Sinopsis & Review The Great Shaman Ga Doo Shim (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Great Shaman Ga Doo Shim (2021)
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Seorang siswa bernama Ga Doo Shim mewarisi bakat sang nenek yang terkenal sebagai dukun hebat. Sekitar 10 tahun lalu sebuah peristiwa terjadi; seorang siswa dengan nilai rendah dirasuki ruh jahat lalu bunuh diri. Ruh jahat tersebut berhasil ditangkap sebelum akhirnya lepas kembali karena nenek Doo Shim meregang nyawa setelah ditikam oleh orang tak dikenal.

Menyimpan dendam, ruh jahat tersebut berjanji akan membunuh Doo Shim saat usianya menginjak 18 tahun. Setelah belasan tahun tak bersinggungan, Doo Shim kembali merasakan keberadaan ruh jahat di sekolahnya yang baru.

Semua berkat arwah sang nenek yang merasuki murid paling pintar di sekolah bernama Na Woo Soo. Seperti apa lengkapnya? Sinopsis dan ulasan The Great Shaman Ga Doo Shim (2021) bisa kamu temukan pada artikel ini! Mari simak bersama!

Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kim Sae Ron Nam Da Reum
Review Baca di sini

Sinopsis

Drama Korea yang tayang pada tahun 2021 ini mengusung tema youth dan mystery yang cukup kental. Berikut sinopsis setiap episode dramanya.

Episode 1-3

The Great Shaman Ga Doo Shim (2021) Episode 1-3_

Ga Doo Sim (Kim Sae Ron) terpental bersama Na Woo Soo (Nam Da Reum) saat menghadapi sesosok ruh jahat berupa asap hitam yang pekat. Ingatannya lalu kembali ke 10 tahun lalu ketika dia merasa gagal menyelamatkan nyawa seorang siswa yang putus asa karena nilai di sekolahnya buruk. Rasa putus asa dan sedih dari murid-murid bernilai buruk di sekolah menjadi rumah bagi ruh jahat untuk bersarang dan memengaruhinya melakukan hal-hal nekat.

Guna menghadapi itu, Myo Shim melimpahkan tanggung jawab besar pada cucunya, Doo Shim yang saat itu masih berusia sekitar 7 tahun. Doo Shim sudah mengatakan tak mau menjadi dukun, tapi Myo Shim meyakinkan bahwa dia mampu.

Sesaat sebelum Myo Shim akhirnya berhasil menangkap ruh jahat, ruh tersebut berjanji akan merasuki tubuh Doo Shim saat usianya menginjak 18 tahun. Dia akan memberikan kematian yang paling menyakitkan pada cucu Myo Shim itu. 

Begitu berhasil menangkapnya, secara tiba-tiba Myo Shim diserang oleh orang tak dikenal hingga meregang nyawa. Akibat hal tersebut, ruh yang sudah berhasil ditangkap pun lepas kembali. Dalam keadaan sekarat, Myo Shim berpesan pada Doo Shim agar berhati-hati saat memasuki usia 18 tahun. Kini Doo Shim sudah tumbuh jadi gadis cantik berkekuatan supernatural.

Namun, Doo Shim tak ingin terlalu memperlihatkan keistimewaannya tersebut, termasuk di depan sang ibu yang hanya berpikir tentang keuntungan. Sepulang dari makam Myo Shim, Doo Shim menuju sekolahnya yang baru, yaitu SMA Songyoung. Di kelas yang akan dimasuki Doo Shim, para murid sedang ramai membahas siapa di antara mereka yang berada di urutan terakhir.

Hingga tiba-tiba seorang siswa meloncat terjun dari atas gedung dan membuat siswa yang lain histeris. Saat itulah Doo Shim memasuki kelas dalam keadaan bibir berdarah. Na Woo Soo (Nam Da Reum) yang melihatnya tertegun. Rupanya bibir berdarah yang didapat Doo Shim berasal dari pertarungannya dengan sesosok ruh jahat yang merasuki seseorang, yang hendak membunuh sang ibu.

Di episode dua, kamu akan melihat Jo Su Jeong (Lee Ji Won) mengenalkan diri pada Doo Shim. Murid tersebut mengatakan bahwa siapa pun yang nilainya paling rendah di SMA Songyoung kerap berakhir dengan bunuh diri. Gadis itu mengingatkan Doo Shim untuk berusaha, belajar seolah nyawa taruhannya.

Pihak sekolah terlihat cuci tangan terhadap kasus ini. Mereka bahkan berencana mengeluarkan serta menuntut siapa pun yang mencemarkan nama baik sekolah. Di tempat lain terlihat sebuah papan tulis berisi nama-nama siswa sesuai nilai mereka. Terdapat pula tulisan bahwa orang yang tidak kompeten, tidak mendapat kesempatan.

Woo Soo yang tak pernah ingin ikut campur masalah orang lain, kali ini mendatangi TKP bersama Il Nam  (Yoon Jung Hoon). Dia semakin penasaran karena Jung Geon atau siswa yang lompat tadi terkenal penakut dan lemah berhasil mendobrak pintu atap yang dikunci kuat.

Woo Soo hanya khawatir karena menurut prediksi banyak siswa, di ujian berikutnya Il Nam yang akan berada di posisi terakhir. Di rumah, Doo Shim kembali bertengkar dengan ibunya, Hyo Shim (Bae Hae Sun), yang juga seorang dukun. Doo Shim tidak ingin teman baru di sekolahnya tahu tentang keistimewaan yang dia miliki.

Sayang, Woo Soo terlanjur mengetahuinya dari sang ibu. Namun, pemuda tersebut tak percaya dengan hal-hal semacam itu dan melihatnya sebagai penipuan untuk mendapatkan uang.

Di kelas rumor Doo Shim berkelahi dengan Jong Geun, siswa yang bunuh diri beberapa hari lalu, tiba-tiba berembus. Woo Soo tak kalah ikut ambil bagian. Perlakuan teman-teman sekolahnya membuat Doo Shim teringat akan kenangan buruknya saat kecil. Saat gadis itu tak tahan lagi dan hendak pergi, Woo Soo tiba-tiba memeluknya tanpa alasan dan membuat yang lain kebingungan.

Pada episode tiga, terungkap mengapa Woo Soo tiba-tiba memeluknya. Ternyata pemuda tersebut dirasuki arwah sang nenek. Dari dirinya pula Doo Shim mendapat kabar bahwa ruh jahat yang sepuluh tahun lalu dia hadapi, ada di sekolah ini dan membahayakan para siswa.

Sejurus kemudian, ruh jahat yang sudah lebih kuat itu muncul dan mulai menyerang Myo Shim yang ada dalam tubuh Woo Soo. Sejak kejadian tersebut Woo Soo bisa melihat Hyun Soo, sosok arwah remaja yang tewas bunuh diri 10 tahun lalu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram