bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Innocent, Kisah Kriminal Mencekam

Ditulis oleh Siti Hasanah
The Innocent
4.5
/5

Netflix rupanya tidak pernah kehabisan stok serial-serial dengan kisah yang bikin penonton takjub. Pada 30 April 2021 Netflix secara resmi merilis The Innocent dengan mengusung genre misteri dan kriminal yang mencekam.

Serial ini diarsiteki oleh Oriol Paulo yang dikenal dengan karya-karya misterinya. Melihat orang di balik layar film ini, agaknya semua bisa berharap bahwa serial asal Spanyol ini punya kekuatan yang menarik penonton untuk tetap duduk manis sampai serialnya tamat.

Kisah dalam The Innocent mengikuti Mateo Vidal (Mario Casas) yang terlibat kasus pembunuhan tidak sengaja dan divonis empat tahun penjara. Sembilan tahun berlalu, insiden yang menewaskan Daniel Vera (Eudald Font) masih diungkit dan membuat hidup Mat tidak tenang. Kisah penuh ketegangan dari Mateo akan kami sajikan dalam sinopsis dan ulasan singkat berikut ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Breaking Bad, Bukan Sekadar Drama Kriminal

Sinopsis

Review The Innocent

Mateo atau Mat merupakan seorang pemuda yang polos dan tidak suka keributan. Namun, di suatu malam pesta yang diadakan di bar ia terlibat perkelahian yang dipicu cemburu teman sekolahnya. Dalam waktu singkat pemuda-pemuda itu saling pukul melampiaskan emosinya.

Mat yang dibantu oleh kakaknya Isma (Jordi Coll) dalam perkelahian itu terdesak oleh lawan yang jumlahnya lebih banyak. Demi bertahan, ia mendorong tubuh Dani sampai terjatuh dan membentur batu. Dani mengalami pendarahan dan meninggal.

Kasus tersebut ditetapkan sebagai pembunuhan tidak sengaja dan Mat harus mendekam di penjara. Empat tahun berlalu, Mat ingin menata kehidupannya dengan bekerja normal. Berkat bantuan sang kakak, ia berhasil menjadi pengacara dan membantu firma hukum kakaknya.

Semasa Mat di penjara, ia sempat bertemu dengan Olivia Costa (Aura Garrido) saat ia tengah cuti dari masa tahanannya. Rupanya takdir mempertemukan mereka kembali setelah Mat bebas dan mulai hidup dengan lebih baik. Olivia pun rupanya sedang dalam fase yang sama dengan Mat.

Tak butuh waktu lama, mereka akhirnya menikah dan hidup bersama. Namun, masa damai mereka tidak berlangsung lama lantaran orang-orang dari masa lalu Olivia mengusik kehidupan mereka.

Di sisi lain, Lorena Ortiz (Alexandra Jimenez), seorang detektif polisi tengah ditugaskan untuk menyelidiki kasus kematian seorang suster di sebuah sekolah asrama katolik.  Kematian yang diperkirakan bunuh diri ini meninggalkan jejak yang mencurigakan sehingga penyelidikan melebar.

Kasus kematian suster tersebut mempunyai kaitannya dengan masa lalu Olivia. Karena itulah hidupnya kini tak lagi tenang. Mat sendiri kini harus berusaha melindungi istrinya agar selamat dari kejaran orang-orang yang memburunya.

Kisah semakin mendebarkan sebab kini Mat menjadi buronan dan Olivia disandera oleh musuhnya yang sejak dulu memburunya. Musuhnya yang merupakan orang penting di Spanyol ini merasa terancam dengan fakta bahwa Olivia masih hidup dan rahasia besarnya ada di tangannya.

Rahasia apa yang dipegang Olivia sehingga orang penting itu ketar-ketir dibuatnya? Oriol Paulo benar-benar menyajikan plot yang bikin penonton frustasi dibuatnya karena kisahnya mengandung banyak twist.

Pembangunan Cerita yang Solid, Jelas dan Detail

Pembangunan Cerita yang Solid, Jelas dan Detail

The Innocent hadir dengan kisah sepanjang 8 episode dengan durasi setiap masing-masing episodenya sekitar satu jam. Dalam rentang waktu tersebut Paulo mengemas narasi yang sangat solid. Setiap kisahnya mempunyai pengembangan karakter yang rapi dan mendetail.

Kisah dalam The Innocent dibuka dengan kemalangan yang menimpa Mat sebab kasus kematian Dani, lalu dilanjutkan dengan kisah Detektif Ortiz yang melihat ayahnya bunuh diri. Cerita bergulir dengan menampilkan perjalanan Ortiz sampai ia menjadi detektif handal di kepolisian Spanyol.

Selanjutnya plot mengalir lebih mendebarkan seiring ditemukannya potongan misteri yang membawa Mat dan Olivia pada masalah yang lebih besar.

Kerumitan hidup Mat rupanya tidak seberapa dibandingkan dengan masa lalu Olivia. Dalam beberapa scene kita mungkin masih meraba-raba apa kaitannya Mat dengan hidup Olivia.

Namun, berkat tangan dingin Oriol Paulo dalam meramu cerita, twist yang dimunculkan menjadi penghubung yang melengkapi puzzle masa lalu Olivia. Twist tersebut seolah mengurai benang merah masa lalu Olivia yang begitu pelik dan penuh bahaya.

Alur Cerita Unik yang Disajikan dalam Bentuk Point of View (POV)

Alur Cerita Unik yang Disajikan dalam Bentuk Point of View (POV)

Premis dan narasi The Innocent merupakan unsur yang sangat menarik dari serial ini. Episode awal adalah sebuah introduksi sempurna yang menggambarkan titik awal protagonis sebelum ia menghadapi konflik utamanya.

Di espiode awal ini kita disuguhi dengan penjelasan yang mendetail tentang masing-masing karakter dengan pace yang terbilang cepat. Tapi cara Oriol Paulo menampilkanya patut diacungi dua jempol. Pace yang cepat itu tidak mengurangi detail cerita.

Dan bagian yang lebih menariknya lagi adalah pengelaborasian kisah yang digunakan oleh Oriol Paulo untuk serial ini. Serial sepanjang 8 episode disajikan dalam bentuk POV di mana semua karakter mempunyai scene masing-masing berdasarkan sudut pandang mereka.

Baca juga: Sinopsis dan Review Film Drama Kriminal Monster (2021)

Adegan Kekerasan yang Ditampilkan Jelas

Adegan Kekerasan yang Ditampilkan Jelas

Sebagai serial yang mengusung genre thriller, The Innnocent banyak menampilkan adegan kekerasan yang eksplisit. Di hampir adegan kekerasannya, kita bisa melihat adegan pukul-pukulan yang mengerikan.

Para korban yang meninggal dengan wajah yang rusak dan tengkorak yang hancur pun ditampilkan dengan jelas. Kamu bisa melihat wajah rusak Emma Duran (Juana Acosta) saat ia diautopsi. Atau muka hancur Cassandra yang dihantam benda keras oleh Anibal Ledesma.

Pemukulan terhadap para para penari striptis juga tidak disembunyikan. Unsur kekerasan yang ada di hampir seluruh serial ini terasa lebih kental dan bikin jantung berdesir. Waspadalah bagi kamu yang tidak menyukai adegan dengan unsur seperti ini.

Visualisasi dan Sinematografi Menjadi Bagian yang Menarik

Visualisasi dan Sinematografi Menjadi Bagian yang Menarik

Jika kamu menyukai visualisasi yang suram dan penuh kengerian, The Innocent pasti akan memuaskan seleramu itu. Serial ini mempunyai visual, warna dan editing yang luar biasa sehingga tidak salah jika serial ini diberi rating yang tinggi, termasuk dari kami.

The Innocent tidak hanya bikin jantung berdetak dengan cepat karena scene yang mengejutkan atau efek suara yang memekakan telinga. Namun, pengambilan gambar yang dilakukan Oriol Paulo membuat serial ini terada begitu hidup dan nyata.

Diadaptasi dari Sebuah Novel

Diadaptasi dari Sebuah Novel

El Inocente atau The Innocent merupakan sebuah tontonan yang pastinya akan memuaskan untuk kamu penikmat film atau serial yang menyajikan kisah yang mendebarkan. Kisah yang dibangun oleh Oriol Paulo sejatinya merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Harlan Coben yang bertajuk sama.

Namun dengan sentuhan khas sutradara beken Oriol Paulo, The Innocent ditampilkan dengan lebih mencekam. Jalan cerita dengan konflik yang menyertainya terasa mengalir tanpa terasa ada yang mengganjal.

Tahu bagian yang lebih mendebarkan? Itu adalah plot twist di dalam ceritanya. Seperti yang kita ketahui bahwa The Innocent secara umum mengisahkan penyelidikan yang dilakukan oleh detektif untuk mengungkap kejahatan.

Kita disodori kisah yang mengarah pada Mat yang misterius dan menyembunyikan sesuatu. Apalagi catatan kriminalnya menambah keyakinan bahwa ia sulit disebut sebagai orang tak bersalah

Namun, rupanya sang penjahat bukanlah Mat yang bertahun-tahun hidup dibuntuti kecurigaan dari orang-orang sekitar. Penjahat sebenarnya adalah detektif itu sendiri yang takut aibnya terbongkar karena rekaman perbuatan bejatnya.

Siapakah detektif itu? Sebaiknya kamu tonton langsung kisah kehidupan Mat yang tidak pernah tenang dan diganggu orang-orang yang curiga padanya. Oh, ya, selain unsur-unsur di atas, kita tidak bisa mengesampingkan bahwa akting Mario Casas di serial ini begitu luar biasa.

Akting sang aktor utama berhasil bikin penonton merasakan betapa frustasinya seorang Mat yang diperlakukan tidak adil sejak didakwa atas tuduhan yang merusak hidupnya itu. The Innocent masih bisa disaksikan di Netflix. Jadi, buruan tonton keseruan aksinya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram