bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Superman Returns (2006)

Superman merupakan salah satu superhero paling populer dengan jumlah penggemar yang sangat banyak. Karakter yang awalnya muncul dalam komik ini langsung mendapat antusiasme yang tinggi ketika ditransformasikan ke dalam layar lebar.

Terbukti sejak kemunculan dalam versi live action, superhero berjudul Man of Steel itu langsung meraih sukses secara komersial. Kesuksesan secara komersial juga yang membuat Superman dieksploitasi sehingga dipaksakan untuk rilis filmnya.

Pada tahun 2006, penantian akan sosok Superman terjawab dengan kehadiran Superman Returns. Dengan dua film sebelumnya yang banyak menuai kritik, film karya Bryan Singer ini mengambil cerita lanjutan dari Superman II.

Baca juga: Sinopsis & Review Man of Steel: Kisah Superman yang Dramatis

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Superhero
  • Produksi: Legendary Pictures, DC Comics, Peters Entertainment, Bad Hat Harry Productions
  • Sutradara: Bryan Singer
  • Pemain: Brandon Routh, Kate Bosworth, James Marsde, Frank Langella, Eva Marie Saint

Setelah mengalahkan General Zod, Ursa dan Non, Superman memutuskan untuk kembali ke planet Krypton. Alasannya adalah sekelompok astronot percaya mereka baru saja menemukan ada yang selamat di planet Krypton. Superman pergi tanpa memberitahu siapapun termasuk pada Lois, wanita yang dicintainya.

Lima tahun sudah Superman pergi. Lois akhirnya memutuskan untuk bertunangan dengan Richard White, keponakan dari Perry White, pemilik dari Daily Planet.

Dari hubungan itu, Lois dan Richard memiliki seorang anak laki-laki bernama Jason. Lois juga berhasil memenangkan Pullitzer Prize dengan artikel berjudul “Why in the World Doesn’t Need Superman?” yang dianggap sebagai perwujudan dunia tanpa sosok superhero selama lima tahun.

Lex Luthor yang tengah dihukum mendapat keberuntungan setelah kehadiran Superman sebagai saksi nggak kunjung muncul. Tuntutan pada Luthor ditangguhkan sehingga dia dinyatakan bebas dari hukuman penjara. Dia kemudian menikahi seorang janda kaya raya untuk merampas kekayaannya ketika sang istri mati.

Superman nggak menemukan ada yang selamat di planet Krypton, dia pun memutuskan untuk kembali ke bumi. Sementara itu, Luthor memanfaatkan hilangnya Superman di bumi.

Dia pergi ke markas Superman, Fortrss of Solitude untuk meneliti tentang Superman. Dia berhasil mencuri Kristal yang berasal dari Kypton yang kemudian berhasil berfungsi mematikan listrik di sepanjang Pantai Timur Amerika.

Lois mendapatkan tugas untuk meliput peluncuran pesawat luar angkasa, bahkan dia diberi kesempatan untuk menjadi penumpangnya. Matinya listrik di Pantai Timur membuat perjalanan pesawat yang ditumpangi Lois terganggu.

Pesawat itu mulai menukik menuju bumi dan akan menabrak. Superman melakukan penyelamatan yang disaksikan oleh seluruh dunia. Dunia berbahagia karena sosok superhero bernama Superman kembali muncul. Sayangnya hal serupa nggak dirasakan Clark yang merasa terpukul mengetahui Lois sudah bertunangan.

Superman langsung terpanggil untuk beraksi menyelamatkan pesawat dan jet yang disabotase oleh Luthor. Luthor memanfaatkan Superman yang perhatiannya teralih untuk mengambil Kryptonite dari Metropolis Museum of Natural History.

Perry memerintahkan Lois untuk mewawancarai Superman. Sementara Clark mencoba mencari penyebab pesawat dan jet yang diselamatkannya. Lois yang curiga bahwa pemadaman listrik itu ulah Luthor, mencoba mencari jawaban atas kecurigannya. Dia pergi ke rumah Luthor dan naik ke kapal pesiar yang berlabuh di sana.

Anak buah Luthor langsung menangkap Lois. Luthor ternyata punya rencana besar yaitu menggabungkan kristal Krypton dengan Kryptonite untuk membuat sebuah benua baru di utara Samudera Atlantik. Keberadaan benua itu akan membuat permukaan air laut naik sehingga dapat menenggelamkan benua lain termasuk Amerika.

Luthor melihat Jason bereaksi pada Kryptonite. Dia pun menanyakan siapa ayah Jason yang sesungguhnya kepada Lois. Lois menyatakan bahwa Richard-lah ayah dari Jason.

Ketika salah satu anak buah Luthor menyerang Lois, Jason mendorong piano dan mengenai anak buah Luthor. Hal itu menunjukkan bahwa Jason mewarisi kekuatan dari Superman.

Luthor melarikan diri setelah melihat kekuatan Jason. Gempa mulai muncul dan Superman mencoba meminimalisir kerusakan di Metropolis. Richard berhasil datang tepat waktu dengan menggunakan pesawat untuk menyelamatkan Lois dan Jason.

Sementara itu, Superman mengejar Luthor yang sampai di daratan baru yang dipenuhi Kryptonite. Bisakah Superman menghentikan niat jahat Luthor?

Sosok Lex Luthor yang Baru

Sosok Lex Luthor yang Baru

Superman Returns dirilis berdekatan dengan dua film superhero lain yaitu Batman garapan Nolan dan Spiderman garapan Raimi.

Hal itu membuat film garapan Bryan Singer itu mengubah citra Superman yang lebih komikal dalam film-film sebelumnya dengan cerita yang lebih serius. Alhasil, kekonyolan yang biasanya muncul pun nyaris nggak ada di film ini.

Perubahan cerita menjadi serius juga diikuti dengan karakter Lex Luthor yang menjadi lebih gelap dan sadis. Nggak ada lagi Luthor yang diperankan Gene Hackman yang masih bisa membuat tertawa.

Sebagai gantinya, Kevin Spacey didaulat menjadi Luthor. Di tangan Spacey, Luthor menjadi sosok jahat dan terasa berhasil membuat Superman punya musuh yang bisa menciptakan kerusakan dalam skala yang besar.

Brandon Routh sebagai Superman dan Clark Kent

Brandon Routh sebagai Superman dan Clark Kent

Dengan jarak 19 tahun sejak Superman II dirilis, Superman Returns mau nggak mau harus merombak jajaran pemainnya. Salah satu yang paling fundamental adalah mengubah pemain yang memerankan karakter Superman dan Clark Kent.

Hal itu merupakan tugas berat sebagaimana Christopher Reeve berhasil mengidentifikasikan dirinya sebagai Superman. Bryan Singer memilih nama Brandon Routh yang belum pernah tampil sama sekali di dalam film. Salah satu parameter pemilihan Routh adalah karena dia memiliki kemiripan secara fisik dengan Reeve.

Hebatnya, dia berhasil menjadi Clark yang tetap terlihat canggung tapi bisa begitu karismatik ketika menjadi Superman. Dia bukan hanya piawai dalam melakoni adegan-adegan laga tapi juga ketika bermain dalam adegan yang mengharuskan menimbulkan nuansa emosional.

Tempo Berjalan Pelan

Tempo Berjalan Pelan

Superman Returns berjalan dengan tempo yang pelan. Durasi panjang selama 154 menit nggak membuat Bryan Singer ingin buru-buru membuat Superman beraksi.

Sebagai gantinya, kita akan disuguhi cerita tentang karakter-karakter utama yang tengah berkembang. Ada Lois yang sudah bertunangan dan punya anak, serta Luthor yang sudah bebas dari penjara.

Tempo yang pelan dimanfaatkan untuk memberikan pendalaman karakter yang kuat pada jajaran karakter utamanya. Superman dan Clark yang sebelumnya digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat digambarkan lebih manusiawi di film ini.

Begitu juga dengan motivasi Luthor yang ingin mewujudkan segala rencana jahatnya untuk membalas dendam pada Superman yang sudah memenjarakannya.

Secara sinematografi, film ini secara berani menampilkan warna-warna cerah di Metropolis. Minimnya adegan laga yang menjadi sasaran kritikus film, dikemas secara maksimal ketika ditampilkan.

Begitu juga dengan penggunaan effect yang terlihat meyakinkan. Bryan Singer berhasil membuat Superman punya cerita yang solid untuk diandalkan bukan hanya dari sisi aksinya.

Kembalinya Superman dalam Superman Returns ke layar lebar berhasil mengobati kerinduan penggemarnya selama 19 tahun. Terlebih film sebelumnya dianggap sebagai yang terburuk.

Durasi yang panjang digunakan Bryan Singer untuk bercerita secara mendalam dan mengubah sosok Superman dengan cerita yang lebih serius. Apakah film ini cukup memuaskan kamu? Ceritakan di kolom komentar, yuk!

Superman Returns
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram