Sinopsis & Review The Social Network, Awal Mula Tercipta Facebook

Ditulis oleh Yanyan Andryan
The Social Network
4.3
/5

The Social Network adalah film drama biografi yang diadaptasi dari sebuah buku tahun 2009 berjudul The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich. Film ini sendiri menggambarkan awal mulai terciptanya sosial media Facebook yang digagas oleh Mark Zuckerberg.

Aktor Jesse Eisenberg memerankan sosok Zuckerberg tersebut, dan juga ada aktor pemeran Spider-Man, Andrew Garfield, sebagai Eduardo Saverin, serta penyanyi beraliran Pop, Justin Timberlake, terlibat dalam film ini dengan berperan menjadi Sean Parker.

The Social Network menjadi film terbaik pada tahun 2010 oleh National Board of Review, dan juga mendapatkan 8 nominasi di ajang Academy Awards ke-83.

Pada ajang tersebut, film ini kemudian membawa pulang 3 piala untuk kategori Best Adapted Screenplay, Best Original Score, dan Best Film Editing.

Baca juga: Review & Sinopsis Film Biografi Selena: The Series (2020)

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Biographical drama
  • Rumah produksi: Columbia Pictures, dan Relativity Media
  • Sutradara: David Fincher
  • Pemeran Utama: Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Armie Hammer, Max Minghella

Pada tahun 2003, Mark Zuckenberg adalah seorang mahasiswa yang berkuliah di Universitas Harvard. Setelah diputuskan oleh pacarnya, Erica Albright, Mark kemudian membuat sebuah website bernama Facemash dengan meretas pangkalan data yang ada di dalam situs kampusnya.

Mark lalu mengambil foto-foto mahasisiwi di kampusnya, dan membiarkan para pengunjung untuk memilih siapa yang paling menarik diantara mereka di dalam website yang ia buat. Akan tetapi, trafik yang tinggi dalam Facemash ternyata merusak jaringan server di Harvard.

Pihak kampus kemudian menemuinya, dan mereka memberikan hukuman kepada Mark berupa masa percobaan akademik selama enam bulan.

Meski begitu, Facemash menjadi populer, dan menarik perhatian dari mahasiswa lainnya, yakni si kembar Winklevoss bersaudara, Cameron, dan Tyler, serta Divya Narendra.

Ketiga orang itu lalu menawarkan Mark untuk bekerja sebagai programmer di sebuah website yang akan mereka buat bernama Harvard Connection.

Website yang mereka buat berupa jaringan sosial yang sangat eksklusif untuk seluruh mahasiswa Harvard, dan dikhususkan untuk berkencan. Setelah mendengarkan penjelasan dari mereka, Mark pun setuju untuk bergabung dengan ketiganya.

Berselang dari situ, Mark bertemu dengan temannya, Eduardo Saverin, untuk membicarakan ide tentang pembuatan The Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang eksklusif untuk mahasiswa yang berada di delapan perguruan tinggi elit Amerika yang tergabung dalam Ivy League.

Sebagai investasi, Eduardo lalu mengeluarkan modal awal sebesar 1000 dollar, dan Mark pun langsung mengerjakan website tersebut. The Facebook pun secara cepat menjadi populer sebagai jejaring sosial yang paling diminati.

Di sisi lain, Cameron, Tyler, dan Divya mengetahui tentang keberadaan The Facebook. Mereka meyakini jika Mark telah mencuri ide mereka untuk membuat konsep situs tersebut. Ketiganya juga marah karena Mark selalu menunda waktu, dan tidak bisa selesai untuk membangun website Harvard Connection

Seiring dengan meningkatnya kepopuleran The Facebook, Mark kemudian memperluas konektivitas ke beberapa universitas di Amerika Serikat agar website yang ia buat tersebut bisa terjangkau, dan digunakan oleh mereka.

Beberapa waktu kemudian, Mark, dan Eduardo bertemu dengan Sean parker, salah satu pendiri Napster yang merupakan layanan berbagai file musik secara online. Dalam pertemuan itu, Sean membicarakan gagasannya terhadap The Facebook yang bisa menghasilkan miliaran dollar.

Mark tentunya terkesan dengan apa yang dibicarakan oleh Sean, namun Eduardo tidak terlalu terkesima dengan gagasannya tersebut. Sean juga memberikan saran kepada mereka untuk mengganti nama website dengan sebutan Facebook saja.

Atas saran dari Sean, Mark lalu pindah ke Palo Alto untuk berlibur sekaligus melanjutkan pekerjaannya bersama dengan beberapa mahasiswa yang ia rekrut, sedangkan Eduardo tetap berada di New York untuk kembali mengerjakan kegiatannya.

Singkat cerita, Sean semakin terlibat dalam keputusan bisnis untuk pembuatan Facebook, dan hal itu justru membuat Eduardo terlihat jadi lebih kesal. Sementara itu, Cameron, Tyler, dan Divya menuntut Facebook serta Mark yang telah melakukan pencurian hak kekayaan intelektual.

Konflik Berjalan Dinamis

Konflik Berjalan Dinamis

The Social Network dibuka dengan drama perdebatan diantara Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg), dan pacarnya Erica Albright (Rooney Mara).

Selepas Mark dicampakkan oleh Erica, ia kembali ke kamarnya untuk menulis kekecewaan terhadapnya di dalam blog pribadinya sembari membuat website Facemash bersama dengan teman sekamarnya, termasuk Eduardo Saverin (Andrew Garfield).

Adegan di menit-menit awal itu terlihat penting karena kita bakal melihat motif serta dorongan Mark dan Eduardo untuk membuat sebuah situs jejaring sosial, yang pada nantinya menjadi cikal bakal terciptanya Facebook.

Meski begitu, terobosan yang mereka buat tersebut pada akhirnya malah memicu konflik persahabatan diantara mereka, dan bahkan juga melibatkan beberapa pihak lain.

Untuk membuat film ini terasa lebih dinamis lagi, The Social Network pun menyajikan struktur cerita dengan alur yang penuh dengan konflik personal, bisnis, pengkhianatan, dan juga pencurian ide kekayaan intelektual.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram