Sinopsis & Review The Crown S4, Fairytale atau Persaingan?

Ditulis oleh Dhini Oktavianti
The Crown Season 4
4.4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Penggemar keluarga kerajaan Britania Raya pasti sangat menanti kehadiran The Crown Season 4 (2020). Bagaimana tidak, di musim ini karakter Putri Diana muncul. Selain itu, cerita mengenai kejadian antara Putri Diana, Pangeran Charles, dan Camila dibuka gamblang di sini. 

Rotten Tomatoes memberikan rating 95% untuk The Crown Season 4 (2020). Rating yang cukup tinggi untuk serial atau drama. Tak hanya itu, berbagai jebis penghargaan berhasil dimenangkan oleh para pemain maupun drama ini sendiri. Agar tak makin penasaran, simak ulasannya di bawah ini. 

Sinopsis

sinopsis the crown s4_

Episode pertama dibuka dengan Ratu Elizabeth II (Olivia Colman) berseragam lengkap menunggangi kuda hitam miliknya. Ia pun keluar untuk melakukan acara. Acara dihadiri oleh Lord Mountbatten (Charles Dance) dan anggota keluarga kerajaan Britania Raya lainnya. Adegan ini dibarengi dengan narasi konflik yang memanas di Republik Irlandia. 

Scene berlanjut ke Pangeran Charles (Josh O’Connor) yang berkendara dengan narasi seluruh anggota keluarga kerajaan makan siang. Mereka membicarakan tentang perempuan yang sedang memiliki hubungan dengan Pangeran Charles. 

Ternyata Pangeran Charles berkendara menuju kediaman keluarga Spencer untuk menemui Sarah Spencer (Isobel Eadle). Di sana mereka akan menunggang kuda. Saat ada masalah, Sarah Spencer meninggalkan Pangeran Charles di ruang tunggu rumah. Di sana, Pangeran Charles bertemu dengan Putri Diana (Emma Corrin).

Putri Diana menggunakan kostum balet yang menarik. Pertemuan ini sesungguhnya menarik perhatian Pangeran Charles. Kemudian, adegan berpindah ke Putri Diana yang melihat Pangeran Charles menunggang kuda dari jendela kamar. 

Lalu, sosok Margaret Thatcher (Gillian Anderson) muncul di scene selanjutnya. Adegan tentang perhitungan suara untuk pemilihan perdana menteri selanjutnya.

Peristiwa ini ditonton oleh Ratu Elizabeth II di rumah bersama dengan Pangeran Philip (Tobias Menzies). Pangeran Philip sendiri berbincang seraya membaca segala hal mengenai Thatcher dari koran. 

Margaret Thatcher terpilih dan membuatnya serta suami harus menemui Ratu Elizabeth II. Di sana, Margaret Thatcher memberi hormat yang dalam kepada sang ratu serta membicarakan mengenai menteri-menteri yang akan menjabat. Dari awal pertemuan, sudah ada “persaingan” menarik di dalamnya.

Adegan berpindah ke Istana Balmoral di mana anggota keluarga kerajaan menikmati momen berlibur di sana. Lalu Putri Anne (Erin Doherty) dipaksa untuk berburu dengan ratu membuatnya sedikit kesulitan. Pangeran Philip pun membesarkan hati Putri Anne. 

Selanjutnya, Pangeran Charles di Sungai Hofsa Islandia terlihat menerima telepon dari Lord Mountbatten yang berada di Istana Classiebawn, Republik Irlandia. Mereka berseteru. Hal itu membuat Lord Mountbatten menulis surat untuk Pangeran Charles sebelum berangkat untuk berburu lobster bersama anak dan cucunya. 

Adegan pun silih berganti dari liburan di Istana Balmoral, Islandia, dan Irlandia. Sampai akhirnya kejadian mengejutkan terjadi. Kapal yang dinaiki Lord Mountbatten dan keluarganya di Irlandia meledak. 

Kejadian tersebut menyebar dengan cepat ke Ratu Elizabeth II di Istana Balmoral dan Pangeran Charles di Irlandia. Lord Mountbatten, awak perahu, serta cucu Lord Mountbatten tewas.

Ledakan tersebut diakui dilakukan oleh pihak IRA. Kejadian ini membuat Perdana Menteri Margaret Thatcher berang dan berjanji akan melawan Tentara Republik Irlandia kepada Ratu Elizabeth II. Kejadian ini membuat Perdana Menteri Margaret Thatcher berang dan berjanji akan melawan Tentara Republik Irlandia kepada Ratu Elizabeth II. 

Kematian Lord Mountbatten membuat Pangeran Philip dan Pangeran Charles bersitegang akan pidato kematian. Lord Mountbatten ingin Pangeran Charles yang memberikan pidato terakhir. Namun, Pangeran Philip merasa sedih kenapa bukan dia yang dipilih. Padahal, dia adalah keponakannya. 

Suasana sendu pun berubah ke adegan selanjutnya. Adegan dimana Putri Anne akan mengikuti kompetisi kuda. Kompetisi ini dihadiri oleh kedua orang tuanya. Walau suasana tegang tetapi berakhir dengan baik. Pangeran Charles pun datang untuk memberi dukungan. 

Setelah selesai, mereka pulang mengendarai mobil masing-masing. Di perjalanan, Pangeran Charles bertemu Putri Diana kedua kalinya namun pertama kalinya bertatap muka. Pangeran Charles terlihat tertarik dan mencoba untuk mengajaknya bertemu.

Episode satu berakhir dengan Pangeran Charles berkendara ke kediaman Spencer lagi tetapi untuk bertemu dengan Putri Diana. Dari sini, kisah sejoli yang menjadi perbincangan dunia pun dimulai. 

Margaret Thatcher x Queen Elizabeth II

Margaret Tatcher the crown 4_

The Crown Season 4 (2020) dibuka dengan kemenangan Margaret Thatcher sebagai perdana menteri Inggris perempuan pertama. Ia merupakan bagian dari golongan rakyat biasa, berbeda dengan Perdana Menteri sebelumnya yang merupakan kalangan bangsawan atau aristokrat.

Kemunculan Margaret Thatcher sebagai perdana menteri ini sempat ditakuti oleh suami sang ratu. Alasannya karena mereka berdua dikenal sama-sama memiliki karakter yang cukup kuat. Saat kamu melihat keduanya dalam satu adegan, terdapat suasana “persaingan” tetapi berusaha untuk menyatu satu sama lain. 

Persaingan tersebut justru membuat beberapa pihak harus berkorban. Bahkan persaingan pun berubah, dari yang hanya mereka berdua menjadi lebih besar, menjalar ke pemerintahan bahkan umum.

Menariknya, saat salah satunya membicarakan mengenai anak atau peran sebagai ibu, yang lain bisa langsung merasakan kemiripan satu sama lain bahkan saling mendukung. 

Berbicara dengan Sang Ratu

berbicara tentang sang ratu_
1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram