Sinopsis & Review The Maze Runner, Upaya Kabur dari Labirin

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
The Maze Runner
3.9
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Labirin merupakan sebuah tempat yang umumnya memiliki banyak lorong dan jalan berliku, sehingga sulit untuk menemukan jalan keluar dari labirin tersebut. Lalu bagaimana jadinya jika sepanjang hidup kita terjebak dalam sebuah labirin besar? 

Pada film The Maze Runner yang rilis pada tahun 2014, kita akan melihat bagaimana petualangan sekelompok anak muda untuk keluar dari sebuah labirin yang telah membuat mereka terjebak selama bertahun-tahun. Apakah mereka berhasil? Kamu bisa baca sinopsis dan review selengkapnya di bawah ini! 

Sinopsis 

maze runner 1 poster_

Film The Maze Runner yang rilis tahun 2014 ini merupakan sekuel pertama dari trilogi film The Maze Runner. Film berdurasi 113 menit ini dibuka dengan seorang pria yang tiba-tiba berada di sebuah kotak dan muncul di sebuah tempat bernama Glade.

Di tempat itu sudah ada sekelompok anak muda yang menempati tempat tersebut serta membentuk tatanan kelompok yang teratur. 

Kelompok tersebut dipimpin oleh Alby dan Newt. Alby bercerita bahwa mereka secara berkala dikirim ke tempat tersebut dan tidak bisa mengingat apa yang terjadi di kehidupan sebelumnya.

Di tempat tersebut juga ada sebuah labirin besar yang mereka yakini merupakan jalan keluar dari Glade. Namun, hanya para pelari yang boleh memasuki labirin tersebut karena sangat berbahaya. 

Labirin itu berubah bentuk setiap malam dan menjadi tempat tinggal mahluk mengerikan bernama Griever. Hingga saat ini, para pelari yang diketuai oleh Minho belum juga menemukan jalan keluar di labirin itu.

Di malam hari saat mereka mengadakan pesta api unggun, si anak baru ditantang bertarung oleh Gally, orang yang selalu tampak angkuh dalam kelompok. 

Saat itu, ia mengingat bahwa namanya adalah Thomas. Keesokan harinya, Thomas mulai melakukan aktivitas bersama kelompok tersebut.

Namun Thomas memiliki rasa penasaran yang begitu tinggi dengan labirin dan apa yang terjadi di tempat tersebut. Rasa penasarannya pun bertambah saat seorang anggota kelompok bernama Ben tiba-tiba menyerang dan menyalahkan Thomas. 

Rupanya Ben bertindak aneh karena ia telah disengat sehingga merusak syaraf otaknya. Alby pun memerintahkan kelompok untuk mengirim Ben ke labirin.

Keesokan hari, Alby dan Minho masuk ke labirin untuk melihat kondisi Ben, namun keduanya tak kunjung kembali hingga hari berganti dan labirin segera berubah bentuk. 

Dari ujung labirin, mereka melihat Minho membawa Alby yang sudah disengat dan sekarat, namun ia tak berhasil. Melihat itu, Thomas justru ikut masuk ke labirin dan mereka bertiga terjebak di dalamnya.

Di dalam labirin, Thomas berhasil membunuh satu Griever dan mereka bertiga bisa keluar labirin keesokan paginya. 

Hari itu, kotak kembali mendatangkan seorang gadis bernama Teresa. Teresa dan Thomas kemudian mengobrol dan menyimpulkan bahwa mereka berdua dulunya adalah tim yang ikut terlibat dalam eksperimen labirin tersebut.

Thomas kemudian mengatakan pada kelompok untuk kembali ke labirin. Melihat itu, Gally semakin tidak menyukai Thomas dan menyalahkan Thomas atas kacaunya Glade. 

Namun Newt justru mengangkat Thomas sebagai pelari, sehingga ia bisa kembali ke labirin. Bersama Minho, Thomas kembali ke labirin dan menemukan sebuah tabung dari mayat Griever yang ia bunuh kemarin.

Melalui tabung itu, Thomas dan Minho berhasil menemukan sebuah pintu yang mereka yakini sebagai jalan keluar dari labirin. 

Keduanya kembali ke Glade dan mengatakan penemuan mereka. Namun di malam itu labirin tak menutup seperti biasanya. Para Griever kemudian keluar dari labirin dan membunuh banyak anggota kelompok, termasuk Alby.

Kini hanya tersisa dua kelompok saja, yaitu mereka yang mendukung Thomas dan mereka yang mendukung Gally. 

Kelompok Thomas berniat untuk masuk ke labirin dan mencoba mencari jalan keluar, sementara kelompok Gally merasa jika Glade sudah menjadi rumah bagi mereka dan tak mau mengambil resiko untuk masuk ke labirin.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram