bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Queen’s Gambit, Kisah Sang Ratu Catur

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 17 September 2021

Di tahun 2020, Netflix mengeluarkan sebuah serial berjudul The Queen’s Gambit. Serial ini merupakan sebuah limited series produksi Netflix yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Walter Tevis. Serial ini mengangkat cerita tentang dunia catur yang dikemas dengan sangat menarik dan tentunya wajib untuk menjadi list movie marathon-mu!

Sinopsis 

review the queens gambit season 1_Sinopsis
*
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Historical Drama, Fiksi
  • Produksi: Netflix / Flitcraft Ltd / Wonderful Films
  • Sutradara: Scott Frank
  • Pemain: Anya Taylor-Joy, Thomas Brodie-Sangster, Bill Camp, Moses Ingram, Isla Johnston, Harry Melling

Miniseri The Queen’s Gambit terdiri dari tujuh episode dimana dalam setiap episodenya kita akan mengikuti perjalanan hidup seorang Beth Harmon yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Saat kecil, Beth telah kehilangan ibunya dalam sebuah kecelakaan sehingga membuatnya harus tinggal di sebuah panti asuhan. Di tempat itulah awal mula Beth berkenalan dengan dunia catur.

Beth mengetahui tentang catur saat melihat Pak Shaibel, seorang penjaga Gedung panti tengah bermain catur seorang diri di basement. Beth yang penasaran kemudian meminta Pak Shaibel untuk mengajarkannya. Tak diduga, Beth ternyata memiliki bakat luar biasa. Ia begitu cepat mempelajari teknik catur dan seketika mampu bermain dengan mahir.

Di panti asuhan tersebut, Beth juga mulai kecanduan pil penenang yang disalahgunakan oleh pengurus panti dan dibagikan pada anak-anak. Dalam pengaruh pil penenang, setiap malam Beth berimajinasi dan berkhayal tentang teknik-teknik permainan catur yang membuatnya semakin menguasai permainan tersebut. Beth menjadi sangat terobsesi pada catur.

Saat remaja, Beth kemudian diadopsi oleh pasangan suami istri Alma dan Aliston Wheatley. Pada saat itulah Beth mulai mengikuti kompetisi-kompetisi catur. Ia mengikuti kompetisi catur dari tingkat paling rendah hingga prestasinya membawanya untuk bisa mengikuti kompetisi catur yang lebih bergengsi.

Sang ibu, Alma, juga mendukung dan membantu Beth untuk mendalami catur setelah mengetahui bakat anak angkatnya tersebut. Meskipun ia juga memberi pengaruh buruk dan membuat Beth kecanduan obat penenang serta minuman beralkohol yang pernah membuatnya kalah saat bermain. Alma kemudian meninggal dan Beth meneruskan perjuangannya berkeliling dunia sendiri.

Perjalanan karir Beth Harmon tidak selalu berjalan mulus. Beberapa kali ia juga harus mengaku kalah dengan para pecatur hebat seperti Borgov & Benny Watts. Kehidupan Beth yang semakin tergantung pada minuman alkohol dan obat-obatan membuat hidupnya berantakan. Ia juga sempat tak bisa berangkat ke turnamen tingkat dunia karena tak memiliki biaya.

Beruntung Beth memiliki banyak teman yang mendukungnya. Harry dan Benny, pesaing yang kemudian menjadi mentornya, Matt dan Mike, si kembar penikmat catur yang menjadi sahabatnya, Jolene, sahabatnya semenjak di panti asuhan, serta Townes, wartawan catur yang ia sukai. Bakat dan kegigihan Beth serta dukungan mereka membuat karirnya semakin menanjak.

Puncaknya, Beth menjadi juara dunia catur setelah mengalahkan lawan terberatnya, Borgov di kompetisi catur yang berlangsung di Rusia.

Akting Memukau Para Pemain

review the queens gambit season 1_pemain
*

Aktris Anya Taylor-Joy yang berperan sebagai Beth Harmon adalah tokoh sentral yang menarik perhatian utama dari film ini. Rasanya semua orang akan setuju bahwa Anya memerankan karakter Beth dengan sangat baik. Anya berhasil menghidupkan karakter Beth yang sangat khas, seorang wanita kuat, cerdas, dan elegan yang berada dalam lingkungan laki-laki.

Anya Taylor-Joy juga memainkan peran Beth sebagai seorang pecatur dengan sangat totalitas. Demi bisa mendalami perannya, Anya yang sebelumnya tak mengerti permainan catur rela mempelajari strategi-strategi catur dari para grandmaster catur yang juga turut didatangkan untuk menyusun skenario serial ini, begitu pula dengan para pemain lainnya.

Para pemeran pembantu lainnya juga memberikan warna tersendiri bagi serial The Queen’s Gambit ini. Seperti Thomas Brodie-Sangster yang memerankan tokoh Benny Watts, seorang juara catur yang begitu kharismatik dan memiliki karakter serta penampilan sangat khas. Chemistry antara Beth dan Benny dalam film ini juga membuat banyak penontonnya baper dengan kedekatan mereka.

Ada pula penampilan perdana Morses Ingram, aktris kulit hitam yang berperan menjadi Jolene, dimana perannya sebagai teman baik Beth saat di panti asuhan memiliki andil cukup besar dalam kehidupan Beth. Begitu pula karakter-karakter lainnya yang membuat kisah ini menjadi terasa begitu hidup.

Sisi Indah dari Sebuah Papan Catur

review the queens gambit season 1_Shot-Shot Indah dari Sebuah Papan Catur
*

Bagaimanakah kesanmu ketika bermain catur atau menonton pertandingan catur? Bagi orang awam yang menontonnya, permainan catur tentu akan terasa membosankan. Menonton orang duduk diam bermain catur dalam waktu yang lama tentu terkesan menjemukan. Namun, kamu tidak akan merasakan kebosanan itu ketika menonton pertandingan catur dalam The Queen’s Gambit.

Dalam serial ini, kamu akan melihat shot-shot permainan catur yang dikemas dengan sangat indah. Setiap perpindahan pion-pion yang dimainkan oleh para pecatur ini akan dibuat dengan sangat estetik dan menghasilkan visual sinematik yang sangat menarik. Seperti potongan wawancara yang dikatakan tokoh Beth, “catur tak selalu tentang kompetisi, catur juga bisa menjadi begitu indah”.

Menikmati Gaya Fashion Beth Harmon

review the queens gambit season 1_Menikmati Gaya Fashion Beth Harmon

Dalam perjalanannya menjadi pecatur kelas dunia, kita juga akan melihat perubahan penampilan dari seorang Beth Harmon. Beth yang awalnya berpenampilan sangat sederhana, perlahan-lahan mulai mengubah gaya berpakaiannya dengan mode-mode fashion yang membuatnya tampil begitu cantik dan anggun. Kamu akan dimanjakan dengan gaya pakaian Beth yang begitu fashionable.

Selain selalu terlihat cantik dan fashionable dengan setiap gaya pakaiannya dalam mengikuti pertandingan catur, rupanya gaya berpakaian Beth ini juga terinspirasi dari dunia yang sangat disukainya, catur. Outfit yang dikenakan Beth seringkali bertema monokrom atau hitam putih yang merupakan representasi dari papan catur.

Pencapaian Fantastis The Queen’s Gambit

review the queens gambit season 1_pencapaian fantastis
*

Meski baru tayang perdana pada tanggal 23 Oktober 2020 lalu, namun serial The Queen’s Gambit yang tayang di platform Netflix ini telah menoreh raihan yang cukup fantastis. Serial ini sudah ditonton oleh 62 juta akun pengguna Netflix hanya dalam 29 hari pertama sejak penayangan perdananya.

The Queen’s Gambit juga menempati peringkat top 10 di 92 negara serta menjadi judul nomor 1 di 63 negara. Semenjak serial ini tayang, pencarian papan catur pada platform jual beli online eBay juga meningkat hingga 200%. Begitu pula dengan pencarian “cara bermain catur” di mesin pencari Google yang meningkat hingga 2X lipat.

Netflix sebenarnya telah mengumumkan bahwa The Queen’s Gambit merupakan sebuah limited miniseries, yang berarti cerita series ini akan tamat dalam satu season saja. Namun, melihat antusiasme pecinta film pada series The Queen’s Gambit, banyak yang berharap jika Netflix akan mengeluarkan season lanjutan untuk kisah Beth Harmon ini. Kita tunggu saja ya!

Itulah review mengenai series dari The Queen’s Gambit yang bisa kamu tonton di platform Netflix. Dengan raihan fantastis dan kisah yang dijamin seru, series ini wajib menjadi tontonan movie marathon-mu. Jadi, apakah kamu sudah menamatkan kisah Beth Harmon dalam The Queen’s Gambit ini? Bagaimana komentarmu tentang series ini? Ceritakan di kolom komentar ya! Intip juga film tentang catur lainnya di artikel ini.

The Queen’s Gambit
Rating: 
4.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram