bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Korea Sweet & Sour (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 2 Oktober 2021

Da Eun seorang perawat yang perhatian pada salah satu pasiennya bernama Lee Jang Hyeok. Dia bersikap baik dan seolah membuka hati untuknya. Hubungan perawat dan pasien ini pun bertambah dekat hingga keduanya memutuskan berlibur ke Jeju. Di sisi lain, Jang Hyeok sibuk dengan pekerjaannya hingga membuat Da Eun merasa diabaikan.

Selain itu, Jang Hyeok juga terlihat mulai tertarik dengan rekan kerja yang semula adalah musuhnya. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Akankah hubungan keduanya bisa dipertahankan? Film komedi romantis Korea Selatan berjudul Sweet & Sour (2021) siap menghibur Anda. Sebelum itu, mari simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis

Seorang pria bertubuh tambun bernama Lee Jang Hyeok dibawa ke rumah sa kit dalam keadaan sudah sangat kuning. Perawat bernama Da Eun (Chae Soo Bin) dengan cekatan memberikan pertolongan. Da Eun bukan hanya memasang cairan infus melainkan juga mendengar cerita Lee Jang Hyeok bahwa dirinya sudah diterima bekerja sebagai teknisi.

Saat kedua orangtuanya menjenguk, mereka hanya berani melihat dari jauh karena khawatir tertular hepatitis yang diderita sang putra. Kekhawatiran tak beralasan ini dirasakan juga oleh teman-teman serta pasien yang berada satu kamar dengannya.

Alhasil, tidak ada yang berani menjenguk Lee Jang Hyeok karena mereka hanya mengiriminya pesan. Perlakuan teman sekamarnya pun tak berbeda jauh, sama-sama mengesalkan. Hanya perawat Da Eun yang tidak segan-segan berada di dekatnya dan berlaku baik.

Perlakuan yang demikian membuat Lee Jang Hyeok tersentuh. Suatu malam, Lee Jang Hyeok keluar dari kamarnya dan mendapati Da Eun merokok secara sembunyi-sembunyi. Keduanya berbincang sebelum seorang perawat senior memergokinya.

Da Eun yang takut gajinya dipotong karena ketahuan merokok, menyalahkan Lee Jang Hyeok atas kejadian tersebut. Esok paginya, Da Eun yang merasa bersalah atas kejadian semalam datang ke tempat tidur pasiennya itu dan meminta maaf.

Gadis tersebut kemudian seolah tanpa sadar ikut memakan makanan yang disajikan untuk Lee Jang Hyeok. Alih-alih terganggu, lelaki itu justru menilai tingkahnya menggemaskan. Malam harinya mereka kembali bercengkrama.

Da Eun semakin membuat Lee Jang Hyeok salah tingkah ketika memanggil dirinya menggunakan panggilan untuk dua orang yang sudah akrab. Semakin menggemaskan ketika Da Eun yang sudah sangat ngantuk ‘numpang tidur’ sedetik di tempat tidur Lee Jang Hyeok.

Lelaki itu tambah menyukai Da Eun dan mengatakan pada teman-teman bahwa dia sedang melakukan pendekatan dengannya. Benar saja, walau dilakukan secara diam-diam Lee Jang Hyeok melakukan banyak hal manis untuk Da Eun. Mulai dari memberikan apel, menyediakan makanan hangat dalam termos hingga menyuruhnya istirahat.

Da Eun pun menyambut perlakuan itu dengan senang dan tampak membuka hati untuk pasiennya tersebut. Namun, sikap Da Eun tiba-tiba berubah setelah Lee Jang Hyeok mengatakan dirinya tak punya pacar. Da Eun menjadi dingin, tidak menyapanya seperti beberapa hari lalu. Ketika Lee Jang Hyeok pulang pun, dia tak ada di rumah sakit untuk menemuinya.

Cerita berlanjut saat Lee Jang Hyeok menemui teman-teman yang ternyata semuanya bertubuh subur. Tak satu pun di antara mereka yang percaya jika ada wanita yang memperlakukan lelaki seperti mereka semanis itu.

Lee Jang Hyeok kembali ke rumah sakit untuk mendapatkan nomor telepon Da Eun secara diam-diam. Sayang, upaya Lee Jang Hyeok tersebut dipergoki suster senior. Dia pun hanya mengingat beberapa angka di bagian depan, sementara untuk angka sisanya dia cari secara manual dengan menghubungi satu per satu kombinasi angka yang dibuat.

Setelah sekian banyak nomor ponsel dia hubungi satu per satu, Lee Jang Hyeok akhirnya berhasil menghubungi Da Eun. Da Eun langsung mengenali siapa peneleponnya padahal Lee Jang Hyeok belum berkata apa-apa. Tak ingin buang waktu, Lee Jang Hyeok langsung mengatakan perasaannya. Da Eun yang sedang tak enak badan kemudian meminta dia untuk datang ke tempatnya.

Hubungan mereka bertambah dekat. Lee Jang Hyeok bahkan tampaknya berhasil mengajak Da Eun berpacaran. Walau mudah cemburu, lelaki itu memperlakukan Da Eun dengan sangat baik. Sayangnya karena Lee Jang Hyeok bertubuh gemuk, mereka sulit mencari baju couple seperti pasangan muda lain. Hal ini lumayan membuatnya berkecil hati dan ingin menguruskan badan.

Namun, Da Eun tak ambil pusing. Dia bahkan mengganti baju couple dengan sepatu couple. Di depan bandara saat akan pergi ke Pulau Jeju, Lee Jang Hyeok berjanji tahun depan mereka akan kembali ke Jeju dengan tubuhnya yang sudah lebih kurus.

Lelaki itu bertekad akan menguruskan badan, mengurangi bobot tubuhnya untuk Da Eun. Berhasilkah dia melakukannya? Cerita berlanjut saat seorang pemuda berwajah tampan, bertubuh ideal tampak sedang berolahraga. Dia adalah Jang Hyeok (Jang Ki Young) Hubunganya dengan Da Eun terlihat luwes seperti sudah bersama cukup lama.

Suatu hari, Jang Hyeok (Jang Ki Young) dikirim oleh perusahaannya ke perusahaan lain yang lebih besar. Namun, saat Jang Hyeok menyampaikan berita ini pada Da Eun, gadis itu tampak kurang antusias. Demi mengurangi kekhawatiran kekasihnya, Jang Hyeok sampai membeli mobil agar dia bisa pulang pergi ke tempat kerja, tidak meninggalkan Da Eun sendirian. Lalu, akankah upaya ini berhasil? Bisakah keduanya mempertahankan hubungan yang sudah lama terjalin?

Problematika Pasangan di Kota Besar yang Sama-sama Sibuk

Problematika Pasangan di Kota Besar yang Sama-sama Sibuk

Sweet & Sour (2021) merupakan film drama romantis dengan selipan komedi di beberapa tempat yang memperlihatkan problematika pasangan muda di kota besar. Di sini pasangan Da Eun dan Jang Hyeok dihadapkan pada kesibukan masing-masing dan jarak tempat tinggal yang lumayan jauh.

Cukup familiar? Masalah semacam ini pasti banyak dialami oleh pasangan muda di luar sana, termasuk mungkin Anda dan pasangan. Dilihat sampai sini, premis film Sweet & Sour (2021) sangat umum. Rasanya tidak ada yang istimewa karena konfliknya bukan sesuatu yang baru. Anda akan disuguhkan adegan pertengkaran dan salah paham antara dua pasangan yang lelah karena kesibukan tanpa naskah yang mendalam.

Karakter Jang Hyeok yang sibuk tapi masih berusaha mempertahankan hubungan hingga tergoda oleh rekan kerja, tak dibekali dengan naskah menarik. Begitu pun dengan Da Eun yang merasa insecure dan kecewa.

Dialog antara mereka yang seharusnya bisa dijalin penuh emosi, terasa benar-benar biasa saja. Oleh karena itu, jika Anda mengharapkan adegan-adegan dramatis atau dialog-dialog emosional dari Jang Ki Young, Chae Soo Bin dan Krystal Jung sebaiknya segera urungkan, karena tidak akan menemukan itu dalam film ini. 

Agak Bosan dengan Beberapa Pengulangan

Agak Bosan dengan Beberapa Pengulangan

Berdurasi sekitar 101 menit, alur Sweet & Sour (2021) terhitung terasa cepat. Hanya, ada beberapa bagian lebih tepatnya scene yang terus diulang hingga terasa membosankan. Pengulangan scene tersebut sepertinya bertujuan untuk mempertegas kondisi yang dialami oleh karakter di dalam film. Namun, repetisinya terlalu sering dengan jarak waktu yang hampir berdekatan sehingga menimbulkan kejenuhan.

Anda akan menemukan scene ketika Jang Hyeok terjebak macet berulang kali sampai-sampai ikut merasa sumpek. Belum lagi ditambah sinematografi yang memperlihatkan deretan mobil-mobil berderet serta gedung-gedung tinggi dari jarak jauh. Kombinasi yang kurang nyaman seperti itu beberapa kali akan Anda lihat dalam film ini.

Selain itu, Anda juga akan menyaksikan sebuah scene saat lampu ruangan kerja dimatikan padahal di sana masih ada dua orang yang bekerja; Jang Hyeok dan Bo Young. Scene yang juga banyak diulang ini agak ganjil dan sebenarnya bisa dihilangkan saja.

Sukses dengan Plot Twist yang Rapi

Sukses dengan Plot Twist yang Rapi!

Jika ada hal menarik dari film Sweet & Sour (2021), maka itu adalah plot twist-nya. Sutradara seperti sengaja memberikan kejutan di akhir agar film yang premis dan eksekusinya tidak terlalu istimewa ini, meninggalkan kesan bagi para penontonnya. Plot twist dalam film ini terasa sekali diperhitungkan dan dikonsep dengan matang.

Agar meyakinkan penonton, ada satu dialog ‘kunci’ yang diucapkan Jang Hyeok mengenai riwayat penyakitnya. Ya! Hanya butuh satu dialog, sutradara sukses mengecoh banyak penonton mengenai akhir dari film ini. Jika Anda penyuka film-film yang dilengkapi plot twist, Sweet & Sour (2021) akan cukup memuaskan. Apalagi pada bagian itu Anda akan mendapat penjelasan melalui alur mundur yang rapi.

Sweet & Sour (2021) siap menghibur Anda dengan kejutan di akhir filmnya. Selain itu, film ini juga bisa menjadi refleksi bagi pasangan yang sibuk agar pintar mencari cara dan mengatur emosi untuk mempertahankan hubungan. Tertarik dengan film yang dibintangi Jang Ki Young, Chae Soo Bin dan Krystal Jung ini? Sweet & Sour (2021) bisa ditonton di Netflix ya!

Sweet & Sour
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram