Sinopsis & Review The Getaway King, Kisah Nyata Sang Penjahat

Ditulis oleh Siti Hasanah
The Gateaway King
4
/5

Satu lagi film yang bergenre aksi yang dibumbui dengan komedi yang akan siap membuat hari libur kalian semakin seru.

Film ini berjudul The Getaway King dan merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang penjahat yang bernama Zdzislaw Najmrodzki. Ia merupakan penjahat yang sangat terkenal pada tahun 1980-an. Film ini disutradarai oleh Mateusz Rakowicz

The Getaway King menceritakan tentang Zdzislaw Najmrodzki yang sangat cerdik. Ia berhasil lolos dari hukum, baik itu persidangan, penjara, atau pengejaran polisi selama 29 kali. Penasaran dengan aksi dari Zdzislaw Najmrodzki? Sebelum nonton filmnya, kalian bisa simak dulu sinopsis dan review-nya di bawah ini. 

Sinopsis

the-getaway-king-1_

Film ini dibuka dengan sebuah adegan yang menunjukkan Zdzisław Najmrodzki (Dawid Ogrodnik) sedang melakukan aksi kabur dari sebuah penjara.

Keesokan harinya, ia bersama timnya yaitu Antos (Jakub Gierszał), Teplic (Andrzej Andrzejewski) dan Młoda (Sandra Drzymalska) melakukan sebuah aksi pencurian di sebuah toko yang tidak memiliki sistem alarm. 

Demi melancarkan aksinya, mereka membuat lubang di dinding toko tersebut lalu menutupnya dengan sebuah poster saat kabur.

Setelah aksi perampokan tersebut sukses, Letnan Barski (Robert Wieckiewicz) dan seorang juniornya yang bernama Ujma (Rafał Zawierucha) melakukan pengidentifikasian. Mereka lalu melakukan pengejaran terhadap Zdzislaw Najmrodzki dan timnya pada pencurian selanjutnya.

Keesokan harinya Zdzislaw Najmrodzki pergi ke sebuah bioskop untuk membeli poster yang lebih banyak untuk aksi pencurian selanjutnya. Tetapi, penjaga yang biasa melayaninya sudah tidak ada dan digantikan oleh seorang gadis cantik bernama Tereska (Masza Wągrocka).

Meskipun Tereska sudah mengenal siapa Zdzislaw, tapi sepertinya ia tetap menunjukan ketertarikan pada Zdzislaw ketika diajak kenalan. 

Setelah mendapatkan poster, timnya Zdzislaw juga sukses memata-matai sebuah toko. Mloda menyamar sebagai anggota kepolisian dan ia menyatakan bahwa aksi mereka akan aman nanti malam. Hal itu karena tidak akan ada patroli keamanan dari pihak kepolisian di tempat target pencurian mereka.

Akan tetapi, mereka salah besar karena Letnan Barski dan juniornya ternyata sudah menunggu aksi pencurian mereka secara diam-diam.

Pada saat mereka kabur, Letnan Barski mengejar Zdzislaw Najmrodzki. Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Saat di tikungan, Letnan Barski tidak memperhatikan jalan dan membuat mobilnya terguling dan terbakar. 

Melihat Letnan Barski yang kecelakaan, Zdzislaw yang notabenenya adalah seorang pencuri yang baik, tidak meninggalkan polisi tersebut dan justru malah menolongnya.

Alih-alih berterima kasih, Letnan Barski malah memukul Zdzislaw dan menangkapnya. Setelah itu Zdzislaw dibawa ke kantor polisi dan diinterogasi. Tetapi, dengan kecerdikannya ia berhasil kabur lagi untuk sekian kalinya. 

Suatu malam Zdzislaw pergi lagi ke bioskop untuk bertemu dengan Tereska. Kali ini Tereska tidak menolak ketika diajak berkencan. Ia malah membawa Zdzislaw ke rumahnya dan bertemu dengan ayahnya. Zdzislaw juga membuat ayah Tereska terkesan dengan permainan caturnya dan sepertinya menerima Zdzislaw dengan tangan terbuka. 

Setelah merasa aksi pencurian mereka selalu dapat ditangani dengan baik, Zdzislaw beserta timnya memulai aksi baru yaitu pencurian kendaraan. Mereka mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan menjual mobil-mobil hasil curian tersebut. 

Sayangnya, Letnan Barski berhasil memeriksa barang Zdzislaw dan menemukan sebuah kartu hotel dimana mereka selalu bersembunyi dan merencanakan pencurian. Akhirnya Zdzislaw tertangkap lagi dan berhasil dijebloskan ke sebuah penjara dengan pengamanan yang sangat ketat. 

Namun, Zdzislaw sangatlah cerdik. Dibantu timnya Antos dan Teplic, ia berhasil menggali sebuah lubang dan kabur dari penjara dengan pengamanan ketat tersebut. Setelah kejadian tersebut, kepolisian mulai resah dan mengeluarkan sebuah perintah penembakan terhadap Zdzislaw dan timnya.

Sementara itu Tereska mulai marah dengan aksi Zdzislaw yang sudah mulai melampaui batas. Tidak ingin hubungannya berjalan buruk, Zdzislaw berjanji pada Tereska bahwa ia akan mulai berhenti dari pekerjaan kotornya dan memulai hidup serta usaha baru agar kehidupannya lebih baik. 

Tetapi, pada saat mengutarakan niatnya pada tim, Antos keberatan dan menganggap Tereska mengacaukan segalanya. Lalu bagaimana kisah mereka selanjutnya?

Kisah Seorang Pencuri Legendaris Polandia yang Brilian

the-getaway-king-2_

Film The Getaway King menyuguhkan sebuah tontonan yang seru dengan alur dan konsep cerita yang terbilang ringan.

Meskipun ini adalah sebuah film aksi, tak ditemukan teka-teki atau kerumitan sebuah konflik yang dapat membuat para penontonnya kebingungan. Film ini mengalir dengan mulus dan penonton seakan sudah bisa menebak ke mana arah film ini. Hanya ada sedikit twist pada akhir cerita yang mungkin akan menghibur para penontonnya.

Ceritanya berpusat pada seorang pencuri legendaris Polandia yang berhasil kabur dari hukum sampai 29 kali. Cerita dalam film ini mungkin sedikit mustahil tapi percaya atau tidak, film ini diambil dari sebuah kisah nyata pada tahun 1980-an. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram