bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis The Secret Diary of an Exchange Student

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 19 Oktober 2021

Bisa berkeliling dunia dan mengunjungi berbagai negara mungkin menjadi impian bagi kebanyakan orang, begitu pula dengan tokoh Barbara dalam film The Secret Diary of an Exchange Student. Hebatnya, Barbara adalah orang yang berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya itu.

Film The Secret Diary of an Exchange Student akan mengajari kita banyak hal, mulai dari bermimpi, berusaha mewujudkan impian, hingga kisah persahabatan yang manis. Berikut review dan sinopsisnya!

Baca juga: Sinopsis dan Review Film The Guide to the Perfect Family

Sinopsis

Sinopsis

Film The Secret Diary of an Exchange Student mengisahkan tentang kehidupan seorang gadis asal Brazil bernama Barbara. Ia memiliki mimpi untuk keliling dunia, namun pekerjaannya hanyalah seorang sales majalah wisata. Bersama sahabatnya, Taila, ia menjalani kehidupan yang membosankan hingga suatu hari ia bertemu Brad, seorang pramugara asal Amerika yang fasih berbahasa Portugis.

Brad bercerita jika saat remaja ia pernah jatuh cinta dengan pengasuhnya yang berasal dari Brazil hingga membuatnya bisa berbahasa Portugis. Perkenalan dengan Brad membuat Barbara mendapat ide untuk mendaftar agenda pertukaran pelajar ke Amerika dan bekerja sebagai pengasuh di sana. Barbara dan Taila akhirnya berangkat ke Amerika.

Barbara bekerja pada Sherryl, seorang pengacara yang memiliki anak bayi bernama Josh. Sementara Taila bekerja pada Martha dan Jeff, pasangan lansia yang kesepian setelah menghilangnya anak mereka. Mereka pun menjalani hari-hari di Amerika, Barbara juga masih menjalin hubungan dengan Brad. Mereka juga berkenalan dengan Lucas, warga negara Brazil yang tinggal sementara di Amerika.

Meski dekat dengan Brad, Barbara perlahan jatuh cinta pada Lucas. Sementara Brad dan Taila sempat berciuman dan ketahuan oleh Barbara. Hubungan Barbara dan Taila sempat merenggang, terlebih saat Taila mulai nyaman dengan keluarga barunya dan berpikir untuk menjadi warga negara Amerika. Barbara pun memilih untuk lebih dekat dengan Lucas.

Barbara mengetahui jika Lucas bukanlah warga negara Amerika dan visanya hanya berlaku sementara. Lucas saat ini tinggal dengan ibunya, namun keduanya bisa saja terancam dideportasi setiap saat. Suatu hari, ibu Lucas harus dideportasi dan membuat Lucas harus mencari tempat sembunyi di Amerika agar tidak ikut dipulangkan ke Brazil.

Setelah sang ibu dideportasi, Lucas bersembunyi di kamar Barbara tanpa sepengetahuan Sherryl. Sementara itu, Taila menghadapi masalah saat anak dari Jeff dan Martha, Kat kembali ke rumah dan hendak mencoba membunuhnya karena dianggap menghilangkan barang bukti nasional yang ia kumpulkan selama menjadi mata-mata.

Suatu hari, Lucas akan mengadakan wawancara untuk beasiswa kuliahnya di rumah Sherryl. Semua tampak berjalan sempurna hingga terjadi berbagai kekacauan. Mulai dari Taila dan Kat yang berkejar-kejaran, para demonstran yang mendatangi rumah Sherryl, hingga Brad yang salah paham dengan si pewawancara dan membuat Lucas harus menjalani sidang di pengadilan.

Sherryl yang melihat ketulusan hati Barbara untuk menyelamatkan Lucas akhirnya membela Lucas di pengadilan. Namun pengadilan tetap memutuskan untuk mendeportasi Lucas. Di detik-detik terakhir, Barbara menemukan fakta bahwa Lucas berhak tinggal di Amerika karena ayah kandungnya adalah warga negara Amerika. Ayah kandung Lucas ternyata adalah Brad.

Ibu Lucas merupakan pengasuh Brad yang selama ini ia cari. Pada akhir film, Barbara akhirnya berpacaran dengan Lucas, sementara Brad kembali pada ibu Lucas yang merupakan cinta pertamanya. Taila dan Kat akhirnya berbaikan. Kat memberikan rahasia negara yang ia dapatkan saat menjadi mata-mata pada Taila sebelum ia pulang ke Brazil.

Sherryl membiayai kursus pramugari Barbara hingga lulus dan ia pun menjadi pramugari. Dua tahun berselang, Barbara akhirnya bisa mewujudkan mimpinya keliling dunia. Ia menjadi pramugari untuk sebuah maskapai dan melanjutkan hubungannya dengan Lucas yang kini tinggal di Amerika untuk menyelesaikan kuliahnya.

Pemandangan Indah di Sepanjang Film

Pemandangan Indah di Sepanjang Film

Karakter utama dalam film ini, Barbara, digambarkan sebagai karakter pemimpi yang memiliki cita-cita untuk berkeliling dunia. Maka, kita pun seolah diajak untuk melihat dunia dari sudut pandang karakter Barbara, gadis Brazil yang sebelumnya tidak pernah meninggalkan Rio de Janeiro dan tiba-tiba memulai petualangannya dengan berangkat ke Amerika.

Sepanjang film The Secret Diary of an Exchange Student yang berdurasi sekitar 96 menit ini, kita akan melihat visual-visual indah dari tempat-tempat di dunia. Misalnya saja saat Barbara dan Taila memulai perjalanan mereka ke Amerika dan saat keduanya bermain ski di pegunungan bersama Lucas dan Brad.

Teknik sinematografi yang digunakan pun banyak memakai shot-shot establish yang memperlihatkan pemandangan dari tempat-tempat yang dikunjungi oleh Barbara. Selain mengikuti perjalanan Barbara, kamu pun akan merasa ikut berpetualang dalam film ini.

Alur Cerita yang Ringan dan Relatable dengan Selingan Komedi

Alur Cerita yang Ringan dan Relatable dengan Selingan Komedi

Film ini memiliki alur cerita yang cukup ringan dan mudah untuk dipahami. Konflik-konflik yang dihadirkan pun seolah tidak menjadi sebuah konflik yang serius. Di beberapa scene, film ini juga memberikan bumbu-bumbu komedi yang akan membuatmu tertawa melalui tingkah konyol para karakternya.

Kisah kehidupan Barbara terasa seperti kehidupan sehari-hari. Semua permasalahan yang dialami oleh Barbara terasa relatable sehingga membuatmu terasa menonton keseharian seseorang dalam kehidupan nyata. Cerita tentang sulitnya mendapat pekerjaan, kisah cinta yang berantakan, dan hal-hal lainnya yang terjadi pada para tokoh ini tentu sudah sering kamu lihat dan alami sendiri.

Dengan alur cerita yang cukup ringan, film ini cocok untuk kamu tonton saat ingin melepas penat dari rutinitas atau mencari hiburan yang akan membuatmu tertawa. Jalan cerita film ini tidak akan membuatmu harus berpikir terlalu keras. Sebagai kejutan di akhir cerita, film ini juga menyisipkan plot twist yang cukup tak terduga.

Pesan-Pesan Inspiratif yang Terkandung dalam Cerita

Pesan-Pesan Inspiratif yang Terkandung dalam Cerita

Meski memiliki kisah yang terasa ringan, film The Secret Diary of an Exchange Student ini tetap memiliki pesan-pesan inspiratif untuk para penontonnya. Pesan moral ini dapat dilihat secara tersirat atau pun tersirat di sepanjang film.

Misalnya saja dari persahabatan manis antara Barbara dan Taila. Meskipun keduanya sering berbeda pendapat bahkan bertengkar untuk masalah yang menurut mereka cukup serius, keduanya mengakui bahwa persahabatan itu lebih dari segalanya. Persahabatan dua gadis ini juga menjadi hal menarik yang bisa disaksikan di sepanjang film.

Begitu pula dengan pesan yang dapat diambil dari karakter Barbara untuk berani bermimpi besar dan bekerja keras mewujudkan mimpi tersebut. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh karakter Barbara yang memberikan narasi perjalanan hidupnya seolah ia sedang berbicara pada buku hariannya, namun sebenarnya ia memberikan pesan kepada para penontonnya.

Itulah review dan sinopsis dari film The Secret Diary of an Exchange Student, film mengenai perjalanan hidup seorang gadis biasa yang berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Setelah menonton film ini, semangat baru apakah yang kamu dapatkan untuk terus menggapai mimpi? Ceritakan di kolom komentar ya!

The Secret Diary of an Exchange Student
Rating: 
3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram