Sinopsis & Review Spy X Family, Kisah Manis Keluarga Mata-mata

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Spy x Family
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Spy X Family adalah sebuah anime aksi yang diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Untuk animasinya, diserialisasikan oleh kolaborasi antara Wit Studio dan CloverWokrs. Dan seri anime-nya disutradarai oleh Furukashi Kazuhiro.

Anime ini termasuk ke dalam anime yang tayang pada musim semi. Dikabarkan kalau anime ini akan memiliki total 25 episode yang dibagi ke dalam dua kali penayangan. Dua belas episode pertama mulai ditayangkan pada 9 April 2022, sementara 13 episode sisanya kemungkinan akan ditayangkan pada akhir tahun 2022.

Anime ini menceritakan era di mana negara-negara di seluruh dunia terlibat dalam perang informasi yang sengit. Perang dingin antara Ostania Timur dan Westeria Barat telah terjadi lebih dari belasan tahun. Seorang mata-mata yang dikenal dengan sebutan Twilight pun dipanggil untuk menjalankan sebuah misi rahasia. 

Sinopsis

SPY x FAMILY_

Twilight harus menjalankan sebuah misi untuk menyelidiki pergerakan Donovan Desmond. Donovan Desmond adalah Presiden dari  Partai Persatuan Timur, seorang yang bisa mengancam perdamaian Timur dan Barat.

Namun, sebelum menjalankan misi tersebut, Twilight harus melaksanakan sebuah operasi yang dikenal dengan Operasi ‘Owl Strix’.

Episode 1

sinopsis spy x family_

Twilight diberikan tugas oleh Westalis untuk memata-matai keluarga di Ostania Timur agar bisa mendekati Donovan Desmond.

Namun, untuk menjalankan misi tersebut, Twilight harus melakukan ‘Operasi Strix’, yang menyebutkan kalau ia harus memiliki seorang anak dalam waktu satu minggu. Twilight harus mendaftarkan anaknya itu ke Akademi Eden, di mana Damian, anak dari Desmond sekolah.

Twilight kali ini menggunakan nama samaran Loid Forger. Ia mengadopsi seorang anak kecil bernama Anya, yang diam-diam ternyata memiliki kemampuan telepati. Namun, Twilight tidak mengetahui hal tersebut dan menganggap kalau Anya hanyalah seorang anak biasa saja.

Anya sangat menyukai film tentang mata-mata, hingga secara tidak sengaja ia membaca pikiran Twilight dan mengetahui kata sandi tempat alat mata-matanya berada.

Kemudian, ketika Twilight sedang tidak ada di rumah, Anya diam-diam mulai membongkar satu-persatu peralatan milik Twilight. Namun, secara tidak sengaja Anya mengirim pesan kepada Edgar yang menyebabkan dirinya diculik.

Saat Twilight sampai di rumahnya, ia menyadari ada sesuatu yang mencurigakan, sehingga saat memasuki rumah ia dalam kondisi yang waspada.

Episode 2

episode 2 spy x family_

Setelah Anya lulus dan berhasil masuk ke Akademi Eden, tak disangka-sangka ada sebuah wawancara yang mewajibkan kehadiran kedua orang tua tanpa kecuali. Twilight dan Anya mulai melakukan pencarian orang untuk berperan sebagai seorang ibu bagi Anya. 

Sementara itu, di sebuah Balai Kota telah terjadi kehebohan karena banyak file data khususnya file wanita yang telah hilang dicuri. Di Balai Kota tersebut bekerja seorang petugas cantik bernama Yor.

Oleh rekan kerjanya, Yor selalu dikira sebagai orang yang agak berbeda dan seakan berasal dari dunia lain. Seolah meledek, Yor diundang untuk datang ke pesta yang diadakan oleh salah seorang rekan kerjanya, namun Yor harus datang bersama pasangan.

Yor menyembunyikan identitas sesungguhnya sebagai seorang pembunuh bayaran, dengan julukannya adalah Throns Princess. Sejak kecil, Yor telah didik berbagai teknik membunuh dan akan menjalankan perintah dari atasannya. 

Pada keesokan harinya, Twilight sedang mengantar Anya untuk membuat baju di sebuah butik. Secara kebetulan, Twilight bertemu dengan Yor di sana. Anya membaca pikiran Yor dan mengetahui kalau Yor adalah seorang pembunuh bayaran.

Namun, kenyataan itu tidak membuat Anya ketakutan, malah membuat dirinya merasa bahagia, karena keluarganya nanti akan terdiri dari seorang ayah spy dan ibunya adalah seorang pembunuh bayaran.

Yor memberanikan diri meminta Twilight berpura-pura sebagai pasangan pada acara pesta nanti. Tanpa pikir panjang, Twilight pun menyetujui hal tersebut dan kemudian memintanya untuk berpura-pura menjadi istrinya demi misinya.

Tentunya identitas masing-masing masih mereka rahasiakan. Yor menantikan kehadiran Twilight pada acara pesta, namun, Twilight datang terlambat dan kehadiran Twilight menjadi kejutan besar bagi rekan kerjanya Yor.

Episode 3

sinopsis spy x family episode 3_

Yor mulai pindah dan tinggal bersama Twilight dan Anya, kini, namanya adalah Forger Yor. Sesampainya di rumah, Anya mengajak Yor keliling di rumahnya sambil menjelaskan setiap ruangan yang mereka datangi. 

Twilight menyerahkan berkas catatan pernikahan palsu pada Yor, sehingga seolah-olah mereka telah menikah satu tahun sebelumnya. Twilight pun mengajak Yor memikirkan alasan yang akan mereka berikan nanti pada adiknya Yor.

Setelah selesai membereskan barang-barang bawaan Yor, Twilight mengajak Anya dan Yor latihan untuk wawancara tes sekolah. Namun, jawaban dari mereka membuat Twilight patah semangat. Twilight mencoba mencari jalan lain dengan cara mengajak mereka berdua jalan-jalan dulu agar bisa lebih akrab.

Beberapa tempat yang mereka kunjungi mulai dari menonton opera, museum seni dan restoran mewah. Hal tersebut bertujuan agar mereka tidak terlihat kampungan.

Tak lupa, mereka pun pergi mengunjungi butik langganan Yor untuk membuat pakaian formal yang akan dipakai untuk wawancara nantinya. Setelah dari sana, mereka pun melakukan foto keluarga.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram