Sinopsis & Review The Terminal, Terjebak di Bandara

Ditulis oleh Siti Hasanah
The Terminal
4.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kalian penggemar Tom Hanks? Berarti film yang berjudul The Terminal ini tidak boleh dilewatkan. Akting Tom Hanks dalam film ini disebut-sebut sebagai salah satu performa terbaiknya, lho.

The Terminal juga terinspirasi dari sebuah kisah nyata seorang pengungsi Iran yang bernama Mehran Karimi Nasseri dan digarap oleh salah satu sutradara terkenal yaitu Steven Spielberg.

Baca juga: Ini Dia 10 Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg

Filmnya bercerita tentang Viktor Navorski (Tom Hanks) yang berkunjung ke Amerika untuk meminta tanda tangan salah satu bintang jazz Amerika.

Namun saat sampai di Amerika, negaranya, yaitu Krakozhia, digulingkan oleh pemberontak. Hal tersebut membuat Viktor kehilangan kewarganegaraan dan tidak bisa masuk ke Amerika atau pulang ke negaranya. Penasaran? Simak yuk Sinopsis dan review-nya.

Sinopsis

The Terminal_sinopsis_

Pada suatu hari Viktor Navorski (Tom Hanks) tiba di bandara John F. Kennedy, Amerika. Ia adalah seorang turis yang berasal dari sebuah negara fiksi bernama Krakozhia.

Viktor pergi melancong ke Amerika hendak menunaikan janjinya untuk mendapatkan sebuah tanda-tangan dari bintang Jazz terkenal bernama Benny Golson. Tanda tangan itu ditujukan untuk ayahnya yang telah meninggal. 

Namun, pada saat ia tiba di Bandara John F. Kennedy, negaranya sudah digulingkan oleh sekelompok pemberontak sehingga membuatnya kehilangan kewarganegaraan.

Paspornya pun ditolak saat proses check in di Bandara. Jadi Viktor tidak bisa memasuki Amerika dan pihak imigrasi pun tidak bisa mendeportasi ia ke negaranya.

Viktor kebingungan karena pada saat itu ia tidak mengerti bahasa Inggris. Bahkan saat Viktor Navorski diinterogasi oleh petugas imigrasi yang bernama Frank Dixon (Stanley Tucci), ia tidak bisa mengerti apa yang mereka katakan.

Akan tetapi para petugas imigrasi tersebut berbaik hati dan membiarkan Viktor untuk tinggal di bandara sampai ada keputusan mengenai paspor miliknya. Viktor pun diberi beberapa voucher makanan untuk beberapa hari oleh petugas imigrasi tersebut. 

Sebenarnya Frank Dixon tetap merasa risih dan takut keberadaan Viktor Navorski akan memengaruhi karirnya. Frank berusaha untuk memberi celah pada Viktor untuk menerobos aturan sehingga lebih mudah baginya menahan Viktor.

Sayangnya, ia selalu gagal karena Viktor adalah seorang yang taat terhadap hukum dan lebih baik menunggu keputusan daripada harus melawan aturan. Sambil menunggu, Viktor pun mulai mengamati bagaimana cara hidup di Amerika.

Awalnya ia mencari pundi uang untuk makan dengan mencoba mengembalikan troli bandara ke tempatnya dengan imbalan 25 sen. Akan tetapi, ternyata Viktor memiliki bakat dalam hal konstruksi. Ia pun diajak untuk mengerjakan proyek renovasi bandara. Lalu, ia juga mulai belajar bahasa Inggris agar lebih mudah berkomunikasi. 

Semakin lama Viktor pun mulai akrab dengan para staf di bandara. Dia akrab dengan petugas imigrasi, cleaning service, pengantar makanan dan seorang pramugari United Airlines yang cantik bernama Amelia Warren (Catherine-Zeta Jones).

Amelia Warren juga telah membuat Viktor jatuh hati. Karena itu, timbul niat Viktor untuk mendapatkan uang yang lebih banyak agar bisa mentraktir Amelia Warren. 

Viktor mengaku sebagai kontraktor yang sering melakukan perjalanan tanpa menceritakan siapa dia yang sebenarnya pada Amelia. Hingga suatu hari, Frank Dixon memberi tahu Amelia siapa Viktor.

Amelia yang sebelumnya tengah patah hati dan memiliki trust issue terhadap laki-laki sedikit kecewa terhadap Viktor karena tidak jujur kepadanya. Namun, akhirnya Viktor pun menjelaskan semuanya. Ia mengatakan pada Amelia bahwa dirinya ingin memenuhi keinginan terakhir ayahnya untuk mendapatkan tanda tangan Benny Golson.

Setelah mendengar hal tersebut Amelia malah berbalik menjadi simpati pada Viktor Navorski. Amelia juga diam-diam ingin membantu Viktor agar bisa ke New York dan memenuhi keinginan terakhir ayahnya. 

Dari situ juga hubungan mereka berdua semakin dekat. Hingga pada suatu hari tak terasa sudah sembilan bulan Viktor tinggal di bandara. Lalu bagaimana kelanjutan hubungan mereka, ya? Kemudian bagaimana pula nasib kewarganegaraan Viktor Navorski? 

Alur Ceritanya Asyik untuk Diikuti

The Terminal_Alur Ceritanya Asyik untuk Diikuti_

The Terminal adalah sebuah film dengan alur cerita yang ringan dan mengalir.Ceritanya berpusat pada seorang pria bernama Viktor Navorski yang kehilangan kewarganegaraannya karena negaranya dibajak oleh pemberontak.

Dalam film disoroti bagaimana Viktor bertahan hidup di bandara dengan tingkah polosnya yang membumbui The Terminal menjadi tontonan yang mengundang gelak tawa dan menghibur.

Dalam film ini juga tidak ditemukan konflik yang rumit dan memusingkan. Malah lebih mengajak kita untuk santai dan rileks mengikuti setiap perjalanan Viktor Navorski.

Meskipun begitu, film ini tetap tidak membuat para penontonnya bosan. Itu karena konsep dan keunikan cerita yang dituangkan Steven Spielberg dalam film ini mampu menarik perhatian penontonnya.

Jadi The Terminal cocok untuk dijadikan tontonan dikala santai. Kemudian film ini juga bisa ditonton oleh kamu yang tidak ingin berpikir keras menebak alur ceritanya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram