bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Teen Spirit, Karma si Bawang Merah

Siapa sih yang tidak mau jadi terkenal? Semua orang ingin mendapat perhatian, mendapat sanjungan dan hal bagus lainnya bak selebriti.

Namun tidak semua orang bisa mendapatkan hal itu; sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan titel terkenal. Kasus ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Adalah Lisa Sommers, seorang gadis SMA kutu buku yang mengharapkan bisa terkenal dan berkencan dengan pria paling populer di sekolah (yeah, klasik sekali bukan?).

Lisa akhirnya mendapatkan bantuan dari temannya yang super jahat bernama Amber. Mengapa bisa gadis sejahat Amber mau membantu Lisa yang kuper?

Sinopsis

Teen Spirit_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Teen, Comedy
  • Produksi: ABC Family
  • Sutradara: Gil Junger
  • Pemain: Cassie Scerbo, Lindsey Shaw, Tim Gunn

Lisa Sommers (Lindsey Shaw) merupakan seorang gadis SMA dari kelas under-radar yang berarti tidak terkenal dan super biasa saja. Orang-orang bahkan tidak peduli dengan kehadiran Lisa. Ia hanya mempunyai teman dekat berjumlah 4 orang yang sama-sama kupernya sehingga circlenya stuck di kumpulan para geek tersebut.

Di saat anak gadis seusianya yang lain menghabiskan waktu dengan menonton bersama atau bermain di tempat bowling dan semacamnya, Lisa menghabiskan waktunya untuk membuat film berjenis animasi gerak henti tentang babi dan kehidupannya di peternakan.

Ia membuat film itu bersama teman klub filmnya yaitu Selena (Katie Sarife), Colin (Travis Quentin Young) dan Raj (Paras Patel).

Di sisi lain, terdapat anak-anak populer yang terdiri dari si ratu sekolah, Amber Pollock (Cassie Scerbo) dan anak buahnya Paisley (Carissa Capobianco), Dakota (Katrina Tandy) dan Carlita (Gabriella Lopez). Sedangkan seorang cowok ganteng bernama Nick (Chris Zylka) memperlengkap isi sekolah. 

Satu kali, pesta prom diadakan di sekolah mereka. Semua orang super antusias, kecuali Lisa dan teman-temannya yang ada di klub film. Namun Ibu Lisa meminta anaknya supaya tetap pergi dan bersenang-senang karena Ibunya khawatir akan pergaulan Lisa yang sangat kurang.

Ia lebih doyan diam di kamar dan belajar mati-matian supaya bisa diterima di Sekolah Musik Julliard. Meski awalnya menolak, Lisa akhirnya pergi juga meski tidak masuk ke ballroom.

Berbanding terbalik dengan Lisa, Amber malah menunggu-nunggu kesempatan ini. Amber yang dikenal super jahat dan licik bahkan meminta teman-temannya untuk membantunya menjadi Ratu Prom dengan memanipulasi kotak suara. Benar saja, saat pengumuman Raja dan Ratu Prom dibacakan, Amber yang terpilih. 

Naas, saat akan mengambil mahkota, Amber tersengat kabel listrik yang konslet dan jatuh menimpa gagang tempat mahkota berada hingga tewas.

Semua teman Amber berlarian dan mendapatkan tubuh Amber berasap dan sudah tak bernyawa. Meski demikian, Amber belum sadar kalau dirinya sudah tewas. Ia baru sadar ketika ia tiba-tiba pindah ke alam lain.

Alam lain ini merupakan semacam gerbang awal dimana amal baik buruk ditimbang dan nantinya menentukan dimana Amber akan ditempatkan.

Sang penjaga gerbang (Tim Gunn) mengatakan bahwa Amber seharusnya belum tewas. Namun, karena adanya turut campur semesta, Amber melompati semua hal dan harus tewas. Dalam catatan sang penjaga, kelakuan Amber selama hidupnya bisa membuatnya masuk neraka.

Amber tidak mau, lantas mengatakan apa yang harus dilakukan supaya ia bisa masuk surga. Sang penjaga pun menginstruksikan beberapa hal supaya Amber memenuhi kategori untuk bisa masuk surga.

Tugasnya adalah membuat orang paling kuper di sekolah bisa menjadi Ratu Prom menggantikannya dan orang paling kuper itu adalah Lisa Sommers. Amber tidak mengenal Lisa namun akhirnya mengingatnya dan mau tidak mau harus menjalankan tugas.

Amber diberi waktu seminggu untuk misi tersebut dan ia pun kembali ke dunia. Saat kembali ke sekolah, Amber melihat semua orang berkumpul untuk memberi penghormatan terakhir.

Namun betapa terkejutnya dia saat mengetahui bahwa tidak seorangpun yang benar-benar menyukainya, bahkan teman-teman dekatnya seperti Paisley, Dakota dan Carlita. Ia benar-benar sakit hati. 

Amber pun kebingungan harus berbuat apa sampai akhirnya ia bertemu dengan Lisa, si misi utamanya. Lisa merupakan satu-satunya orang yang bisa melihat Amber.

Awalnya Lisa merasa terganggu dengan kehadiran hantu Amber. Namun Amber tidak patah semangat, ia terus mendekati Lisa untuk memberitahu misinya. Lisa seperti mendengar dongeng. Bagaimana bisa ia mampu ke surga dengan membantunya untuk menjadi Ratu Prom sekolah.

Setelah dijelaskan panjang lebar dan pendekatan yang bikin Amber gila, akhirnya Lisa mau untuk membantu Lisa supaya ia bisa pergi ke surga dengan membuat dirinya menjadi terkenal dan menjadi Ratu Prom sekolah. Tindakan Amber ini sudah dirasa benar olehnya, namun semakin lama, Amber merasa Lisa menjadi semakin tidak terkontrol.

Lisa jadi semakin terkenal dan memanfaatkan ketenarannya itu untuk berbuat sesuatu seenak jidat. Membohongi teman baiknya sendiri, membuat orang lain dirundung habis-habisan.

Amber jadi melihat dirinya sendiri semasa hidup dalam karakter Lisa saat ini. Amber pun jadi merasa bersalah dan ia akhirnya tahu bagaimana sifat dirinya sendiri semasa hidup. 

Menyadari hal ini adalah suatu kesalahan besar, Amber pun mencoba untuk membuat Lisa kembali menjadi dirinya sendiri, seorang Lisa yang baik hati dan loyal kepada semua temannya.

Amber pun akhirnya merasuki Lisa dan membawa tubuh Lisa jauh dari kota supaya ia tidak bisa mengikuti dan gagal menjadi Ratu Prom sekolah. Ia tidak peduli kalau ia harus masuk neraka, ia hanya tidak mau Lisa jadi seperti dirinya dulu.

Lisa murka bukan main saat mengetahui kalau dirinya dibuat sulit. Namun semakin sulit keadaan, Lisa mulai menyadari kalau hal yang ia lakukan selama ini adalah salah. Lisa pun akhirnya menyadari kesalahannya.

Ia lantas membuat gebrakan di sekolah dengan membuat Raj yang menjadi Raja Prom sekolah. Hal ini lantas secara tidak langsung menyelesaikan misi yang diberikan untuk Amber yakni membuat anak kuper menjadi terkenal.

Tepat sebelum Amber masuk neraka, penjaga gerbang menjemputnya kembali untuk pergi ke surga. Amber lantas menampakan diri di depan Lisa untuk sekali lagi sebelum akhirnya ia pamitan untuk benar-benar pergi ke surga.

Lisa sedih dan senang dalam satu waktu. Ia memeluk Amber sebelum akhirnya Amber pergi ke surga. Lisa pun mendapatkan jodoh di malam itu.

Plot Unik

Teen Spirit_Plot (Copy)

Cerita yang ditawarkan oleh sang penulis film ini yakni Kathryn McCullough, David Kendall dan Bob Young bisa dibilang menarik.

Secara tidak langsung, kita jadi mengingat film-film dengan genre serupa seperti Ghost, Just Like Heaven dan film lainnya yang inti ceritanya adalah sosok roh yang masih ‘gentayangan’ karena memiliki tugas yang belum selesai di dunia.

Baca Juga: Sinopsis & Review Just Like Heaven, Pacaran dengan Roh?

Bukan hanya penulisnya saja, sang sutradara dari film ini, Gil Junger, juga mampu mengemas film ini jadi tidak membosankan. Ceritanya dibuat seru, lucu dan ramah untuk ditonton remaja.

Tidak ada adegan ‘liar’ yang membuat khawatir orang tua. Apalagi saat melihat tingkah Lisa yang kuper harus bisa menjadi seorang yang terkenal seperti Amber di sekolah.

Terkenal = Bahagia?

Teen Spirit_Famous (Copy)

Dari film ini, kita bakal dapat pembelajaran bahwa sebenarnya menjadi terkenal tidak selamanya enak. Terkenal berarti semua orang akan memperhatikan kalian dari atas sampai bawah, mengintip keseharian kamu.

Orang-orang akan mengikuti juga cara bicara dan tingkah laku kalian. Banyak hal tidak nyaman lainnya pun akan kalian dapatkan apabila kalian ingin terkenal hanya demi mendapatkan atensi. 

Amber merasa menjalani hal di atas tidaklah sulit namun begitu ia meninggal dan hal itu terjadi pada Lisa, Amber sadar sesuatu. Tidak selamanya terkenal membuatmu bahagia.

Orang yang kalian anggap teman hanya memanfaatkanmu supaya mereka juga bisa ikut terkenal, dan rasa egois mengalahkan semuanya. Contohnya ya Lisa. Ia malah jadis super jahat setelah terkenal dan itu malah tidak disukai Amber meski membuat Lisa terkenal adalah misinya untuk masuk surga.

Soundtrack Super Hype 

Teen Spirit_Soundtrack (Copy)

Apakah kalian tahu tokoh utama dari film ini yakni Lindsey Shaw merupakan seorang penyanyi juga? Suaranya yang bagus berhasil membuat dirinya tidak hanya membintangi film Teen Spirit ini saja.

Ia juga bahkan mengisi soundtrack utamanya yang berjudul Typical. Ini membuat dirinya masuk menjadi salah satu musisi yang mengisi soundtrack film ini. Ada Lady Gaga, Britney Spears dan PitBull ft. Ne-Yo juga!

Musik dan film yang ditawarkan oleh film Teen Spirit ini super bagus, membuat film ini jadi salah satu tambahan film lain yang wajib kalian masukan dalam film’s bucket lists kalian.

Bacaterus sendiri memberi skor 4/5 untuk film ini. Tidak percaya sebagus itu? Ayo cepat buruan tonton filmnya. Saat ini bisa kalian saksikan di kanal Disney Hotstar. Happy watching guys!

Teen Spirit
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram