Sinopsis & Review The First Responders, Aksi Regu Penyelamat Gabungan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The First Responders
3.6
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

The First Responders (2022) menyuguhkan atraksi menarik dari para penyelamat yang terdiri atas polisi, paramedis dan pemadam kebakaran dalam menyelamatkan orang-orang yang butuh bantuan.

Jin Ho Gae atau Anjing Jindo, seorang letnan dari Unit Investigasi Regional, memulai lagi investigasinya dari tempat baru. Dia tidak sendiri karena dibantu oleh tim lain.

Satu per satu kasus dapat selesai berkat kecerdasannya dan kerjasama dari Seol selaku paramedis serta Do Jin si pemadam kebakaran. Dengan kemampuan masing-masing, mereka saling membantu menyelamatkan korban dan mengungkap pelakunya. Seperti apa keseruan drama berjumlah 12 episode ini?

Sinopsis

Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Kim Rae Won Son Ho Jun Gong Seung Yeon
Review Baca di sini

Jin Ho Gae memilih pindah tugas di kawasan pinggiran kota agar dapat menjebloskan seorang penjahat ke penjara. Di sana dia harus bekerja bersama tim gabungan yang terdiri atas paramedis dan pemadam kebakaran untuk menuntaskan satu kasus kejahatan.

Episode 1-2

The First Responder_Episode 1-2_

Letnan Jin Ho Gae dari Unit Investigasi Regional yang sekaligus merupakan putra seorang Jaksa Kepala Jin Chul Joong, memilih pindah tugas ke Taewon, satu kawasan di pinggiran kota untuk menyelidiki satu kasus yang melibatkan Ma Tae Hwa.

Jin Ho Gae yang dijuluki Anjing Jindo yakin Tae Hwa adalah seorang pembunuh. Akan tetapi, keyakinannya dipatahkan oleh alibi bahwa pada waktu pembunuhan terjadi, Tae Hwa sedang menyelundupkan narkoba. Tae Hwa pun dijebloskan ke penjara dengan dugaan kasus penyelundupan narkoba.  

Di tempat kerjanya yang baru, Jin Ho Gae memulai tugasnya bersama tim gabungan yang terdiri atas regu penyelamat, yaitu Song Seol sebagai seorang paramedis dan Bong Do Jin yang bertugas sebagai pemadam kebakaran

Kasus pertama yang mereka hadapi adalah penculikan wanita muda bernama Kim So Hee oleh seorang psikopat, Cho Doo Chil. Dibantu Anna dari Tim Forensik, ketiganya dan anggota tim yang lain, termasuk Gongmyeong Pil atau Myeongpil mulai mencari keberadaan So Hee di tengah banyaknya apartemen di kawasan yang diduga sebagai lokasi penyekapan.

Masing-masing menggunakan kemampuannya untuk memprediksi dan menyelamatkan So Hee. Walau sempat melakukan kesalahan, Jin Ho Gae atau Anjing Jindo akhirnya berhasil menemukan dan menyelamatkan So Hee meskipun menggunakan cara yang sangat berisiko.

Tugas pertamanya berjalan mulus dan Jin Do mulai mencari apartemen untuk tempat tinggalnya. Secara kebetulan dia bertetangga dengan Seol dan Do Jin.   

Belum sempat masuk, Jindo sudah kembali harus berjibaku dengan kasus baru. Kali ini terjadi pada seorang siswi sekolah bernama Kim Hyun Seo yang mencoba bunuh diri.

Sayangnya, setelah sempat dibawa ke rumah sakit, siswi tersebut tidak bisa diselamatkan. Seol menyalahkan diri sendiri karena salah melakukan pertolongan pertama.

Setelah diusut, kematian Hyun Seo dicurigai sebagai pembunuhan. Menggunakan kemampuan analisisnya serta dibantu oleh yang lain, Jindo mencurigai salah satu teman Hyun Seo bernama Yang Joon Tae sebagai pelaku. Penyelidikan pun mengerucut ke arahnya dan dugaan Jindo benar terjadi.

Joon Tae adalah orang yang memerintah Hyun Seo untuk menenggak racun. Namun, alih-alih merasa bersalah, anak lelaki itu merasa akan bebas dari jerat hukum karena usianya masih di bawah umur. Untungnya, Jindo punya cara tersendiri untuk membuat penjahat itu terpojok.  

Selesai menangani kasus itu, Jindo tampaknya harus bersiap menghadapi masalah yang lebih besar karena Tae Hwa sudah keluar dari penjara berkat jaminan. Penjahat sekaligus seorang direktur tersebut terlihat menaruh dendam pada Jindo.

Episode 3-4

TFR_Episode 3-4_

Apartemen baru yang ditinggali Jin Ho Gae rupanya pernah terbakar dan penghuninya yang bernama Park Tae Hoon dinyatakan hilang. Namun, insting Ho Gae mengatakan ada yang ganjil dari kasus tersebut. Meminta bantuan Myeongpil dan Anna, Jindo lantas kembali melakukan penyelidikan. 

Dia mengawalinya dengan membongkar lantai apartemen dan instingnya ternyata benar, karena di bawah lantai yang dipasangi kayu tersebut terdapat bercak darah manusia yang sudah mengering. Penemuan Jindo membuat Do Jin terpancing untuk kembali menyelidiki kasus kebakaran di apartemen itu.

Jindo mencurigai mantan kekasih Tae Hoon yang bernama Woo Mi Young. Bersama Myeongpil, dia mendatangi Mi Young ke tempat kerjanya dan menemukan petunjuk kuat. Fakta lebih mengejutkan ditemukan Jindo ketika menggunakan kamar mandi Do Jin keesokan harinya.

Di sana, Jindo dan Do Jin menemukan potongan tulang manusia yang dibungkus dalam beberapa kresek besar. Setelah dilakukan otopsi, DNA tulang tersebut benar-benar milik Tae Hoon. Do Jin juga menemukan materi serta metode yang digunakan tersangka untuk membakar lokasi pembunuhan.

Setelah didatangi Jindo dan Myeongpil beberapa waktu lalu, Woo Mi Young rupanya terus dihantui sosok Tae Hoon. Dari sana dia memutuskan menyerahkan diri ke kepolisian dan menjelaskan motifnya pada Jindo.

Selesai dengan kasus tersebut, Jindo dikejutkan dengan kemunculan Tae Hwa dan pengacaranya, Yang Chi Young, di apartemennya yang baru. Chi Young rupanya telah memata-matai Jindo dan mengetahui kalau polisi itu sedang mengincar Choi Seok Doo, saksi kunci yang dapat menjebloskan Tae Hwa kembali ke penjara.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram