bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Strangers From Hell, Si Tetangga Psikopat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 7 September 2021

Memilih tempat tinggal, baik rumah, apartemen atau kost harus dipertimbangkan baik-baik. Pasalnya si sana lah kita akan tinggal, beristirahat dan melakukan hal-hal besar lain yang siapa tahu bisa mengubah dunia. Salah-salah memilih tempat tinggal, Anda tidak akan betah.

Pernah membayangkan memiliki tetangga satu kost yang aneh-aneh? Perilaku serta tampilannya penuh misteri dan meneror hingga membuat kost bagai neraka? Tidak perlu membayangkan karena Anda cukup duduk manis menyaksikan drama Korea berjudul Strangers From Hell.

Drama yang dibintangi Lee Dong Wook ini tayang pada kuartal ke empat tahun 2019. Mengusung tema drama, misteri dan thriller psikologis, ia tampil berbeda di antara drama-drama Korea dengan tema cinta. Penasaran seperti apa jalan ceritanya? Intip keseruan Stranger From Hell dari uraian di bawah ini!

Sinopsis

Review Strangers From Hell
*
  • Tanggal Penayangan: 31 Agustus – 6 Oktober 2019
  • Genre: Drama, Thriller
  • Jumlah Episode: 10 Episode
  • Pemain: Im Si Wan, Lee Dong Wook, Lee Jung Eun, Lee Hyun Wook, Park Jong Hwan, Lee Joong Ok
  • Sutradara: Lee Chang Hae
  • Penulis: Jeong Yi Do
  • Produksi: Woo Sang Film, Studio N
  • Jaringan Penayangan: OCN
  • Negara: Korea Selatan

Seorang calon novelis bernama Yoon Jong Woo (Im Si Wan) datang ke Seoul sebab mendapat pekerjaan di sana. Berasal dari keluarga miskin membuatnya tidak leluasa memilih tempat tinggal karena terbatas biaya. Pria berusia 20 tahunan ini kemudian mendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan dana miliknya.

Tempat tinggal tersebut bernama Asrama Eden. Sebab biaya sewa yang murah, tampilan asrama tentu saja jauh dari mewah. Asrama Eden lusuh dan kumuh. Para penghuni harus berbagi dapur dan kamar mandi. Begitu pun dengan Kong Woo.

Tanpa disadari oleh Jong Woo, kehidupannya di asrama akan berjalan lebih berat. Bangunan asrama yang jelek dan pantas disebut tidak layak huni bukan satu-satunya penderitaan Jong Woo. Hal yang paling membuatnya tidak betah tinggal di Asrama Eden adalah dia bertetangga dengan orang-orang aneh, misterius dan psikopat.

Tetangga-tetangga aneh tersebut lama-lama mulai mengganggu kehidupan Jong Woo. Gangguan yang diberikan cukup bermacam-macam, dari mulai yang sepele hingga gangguan yang dapat mengancam nyawanya.

Salah satu tetangga Jong Woo yang cukup aneh dan misterius adalah Seo Moon Zo (Lee Dong Wook). Moon Zo merupakan seorang dokter gigi dengan perangai dingin, pendiam serta penuh misteri. Dia membuka praktik takjauh dari asrama. Sayang wajahnya yang tampan tidak bisa menutupi sisi gelap yang ada pada dirinya.

Bagaimana kehidupan Kong Woo di asrama? Apakah dia dapat bertahan dari gangguan para penghuni lain serta apa yang akan Moon Zo lakukan padanya? Anda harus menyaksikan Stranger From Hell untuk menuntaskan rasa penasaran.

Diadaptasi dari Webtoon dan Perbedaannya

Diadaptasi dari Webtoon dan Perbedaannya
*

Imajinasi gila dalam drama Strangers From Hell merupakan adaptasi dari sebuah webtoon terkenal berjudul asli Taineun Jiokida karya Kim Yong Ki. Webtoon ini diunggah di situs Naver. Para pembaca setia mulai menikmatinya sejak terbit pertama kali pada 10 Maret 2018 hingga 9 Januari 2019.

Meski diadaptasi dari webtoon, Strangers From Hell versi drama memiliki beberapa perbedaan. Jika Anda sudah membaca versi webtoon-nya, di sana tidak ada tokoh Moon Zo. Walau tidak diciptakan dalam komik, karakter Moon Zo memiliki peran sangat penting dalam keseluruhan jalan cerita Strangers From Hell versi drama.

Menurut versi webtoon, dalang atau otak berbagai kejadian mengerikan di Asrama Eden sesungguhnya adalah Yoo Ki Hyeok (Lee Hyun Wook). Dia terobsesi dan berencana membuat Jong Woo menjadi psikopat sama sepertinya. Sementara dalam drama, Ki Hyeok justru hanya hadir pada dua episode awal; dia dibunuh oleh Moon Zo.

Kim Yong Ki menulis bahwa Asrama Eden adalah tempat tinggal para kanibal. Mereka mencari mangsa untuk diteror, disiksa lalu dimakan. Hal ini berbeda dengan versi drama. Bahwa latar belakang terjadinya berbagai hal mengerikan di asrama ini adalah karena ulah Eom Bok Soon (Lee Jung Eun).

Diceritakan bahwa dia dan penghuni asrama yang lain merupakan para penghuni panti. Eom Bok Soon lalu merawat penghuni asrama lainnya dan mendidik mereka menjadi pembunuh berdarah dingin dan kanibal.

Satu lagi perbedaan paling menonjol antara versi webtoon dan drama adalah karakter Jong Woo. Dalam webtoon diceritakan bahwa Jong Woo akhirnya frustasi karena terror yang dilakukan para penghuni asrama. Keadaan mental dan psikisnya yang terganggu pada akhirnya membuat dia menghabisi seluruh penghuni asrama.

Sementara itu, dalam versi drama, Jong Woo diceritakan membunuh para penghuni asrama karena ingin terbebas dari Moon Zo. Perbedaan motif antara versi webtoon dan drama, bagaimana pun, tidak mengubah sensasi deg-degan serta tegang saat menontonnya.

Drama Pendek, Jalan Cerita Menegangkan

Drama Pendek, Jalan Cerita Menegangkan
*

Drama Strangers From Hell cukup pendek dibandingkan drama Korea pada umumnya. Jumlah episodenya hanya 10. Berbeda dengan drama lain yang bisa mencapai belasan bahkan puluhan episode. Meski begitu, ketegangan yang disuguhkan pada para penonton, sudah terasa sejak episode pertama.

Setting tempat, pencahayaan dan pendalaman karakter yang misterius menjadi kunci mengapa drama ini menegangkan. Kita diajak ikut merasakan ketegangan dan kebingungan serta rasa terteror yang diterima Jong Woo setiap harinya.

Alur Bikin Penasaran

Alur Bikin Penasaran
*

Karakter para psikopat yang ada di dalam Strangers From Hell akan membuat Anda penasaran. Bayangkan, satu psikopat saja bisa membuat bingung karena kepribadiannya yang penuh misteri, sedangkan dalam drama ini ada lima orang psikopat.

Masing-masing dari mereka memiliki rahasia serta kepribadian yang berbeda. Pengembangan karakter Jong Woo dalam drama ini juga akan membuat Anda sulit menahan untuk tidak menonton episode selanjutnya. Jong Woo yang semula tenang, berubah menjadi tertekan pasti bikin penasaran.

Karakter Lee Dong Wook yang Membekas

Karakter Lee Dong Wook yang Membekas
*

Sebagai aktor Korea langganan drama-drama romance, karakter Lee Dong Wook dalam Strangers From Hell membuat siapa pun terkejut. Dengan baik, lelaki kelahiran 1981 ini mampu memainkan peran Moon Zo yang dingin dan psikopat.

Keberhasilan Lee Dong Wook memerankan Moon Zo benar-benar membekas di ingatan para penggemar drama. Terutama adegan ketika dia tersenyum. Senyuman yang lebih mirip seringai tersebut seketika mengubah image Lee Dong Wook yang tampan menjadi menyeramkan.

Salah satu adegan dalam drama, ketika Lee Dong Wook memakan daging mentah pun menjadi kontroversi tersendiri. Jika penasaran dengan akting Lee Dong Wook yang mengerikan ini, Anda harus menontonnya sendiri.

Kemiskinan Jong Woo Dekat dengan Keadaan Banyak Orang

Kemiskinan Jong Woo Dekat dengan Keadaan Banyak Orang
*

Jong Woo tidak mungkin terlibat dengan orang-orang psikopat di Asrama Eden jika dia adalah orang kaya. Keadaan Jung Woo yang serba pas-pasan, sehingga terpaksa harus tinggal di tempat kumuh seperti itu cukup dekat dengan keadaan banyak orang. Banyak di antara kita yang tidak punya pilihan karena masalah uang, kan?

Masalah keuangan Jong Woo yang tidak baik, semakin sempurna dengan konflik yang dia hadapi di tempat kerjanya. Lagi-lagi masalah tersebut juga cukup dekat dengan banyak orang. Sehingga saat menonton drama ini, Anda tidak hanya merasakan sensasi tegang, melainkan juga merasa dekat dengan tokoh utamanya.

Strangers From Hell merupakan satu di antara drama Korea yang cukup berbeda dan menarik untuk ditonton. Apalagi jika Anda termasuk penggemar cerita-cerita thriller yang menegangkan. Sudah tertarik untuk menyaksikannya? Selamat deg-degan!

Strangers From Hell
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram