bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Flash S1, Si Manusia Super Cepat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 16 Juni 2021

Harus kehilangan ibu saat usianya masih sangat kecil, Barry Allen dewasa mencari tahu peristiwa yang sebenarnya terjadi. Ketika itu yang dia tahu, ibunya meninggal karena kilatan dan cahaya misterius. Beberapa tahun kemudian, Barry mengalami hal serupa. Bedanya, akibat kejadian tersebut dia berubah jadi manusia berkekuatan super.

Dalam serial The Flash S1, Anda akan diajak mengenali sosoknya sejak awal. Salah satu karakter superhero milik DC Comics ini tidak kalah mengagumkan. Anda akan mendapatkan sebuah pelajaran berharga dari perjalannya sebagai seorang pahlawan super. Penasaran? Anda bisa mengikuti season 1 dulu untuk mengetahuinya. Namun, sebelum itu mari simak sinopsis dan ulasannya berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 7 Oktober 2014 – 19 Mei 2015
  • Genre: Fantasi, Superhero
  • Jumlah Episode: 23
  • Pemain: Grant Gustin, Candice Patton, Danielle Panabaker, Rick Cosnett 
  • Sutradara: David Nutter, Jesse Warn, Glen Winter, Dermott Downs, Millicent SheltonLarry Shaw, Ralph Hemecker, Nick Copus, John F. Showalter, Rob Hardy, Steve Surjik, Thor Freudenthal, John Behring, Kevin Tancharoen, Wendey Stanzler, Steve Shill, Duog Aarniokoski
  • Produksi: Berlanti Productions, Warner Bros. Television, DC Entertainment 

Barry Allen/Flash (Grant Gustin) mungkin tidak pernah mengira akan kehilangan ibu saat usianya masih sangat belia. Sang ibu terbunuh oleh cahaya dan kilat misterius. Seiring waktu, secara rahasia dia mencari tahu dan memecahkan misteri tersebut sekaligus membuktikan ayahnya tidak bersalah. Barry menjadi asisten Tim Forensik untuk Central City Police.

Pada satu acara peluncuran akselerator partikel baru oleh S.T.A.R Labs, tiba-tiba terjadi masalah dan meledak. Barry masuk menjadi korban atas ledakan tersebut. Dia koma selama kurang lebih sembilan bulan. Ketika tersadar, Barry ada di S.T.A.R Labs berada dalam perawatan dan pengawasan Harrison Wells (Tom Cavanagh)dan asistennya Dr. Caitlin Snow (Danielle Panabaker) serta Cisco Ramon (Carlos Valdes).

Tidak lama Barry mulai menyadari kekuatannya. Dia dapat bergerak dengan kecepatan luar biasa. Kemudian diketahui bahwa ada banyak metahuman lain yang tercipta akibat ledakan di waktu itu. Salah satunya adalah Clyde Mardon (Chad Rook), seorang perampok bank yang memiliki kemampuan mengendalikan cuaca. 

Barry kemudian diminta untuk menangkap Mardon menggunakan kekuatannya. Dia lantas dilengkapi kostum yang dirancang oleh Cisco. Barry dan Detektif Joe West, melacak keberadaan Mardon. Keduanya berhasil bekerja sama menangkap dan membunuh perampok itu. 

Bermodalkan kekuatan baru yang dimiliki, Barry ingin membebaskan ayahnya, Henry (John Wesley Shipp), yang dipenjara karena dugaan telah membunuh istrinya, Nora (Michelle Harrison). Pasalnya Barry tahu bahwa sang ibu dibunuh oleh metahuman lain. Untuk melakukan misinya ini, Barry menggunakan nama samaran Flash.

Sebagai pria biasa, Barry menyukai Iris West (Candice Patton), putri dari detektif Joe West (Jesse L. Martin). Joe West sendiri merawat Barry semenjak kematian ibunya. Perasaan Barry pada Iris sepertinya hanya sepihak sebab Iris sudah memiliki kekasih seorang polisi tampan bernama Eddie Thawne (Rick Cosnett).

Di sisi lain, Barry tidak pandai menyembunyikan kekuatan dan identitas barunya sebagai manusia super cepat, sehingga banyak orang mengetahui hal tersebut. Meski demikian dia tetap harus melanjutkan “kewajiban” barunya sebagai pahlawan super. Salah satunya menangkap seorang perampok yang memiliki kemampuan untuk membuat klon dirinya sendiri, Perampok tersebut bernama Danton Black (Michael Christopher Smith).

Black yang sebenarnya hanya mengincar Simon Stagg (William Sadler), mantan majikannya, berakhir dengan bunuh diri. Kasus lain yang harus dihadapi Flash adalah pembunuhan salah satu keluarga. Barry curiga bahwa pembunuh keluarga ini adalah metahuman yang mampu mengendalikan gas beracun. Tim Labs lantas menemukan bahwa pembunuh tersebut diketahui bernama Kyle Nimbus (Anthony Carrigan).

Nimbus rupanya bukan mengendalikan gas, melainkan menjadi gas itu sendiri. Hal yang lebih mengejutkan adalah Nimbus ternyata mengincar Joe. Mengetahui hal ini Barry segera menyelamatkan nyawa Joe.

Masalah yang dihadapi Tuan Flash tidak sampai di sini. Dia juga harus melawan penjahat lainnya, seperti Leonard Snart atau Captain Cold (Wentworth Miller). Dia juga harus menghadapi fakta bahwa Wells rupanya adalah reverse flash, The Flash’s arch nemesis dari masa depan bernama Eobard Thawne Kejutan apa lagi yang akan dihadapinya?

Episode Awal Pengenalan

Episode Awal Pengenalan

Selayaknya musim pertama pada setiap serial, The Flash S1 berisi pengenalan-pengenalan karakter, motif serta konflik yang akan semakin berkembang di musim selanjutnya. Di sini Anda akan menyaksikan cerita masa kecil Barry yang menyedihkan ketika dirinya harus kehilangan ibu akibat serangan kilat misterius.

Dia juga diceritakan harus kehilangan sang ayah yang dituduh menjadi penyebab kematian ibunya. Barry lantas tumbuh dengan dendam dan misi untuk mencari tahu kejadian sesungguhnya dari peristiwa memilukan tersebut. Pasalnya dia yakin, ayahnya tidak bersalah. Jika Anda sudah tertarik lebih dulu pada karakter The Flash, musim pertama cukup krusial sebab berisi segala informasi mendasar mengenai serial ini.

Manusia Biasa dengan Kecepatan Super

Manusia Biasa dengan Kecepatan Super

Karakter The Flash cukup berbeda dibanding karakter DC Comics lain. Kekuatannya ada pada kecepatan. Dia menggunakan itu untuk mengalahkan musuh dan pihak-pihak jahat yang berniat mencelakakan banyak orang. Menggunakan kekuatannya tersebut, dia bisa berlari sekuat tenaga mengejar musuh dan sebagainya. Singkatnya, superhero kita yang satu ini “hanya” mengandalkan itu. Namun, “hanya” yang dimaksud bukan sesuatu yang sembarangan. 

Pada salah satu episode, Anda akan melihat kecepatannya melampaui waktu. Ketika itu, dia harus berlomba dengan ombak besar yang datang dan mengancam nyawa banyak orang. Barry menggunakan kecepatannya dengan sangat ekstra, hingga tanpa disadari dia kembali ke masa lalu.   

Akting Grant Gustin yang Menjanjikan

Akting Grant Gustin yang Menjanjikan

Nama Ezra Miller sebagai pemeran The Flash ketika menjadi cameo dalam film Batman V Superman: Dawn of Justice sangat menarik perhatian. Dia juga dipilih untuk tampil sebagai Barry Alen di Justice League yang tayang 2017 lalu. Namun, jika Anda terpesona dengan akting Ezra, siap-siap saja jatuh cinta dengan akting Grant Gustin di sini.

Grant Gustin yang lebih dulu memerankan The Flash punya kemampuan akting tidak kalah baik. Dia berhasil membangun karakter seorang Barry Allen yang emosional. Sang aktor mampu mengembangkan karakter Barry Allen dari kecil hingga dewasa dan menjadi superhero

Grant Gustin yang lebih sering memerankan The Flash versi serial televisi, dipercaya memerankan karakter tersebut hingga musim terakhir. The Flash yang diperankan Grant Gustin juga muncul di serial Arrow (2013), Supergirl (2016), Legends of Tomorrow (2016) dan Batwoman (2019).

Melalui perannya sebagai The Flash, dia mendapat banyak penghargaan sejak 2015. Misalnya pada 2015 lalu dia menang sebagai Choice TV: Breakout Star dalam ajang Teen Choice Awards. Kemudian di tahun yang sama, dia juga memenangkan kategori Breakthrough Performance Award pada acara Saturn Awards. Hingga tahun 2020, nama Grant Gustin menjadi pelanggan berbagai penghargaan melalui aktingnya sebagai The Flash.

Plot Twist dan Musuh Berkekuatan Super 

Plot Twist dan Musuh Berkekuatan Super

Ketika menonton The Flash S1 pastikan Anda bersiap dengan plot twist yang disuguhkan. Sebenarnya alur mengejutkan seperti ini bukan sesuatu yang baru, khususnya untuk cerita-cerita superhero. Kita kerap mendapati satu tokoh yang semula baik, semula melindungi, ternyata adalah musuh yang membahayakan. Perasaan emosional tentu tidak bisa lepas dari scene-scene semacam itu. 

Pada The Flash musim pertama, Anda akan kaget dengan jalan cerita yang tersembunyi di balik karakter Harrison Wells. Selain itu, The Flash juga harus berhadapan dengan musuh yang masing-masing memiliki kekuatan super; sama seperti dirinya. Kekuatan super tersebut berasal dari ledakan yang sama-sama menimpa Barry Allen.

Kehidupan Barry Allen sebagai pahlawan super berkecepatan tinggi, menjadi salah satu bagian menarik yang dimiliki DC Comics untuk para penggemarnya. Melalui The Flash S1, Anda bisa mengenal satu lagi pahlawan super dari manusia biasa, bukan dari planet lain yang punya kekuatan sejak lahir. Penasaran mengikuti ceritanya? Saksikan serial ini di Netflix ya!

The Flash Season 1
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram