Sinopsis & Review The Stranger, Operasi Mengungkap Misteri Pembunuhan

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
The Stranger
3.9
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Henry mendapat sebuah peluang dari Mark untuk membantu polisi mengungkap peredaran narkoba. Mereka berdua langsung menjadi teman yang dekat.

Mark memperkenalkan Henry ke sindikat kriminal maupun kepada pihak kepolisian agar dia tahu tugasnya dalam operasi rahasia ini. Tapi yang tidak diduga oleh Henry, bahwa Mark memiliki agenda rahasia lain.

The Stranger adalah film crime thriller dengan sentuhan psikologis produksi Australia karya Thomas M. Wright yang dirilis secara internasional oleh Netflix pada 19 Oktober 2022.

Cerita film ini berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian pada kasus hilangnya Daniel Morcombe pada tahun 2003 silam yang dibukukan oleh Kate Kyriacou.

Film ini memiliki alur cerita yang dituturkan secara non-linear. Biasanya film seperti ini akan menuntut kita untuk berpikir keras. Benarkah seperti itu? Simak review berikut untuk mengetahui ulasan lengkap filmnya, ya!

Baca juga: Inilah 10 Dokumenter Bertema Kriminal Terbaik di Netflix

Sinopsis

Sinopsis

Henry Teague bertemu Paul Emery dalam perjalanan bus ke kampung halamannya. Setelah asyik mengobrol, Paul yang merupakan polisi dalam penyamaran menawarkan Henry untuk bergabung dengannya. Selama tidak terlibat dalam kekerasan, Henry menyetujuinya.

Beberapa hari kemudian, Paul memperkenalkan Henry kepada Mark, seorang polisi dalam penyamaran juga. Paul dipindahtugaskan oleh atasannya ke kasus lain, jadi kini Henry didampingi oleh Mark dalam misinya.

Mark langsung membawa Henry ke markas sindikat kriminal dimana dia bekerja. Mark menekankan kepada Henry untuk jujur tentang masa lalunya, terutama catatan kriminalnya.

Henry bilang dia memang pernah beberapa kali masuk penjara tapi karena kejahatan kecil saja, bukan yang besar. Kemudian Henry dibawa juga ke markas rahasia kepolisian yang memantau misi mereka dan diperkenalkan kepada semua rekan-rekannya.

Henry kemudian diberikan identitas dan paspor baru untuk terjun dalam misi rahasia ini. Mark dan Henry kemudian mulai menjalani transaksi demi transaksi narkoba setiap harinya.

Mereka juga menghilangkan jejak Paul yang keluar dari sindikat kriminal dengan mengikuti skenario dari kesatuannya. John, pimpinan misi rahasia dari pusat, datang hendak menemui Henry. Sifatnya yang keras sempat membuat Henry gentar.

Satu hari, saat Mark hendak menjemput Henry di rumahnya, dia tidak ada. Mark langsung melaporkan hilangnya Henry yang membuat semua orang di dalam misi menjadi panik.

Ternyata Henry membeli pesawat terbang di landasan udara untuk kepentingan pengiriman narkoba dengan uang dari hasil usaha yang mereka jalani.

Setelah Mark menemukan Henry, salah satu rekan polisi memberikan surat panggilan pengadilan dari Queensland. Henry mengira kasus terakhirnya sudah selesai, tapi ternyata ada temuan bukti baru. Mark sedikit kesal melihat Henry tidak jujur padanya.

Mark kemudian membawa Henry ke hotel dimana John ingin bertemu dengan mereka. Mereka masuk ke kamar dalam situasi tegang. John menegaskan bahwa kasus yang dihadapi Henry ini bisa mempengaruhi misi rahasia yang mereka jalani, tapi dia bisa membantu jika Henry mau jujur kepadanya terkait kasusnya.

Sebenarnya misi apa yang dijalani Mark dan rekan-rekannya ini? Apakah Henry akan mengakui kejahatannya kepada John? Simak terus ketegangan dan misi rahasia kepolisian Australia dalam mengungkap sebuah kasus pembunuhan terbesar dalam sejarah negaranya dengan menonton film ini hingga usai.

Menguak Misteri Kasus Pembunuhan Tersulit di Australia

Menguak Misteri Kasus Pembunuhan Tersulit di Australia

Awalnya, kita tidak akan menduga bahwa The Stranger bukan berdasarkan kisah nyata, melainkan hanya thriller kriminal biasa. Kita mengira bahwa Henry hanya dilibatkan dalam misi rahasia kepolisian dalam meringkus sindikat pengedar narkoba.

Tapi ternyata, setelah mengikuti perjalanan Mark dalam mengajari Henry menjalani tugas kesehariannya, kita baru mulai paham bahwa Mark memiliki agenda lain terkait Henry. Mark ditugaskan untuk menuntun Henry ke dalam perangkap agar bisa mendapat pengakuan darinya.

Faktanya, cerita film ini terinspirasi dari kasus orang hilang dan pembunuhan terbesar yang pernah diselidiki oleh kepolisian Australia. Bocah berusia 13 tahun bernama Daniel Morcombe adalah korban pembunuhan sadis setelah sebelumnya dinyatakan hilang pada tahun 2003.

Kepolisian mengusut kasus ini selama 8 tahun dan baru berhasil meringkus pembunuhnya di tahun 2011. Pelakunya, Brett Peter Cowan yang di film ini ditampilkan dengan nama Henry Teague, pernah ditangkap namun tidak bisa diadili karena tidak adanya bukti.

Kepolisian kemudian menggelar misi rahasia yang membawa Brett ke dalam drama kriminal setingan yang pada akhirnya membuat dia mengakui kejahatannya. Misi rahasia ini baru kita sadari ketika Mark kehilangan jejak Henry untuk sesaat.

Tim pendukung di belakangnya langsung berkumpul dan menyusun strategi berikutnya untuk menuntaskan misi sebelum kehilangan Henry lagi. Ternyata Mark bukan polisi yang sedang menyamar untuk membongkar sindikat narkoba, melainkan untuk menjebak Henry.

Mark berhasil mendapat kepercayaan Henry dengan cara dan ucapannya yang tegas, sekaligus jaminan imbalan yang sepadan jika berhasil menjalani misi rahasia ini.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram