bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 11 September 2021

Ingin mengikuti gaya hidup para selebriti tentu tidak ada salahnya, tapi bagaimana jika kamu mulai terobsesi? The Bling Ring adalah film yang akan membuat kalian sadar untuk tidak terlalu mengikuti gaya para selebritis.

Film yang diangkat dari kisah nyata pembobolan rumah para selebriti Hollywood, “The Suspect Wore Louboutins” karya Nancy Jo Sales. Disutradarai oleh Sofia Coppola, film ini mengundang respon positif dan negatif. Di Rotten Tomatoes, The Bling Ring mendapatkan rating 60% dan mendapatkan penghasilan kotor sebanyak $20 juta di seluruh dunia.

Sinopsis

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 1
  • Tanggal Penayangan: 16 Mei 2013
  • Genre: Drama Crime
  • Sutradara: oleh Roman Coppola, Sofia Coppola, Salam Henley
  • Pemeran Utama: Israel Broussard, Katie Chang, Taissa Farmiga, Claire Julien, Georgia Rock, Emma Watson, Leslie Mann
  • Produksi: American Zoetrope, NALA Films, Pathé, StudioCanal, Tobis Film, Tohokushinsha Film, FilmNation Entertainment

Terpaksa pindah sekolah ke Indian Hills High School di California, Marc Hall yang pendiam bertemu dengan Rebecca Ahn. Awalnya pertemanan ini biasa saja, hingga Rebecca mulai mempengaruhinya untuk melakukan pencurian. Awalnya hanya mencuri dari mobil yang terparkir tidak dikunci hingga menyelinap ke rumah teman Marck yang kosong.

Disana Rebecca mengambil tas Birkin seperti milik Lindsay Lohan, mengambil uang cash dan memakai mobil teman Marc. Mereka berbelanja dengan uang hasil curian dan berpesta dengan tema-temannya di club. Marc bertemu dengan teman Rebecca lainnya yaitu Chloe, Sam dan Nicki Moore, ia melihat Kirsten Dunst dan Paris Hilton di club.

Bagi Marc, Rebecca sudah seperti adik dan ia ingin terus mengikuti adiknya sebagai kakak yang baik. Menari berita soal kediaman dan kegiatan Paris Hilton di internet, Rebecca mengajak Marc menyelinap ke rumahnya. Mereka pergi ke rumah Paris Hilton, menemukan kunci rumah dibawah keset dan memeriksa barang Hilton.

Rebecca menunjukkan gelang Paris dan pada Nicki, Sam dan Chloe saat bertemu di sebuah pesta. Saat berkumpul, Nicki mengatakan ia ingin ke rumah Paris Hilton, akhirnya Rebecca, Marc, Nicky, Sam dan Chloe pergi kesana. Mereka menikmati bagaimana Hilton hidup, mengambil beberapa perhiasan, tas, sepatu, gaun hingga uang tunai Hilton.

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 3

Tak kapok, Rebecca dan Marc mendatangi rumah Audrina Patridge lalu Megan Fox. Tak lama setelah itu, mereka menargetkan rumah pasangan Miranda Kerr dan Orlando Bloom. Marc bahkan mengambil jam rolex milik Orlando dan menjual jam itu ke Ricky. Untuk kesekian kalinya, kelompok ini kembali ke rumah Paris Hilton dan membawa pacar Sam yaitu Rob untuk mencuri.

Rachel Bilson menyebarkan CCTV pembobolan rumahnya, tapi tidak berpengaruh pada Rebecca. Mereka membobol rumah Lindsay Lohan, Rebecca terlihat begitu enjoy menikmati kehidupan Lohan. Rebecca memakai barang dan menyemprotkan parfum Lohan ke lehernya. Rebecca pun pindah ke Las Vegas karena bermasalah dengan ibunya.

Marc mengantar Rebecca ke bandara dan membuatnya secara tidak sengaja membantu Rebecca kabur. Berita perampokan “The Bling Ring” di Hollywood Hill membludak. Kepolisian mengidentifikasi bahwa mereka adalah Marc, Rebecca, Nicki, Chloe, Rob dan Ricky, sedangkan Sam bebas. Satu persatu pelaku mulai ditangkap, Marc yang kooperatif memberitahu mengenai keterlibatan Rebecca. 

Rebecca di tangkap di rumah ayahnya, awalnya menyangkal namun akhirnya kooperatif saat menanyakan soal reaksi dari Lindsay Lohan. Saat di wawancara A Vanity Fair, Marc mengungkapkan penyesalannya tapi merasa kagum dengan perhatian orang-orang padanya. Sementara Nicki Moore membantah semua tuduhan dan mengatakan bahwa ia seorang religius kemanusiaan. 

Namun hukum tetap berlanjut, mereka tetap diadili dengan hukuman yang berbeda-beda, mereka semua dipenjara dan didenda uang ganti rugi.

Diangkat dari Kisah Nyata yang Menimpa Selebriti Hollywood

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 5

The Bling Ring adalah film yang mengangkat kenakalan remaja yang terobsesi dengan hidup ala selebritis. Pasalnya film ini ternyata diangkat dari kisah nyata yang memang terjadi pada selebriti ternama Hollywood. The Bling Ring dulunya dikenal dengan nama Hollywood Hills Burglar Bunch, The Burglar Bunch, dan Hollywood Hills Burglars.

Grup ini terdiri dari tujuh remaja dan dewasa yang tinggal di Calabasas, California. Grup ini memulai aksinya mulai bulan Oktober 2008 hingga Agustus 2009 yang mengakibatkan kerugian hingga $3 juta. Korban dari kasus ini adalah Paris Hilton, Audrina Patridge, Rachel Bilson, Orlando Bloom, Miranda Kerr, Brian Austin, Megan Fox dan Lindsay Lohan.

Para korbannya tidak hanya mengalami kerugian material juga kerugian secara psikologis. Rachel Bilson mengatakan bahwa ia kehilangan cincin pertunangan ibunya. Lindsay Lohan keluar dari rumahnya dan merasa privasinya begitu sangat terganggu. The Bling Ring sendiri di angkat dari karya jurnalis ternama Nancy Jo Sales yang berjudul "The Suspects Wore Louboutins" (2010).

Dalam tulisannya yang diterbitkan di Vanity Fair, ia mengungkapkan kelompok ini sebagai perampok tersukses di Hollywood. The Bling Ring versi asli terdiri dari Rachel Lee, Nick Prugo, Alexis Neires, Diana Tamayo, Courtney Ames, Johnny Ajar dan Roy Lopez, Jr.

Latar belakang dari anak-anak ini ternyata bukan anak yang datang dari kalangan biasa lho. Seperti Rachel Lee (Rebecca Ahn) penerima beasiswa seni kreatif di Indiana Hills High School. Nick Prugo (Marc Hall) pernah berperan di film berjudul Little Lost Souls: Children Possessed (2003). Alexis Neiers (Nicki Moore) adalah anggota dari Lee’s Social Circle di Idiana Hills, Tess Taylor (Sam Moore) adalah saudara angkatnya.

Courtney Ames (Chloe Tainer) adalah putri tiri dari seorang petinju profesional Randy Shield. Diana Tamayo tidak diceritakan dalam film ini, namun ia adalah ketua Osis yang terpilih sebagai “Best Smile” dan mendapatkan beasiswa “Future Teacher” senilai $1.500.

Paris Hilton: Jadi Cameo dan Relakan Rumahnya Sebagai Set

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 7

Ada salah satu hal yang lucu ketika saya menonton film ini, ketika saya melihat Paris Hilton menjadi cameo. Meski sangat singkat, kemunculan Paris Hilton di film ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Karena Paris Hilton adalah salah satu korban, dan saya sebut cukup “bodoh” karena tidak menyadari rumahnya dibobol berulang kali.

Jujur fakta ini membuat saya tercengang, karena seseorang sekelas Paris Hilton ternyata sama seperti orang pada umumnya. Tapi hal yang paling menyakitkan adalah rumahnya dibobol lebih dari satu kali gerombolan remaja ini. Tidak hanya menjadi cameo, Paris juga merelakan rumahnya menjadi salah satu tempat syuting film ini.

Jika saya adalah Paris Hilton jangankan untuk bersedia jadi cameo dan membiarkan syuting di rumah saya, mendengar tawarannya saja tidak ingin. Karena jujur saja, ini seperti menurunkan pride dari seorang selebriti ternama dunia “Paris Hilton”. Dikutip dari The Hollywood Reporter, Paris mengungkapkan ia sangat mengagumi Sofia Coppola.

Sofia Coppola adalah sutradara dari film The Bling Ring, Sofia datang ke ulang tahunnya dan mengungkapkan keinginannya. Hilton percaya bahwa Sofia jelas lebih tahu segalanya mengenai anak-anak ini dan tentu akan aneh melihat mereka membobol rumahnya. Maka dari itu, Paris Hilton mengiyakan permintaan Sofia, Paris Hilton juga membantu proses promosi film ini di Cannes.  

Cerita Bagus tapi Karakter Utamanya Kurang Kuat

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 9

Jika saya harus menilai film ini, saya akan memberikan nilai 6 dari 10. Kenapa? Alasannya saya menyukai bagaimana cerita ini disusun dan dibuat dengan gaya yang santai. Tidak seperti film bergenre crime lainnya, The Bling Ring ini sangat dekat dengan gaya hidup dari para remaja, mungkin seperti bercermin. Bukan film yang membuat penonton merasa deg-degan dengan setiap aksi pembobolan yang dilakukan.

Tapi ada rasa penasaran dan kekaguman saat kita menonton aksi sekelompok remaja ini. Bagaimana mereka memakai internet dan dengan mudah menemukan alamat dan kegiatan dari para selebriti ternama. Cara mereka menyelinap masuk ke rumah para selebriti ini juga sangat sederhana, tidak ada rencana yang disusun berhari-hari, face mask dan hand gloves.

Mereka masuk dan keluar dari rumah korbannya dengan sangat mudah dan nyaman. Sungguh hal yang tidak pernah dibayangkan, apalagi jika kita sering nonton aksi pencurian profesional. Sayangnya meski sudah memiliki cerita yang bagus, setiap pemeran utamanya terasa masih sangat mentah. Padahal saya sangat berharap akan melihat konflik kepribadian dari setiap karakter dalam film ini.

Saya hanya mendapatkan hal ini lewat Emma Watson yang memerankan karakter kontroversial Alexis Neiers. Emma Watson memang sudah tidak diragukan lagi soal aktingnya, jebolan Harry Potter ini memberikan kita gambaran remaja manipulatif dengan sangat baik. Saya sebenarnya sangat penasaran dengan karakter Rebecca Ahn dalam film ini.

Bagaimanapun Rebecca Ahn disini adalah master mind dan leader dari kelompok ini. Sayangnya saya merasa karakter Rebecca ini terlihat sangat mengambang, entah ingin menunjukkan sisi labil remaja atau bukan. Sejujurnya saya ingin penggambaran kuat dan lebih berkarakter dari Rebecca Ahn yang diperankan oleh Katie Chan.

Saya bisa mendapatkan sisi tenang darinya, tapi narsistik dan emosionalnya sangat tidak terasa. Obsesinya pada Lohan pun kurang ditampilkan dalam film ini, padahal hal ini bisa menjadi plot twist yang membuat film ini lebih menarik. Dalam hal ini Emma Watson adalah satu-satunya yang bisa saya banggakan, pembawaan karakternya sangat melekat. Saya bukan melihat Hermione lagi tapi Nicki Moore yang terobsesi menjadi selebritis.

Pelaku Asli Mengatakan Bahwa Film Ini Tidak Sesuai Kenyataan

Sinopsis & Review The Bling Ring, Obsesi Hidup Ala Selebriti 11

Film yang diangkat dari kisah nyata pasti akan menyisakan kontroversi, begitu pula dengan The BlingRing. Pasalnya dikutip dari Daily Main, Alexis Neiers mengatakan bahwa film ini “sampah dan sangat tidak akurat”. Alexis yang menonton trailer film ini setelah di tag seorang pengguna twitter mengungkapkan kekesalannya.

Alexis mengatakan bahwa film yang diangkat dari penelusuran Detektif Goodkin dan artikel Nancy Joe Sales sangat tidak akurat. Ia mengatakan bahwa framing setiap pelaku dalam film ini adalah salah total dan tidak benar. Anak-anak yang terobsesi menjadi selebriti, menginginkan ketenaran dan haus akan uang hanyalah kebohongan belaka dari detektif Goodkin.

Alexis juga mengatakan bahwa Nancy Joe Sales adalah seorang jurnalis yang sangat tidak bertanggung jawab. Karena membuat artikel yang isinya merupakan kebohongan dan menulis sebuah kisah berdasarkan fakta yang tidak akurat. Alexis pada awalnya ingin mendukung film ini, alasannya karena ia percaya dengan sutradara Sofia Coppola.

Sayangnya Elexis tidak menyukai bagaimana dirinya digambarkan oleh Emma Watson dalam film ini. Saya pun akan mengatakan bahwa karakter Alexis dalam film ini terlihat sangat menyebalkan. Anak yang manipulatif, memiliki obsesi berlebih dan terlihat sangat dangkal pemikirannya. Hal ini memang wajar jika membuat Alexis marah dan tidak berniat untuk menonton filmnya.

The Bling Ring sebenarnya film yang sangat ringan dan tidak ada kesan menegangkan layaknya film bergenre crime lainnya. Namun pesan yang disampaikan akan sangat cocok untuk para remaja yang kini sangat terobsesi mengikuti gaya hidup ala selebriti.

The Bling Ring
Rating: 
3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram