bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Docuseries Jerman The Houseboat (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 19 Oktober 2021

Olli Schulz membaca di sebuah berita bahwa rumah kapal milik mendiang penyanyi country Jerman, Gunter Gilbert dijual. Terpikir olehnya untuk membeli rumah tersebut lalu merenovasi dan menjadikannya sebagai tempat para musisi berkreativitas. Dia sadar tak bisa sendiri melakukan itu. Olli lalu mengajak Fynn Kliemann untuk bergabung.

The Houseboat (2021) sebuah docuseries dari Jerman mempertontonkan bagaimana sebuah pertunjukan ‘sulap’ yang memakan banyak waktu, tenaga dan uang berhasil mengubah rumah kapal bobrok jadi rumah kapal yang modern dan cantik.

Untuk kamu yang suka dengan tayangan-tayangan make over semacam ini, kemungkinan besar akan menyukainya. Jika masih ragu, kamu harus simak sinopsis dan ulasannya lebih dulu berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis & Review Docuseries Jerman The Houseboat (2021) 1
Tahun Rilis 2021
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Fynn Kliemann Olli Schulz

Docuseries dari Jerman ini dimulai dengan wawancara yang melibatkan Fynn Kliemann dan Olli Schutz. Keduanya terlihat saling memuji, Fynn mengatakan bahwa Olli seperti jangkarnya yang menarik dia ke bawah.

Sementara menurut Olli, Fynn adalah pelabuhannya. Mereka, dua musisi asal Jerman, sedang terlibat dalam satu proyek besar: merenovasi sebuah rumah kapal tua.

Sebagai musisi Olli sudah membayangkan akan seru jika ada band yang menulis lagu atau merekam album di sana. Dia membayangkan keuntungan yang akan didapat dengan mendirikan kafe kecil dan studio.

Fynn tertawa dan menanggapi bahwa jika dipikirkan dari sudut pandang bisnis, proyek mereka sungguh luar biasa. Menurutnya, merenovasi kapal tua yang sudah seperti rongsokan adalah perbuatan booth.

Mereka harus merenovasi rumah kapal tua milik Gunter Gabriel. Olli mengatakan bahwa mereka ibarat membeli sebuah Kinder Surprise dan mendapat kejutan yang jelek. Semasa hidupnya Gunter Gabriel adalah seorang penyanyi country dari Jerman. Dia meninggal di usia 75 tahun akibat terjatuh dari tangga.

Docuseries ini melanjutkan cerita dengan memperlihatkan berita di sebuah koran yang bertuliskan “Siapa yang dapat rumah kapal milik Gunter Gabriel?”

Berita lain tentang rumah kapal milik Gunter rupanya dibaca oleh Olli, tepatnya berita tentang penjualan rumah kapal milik sang musisi. Menurut Olli, sebagian orang ingin menjadikan rumah kapal milik Gunter sebagai museum atau tempat lainnya.

Sebagai sesama musisi, Olli cukup dikenal oleh putri mendiang Gunter, Yvonne, sehingga dia dihubungi lebih dulu. Olli sendiri sebenarnya sudah lama tidak mendengar kabar Yvonne. Mereka baru kembali berkomunikasi karena Yvonne menawarkan rumah kapal sang ayah pada mereka.

Rumah kapal pun resmi dibeli pada November 2018. Lima hari setelahnya, Fynn datang diantar Yvonne untuk melihat kondisi rumah kapal tersebut. Fynn bersemangat tapi ada banyak hal yang harus dia lakukan untuk rumah kapal tersebut. Fynn sendiri diajak oleh Olli untuk merenovasi rumah kapal tersebut karena dia tahu tak akan sanggup jika melakukannya sendirian.

Menariknya Fynn tidak terlalu mengenal Olli. Hanya Fynn tahu bahwa Olli pria yang baik. Pembahasan mengenai rumah kapal baru dilakukan beberapa hari setelah pertemuan mereka. Fynn merasa rumah kapal milik Gunter sangat potensial sehingga dia sudah memikirkan banyak rencana.

Dia dan Olli sepakat untuk menjadikan rumah kapal tersebut sebagai wadah untuk kreativitas yang dilengkapi dengan studio, dek berjemur, panggung, kamar tidur, dapur besar dan area nongkrong di dekat perapian.

Sejurus kemudian sebuah dokumenter saat Gunter tinggal di rumah kapalnya dipertontonkan. Di sana sang musisi mengatakan tak berniat membuang barang-barang langka miliknya.

Yvonne akhirnya sampai membawa Fynn pada jantung kapal; bagian terpenting dari rumah kapal milik mendiang ayahnya. Fynn merasa ruangan itu baiknya memang tidak diubah; bangku, meja, lantai, atap sebaiknya dibiarkan. Yvonne terdengar setuju dengan idenya. Fynn akan memulai proses renovasi dengan memilih lebih dulu beberapa barang.

Fynn membiarkan Yvonne memilih barang-barang mendiang yang ingin dia bawa pulang dan yang ingin dia jual pada para penggemar. Secara pribadi Fynn tidak begitu mengenal Gunter. Dia hanya tahu hal-hal yang sudah dilakukannya, seperti memotivasi orang-orang dan mencoba membuat pusat kreativitas, Hal itulah yang akan dilanjutkan oleh Fynn.

Fynn dan Olli akhirnya memulai proses renovasi. Untuk melakukan itu, Fynn membawa setidaknya 15 tenaga bantuan dari Kliemannsland miliknya. Mereka tidak mengetahui sosok Gunter, hasilnya semua rak dikosongkan begitu saja dan barang-barang juga dibiarkan tergeletak. Banyak catatan pribadi dan barang yang ikut tercecer.

Olli yang ikut membereskan merasa sedih dengan barang-barang pribadi Gunter yang pada akhirnya harus disingkirkan. Salah satu dari 15 tenaga tambahan yang dibawah Fynn, Franzi Mulder mengingat kembali ketika pertama kali Fynn mengajaknya terlibat.

Musisi itu tidak mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan proyek besar. Fynn hanya menyebut sedikit renovasi dan mengecatnya. Salah satu teman Olli yang ikut proyek tersebut, Bjarne Madel, bercerita bahwa ketika berita rumah kapal Gunter dijual mereka sedang ada di acara Crime Scene Cleaner.

Dia pun diajak Olli untuk melihat-lihat kondisi rumah kapal tersebut. Pendapatnya adalah kapal itu tak lebih dari tumpukan sampah, terlalu usang dan sama sekali tidak bisa dimanfaatkan.

Proyek besar tersebut mendekatkan Fynn dan Olli yang sebelumnya tak terlalu dekat. Fynn bahkan sampai mengatakan akan menjaga Olli karena mereka saling membutuhkan. Proses pengosongan kapal masih terus berlanjut. Bagaimana hasil akhir yang dikerjakan oleh keduanya? Seperti apa wajah baru rumah kapal tua yang dulunya milik Gunter Gabriel ini?

Dua Musisi Jerman Membangun Ulang Rumah Kapal Usang

Sinopsis & Review Docuseries Jerman The Houseboat (2021) 3

The Houseboat (2021) sebuah docuseries dari Jerman yang menampilkan dua musisi Jerman dengan proyek besarnya membangun ulang sebuah rumah kapal yang telah usang. Mereka adalah Fynn Kliemann dan Olli Schutz. Walau berbeda generasi keduanya setuju untuk membeli dan merenovasi rumah kapal tersebut.

Episode pertama The Houseboat (2021) mengenalkan siapa pemilik asli dari rumah kapal itu. Dia adalah Gunter Gabriel, seorang penyanyi Country asli Jerman yang meninggal pada 2017 lalu. Sebagai sesama musisi, Olli seperti tergerak untuk membeli rumah kapal yang memang dijual tersebut. Untuk merealisasikannya dia mengajak Fynn Kliemann.

Baca juga: Rekomendasi Film Jerman Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Proyek Besar Menguras Tenaga, Waktu dan Uang

Sinopsis & Review Docuseries Jerman The Houseboat (2021) 5

Proyek yang semula dikira renovasi biasa itu ternyata menghabiskan banyak tenaga, waktu dan tentu saja uang. Dalam prosesnya, Fynn Kleimann lebih banyak terlibat, termasuk soal pengaturan pengeluaran.

Sementara itu Olli tampak menyesal telah membelinya beberapa waktu lalu karena di sini dirinya berperan sebagai donatur yang menyediakan uang. Pasalnya hampir 90% bagian kapal sudah dalam keadaan rusak.

Alurnya memperlihatkan bagaimana mereka mulai dengan mengeluarkan semua barang-barang Gunter Gabriel dari dalam rumah kapal. Dilanjutkan dengan membongkar semua elemen seperti atap, dinding dan apa pun di sana. Semua terkejut karena ternyata kerusakannya cukup parah dan tak ada yang bisa mereka selamatkan.

Di sela-sela proyek tersebut kamu juga akan diajak berkenalan dengan dua musisi Jerman itu. Kedekatan Fynn dan Olli yang saling mengagumi karya dan pribadi masing-masing turut diperlihatkan.

Selain itu, perdebatan mereka yang bersifat pribadi karena masalah dana juga ikut ditampilkan. Bagian ini memegang peranan penting untuk memperlihatkan bahwa proyek ini benar-benar menguras mereka.

Dari Rumah Kapal Usang Jadi Tempat untuk Bermusik

Sinopsis & Review Docuseries Jerman The Houseboat (2021) 7

The Houseboat (2021) hanya berjumlah 4 episode dengan durasi yang bervariasi antara 20 – 40 menit. Selain memperlihatkan prosesnya, docuseries ini juga mempertontonkan bagaimana orang-orang yang terlibat di sana mengalami kelelahan baik fisik atau emosi. Di episode tiga, kamu akan melihat Max sebagai manajer konstruksi tersinggung oleh Fynn dan Olli.

Konflik tersebut ditambah sinematografi yang mempertontonkan bagaimana rumah kapal semakin lama bertambah rapi, menciptakan suasana yang realistis. Nyatanya perjalanan mengubah rumah kapal usang menjadi tempat yang lengkap, modern dan asyik untuk bermusik, sangat panjang serta melelahkan.

Mereka membutuhkan waktu sekitar 21 bulan dengan biaya super besar, yaitu lebih dari 500.000 euro atau jika dirupiahkan sebesar lebih dari 8,5 triliun.

The Houseboat (2021) sebuah docuseries yang berbeda karena mempertontonkan bagaimana proses renovasi rumah kapal dilakukan. Dengan dibawakan oleh selebritas ternama Jerman, Olli Schulz dan pebisnis sekaligus musisi muda, Fynn Kliemann, ia jadi tontonan yang asyik sekaligus menginspirasi. Siapa tahu setelah ini kamu punya rencana untuk membuat rumah kapal sendiri, kan?

The Houseboat
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram