bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film The Night House, Peninggalan Misterius

Dunia perfilman horor kembali kedatangan film seram lainnya berjudul The Night House. Film ini disutradarai oleh David Bruckner yang sebelumnya sudah membuat film-film horor lain seperti Siren, V/H/S, Southbound, The Ritual dan lainnya. Film The Night House sendiri merupakan film dengan genre horor-psikologis.

Baca Juga: Daftar Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Menceritakan tentang seorang janda muda bernama Beth yang baru saja ditinggal mati oleh suaminya yang merupakan seorang arsitek. Masih dalam waktu berkabung, perlahan, Rebecca menemukan rahasia super kelam mengenai rumah yang selama ini ia tempati hasil dari karya suaminya tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi?

Sinopsis

The Night House_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Horror, Psychology
  • Produksi: Antom, Phantom Four Films
  • Sutradara: David Bruckner
  • Pemain: Rebecca Hall, Sarah Goldberg, Evan Jonigkeit, Stacy Martin

Beth (Rebecca Hall) merupakan seorang istri dari seorang arsitek ternama bernama Owen (Evan Jonigkeit). Hidup mereka layaknya sepasang suami istri pada umumnya. Tidak ada masalah dan hidup berkecukupan. Namun satu kali, Owen bunuh diri dan meninggal. Beth histeris dan terpuruk bukan main.

Masih dalam suasana berkabung, Beth mencoba untuk bangkit kembali dan mampu mengendalikan emosinya lagi yang sempat naik turun. Ia mulai kembali berkegiatan dan mulai mengumpulkan barang-barang mendiang suaminya untuk dibereskan. Meski demikian, teman baik Beth yang juga adalah tetangganya, Claire (Sarah Goldberg) benar-benar mengkhawatirkan keadaan Beth. 

Saat berbenah, Beth menemukan sebuah catatan yang diyakini sebagai catatan bunuh diri Owen sebelum ia mengakhiri hidupnya. Catatan tersebut bertuliskan “Kamu benar. Tidak ada apa-apa. Tidak ada yang mengejarmu. Kamu aman sekarang”. Hal ini jelas membuat Beth bingung. Namun setelah menemukan catatan itu, dia mulai mengalami kejadian supranatural yang aneh di malam hari.

Tak hanya kejadian supranatural saja, Beth juga menemukan denah rumah mereka yang digambar terbalik dan super aneh. Beth juga menemukan foto seorang wanita yang terlihat mirip dengannya di ponsel milik Owen. Beth lantas mencurigai kalau mendiang suaminya selingkuh. Beth benar-benar terbebani dengan pikiran tersebut.

Suatu malam, Beth menghabiskan waktu bersama dengan Claire. Beth menceritakan tentang dirinya yang pernah mati suri selama 4 menit akibat kecelakaan mobil tahun lalu, dalam rentang waktu tersebut, Beth tidak bisa melihat apa-apa.

Beth juga mengatakan bahwa saat masa-masa depresi pasca kecelakaan, Owen mulai terlihat aneh. Ia sempat melihat Owen berjalan dalam tidur. Namun Beth berpikir mungkin itu karena dirinya mengakibatkan Owen stress juga.

Setelah pulang sehabis bertemu Claire, Beth segera beristirahat. Namun saat akan terlelap, Beth terbangun akibat kejadian supranatural. Ia melihat ada wanita yang ketakutan melarikan diri ke dalam hutan, Beth mencoba untuk keluar, dan ia juga menemukan darah di dek penambat kapal, tempat Owen menembak dirinya sendiri. Ia merasa ada seseorang bersamanya.

Beberapa hari setelahnya, Beth mulai menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi. Ia menyebrangi danau di seberang dan menemukan rumahnya yang dibangun terbalik (mirror). Ia juga melihat sosok hantu wanita yang berada bersama Owen.

Beth ketakutan bukan main dan akhirnya pingsan; begitu ia bangun, ia sudah berada di rumahnya sendiri. Penasaran, ia kembali mencari rumahnya yang ‘terbalik’ tadi dan menemukannya.

Rumah tersebut kini terlihat belum selesai dan kosong. Ia mulai mengeskplor copyan rumahnya tersebut. Di dalam rumah, ia menemukan sebuah patung aneh dan bertemu dengan seseorang bernama Mel (Vondie Curtis-Hall) yang mengklaim bahwa dirinya tidak pernah melihat rumah yang Beth deskripsikan di hutan itu. Namun Mel pernah bertemu Owen di hutan bersama dengan seorang wanita yang mirip sekali dengan Beth.

Mendengar hal ini Beth lantas makin kebingungan dan mulai mencari bukti-bukti. Ia membuka laptop milik Owen dan betapa kagetnya Beth saat menemukan lebih banyak foto wanita yang terlihat mirip dengannya. Ia juga berhasil mengidentifikasi patung yang ia temukan dari jiplakan rumahnya di seberang danau.

Dari salah satu buku milik Owen, Beth mengetahui bahwa patung itu merupakan boneka voodoo. Beth lantas mengetahui bahwa Owen sedang mempelajari tentang entitas iblis.

Satu kali, Beth pergi ke toko buku tempat Owen membeli buku yang sempat Beth baca dan menemukan seorang wanita yang mirip dengannya bernama Madelyne (Stacy Martin).

Beth langsung mengkonfrontasi wanita tersebut karena ada di dalam foto di ponsel Owen. Madelyne menyangkal kalau ia berselingkuh dengan Owen. Madelyne menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Ia pernah dibawa Owen ke sebuah rumah namun ia malah hampir mati karena Owen. 

Terkuaklah semua. Beth akhirnya bertemu dengan sebuah kekuatan yang tak terlihat, roh itu awalnya dipikir Beth sebagai arwah Owen; ternyata bukan. Roh itu menunjukan apa yang terjadi pada Owen dan bagaimana Owen menyerang dan membunuh para wanita.

Entitas tersebut menyeret Beth ke rumah dan mengidentifikasi dirinya sebagai Tak Berwujud. Entitas itu menjelaskan bahwa doa mencoba meyakinkan Owen untuk membunuh Beth supaya Beth masuk alam baka namun Owen menolaknya. 

Sebaliknya, Owen membangun rumah serupa dengan rumahnya dengan bentuk yang mirroring dan membunuh wanita yang mirip Beth untuk mencoba menipu entitas tersebut sebagai ganti nyawa Beth. Namun entitas itu menyadari triknya. Akhirnya entitas itu kemudian menjebak Beth dalam posisi seperti patung yang akhirnya sempat Beth ambil dari rumah copyan miliknya.

Hal tersebut membuat entitas itu dan Beth bergelut. Roh itu akhirnya mencoba meyakinkan Beth untuk bergabung dengannya dengan membunuh dirinya sendiri dengan pistol yang sama yang digunakan untuk Owen bunuh diri, tetapi Beth memutuskan untuk meletakkan pistol dan tidak melakukannya.

Segera setelah dia membuang pistol itu, Beth kembali ke dunia nyata, di mana Claire sedang berusaha menyelamatkannya.

Kisah Horor Klasik

The Night House_Horror Classic (Copy)

Film thriller Okultisme gaya klasik tahun 1970-an terasa kental sekali ada di dalam film The Night House ini; bukan karena settingnya yang mengambil tahun ‘70-an itu, namun kisahnya yang membuat film ini sama seperti film-film horor klasik yakni tentang kepercayaan supranatural dan ilmu sesat. 

Kisah hantu klasik yang menghantui sebuah rumah menyeramkan di tepi danau dengan seorang wanita janda muda yang kesepian akibat meninggalnya sang suami  akibat bunuh diri membuat janda muda itu bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Saat ditelusuri, rahasia besar mengenai ilmu hitam dan hal mistis lainnya mulai terbuka satu persatu. Rasanya seperti film-film horor jadul kan?

Diajak Berpikir

The Night House_Plot (Copy)

Sepanjang film, para penonton akan diajak terus untuk berpikir sebenarnya apa yang terjadi pada Beth dan kehidupannya yang jadi super misterius karena mengalami hal supranatural setelah kematian suaminya, Owen. Dari awal, kita sudah diajak ‘berpetualang’ bersama dengan Beth setelah penemuan denah rumah mereka yang mirroring.

Setelah dari situ, muncul lagi hal-hal mistis lainnya yang dikeluarkan sedikit demi sedikit dan seakan menggantung oleh sang sutradara, David Bruckner. Hal ini yang membuat kita terus menerka apa yang akan terjadi selanjutnya mengingat setiap penemuan Beth pasti dilanjut dengan kejadian mengerikan baginya.

Rebecca Hall

The Night House_Rebecca Hall (Copy)

Dalam film ini, Rebecca Hall, banyak sekali menerima pujian atas aktingnya memerankan karakter Beth. Rebecca Hall dinilai cocok untuk peran itu dan menjalankan karakternya dengan baik. Satu hal yang jadi kelemahan film ini bukan akting dari semua pemain tapi plotnya benar-benar menjurus ke arah psikologis.

Mungkin hal ini dibuat supaya para penonton lebih bisa menerima dan menangkap inti ceritanya ketimbang harus dicampur-campur dengan penjelasan ilmu hitam dan okultisme yang lumayan bikin bingung. Meski demikian film ini oke buat dijadikan bahan tontonan film kalian di akhir pekan ini. Bacaterus memberi skor 3/5 untuk film The Night House.

The Night House
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram