Bacaterus / Review Film Korea / Sinopsis & Review The King: Eternal Monarch (2020)

Sinopsis & Review The King: Eternal Monarch (2020)

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai aktor kawakan Korea Selatan, nama Lee Min Ho seolah jaminan kesuksesan. Sempat berhenti sejenak dari dunia keartisannya sebab harus menjalankan wajib militer, lelaki bertubuh tinggi ini kembali dalam dramanya yang paling baru.

Beradu akting dengan Kim Go Eun, Lee Min Ho berperan sebagai seorang kaisar. Dia bisa melintasi dua dunia. Kisahnya tersebut terhubung di dunia paralel. Drama terbaru Lee Min Ho ini berjudul The King: Eternal Monarch. Bagaimana jalan ceritanya? Simak ulasan berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis The King Eternal Monarch

* sumber: www.mainmain.id

  • Tanggal Penayangan: 17 April – 12 Juni 2020
  • Genre: Fiksi ilmiah, Romantis, Fantasi, Sejarah
  • Jumlah Episode: 16 Episode
  • Pemain: Lee Min Ho, Kim Go Eun, Woo Do Hwan, Kim Kyung Nam, Jung Eun Chae, Lee Jung Jin
  • Sutradara: Baek Sang Hoon
  • Penulis: Kim Eun Sook
  • Produksi: Hwa&Dam Pictures, Studio Dragon
  • Jaringan Penayangan: SBS TV, Netflix (penayangan internasional)
  • Negara: Korea Selatan

Cerita dimulai dengan peristiwa pembunuhan Raja Lee Ho (Kwon Yool) dari kerajaan monarki konstitusional bernama Kingdom of Corea. Pembunuhan tersebut dilakukan oleh kakak tiri sang raja yang haus kekuasaan bernama Lee Lim (Lee Jung Jin).

Selain menghabisi sang raja, Lee Lim merebut Manpasikjeok, yaitu sebuah suling bambu warisan leluhur keluarga kerajaan yang memiliki kekuatan supranatural. Dia juga mencelakai Lee Gon, putra dari Raja Lee Ho. Beruntung Lee Gon kecil berhasil diselamatkan oleh sosok misterius.

Lee Gon tidak mengetahui siapa sosok misterius yang menyelamatkan nyawanya tersebut. Dia hanya mendapatkan petunjuk dari lencana polisi milik penolong misterius tersebut. Pada lencana itu tertulis bahwa ia dikeluarkan pada 11 November 2019 untuk Letnan Jeong Tae Eul.

Berhasil melarikan diri dari Lee Lim, Lee Gon juga berhasil menyelamatkan setengah potongan suling ajaib tersebut, sementara setengah potongan lagi dibawa lari oleh Lee Lim. Lee Gon harus menyaksikan sendiri saat ayahnya dihabisi. Di usianya yang masih belia, dia dibebani tanggung jawab yang besar.

Lee Lim sendiri meloloskan diri ke dunia paralel. Di sana, Lee Lim bertemu sosok yang mirip dengan dirinya. Tanpa pikir panjang, dia membunuh lelaki tersebut dan membawanya kembali ke Kingdom of Corea. Lee Lim lantas memanipulasi kematiannya.

Lee Gon (Lee Min Ho) kemudian tumbuh dewasa menjadi Kaisar Kingdom of Corea yang tampan dan baik hati. Meski begitu, dia masih dihantui dengan peristiwa tragis yang dialaminya saat kecil dulu. Dia juga masih penasaran dengan sosok misterius yang menyelamatkannya.

Suatu ketika saat sedang menunggangi kudanya melewati sebuah hutan bambu, Kaisar Lee menemukan sebuah portal. Portal tersebut lah yang akhirnya membawa dia ke dunia paralel bernama Republik Korea.

The King Eternal Monarch

* sumber: kpopchart.net

Masih dengan kudanya, Kaisar Lee Gon tiba-tiba berada di tengah kemacetan kota di Republik Korea. Pada saat itulah dia bertemu dengan seorang polisi bernama Jong Tae Eul (Kim Go Eun). Mengetahui ada lelaki berkuda di tengah ramainya jalan raya, Jong Tae Eul mengira bahwa lelaki tersebut tidak waras. Terlebih ketika dia mengakui bahwa dirinya adalah seorang kaisar.

Sementara Kaisar Lee Gon sendiri merasa telah menemukan sosok yang menyelamatkan hidupnya beberapa belas tahun lalu. Hubungan antara keduanya pun mulai berlangsung. Tae Eul yang semula tidak percaya dengan perkataan Lee Gon, akhirnya dibawa masuk ke Kingdom of Corea.

Dari sana lah perlahan Tae Eul mulai memercayai Lee Gon. Saat bersamaan pula, perasaan antara keduanya mulai terjalin. Sayang, tanpa disadari bahaya sudah siap mengancam Lee Gon dan kerajaan yang dia pimpin.

Ancaman datang dari Lee Lim yang tidak menua selama 25 tahun berkat suling ajaib. Selama itu pula hasratnya untuk berkuasa tidak surut. Mengetahui rencana jahat sang paman, Kaisar Lee Gon juga harus menyiapkan taktik dan kekuatan untuk melawannya.

Lalu, berhasilkan Lee Gon mengalahkan Lee Lim? Bagaimana dengan kisah cinta antara dia dengan Tae Eul? Mungkinkah keduanya dapat bersatu mengingat mereka datang dari dua dunia yang berbeda?

Drama Comeback Lee Min Hoo Setelah Wamil

Drama Comeback Lee Min Hoo Setelah Wamil

* sumber: www.cinemaescapist.com

Drama The King: Eternal Monarch merupakan drama comeback Lee Min Ho setelah mengikuti wajib militer pada 12 Mei 2017 lalu. Lee Min Ho bebas tugas dari kewajibannya tersebut pada 25 April 2019. Tidak heran jika drama ini sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya.

Sebelum wajib militer, Lee Min Ho sukses meraih keberhasilan dalam drama The Legend of The Blue Sea. The King: Eternal Monarch juga merupakan drama reuninya dengan screenwriter Kim Eun Sok. Sebelumnya kedua orang berbakat tersebut terlibat dalam pembuatan drama yang sempat populer pada tahun 2013; The Heirs.

Drama tentang Dunia Paralel

Drama tentang Dunia Paralel

* sumber: www.mainmain.id

Di dunia per-drama Korea-an, jalan cerita dengan latar belakang dunia paralel ini bukan sesuatu yang asing. The King: Eternal Monarch menambah panjang daftar tersebut. Sebelumnya Lee Min Ho juga pernah berakting dalam drama sejenis.

Oleh karena itu, The King: Eternal Monarch cocok bagi Anda yang penyuka drama fantasi. Cerita yang penuh imajinasi, ditambah perubahan gaya busana serta karakter pada tokoh-tokohnya menjadi keseruan tersendiri.

Apalagi dalam The King: Eternal Monarch, setiap karakter seolah memiliki kembaran di dunia paralel. Seperti karakter Jo Eun Seob yang merupakan anggota kepolisian Republik Korea (teman Tae Eul) dan Jo Young yang adalah Kapten Pengawal Kingdom of Corea (teman masa kecil Lee Gon)

Kedua karakter tersebut hidup di dua dunia berbeda. Keduanya dimainkan oleh Woo Do Hwan dengan apik. Bingung? Jangan dulu karena selain Woo Do Hwan akan ada beberapa pemeran lain yang memainkan dua karakter berbeda dan hidup di dua dunia berbeda pula.

Kontroversi dan Kritik The King: Eternal Monarch

Kontroversi dan Kritik The King Eternal Monarch

* sumber: voi.id

Selain mendapat sambutan dari para penggemar Lee Min Ho, The King: Eternal Monarch ternyata juga disambut oleh beberapa kontroversi. Setelah penayangan perdananya, sebuah scene yang memperlihatkan arsitektur Kingdom of Corea mengundang kegaduhan.

Pasalnya bentuk arsitektur Kingdom of Corea mirip dengan sebuah kompleks kuil Jepang bernama Tōdai-ji dan Kuil Kōfuku-ji. Saat penayangan episode tersebut, diketahui bahwa hubungan Korea dengan Jepang sedang cukup tegang.

Kontroversi kembali terjadi di episode ke enam. Dalam episode tersebut diceritakan bahwa Kingdom of Corea sedang berperang dengan Jepang. Peperangan tersebut dilakukan di laut.

Penonton melihat bahwa desain kapal perang milik Jepang dalam scene tersebut adalah desain kapal perang milik Korea saat ini. Dua kontroversi tersebut cukup membuat ramai. Keduanya kemudian disikapi dengan permintaan maaf dari tim produksi.

Kontroversi yang diterima oleh The King: Eternal Monarch bukan satu-satunya penilaian buruk yang diterima drama ini. Kritikan dari beberapa pengamat dan kritikus budaya Korea juga dialamatkan padanya.

Salah satunya datang dari kritikus budaya Ha Jae Geun. Dia mengungkapkan bahwa ceritanya relatif lambat, dunia paralel yang diciptakan juga terlalu rumit serta kisah cinta antara Lee Gon dan Tae Eul yang tidak disimpan di garis depan.

Kritikan tersebut sejalan dengan rating tidak terlalu tinggi dan bahkan terus menurun yang diperoleh The King: Eternal Monarch. Episode tertinggi drama ini hanya berada di rating 11,4%. Berbeda dengan garapan Kim Eun Sook yang lain seperti Descendants of the Sun (38,8%), Goblin (20,5%) dan Mr. Sunshine (18,1%).

Lee Min Ho Spesialis Karakter Tampan dan Memesona

Lee Min Ho Spesialis Karakter Tampan dan Memesona

* sumber: www.fanpop.com

Meski memerankan karakter yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, image Lee Min Ho sebagai sosok tampan dan memesona dalam drama ini tetap kental. Seolah itu adalah citra yang dia jaga. Sebut saja akting-aktingnya dalam beberapa drama yang pernah dia mainkan.

Seperti memainkan karakter sebagai anak orang kaya dalam The Heirs (2013) dan Boys Over Flowers (2009). Belum lagi karakternya dalam The Legend of the Blue Sea (2017), yaitu seorang penipu yang hidup berkecukupan dan tetap penuh pesona serta tampan.

Meski diwarnai dengan kontroversi dan kritik serta angka rating yang tidak terlalu bagus, akting Lee Min Ho dan Kim Go Eun dalam drama ini memperlihatkan chemistry tersendiri. Anda harus menontonnya sendiri untuk membuktikan itu.

Sudah siap terpesona dengan ketampanan Lee Min Ho yang memerankan karakter seorang kaisar? Jangan lupa sediakan cemilan ya! Selamat menyaksikan!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *