bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film The Glass House, Terjebak Bersama Penjahat

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
The Glass House
2.5
/5

Bagaimana rasanya jika seseorang yang seharusnya melindungi kita justru malah menjadi orang yang memiliki niat jahat pada kita? Hal inilah yang dialami oleh pasangan kakak beradik Ruby dan Rhett Baker sepeninggal kedua orang tuanya dalam film The Glass House.

Setelah menjadi yatim piatu, keduanya memulai kehidupan baru dengan orang yang menjadi wali mereka. Namun rupanya hal itu adalah awal mula keduanya terjebak dalam bahaya. Untuk mengetahui cerita selanjutnya, kamu bisa membaca review dan sinopsis dari film The Glass House berikut ini!

Sinopsis

the-glass-house-1_

Film The Glass House mengisahkan tentang dua anak keluarga Baker, Ruby yang berusia 16 tahun dan Rhett yang berusia 11 tahun. Mulanya, mereka hidup bahagia bersama kedua orang tuanya. Namun saat merayakan ulang tahun pernikahan, kedua orang tua mereka mengalami kecelakaan mobil dan dinyatakan tewas.

Setelah pemakaman, pengacara mengatakan jika orang tua mereka telah menunjuk wali untuk Ruby dan Rhett, yaitu tetangga yang telah dikenal baik oleh Ruby dan Rhett sejak lama. Mereka adalah pasangan suami istri keluarga Glass, Terry dan Elin. Dengan tujuan memulihkan Ruby dan Rhett dari trauma, Terry dan Elin pun membawa Ruby dan Rhett untuk pindah rumah ke Malibu.

Terry merupakan seorang pengusaha dalam bidang otomotif dan jual beli mobil, sementara Elin merupakan seorang dokter. Semenjak malam pertama kepindahan mereka, Ruby telah menduga sesuatu yang aneh karena ia dan Rhett hanya diberikan satu kamar saja. Namun Terry dan Elin berusaha bersikap baik dan tampak sangat menyayangi mereka berdua.

Ruby memulai kehidupan baru di sekolah barunya, sementara Rhett pun tampak senang karena di rumah tersebut bisa bermain Nintendo sepuasnya. Namun perlahan Ruby mulai mencium kejanggalan dari pasangan Glass tersebut. Ruby sempat nyaris dilecehkan oleh Terry dalam mobilnya, lalu ia juga pernah melihat Erin yang teler sembari memegang suntikan narkoba.

Ruby melaporkan hal tersebut pada pengacaranya. Namun Terry dan Elin kemudian menjelaskan bahwa apa yang dipikirkan Ruby hanya kesalah pahaman. Elin mengaku jika ia mengalami diabetes dan tengah menyuntikkan insulin. Ruby pun mencoba percaya dengan hal tersebut. Namun ia kembali menemukan keanehan lain.

Ruby melihat surat dari pamannya, Jack yang dibuang ke tempat sampah sebelum diberikan pada dirinya. Ia juga menemukan surat pengembalian dana dari sekolah yang seharusnya menjadi sekolahnya. Saat Ruby menemui Terry di kantornya, ia juga mengetahui bahwa Terry tengah mengalami masalah hutang.

Rupanya, Terry dan Elin tengah terjerat hutang yang nilainya cukup besar pada rentenir. Mereka pun memanfaatkan Ruby dan Rhett agar bisa mendapat dana perwalian yang mereka salah gunakan untuk membayar hutang-hutang mereka. Ruby akhirnya menyadari bahwa saat kecelakaan terjadi, orang tuanya mengendarai mobil milik Terry.

Ruby yakin jika kecelakaan orang tuanya merupakan rencana Terry agar bisa mendapat dana perwalian atas dirinya. Terry dan Elin kemudian membius Ruby dengan obat bius yang didapatkan Elin dari rumah sakit dan membuat Ruby tak sadarkan diri selama berhari-hari. Namun hal tersebut membuat Elin mendapat masalah, lisensi medisnya pun dicabut dan ia tak bisa bekerja lagi.

Elin yang putus asa kemudian bunuh diri dengan menyuntikkan narkoba hingga over dosis. Sementara Ruby yang mulai sadar karena pengaruh biusnya yang habis berusaha kabur bersama Rhett. Namun Terry melihat mereka dan menguncinya di gudang. Terry kemudian membuat rencana untuk menipu Ruby dan Rhett. Ia meninggalkan mobil jaguar yang sudah dirusak remnya dan menjebak Ruby.

Mulanya, Ruby dan Rhett berniat kabur menggunakan mobil tersebut. Namun sebelum keduanya pergi, para penagih hutang datang dan membawa Terry pergi menggunakan mobil jaguar tersebut. Di perjalanan, jaguar itu pun mengalami kecelakaan dan membunuh para penagih hutang. Sementara Terry masih selamat meski terluka parah.

Ia mengambil pistol milik polisi yang akan menolongnya dan hendak menembak Ruby yang berada dalam mobil polisi. Ruby yang kembali teringat kecelakaan kedua orang tuanya kemudian memutuskan untuk menabrak Terry hingga tewas menggunakan mobil polisi tersebut. Ruby dan Rhett akhirnya hidup bersama paman mereka.

Jalan Cerita yang Penuh Misteri dan Teka-Teki

the-glass-house-2_

Film berdurasi 111 menit ini menampilkan alur cerita yang dipenuhi misteri dan teka-teki. Misteri ini baru mulai terkuak saat film mencapai sepertiga bagian akhirnya. Dari awal hingga pertengahan film, jalan cerita film ini memang terasa cukup lambat. Bagi kamu yang terbiasa dengan film film bertempo cepat, kamu mungkin akan sedikit bosan di pertengahan cerita.

Terkadang kaitan antar misteri yang terjadi juga terasa tidak masuk akal dan seolah dibuat berbelit-belit. Namun menuju akhir cerita, film ini sedikit menaikan intensitas ketegangannya yang akan membuat kebosananmu hilang. Di bagian akhir film, kamu juga akan melihat sedikit adegan aksi yang cukup menegangkan.

Karakter-Karakter yang Misterius

the-glass-house-3_

Sama seperti jalan ceritanya yang dipenuhi teka-teki, para karakter dalam film The Glass House ini juga menyimpan misterinya masing-masing. Dari awal hingga pertengahan film, semua karakter utama dalam film ini tampak tidak bisa ditebak. Kamu mungkin tidak bisa mengetahui siapakah sebenarnya karakter antagonis dalam film ini hingga pertengahan cerita film.

Baik karakter pasangan Glass maupun kakak beradik Baker seolah menyimpan misterinya masing-masing. Meski dalam film ini kita sebagai penonton diajak untuk mengikuti jalan cerita melalui sudut pandang Ruby, karakter Ruby dalam film ini pun terasa menyimpan teka-teki. Meski pun akhirnya pendalaman mengenai karakter Ruby ini tidak dijelaskan dengan detail hingga film berakhir.

Sampai akhir film, masih banyak pertanyaan tak terjawab dari para karakter ini. Misalnya saja mengenai bagaimana sosok pasangan Glass yang mulanya dikenal dekat dengan keluarga Baker tiba-tiba menjadi jahat dan bagaimana awal mula hubungan Ruby dan adiknya, Rhett yang tampak tidak pernah akur sejak awal cerita.

Adegan-Adegan Jumpscare di Sepanjang Cerita

the-glass-house-4_

Meski bukan film bergenre horror, namun film The Glass House ini cukup banyak menyelipkan adegan-adegan jumpscare yang akan membuatmu terkejut di beberapa scene-nya. Dari awal hingga akhir film, teknik sinematografi yang digunakan dalam film ini memang menekankan nuansa yang gelap dan suram selayaknya film-film horror atau misteri.

Nuansa suram ini bahkan membuat visualisasi rumah pasangan Glass yang seharusnya tampak mewah menjadi rumah yang terlihat menyeramkan. Nuansa yang suram ditambah music scoring menegangkan dan adegan jumpscare yang sering kali muncul ini pun akan membuatmu sedikit terkejut.Jadi, persiapkan dirimu ya!

Itulah review dan sinopsis dari film The Glass House, sebuah film yang penuh misteri dan teka-teki. Tonton filmnya sampai habis agar kamu bisa memahami teka-teki yang disajikan dalam film ini ya! Kalau kamu sudah menontonnya, bagaimana tanggapanmu mengenai film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram