Sinopsis dan Review Drama Korea The Silent Sea (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Silent Sea
3.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Di tengah keadaan Bumi yang krisis air, sebuah tim terdiri atas astrobiologi, dokter, teknisi, insinyur diterbangkan ke luar angkasa untuk menyelesaikan misi rahasia. Misi mereka sangat misterius sekaligus mengancam nyawa karena berurusan dengan air berbahaya yang bisa membiakkan diri. 

Dikepalai Kapten Han Yun Jae, anggota tim mempertaruhkan nyawanya untuk mengambil sample air tersebut. Bisakah mereka menyelesaikan misi yang ditugaskan, yang sebelumnya menewaskan seratus lebih peneliti? The Silent Sea (2021) akan memberimu jawabannya. Sebelum nonton, jika kamu masih ragu, baca sinopsis dan ulasannya di bawah ini dulu yuk!

Baca juga: Sinopsis & Review Film Seobok, Kehidupan Manusia Abadi

Sinopsis

Sinopsis

Berada di 7,6 Km barat laut Pangkalan Balhae, pesawat luar angkasa yang dipimpin Kapten Han Yun Jae (Gong Yoo) mengalami penurunan kinerja mesin. Tekanan internal hilang pada modul pendaratan mengakibatkan tingkat oksigen tidak stabil.

Sistem pendeteksi api tidak terdeteksi dan mereka juga akan kehilangan daya. Han Yun Jae memerintahkan anggotanya untuk mengirimkan sinyal bahaya lalu pergi dari sana.

Letnan Ryu Tae Suk (Lee Joon) dari Nuri 11 coba menghubungi ruang kendali. Dokter Hong Ga Young (Kim Sun Young) terlihat sedang menangani Pak Hwang (Yu Seong Ju) yang mengalami patah rusuk kiri. Sementara itu Doktor Song Ji An (Bae Doona) menyadari kalau pesawat mereka kemasukan air.

Sebuah berita mengabarkan kalau Dewan Sumber Daya Air Dunia memprediksi air di dunia akan berkurang 40% dalam sepuluh tahun ke depan. Menurut Badan Pusat Statistik, angka kematian bayi mencapai titik tertinggi. Beberapa penyebab utamanya adalah infeksi dan penyakit yang disebabkan konsumsi air terkontaminasi.

Kekurangan air yang sedang diderita ini juga berdampak pada kekurangan makanan secara global. Di sisi lain UU Pembagian Air Merata kembali ditolak oleh saat rapat dewan. Tuntutan penghapusan regulasi penyediaan air pun makin keras seiring dengan semakin tidak meratanya akses air. Masalah kekurangan air ini menjadi sangat serius.

Kim Jae Sun (Heo Sung Tae), Kepala Sumber Daya Administrasi Penerbangan, menemui Doctor Song Ji An, seorang ahli etologi yang pernah menjadi ahli astrobiologi terkenal. Jurnal Song Ji An mengenai astrobiologi menjadi sorotan belakangan ini.

Sebelum Kim Jae Sun menyampaikan maksud kedatangannya, Song Ji Na sudah menolak tawarannya terutama jika itu terkait Proyek Mars. Song Ji Na tidak lagi tertarik dengan astrobiologi.

Kim Jae Sun menyampaikan kalau Direktur Choi (Gil Hae Yeon) yang merekomendasikannya untuk proyek penting ini; proyek yang akan dijabarkan jika Song Ji An menyetujuinya. Reaksi Song JI An seketika berubah ketika mendengar Kim Jae Sun menyebut bahwa tujuan dari misi mereka kali ini adalah Pangkalan Balhae.

Pangkalan Balhae, pangkalan di bulan yang dibangun oleh SAA Korea Selatan, ternyata memberi ingatan buruk untuk Song Ji An. Lima tahun lalu sebanyak 117 anggota kru tewas di sana. Hari itu ketika dia mengunjungi area peringatan kematian 117 kru yang tewas di Balhae, Han Yun Jae menyapanya sekaligus memperkenalkan diri sebagai kapten.

Yun Jae memperingatkan Song Ji An untuk memikirkan kembali keputusannya pergi ke Balhae. Ketika beberapa orang lainnya datang, Song Ji An pergi tanpa meminta penjelasan dari maksud perkataan Yun Jae. Letnan Ryu Tae Suk, Gong Soo Chan (Jung Soon Won) dan Pilot SAA, Kim Hee Sun (Lee Sung Wook) saling memperkenalkan diri.

Tak lama seorang gadis muda bernama Eun Ji Young menghampiri mereka. Dia mengaku sebagai kopilot yang ditunjuk untuk misi kali ini. Orang-orang yang dilibatkan dalam misi pun dikumpulkan.

Dokter Hong Ga Young cukup takjub mengetahui kartu emas yang dimiliki Song Ji An. Song Ji An adalah pemilik pertama kartu emas yang berharga. Dengan kartu emas, seseorang mendapatkan akses lebih untuk air.

Sejurus kemudian Direktur Choi dan jajarannya tiba. Lima tahun lalu setelah kebocoran radiasi, Balhae ditutup sementara. SAA mulai menjelaskan misi yang harus mereka jalani, yaitu mengambil sample penting sebelum Balhae ditutup permanen. Kim Jae Sun menjelaskan bahwa begitu mendarat di bulan, batas waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan misi adalah 24 jam.

Sample yang harus diambil berada dalam sebuah kapsul khusus yang didesain untuk mempertahankan suhu sangat rendah. Jika kapsul dalam kondisi baik, tim tidak akan kesulitan melakukan misi tersebut. Akan tetapi jika menemukan kejanggalan pada cangkang luar atau pengatur suhu, tim harus mengurus secara khusus.

Song Ji An penasaran mengenai zat yang ada pada kapsul, terutama karena sample itu harus dibawa kembali ke Bumi dalam suhu yang amat rendah. Kim Jae Sun terlihat kesulitan menjawab. Direktur Choi malah mengatakan kalau pihaknya juga belum tahu pasti karena informasi mengenai sample tersebut hilang akibat insiden.

Setidaknya ada tiga lokasi yang diyakini sebagai tempat sample itu berada atau ditinggalkan ketika insiden terjadi. Tim hanya perlu setidaknya mengambil satu sample yang kondisinya sendiri tidak bisa SAA ketahui karena insiden besar lima tahun lalu. Lantas bisakah misi misterius ini diselesaikan? Dapatkah Doktor Song membawa sample yang diminta?

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram