bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Tersanjung The Movie (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 26 Agustus 2021

Yura terpaksa dijodohkan dengan Bobby karena ibu tirinya berhutang sebesar 5 Milyar. Hutang tersebut disebabkan karena ayah Yura yang seorang penyanyi, tidak terkenal lagi. Lagu-lagu yang dinyanyikan tidak lagi menghasilkan keuntungan apalagi mencukupi kebutuhan. Semua terlihat berjalan lancar hingga Bobby berusaha memerkosa Yura.

Beruntung Yura diselamatkan oleh dua sahabatnya, Christian dan Oka. Keduanya diam-diam memendam perasaan tapi Oka terus-menerus mendorong Tian untuk menyatakan perasaannya. Yura dan Tian yang ternyata berasal dari keluarga kaya raya pun mulai menjalin hubungan.

Pada satu malam, mereka bercinta dan membuat Yura hamil. Sejak itu pula Tian sulit dihubungi. Lalu bagaimana kelanjutan nasib Yura? Simak sinopsis dan sedikit ulasan Tersanjung The Movie dalam artikel ini!

Sinopsis

Sinopsis

Yura (Clara Bernadeth) harus terima dijodohkan oleh ibu tirinya, Indah (Kinaryosih). Bersama ayah, Gerry Hartono (Nugie), mantan musisi yang tidak lagi berjaya dan Nisa (Allya Syakila), adik perempuannya, mereka pergi mengunjungi rumah Bu Sadewo (Djenar Maesa Ayu).

Saat sedang menunggu pemilik rumah, dua sahabat Yura, Christian (Giorgino Abraham) dan Oka Saputra (Kevin Ardilova) datang mengantar bunga. Tak lama keluarga Yura dan keluarganya disambut oleh Bu Sadewo.

Nyonya rumah menyampaikan kekhawatirannya mengenai Bobby (Marthino Lio), sang anak sulung yang sudah dilangkahi dalam hal pernikahan oleh adik pertamanya. Bu Sadewo tidak ingin Bobby kembali dilangkahi oleh adik yang kedua.

Sejurus kemudian Bobby datang. Lelaki itu tampak ramah dan antusias menemui keluarga Yura, terutama Gerry. Dia menyampaikan rencana rekaman yang akan dilakukannya bersama calon ayah mertua. Sayang Gerry tidak bisa ikut melihat-lihat studio rekaman mereka yang baru. Alhasil hanya Yura dan Bobby yang pergi.

Esok harinya Bu Sadewo mendatangi rumah Gerry bersama beberapa bodyguard.  Wanita itu marah-marah dan mengatakan bahwa perjodohan antara Yura dan Bobby serta rencana rekaman dibatalkan. Dia menyuruh pengawal untuk menyita rumah keluarga Yura dan isinya saat itu juga.

Indah yang ternyata memiliki hutang sebesar Rp 5 Milyar pada Bu Sadewo hanya bisa memohon sementara Gerry yang tak tahu apa-apa menolak eksekusi.

Bu Sadewo mengatakan bahwa Yura sudah merampok Bobby dan membuat mukanya cacat. Mendengar hal itu, Gerry tidak percaya karena anak perempuannya mustahil melakukan itu.

Uang 5 Milyar yang dipinjam Indah rupanya dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, mulai dari bayar listrik hingga biaya sekolah dan kuliah Yura serta Nisa. Pasalnya, dan lagu-lagu Gerry tidak lagi mencukupi kebutuhan mereka.

Bu Sadewo memberi waktu satu minggu pada Indah untuk membawa Yura, jika tidak rumah akan disita dan mereka semua harus pergi. Dengan emosi yang masih tinggi, Gerry pergi diikuti Nisa untuk mencari Yura. Gerry sampai di sebuah kost-kostan.

Di sana dia bertemu Oka dan langsung mencecarnya dengan pertanyaan mengenai keberadaan Yura. Oka akan memberi tahunya tapi dengan syarat Gerry tidak boleh membawa Yura ke rumah Bu Sadewo lagi.

Mereka bertiga akhirnya sampai di sebuah pemakaman umum. Terlihat Yura ada di sana, duduk di dekat pusara ibunya ditemani Christian. Gerry tidak buang waktu dan langsung meminta anak perempuannya untuk bercerita. Yura mengatakan bahwa pada malam saat mereka pergi ke studio rekaman, yang sekaligus rumah baru Bobby, lelaki itu mencoba memerkosanya.

Beruntung Christian datang dan langsung memukul Bobby dari belakang. Yura berhasil diselamatkan walau dengan luka-luka di wajahnya. Mendengar cerita putrinya, Gerry hancur dan merasa paling berdosa karena tak punya daya melindunginya.

Cerita berlanjut saat Yura memilih tinggal di rumah Oka yang sekaligus kostan bagi anak-anak lain termasuk Tian. Yura bertekad untuk segera lulus dan bekerja karena dia merasa tidak enak tinggal terlalu lama di sana. Di kampus, Oka mendorong Tian untuk segera nembak Yura, tapi pemuda itu mengelak.

Tian malah mengalihkan Yura untuk menjadi manajer bagi bisnis yang sedang dirintis dirinya dan Oka. Oka yang tak tahu apa-apa mencoba berimprovisasi agar Yura tidak curiga. Saat sedang mengarang bebas tentang bisnis mie instant, bahwa nantinya bisnis itu bisa dipakai untuk bantu melunasi hutang kedua orangtuanya, tiba-tiba Nisa datang.

Nisa mengabarkan bahwa rumah, perabot dan mobil mereka sudah terjual seharga Rp 2,5 Milyar. Dia juga menyampaikan bahwa sepulang dari rumah Bu Sadewo, ayahnya pingsan dan divonis stroke oleh dokter. Nisa lalu mengantar Yura menjenguk sang ayah di rumah sakit.

Melihat kondisi keuangan yang serba kurang, Nisa menyampaikan niatnya untuk berhenti sekolah pada Yura dan ingin mencari uang saja. Namun, Yura melarang dan memintanya untuk fokus belajar.

Esok harinya Yura menyampaikan surat pengunduran diri sebagai mahasiswa, padahal nilai IPKnya jauh di atas rata-rata. Yura merasa bertanggungjawab atas pengobatan dan hidup sang ayah serta adiknya. Dia pun mulai mencari kerja. Lantas, berhasilkah gadis itu mendapatkan uang untuk menutupi semua kebutuhan keluarganya?

Adaptasi Bebas dari Sinetron Legendaris

Adaptasi Bebas dari Sinetron Legendaris

Tersanjung The Movie (2021) merupakan adaptasi bebas dari sinetron legendaris yang jaya sekitar satu dekade lalu berjudul Tersanjung. Dibintangi Lulu Tobing, Raynold J. Subakti dan Ari Wibowo, sinetron Tersanjung  sangat digemari ketika itu. Namun, tentu saja, sebagai sebuah karya adaptasi bersifat bebas, terdapat beberapa perbedaan antara versi sinetron dan movies.

Dalam sinetron, karakter Indah, sang pemeran utama wanita diceritakan sebagai anak yatim piatu yang tinggal bersama paman dan istrinya. Dia menjalin cinta dengan Bobby, seorang pria kaya raya hingga hamil. Bobby yang berjanji akan bertanggungjawab, tidak bisa dihubungi.

Indah yang putus asa berniat bunuh diri tapi berhasil diselamatkan oleh seorang perempuan sampai akhirnya dia bertemu sesosok pria bernama Rama. Rama jatuh cinta dan bersedia menerima Indah apa adanya, termasuk bayi yang dikandungnya.

Sementara itu, dalam Tersanjung The Movies, Yura sebagai pemeran utama wanita bukan anak yatim piatu. Dia adalah anak seorang musisi yang sudah kehilangan masa tenarnya. Penambahan karakter orangtua Yura, menambah bumbu-bumbu tersendiri dalam film ini. Ia salah satu bagian yang terasa emosional serta dramatis walau hanya dimunculkan sebagai latar belakang.

Perbedaan yang tak kalah mencolok adalah kehadiran sosok Rama, yang dalam Tersanjung The Movie diisi oleh karakter Oka. Bedanya Oka dan Yura diceritakan sudah bersahabat sebelumnya sementara Indah dan Rama kenal di kemudian hari. Plot dan pembangunan cerita di bagian ini punya peran yang sama dengan kehadiran karakter kedua orangtua Yura.

Penonton tidak hanya disuguhi perasaan kecewa dan sedih yang dirasakan Yura akibat ditinggalkan Christian, tapi juga kasih sayang dari karakter-karakter di sekitarnya seperti Oka dan kedua orangtua. Walau secara chemistry, beberapa kali terasa flop, terutama pembawaan karakter Gerry oleh Nugie yang cukup terasa dibuat-buat. Anda akan lebih terhibur dengan akting dari Ernanto Kusuma yang berperan sebagai ayah Oka.

Tak Ada yang Istimewa dari Premisnya

Tak Ada yang Istimewa dari Premisnya

Mengembangkan cerita sinetron Tersanjung yang tayang sejak 1998 hingga 2005, alur cerita Tersanjung The Movie tidak tawarkan premis yang baru. Film ini mengangkat kisah asmara sepasang muda-mudi yang datang dari kasta sosial dan ekonomi berbeda. Berjarak sekian tahun, cerita cinta semacam ini ternyata masih dirasa menarik untuk diangkat ke layar lebar.

Meski tidak ada yang mengejutkan dari premis atau alurnya, ia masih bisa dinikmati karena beberapa faktor. Pembangunan dan penambahan karakter dalam Tersanjung versi film adalah salah satu unsur yang dimaksud, terutama karakter Oka dan keluarganya.

Dalam durasi sekitar 114 menit Anda akan melihat kemampuan Kevin Ardilova berakting secara luwes, pun dengan karakter ayah dan ibunya. Karakternya juga dibangun secara realistis, sehingga mampu mengalihkan alur yang mudah ditebak.  

Suguhkan Sinematografi Menarik

Suguhkan Sinematografi Menarik

Tersanjung The Movie (2021) berlatar tahun 1998. Setting tempat dan peristiwa yang memorable seperti kerusuhan di Jakarta turut ditampilkan dalam beberapa scene. Atribut, aksesori hingga perabot-perabot jadul dihadirkan untuk memperkuat latar waktunya. Itu semua dikemas dalam sinematografi yang menarik. Pengambilan gambar dilakukan secara pas sesuai dengan kebutuhan.

Saat adegan ketika Tian dan Yura bicara berdua, kamera menangkap ekspresi mereka dari dekat yang menunjukkan bahwa bagian itu memang personal. Bukan hanya itu, ketika ingin memperlihatkan betapa kayanya keluarga Christian, kamera sengaja mengambil gambar dari jarak jauh sehingga rumah Christian yang megah bisa terlihat dari atas.

Khusus untuk bagian sinematografi, film ini terasa dikonsep dengan baik. Selain menunjukkan detail dan menegaskan sesuatu di dalam cerita, ia juga estetik. Hanya, untuk ukuran film dengan setting tahun 1998, pemilihan tone masih cukup terang, tidak redup seperti film-film jadul kebanyakan, sehingga jika tidak memerhatikan perabotan-perabotan dan aksesori pendukung, film ini terlihat bagai film berlatar masa kini. Jadulnya kurang nampol.

Penasaran dengan kisah Yura, Christian dan Oka yang semula bersahabat kemudian terpaksa memasuki sebuah hubungan yang rumit? Tersanjung The Movie (2021) bisa disaksikan sekarang juga melalui Netflix! Akting Clara Bernadeth dan Kevin Ardilova akan mencuri perhatian Anda!

Tersanjung The Movie
7 / 10 Bacaterus.com
Rating
Users (0 votes) {{ reviewsOverall }} / 10
What people say... Leave your rating
Order by:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram