Sinopsis & Review Spriggan, Mengungkapkan Artefak Peradaban Kuno

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Spriggan
1
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Anime Spriggan (2022), sebuah serial original net animation (ONA) yang diadaptasi dari seri manga karya Hiroshi Takashige dan Ryouji Minagawa. Anime ini diproduksi oleh David Production dan dirilis pada 18 Juni 2022 di Netflix.

Anime ini mengambil latar cerita setelah beberapa tahun terjadinya Perang Dingin. Setelahnya, ditemukan beberapa artefak kuno misterius yang disebut dengan OOPArt (out of place artifacts) yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Pemerintahan nasional dan pasukan militer berlomba untuk mengungkapkan peninggalan peradaban kuno yang dikatakan pernah menguasai bumi. Teknologi canggih pada artefak tersebut bisa menjadi sebuah senjata yang mengerikan jika berada di tangan yang salah.

Namun, ada ARCAM dan Spriggan, sebuah organisasi yang menangani orang-orang jahat yang hendak mencuri artefak-artefak tersebut.

Sebelum memutuskan untuk menonton anime ini, sebaiknya kalian membaca sinopsis dan review yang telah dibuat oleh Bacaterus. Berikut ini ulasan selengkapnya, selamat membaca.

Sinopsis

Review Spriggan_Sinopsis_

Bertahun-tahun yang lalu, sebuah peradaban kuno memiliki teknologi canggih yang pernah menguasai bumi. Tapi, pada akhirnya teknologi itu dihancurkan karena terjadi penyalahgunaan. Kemudian, orang-orang jaman dahulu meninggalkan pesan untuk generasi berikutnya dalam sebuah plakat dengan tulisan Ibrani kuno.

Tulisan pada plakat itu memberikan peringatan untuk generasi penerusnya. Dikatakan bahwa, teknologi canggih kuno harus dilindungi dan tidak boleh jatuh pada tangan yang salah. Jika jatuh pada orang yang salah, maka teknologi tersebut harus dihancurkan.

Suatu ketika, ditemukan sebuah reruntuhan kuno di kaki Gunung Fuji. Organisasi ARCAM mengundang seorang profesor jenius yang bisa memahami bahasa Ibrani Kuno untuk memecahkan tulisan pada plakat yang mereka temukan. Yamabashi Rie, datang dari Amerika untuk menguak tulisan kuno tersebut.

Namun, sejak kedatangan Rie ke Jepang, nyawanya selalu terancam. Beberapa organisasi asing yang mengincar reruntuhan kuno ‘Naga Api’ berusaha menculik Rie demi kekuatan besar yang ada pada reruntuhan itu.

Akan tetapi, Ominae Yu, salah satu Spriggan yang terkenal dengan kekuatan supernya datang untuk menolong dan mengalahkan penjahat yang telah menculik Rie. Pada hari yang berbeda, Yu mendapatkan misi baru untuk mengungkap misteri kapal Noah kuno.

Namun, Angkatan Darat Amerika menyerang Yu tanpa ampun, bahkan banyak rekannya yang menjadi korban. Ketika Yu hampir terpojok, Jackmond Jean yang merupakan seorang Spriggan juga datang membantu Yu.

Tak jauh dari tempat Yu berada, McDouggall yang memiliki kekuatan iblis mengamati Yu dan rekan-rekannya. Dia bergegas mendatangi tempat kapal Noah berada dan segera mengaktifkan kapal Noah dengan menggunakan kunci yang dimilikinya.

Setelah susah payah, Yu dan Jean akhirnya berhasil menyusul McDouggall dan menyerangnya. Setelah penyerangan tersebut, Yu kembali diperintahkan untuk menjalankan sebuah misi baru.

Kini dia diperintahkan untuk pergi ke ‘Hutan Terkutuk’, dimana anggota pasukan ARCAM yang sebelumnya pun pernah datang ke sana tapi tidak ada yang kembali. Begitu pula dengan beberapa tentara yang mencoba pergi ke sana untuk mencari artefak kuno.

Tak disangka, di hutan itu Yu bertemu dengan Somei Yoshino, yang merupakan seorang gadis pencari benda-benda antik yang bisa dijual. Namun, di kedalaman hutan terkutuk tersebut, mereka bertemu dengan ghoul yang berusaha menyerang mereka.

Tidak hanya itu, Yu dan Yoshino pun berpapasan dengan seorang tentara Trident, Akatsuki Iwao, yang terjebak di dalam hutan. Mereka memutuskan bekerja sama untuk menguak misteri yang ada di dalam hutan terkutuk tersebut.

Sementara, pada hari-hari berikutnya, Yu kembali mendapatkan misi baru, padahal sebenarnya dia ingin menikmati masa-masa kehidupan yang normal sebagai anak SMA. Akankah Yu berhasil melindungi artefak kuno lainnya yang menjadi incaran para penjahat?

Terbagi ke dalam Enam Potongan Cerita

Review Spriggan_Terbagi Kedalam Enam Potongan Cerita_

Dari total enam episode dengan durasi 46 menit di setiap episodenya, anime ini memiliki enam cerita berbeda yang mengikuti perjalanan Ominae Yu.

Diceritakan bahwa Ominae Yu merupakan seorang ‘Spriggan’. Dia menjalankan sebuah misi rahasia dari organisasi ARCAM untuk melindungi atau menghancurkan artefak kuno, tergantung situasi di tempat kejadiannya seperti apa.

Total artefak yang diperlihatkan pada anime ini berjumlah enam buah, yang tersebar di beberapa negara di dunia. Secara garis besar, keenam artefak kuno yang diperlihatkan di anime ini memiliki kekuatan yang sangat besar. 

Saking hebatnya artefak atau benda kuno tersebut, selalu menjadi incaran orang-orang militer untuk dijadikan senjata pamungkas. Dan menariknya, meskipun disebut sebagai artefak kuno, tapi kecanggihan artefak tersebut mengalahkan senjata modern.

Ominae Yu dan Spriggan

Review Spriggan_Ominae Yu dan Spriggan_

Ominae Yu merupakan satu-satunya karakter utama di anime ini. Sehingga, cerita pada anime ini fokus pada kisah Ominae Yu sebagai seorang siswa SMA sekaligus agen rahasia yang dikenal sebagai Spriggan.

Ketika di sekolah, Ominae Yu ini dikenal sebagai anak yang sering bolos. Bahkan, teman-teman sekelasnya mengira kalau dia pasti tidak akan naik kelas, karena sudah sangat sering bolos. Padahal sebenarnya dia pun ingin menikmati hidup normal sebagai seorang siswa SMA.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram