bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review The Devil Judge (2021), Kisah Hakim Jenius

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 13 September 2021

Korea digambarkan mengalami kekacauan berkepanjangan. Untuk memperbaikinya, sistem hukum mereka dibenahi dan dirombak. Kang Yo Han ditunjuk langsung oleh presiden untuk menjadi hakim, memimpin kasus dan menayangkannya pada seluruh negeri. Dalam proses peradilan, seluruh negeri dilibatkan. Pilihan mereka jadi sangat penting untuk hukuman yang diterima para pelaku kejahatan.

Kang Yo Han tak segan menghukum seseorang dengan kurungan selama 200 tahun lebih. Dia juga berani menghukum anak seorang Menteri Kehakiman yang kerap membuat onar dengan hukuman cambuk.

Seperti apa ketegasan Hakim Kang Yo Han dalam memimpin peradilan? Sinopsis dan review The Devil Judge (2020), drama Korea tentang hukum yang unik di bawah ini memberi sedikit bocoran untukmu. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: Juli 2021
  • Genre: Mystery, Legal Drama
  • Produksi: Studio Dragon, Studio&NEW
  • Sutradara: Choi Jung Gyu
  • Pemeran: Ji Sung, Kim Min Jung, Park Jin Young, Park Gyu Young
  • Jumlah Episode: 16

Dalam dystopia khayalan Korea kerusuhan terjadi di Gwanghwamun. Korea benar-benar tidak terkendali dengan banyak kerusuhan di sana-sini.

Saat jalanan penuh anarkis, sekelompok petinggi yang terdiri atas Menteri Kehakiman Cha Kyung Hee (Jang Young Nam), Pimpinan Saram Media Park Du Man (Lee Seo Hwan), Pimpinan Group Minbo Min Yong Sik (Hong Seo Joon), Presiden terpilih Korea Selatan, Heo Joong Se (Beak Hyun Jin) dan beberapa lainnya menghadiri acara prestisius milik Yayasan Tanggung Jawab Sosial.

Dalam acara tersebut Heo Joong See berjanji dengan berapi-api akan mengembalikan Korea sebagai negara besar seperti sebelumnya. Untuk mulai memperbaiki keadaan Korea, dia akan membenahi bidang hukum terlebih dulu dengan meloloskan RUU Reformasi Yudisial yang kuat. Pertama kalinya dalam sejarah, seluruh negeri bisa berpartisipasi sebagai juri.

Masih dengan semangat tinggi dia mengenalkan seorang hakim yang dikenal kejam yang akan memimpin persidangan. Dia adalah Kang Yo Han (Ji Sung). Kang Yo Han sudah ada di atas panggung dan mulai memperkenalkan diri sebelum menjawab berbagai pertanyaan wartawan yang hadir. Tak kalah berapi-api, Yo Han dengan yakin mengatakan bahwa dirinya adalah kekuatan.

Dia akan menjalankan kekuatan yudisial yang diberikan padanya oleh masyarakat. Lagipula menurutnya tak ada yang bisa melebihi masyarakat karena mereka adalah kekuatan. Yo Han berhasil mengesankan banyak orang yang hadir.

Semua bertepuk tangan dan memujinya. Jung Sun Ah (Kim Min Jung), sekretaris Yayasan Tanggung Jawab Sosial, bahkan memberi selamat padanya secara langsung.

Di tempat lain seorang hakim acara persidangan langsung pergi bekerja di hari pertamanya menggunakan kereta. Dia adalah Kim Ga On (Park Jin Young). Sampai di dalam gedung, Ga On langsung menuju ruang Profesor Min Jung Ho (Ahn Nae Sang), untuk menyapa.

Min Jung Ho membawa Ga On berkeliling gedung termasuk melihat-lihat ruang persidangan yang akan dipakai untuk persidangan langsung di televisi. Ga On masih belum menemukan alasan mengapa Kang Yo Han seberani itu dengan mengadakan persidangan langsung yang akan disiarkan di televisi.

Jung Ho mengatakan bahwa dia bukan hakim biasa melainkan seorang revolusioner yang akan menghapus korupsi di istana. Dia adalah satu-satunya harapan bagi Korea yang hancur. Ga On menangkap jika Jung Ho tidak terlalu menyukai Yo Han, tapi mengapa lelaki itu masih menginginkannya untuk mendampingi Yo Han di atas mimbar pengadilan? Menurutnya harus ada ‘manusia’ di sana.

Harus ada seseorang yang membuka matanya lebar-lebar di dalam angin yang besar karena di sini, di gedung itu, tak ada orang lain yang mau melawan angin Ga On lalu menemui Kang Yo Han untuk pertama kali. Dia memperkenalkan diri tapi Yo Han tak lepas melihat matanya sampai membuat Ga On bingung.

Setelah pemuda itu meninggalkan ruangan, Yo Han membuka potongan berita yang mengabarkan pasangan suami istri bunuh diri. Di sana terdapat juga berkas informasi pegawai milik Ga On. Yo Han menilai Ga On mirip dengan seseorang.

Ga On akhirnya sampai ke ruangannya. Dia bertemu dan berkenalan dengan rekan sesama hakim pembantu bernama Oh Jin Joo (Kim Jae Kyung). Jin Joo yang sedang membereskan barang-barang bawaannya langsung menyapa dan memperkenalkan diri. Keduanya sama-sama baru pertama kali bekerja di kota sebesar Seoul. Oh Jin Jo sendiri percaya jika pesona adalah kekuatan.

Selain itu dia ternyata merupakan penggemar berat Hakim Kang Yo Han yang memang sudah populer. Oh Jin Jo ingin membuktikan kesuksesannya di depan sang idola. Di tempat lain Kang Yo Han yakin akan mengangkat kasus JU Chemical sebagai kasus pertamanya.

Idenya sempat mendapat keraguan dari Ketua MA, Ji Yoon Sik (Seo Wang Woon) karena kasus tersebut cukup sulit. Namun, Yo Han tetap pada pilihannya. Dia ingin membuat persidangan transparan bagi seluruh negeri.

Setelah menyelesaikan agendanya di kantor, Ga On pamit pulang pada Jin Hoo. Saat di depan gedung dia melihat sekelompok anak-anak menyebrang jalan bersama gurunya. Dari jauh dia melihat sebuah bus melaju dengan berkecepatan tinggi. Bus tersebut tampaknya dikendarai oleh seseorang yang menaruh kebencian pada pemerintah.

Satu dari rombongan anak-anak tadi terjatuh di tengah jalan. Ga On berupaya menolong. Dari arah belakang dia terkejut karena Kang Yo Han sudah menembakkan satu peluru ke arah bus tersebut dan bersiap untuk menembakkan peluru kedua. Mobil berhasil oleng dan mulai terbakar. Ga On kembali panik karena sopir masih ada di dalam sana. Beruntung dia dapat mengeluarkan sopir tersebut sesaat sebelum bus meledak.

Yo Han yang melihatnya dari jauh, tidak bereaksi apa pun. Dia langsung meninggalkan tempat kejadian. Rupanya sopir tersebut salah satu korban dari limbah yang disebabkan oleh JU Chemical. Dia kecewa karena surat penahanan pemimpinnya, Joo Il Do (Jung Jae Sung), ditangguhkan. Bagaimana Yo Han dapat menyelesaikan kasus ini? Mampukah dia memuaskan seluruh negeri?

Drama Korea Genre Hukum yang Unik

Drama Korea Genre Hukum yang Unik

Sejauh ini drama Korea dengan genre hukum atau mengangkat dan berlatar belakang tentang hukum, tidak kalah banyak dibanding medical drama dan genre lain. Sejauh ini beberapa yang paling terkenal antara lain Law School (2021), Vincenzo (2021), Class of Lies (2018) dan Hyena (2020). Judul-judul tersebut tentu menyuguhkan alur yang berbeda.

Khusus pada The Devil Judge (2021), kamu akan menemukan plot yang menarik karena dalam drama ini persidangan ditayangkan secara langsung melalui televisi dan keputusan yang diambil berdasarkan pada vote masyarakat sendiri melalui sebuah aplikasi. Selain itu setting peradilan juga berbeda dengan peradilan di drama-drama hukum lainnya.

Semua berangkat dari premis yang unik dari The Devil Judge (2021) itu sendiri. Kejadian-kejadian di drama ini diceritakan terjadi di negara dystopia, negara kacau yang penuh negatif dan keputusasaan. Hukum harus punya kekuatan ekstra keras untuk membuat keadaan Korea kembali seperti semula.

Maka dari itu, hukuman yang dijatuhkan pun tidak masuk akal, berbeda dengan drama hukum lain. Di sini kamu akan melihat seorang dihukum selama lebih dari 200 tahun.

Pesona Ji Sung Sebagai Hakim

Pesona Ji Sung Sebagai Hakim

Karakter hakim jenius Kang Yo Han menjadi pesona yang sulit diacuhkan dari drama ini. Dia penuh misteri, tak tertebak, dingin tapi punya sisi lain yang traumatis. Karakter seperti itu dibawakan oleh Ji Sung dengan meyakinkan. Aktor kawakan memang tak perlu lagi diragukan kualitasnya tapi memerankan karakter Kang Yo Han, memberi aura tersendiri baginya.

Dalam balutan jas yang juga unik, kamu akan terpesona oleh Ji Sung saat berakting sebagai hakim. Aura Kang Yo Han sebagai hakim jenius dan banyak akal ketika menghukum para kriminal dan orang-orang jahat, seperti effortless. Apalagi terdapat pula scene-scene saat Yo Han sedang tidak bertugas yang berhasil membuatnya tetap terasa manusiawi.   

Bromance Antara Ji Sung dan Park Jin Young

Bromance Antara Ji Sung dan Park Jin Young

Sinematografi dan pengambilan gambar The Devil Judge (2021) menambah kemegahan drama ini. Dengan alur yang sudah sangat kuat, sinematografi yang terkonsep hadir mempertegasnya. Dengan sinematografi yang demikian, membuat konflik-konflik dalam drama ini tersampaikan secara dramatis. Termasuk hubungan bromance antara Kang Yo Han dan Kim Ga On.

Mereka adalah rekan satu tim yang datang dari dua dunia berbeda tapi dengan luka yang sama. Mereka sama-sama memiliki dendam tapi punya cara berbeda untuk menuntaskannya. Hubungan hate and love relationship antara keduanya menjadi daya tarik lain yang kadang terasa menggemaskan tapi lebih sering mengharukan. Jin Young mampu mengimbangi pesona dan akting Ji Sung dengan memuaskan.

Mengudara sebanyak 16 episode, The Devil Judge (2021) mendapat apresiasi yang bagus dari penonton. Rating yang didapat untuk episode terakhir menyentuh angka 10%. Ia jadi salah satu drama yang paling banyak dibicarakan saat penayangannya. Penasaran dengan penampilan Ji Sung dan Jin Young menumpas kejahatan?

The Devil Judge
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram