bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film India Student of the Year 1 (2012)

Ditulis oleh Suci Maharani R
Student of the Year
3.7
/5

Berharap bisa memberikan prestasi yang bisa membanggakan nama orang tua adalah impian banyak anak di dunia. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak di St. Teresa High School, pasalnya anak-anak ini akan bersaing untuk mendapatkan piala Student of the Year setiap tahunnya.

Tapi tahun ini, tidak hanya soal pembuktian mengenai prestasi diri tetapi ada persaingan cinta yang sengit antara Rohan dan Abhi.

Inilah Student of the Year (2012), film yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Karan Johar. Selain kehadiran Johar, film ini menjadi grand debut bagi Sidharth Malhotra, Alia Bhatt, Varun Dhawan.

Meski penampilan ketiganya disebut kurang maksimal, tapi film ini berhasil bertengger di box office. Bahkan film ini mendapatkan penghasilan fantastis dan dibuatkan sekuel keduanya di tahun 2019.

Sinopsis

Student of the Year 1
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Romantic, Comedy, Drama
  • Sutradara: Karan Johar
  • Pemeran: Sidharth Malhotra, Alia Bhatt, Varun Dhawan
  • Produksi: Dharma Productions, Red Chillies Entertainment

Beberapa murid dari St. Teresa High School terlihat sedang berkumpul di ruang tunggu rumah sakit. Mereka menjenguk mantan kepala sekolah Yogendra Vashisht, yang sedang sakit keras.

Dari pertemuan ini, para siswa mengingat kembali masa-masa sekolah mereka. Beberapa orang tertawa, karena ingat dengan hal bodoh yang terjadi, sementara yang lainnya diam dalam bisu.

Apalagi situasi semakin tegang, saat Abhi (Sidharth Malhotra) dan sang istri Shanaya (Alia Bhatt) kembali bertemu dengan Rohan (Varun Dhawan). Semua orang tahu, hubungan persahabatan Abhi dan Rohan sudah lama hancur dan keduanya tidak pernah terlihat bersama lagi.

Kembali ke masa-masa mereka bersekolah di St. Teresa, Rohan dan Shanaya adalah pasangan yang sangat terkenal di sekolah. Sementara Abhi, diketahui sebagai murid pindahan yang berhasil mencuri perhatian banyak perempuan.

Awalnya Abhi dan Rohan adalah saingan untuk menjadi yang terbaik, hingga permusuhan ini berubah menjadi persahabatan.

Keduanya saling mengetahui kesulitan hidup masing-masing, seperti Abhi yang berusaha bersabar ketika ia dihina sebagai anak pembawa sial oleh pamannya.

Sementara Rohan merasa tertekan, karena ayahnya selalu meremehkan cita-citanya untuk menjadi seorang musisi. Mereka saling menyemangati dan percaya, bahwa masa depan mereka akan lebih baik dari yang mereka hadapi sekarang.

Di sisi lain, Shanaya selalu saja dipusingkan dengan persaingannya dengan Tanya Israni (Sana Saeed). Mereka tidak hanya bersaing mengenai siapa yang paling cantik dan modis, tapi bersaing untuk mendapatkan hati Rohan. Bahkan Shanaya sangat geram, ketika Rohan secara terbuka menggoda Tanya di pernikahan kakak Rohan.

Untuk mendapatkan perhatian Rohan, Shanaya meminta bantuan Abhi untuk membuat pria yang disukainya cemburu. Abhi menerima hal ini, bahkan pria ini mengatakan bahwa Shanaya harus mengubah dirinya agar dicintai lagi oleh Rohan.

Namun kedekatan keduanya malah menimbulkan cinta terlarang, yang akhirnya menghancurkan hubungan Rohan dan Abhi.

Suatu hari Rohan memergoki Shanaya dan Abhi sedang berciuman, padahal saat itu Shanaya masih berpacaran dengannya. Rohan sangat marah, bahkan ia mengatai Abhi sebagai anak pembawa sial yang sudah membunuh orang tua dan neneknya.

Abhi merasa sangat marah dengan perkataan Rohan, hingga ia menghinanya dengan menyebutkan Rohan sebagai anak tidak berguna bagi ayahnya sendiri.

Permusuhan ini berlanjut hingga mereka berlomba untuk mendapatkan trofi Student of The Year. Keduanya bersaing sangat sengit, untuk mendapatkan posisi teratas dan menunjukkan siapa yang paling unggul. Di sisi lain, persaingan antara Rohan dan Abhi benar-benar membuat Shanaya sangat lelah dan tidak mau lagi ikut perlombaan.

Apalagi Shanaya kini benar-benar sendirian, pasalnya gadis ini juga dikhianati oleh sahabatnya sendiri. Shanaya tidak tahu harus mendukung siapa, pasalnya ia tidak ingin menyakiti keduanya.

Shanaya tidak bisa berbohong, bahwa ia sudah jatuh cinta kepada Abhi sejak lama. Tapi ia juga tidak ingin jika hubungan Abhi dan Rohan hancur seperti sekarang.

Alurnya Sangat Rapi dan Enjoyable

Alurnya Sangat Rapi dan Enjoyable

Sudah lama sejak terakhir saya menonton film yang dibuat dan disutradarai langsung oleh Karan Johar. Setelah menonton Student of The Year (2012), saya langsung mengetahui bahwa film ini memang sangat khas dengan taste Johar. Pasalnya, film ini mengingatkan saya dengan film legend buatan Johar lainnya, sebut saja Kuch Kuch Hota Hai (1998).

Keduanya sama-sama mengangkat kisah cinta remaja yang ringan, tapi memiliki banyak emosi di dalamnya.

Dalam Student of The Year (2012) saya menyukai bagaimana alurnya berjalan sangat lembut, semuanya diceritakan secara perlahan dan teratur. Mulai dari karakter tiga pemeran utamanya, yaitu karakter Abhi, Rohan dan Shanaya, beserta permasalahan dalam hidup mereka.

Masalah keluarga dijadikan sebagai background untuk menunjukkan perubahan apa yang terjadi pada ketiga anak ini. Johar menambahkan persahabatan yang erat antara Rohan, Abhi dan Shanaya, lalu perlahan-lahan mengubahnya menjadi cinta segitiga.

Untuk kisah cinta remaja, film ini berhasil memberikan asupan drama yang epik, mudah untuk dipahami dan enjoyable.

Salah satu yang khas banget dari Johar, ia kembali menerapkan sebuah kisah cinta yang dekat dengan anak muda di India.

Tapi biar kisahnya nggak ngebosenin, ia menambahkan sentuhan ala barat mulai dari latar sekolah seperti St. Teresa High School hingga perlombaan Student of The Year. Bahkan dibalik persaingan dalam berbagai perlombaan untuk memenangkan Student of The Year.

Johar menambahkan kritikan soal bagaimana peringkat seorang murid begitu penting di mata orang tua dan instansi pendidikan. Hal ini terlihat ketika Sudo mengungkapkan rasa kesalnya, karena semua usahanya untuk ikut berlomba berakhir sia-sia.

Dialognya penuh makna dan menjadi curahan bagi para siswa, ketika kemampuan mereka dipertaruhkan dalam sebuah ujian.

Kehidupan Remaja yang Emosional

Kehidupan Remaja yang Emosional

Seperti yang saya singgung sebelumnya, Student of the Year (2012) memberikan kisah cinta remaja yang emosional dan penuh arti. Kisah cinta yang saya maksud tidak hanya soal cinta monyet anak remaja, seperti hubungan Shanaya dan Rohan. Tapi saya ingin menyoroti bagaimana keluarga memperlakukan anak-anak mereka.

Film ini menunjukkan, bagaimana anak-anak kaya raya tumbuh tanpa kasih sayang orang tua mereka. Shanaya, Rohan dan Tanya terlihat memiliki kehidupan yang sempurna, namun keluarga mereka memiliki influence yang buruk. Shanaya bisa membeli barang apapun yang ia inginkan, tapi ia tidak bisa mendapatkan kasih sayang dari keluarga.

Sementara Rohan, ia harus merasakan dibenci dan diremehkan oleh ayahnya sendiri karena ia menyukai musik. Rohan yang bercita-cita menjadi musisi malah dihina habis-habisan oleh ayahnya, sementara sang ayah malah memuji sahabatnya. Lalu Tanya Israni, gadis ini mendapatkan bad influence dari ibunya untuk mencari pria kaya raya yang akan menopang hidupnya.

Terakhir ada Abhi, anak ini berusaha bersabar saat dirinya kerap disebut sebagai “anak pembawa sial”. Pasalnya orang tua Abhi meninggal dunia karena kecelakaan, sementara anak ini tetap hidup.

Bahkan paman dan bibinya menganggap Abhi sebagai penyebab kematian ibu mereka. Padahal Abhi adalah orang yang sangat menyayangi neneknya, melebihi hidupnya sendiri.

Film ini ingin menunjukkan, bahwa peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana anak-anak bertindak dan berpikir, semua ini dipengaruhi oleh orang tua mereka.

Kasih sayang, kepercayaan dan dukungan orang tua pada anak adalah hal yang sangat penting, sehingga anak-anak ini bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik dan lebih percaya diri.

Soundtrack Bikin Penonton Ikut Menari

Soundtrack Bikin Penonton Ikut Menari

Salah satu kekuatan dari Student of the Year (2012) yang paling saya sukai adalah soundtrack-nya. Dikutip dari Wikipedia, soundtrack untuk film ini digarap oleh Vishal–Shekhar, sementara untuk liriknya dibuat oleh Anvita Dutt Gupta. Film garapan Karan Johar ini setidaknya memiliki 6 lagu, yang semuanya terdengar sangat ear catching.

Salah satu lagu yang paling saya sukai adalah "Ishq Wala Love" yang dinyanyikan oleh Shekhar Ravjiani, Salim Merchant, Neeti Mohan.

Lagunya sangat cocok untuk menunjukkan kisah cinta segitiga antara Rohan, Shanaya dan Abhi. Mulai dari lirik yang dipilih hingga komposisi musiknya, lagu ini membuat penonton semakin emosional saat menonton filmnya.

Selain itu ada lagu “The Disco Song” yang dinyanyikan oleh Benny Dayal, Nazia Hassan, Sunidhi Chauhan. Lagu up beat yang dinyanyikan saat anak-anak St. Teresa mengikuti lomba menari ini memang pas untuk berpesta.

Hal yang paling penting, di lagu ini kamu bisa melihat Kajol muncul sebagai cameo dan menari bersama Varun Dhawan dan Sidharth Malhotra.

Student of The Year (2012) adalah film remaja yang cocok banget dijadikan tontonan di akhir pekan. Film ini memiliki premis yang sangat ringan dan lagu-lagunya sangat luar biasa enjoyable. Saya sangat menyarankan film ini untuk ditonton bersama sahabat, karena filmnya cocok banget untuk anak muda.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram