan rating 20% berdasarkan 169 ulasan, dan nilai 4.33/10 kepada film ini.

Di sisi lain, para penonton, yang disurvei oleh CinemaScore memberikan film The Tourist nilai rata-rata “B” pada skal A+ hingga F. Sementara itu, Metacritic terhadap film ini memiliki skor 37/100 berdasarkan 37 kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan."

Selain mendapatkan ulasan yang beragam, dan cenderung kurang memuaskan, proses produksi dalam The Tourist juga kurang berjalan dengan mulus. Projek film ini mengalami sejumlah perubahan nama sutradara, dan pemainnya. Awalnya, The Tourist akan digarap oleh Lasse Hallstrom sebagai sutradaranya, lalu aktris Charlize Theron menjadi pemeran utamanya.

Akan tetapi, Hallstrom tidak bisa ikut bergabung untuk membuat film ini. Selanjutnya, Bharat Nalluri kemudian dipilih sebagai sutradaranya, begitu pula aktor Tom Cruise, yang kemudian direncanakan bakal terlibat namun digantikan oleh Sam Worthington.

Angelina Jolie kemudian sepakat menggantikan peran Charlize Theron, beserta dengan Florian Henckel von Donnersmarck sebagai sutradara baru. Di tengah-tengah pra-produksi, Henckel von Donnersmarck, dan Worthington keluar dari projek film ini karena adanya perbedaan visi kreatif yang akan dijalankan.

Setelah mengalami proses yang rumit, akhirnya Henckel von Donnersmarck kembali lagi ke projek film The Tourist, dan ia juga menulis skenario filmnya beserta Christopher McQuarrie dan Julian Fellowes. Ia lalu berada di bangku sutradaranya secara resmi dengan nama aktor papan atas Johnny Depp sebagai duet utama untuk Jolie.

Kurang Memuaskan

Kurang Memuaskan

Film The Tourist dirasa kurang memuaskan karena tidak mendapatkan respon positif dari kritikus, dan penonton. Namun, film ini sebenarnya masih memiliki aura positif dengan adanya Jolie, dan Deep, sebagai pemain utamanya.

Keduanya memang tidak bisa disalahkan atas kegagalan film yang satu ini, kurang mulusnya proses produksi bisa menjadi salah satu alasan buruknya kinerja The Tourist di box office. Film yang berdurasi 1 jam 43 menit ini terkesan mempunyai alur yang lambat dengan jalan cerita yang begitu saja.

Narasi yang disajikan oleh film ini cenderung kurang bisa dinikmati secara maksimal. Tapi, jika dilihat dari para pemainnya, khususnya Jolie, dan Deep, keduanya masih dibilang tetap berakting totalitas. The Tourist juga sebenarnya memiliki kekuatan lain yakni keindahan Kota Paris di Perancis, dan Kota Venesia, Italia, yang keduanya menjadi latar tempat dalam film ini.

Namun sayangnya, Florian Henckel von Donnersmarck tidak terlalu mengeksplorasi bagian tersebut, dan menjadikannya hanya terlihat beberapa saat saja. Selain itu, genre romantic thriller yang coba diusung oleh film ini tidak benar-benar dikoreografikan secara solid.

The Tourist tidak terlalu banyak menampilkan adegan action yang menarik perhatian, dan pada akhirnya adegan tersebut menjadi hambar. Skenario yang ditulis oleh Florian Henckel von Donnersmarck, Christopher McQuarrie, dan Julian Fellowes, tampaknya tidak terlalu kuat sehingga jalan cerita yang disuguhkan masih kurang memikat.

Kurang Spesial dan Biasa Saja

Kurang Spesial dan Biasa Saja

Terlepas penilaian buruk yang diberikan oleh situs ulasan film terkemuka, para penonton juga tentunya memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap film ini.

Jika kita menghiraukan apa yang diberikan oleh Rotten Tomatoes serta Metacritic, The Tourist hanyalah film hiburan yang biasa saja, dan kebetulan juga film ini memiliki nama papan atas seperti Angelina Jolie dan Johnny Depp sebagai daya tarik utamanya.

Namun, jika bagi yang memang mengidolakan Jolie, dan Deep, menonton film ini bukanlah sesuatu yang merugikan karena setidaknya masih bisa melihat totalitas dari mereka. Sebagai sebuah film besar yang berpotensi sukses, The Tourist pun tak lebih hanya menjadi film yang tidak spesial. Film ini tidak memberikan kehangatan seperti yang selalu diberikan oleh Jolie, dan Depp di film-filmnya yang lain.

Apakah film ini memang kurang memuaskan seperti ulasan yang diberikan oleh beberapa situs kritikus film ternama, ataukah ternyata The Tourist masih layak untuk ditonton? jawaban tersebut tentunya bisa kalian maknai secara pribadi dengan menontonnya karena saat ini The Tourist ditayangkan pada layanan streaming di Netflix.

The Tourist
Rating: 
3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram