bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Soul, Animasi tentang Arti Kehidupan

Sinopsis & Review Soul, Animasi tentang Arti Kehidupan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 24 Mei 2021

Pernahkah kamu terpikir jika tiba-tiba nyawa kita harus melayang saat kita baru saja hendak meraih hal yang sejak lama kita impikan dalam hidup?. Hal tersebut mungkin terasa begitu rumit dan seolah menjadi sebuah bahan perenungan yang dalam, namun tema mengenai hidup dan mimpi ini bisa menjadi cerita yang ringan dan seru dalam film Soul.

Melalui film animasi Soul, kita akan diajak untuk merenungi tujuan dan arti hidup kita dari kisah Joe Gardner dan seorang jiwa tanpa tubuh bernama 22. Berikut review dan sinopsis film Soul, film animasi dengan pesan yang sangat inspiratif yang harus menjadi salah satu list tontonanmu.

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Family / Comedy
  • Produksi: Walt Disney Studios / Pixar Animation Studios / Motion Pictures
  • Sutradara: Pete Docter
  • Pengisi Suara: Jamie Foxx, Tina Fey, Grahan Norton, Rachel House

Film Soul mengisahkan tentang seorang pria bernama Joe Gardner yang menghabiskan hari-harinya dengan bekerja sebagai guru musik. Namun jauh dalam hatinya, Joe tidak puas dengan pekerjaannya. Ia juga memiliki mimpi untuk bisa tampil di atas panggung sebagai musisi jazz. Hingga suatu hari, impiannya hampir terwujud.

Berkat salah satu mantan muridnya, Joe bisa bertemu seorang musisi jazz tenama dan berkesempatan untuk mengiringinya bermain piano. Saat tengah mempersiapkan hal tersebut, Joe terjatuh ke sebuah lubang. Saat terbangun, ia sudah berada di alam akhirat dan berada di antrian bersama jiwa-jiwa lainnya yang akan menuju Great Beyond.

Joe yang belum ingin mati mencoba kabur dari antrian tersebut. Joe kemudian berhasil kabur, namun ia tidak kembali ke bumi, melainkan ke alam Great Before. Alam Great Before merupakan alam yang mempersiapkan jiwa-jiwa muda untuk dikirim ke bumi. Di sana, beberapa tokoh penting juga diminta untuk menjadi mentor dan melatih jiwa-jiwa muda untuk menemukan semangat hidup atau spark.

Joe melihat kesempatan untuk kabur ke bumi di alam Great Before tersebut. Maka, ia pun berpura-pura menjadi mentor dan menyembunyikan identitasnya. Saat pembagian mentor, Joe harus melatih seorang jiwa bernama 22. Namun 22 rupanya merupakan jiwa yang tidak ingin turun ke bumi dan berminat menjadi manusia. 22 mengaku jika ia tidak pernah bisa menemukan spark-nya.

Namun akhirnya keduanya kembali turun ke bumi dengan jiwa yang tertukar. Jiwa 22 mengisi tubuh Joe, sementara jiwa Joe mengisi tubuh seekor kucing. Joe yang tidak ingin menggagalkan pertunjukan jazznya kemudian meminta 22 untuk berpura-pura menjadi Joe dan menjalani pertunjukan tersebut. 22 pun mulai menjalani kehidupan sebagai manusia dengan tubuh Joe.

Selama menjalani kehidupan di bumi, 22 akhirnya mulai menyukai kehidupan manusia. Saat pertunjukan Joe akan dimulai, 22 justru kabur dan ingin menjalani hidupnya sendiri. Untuk sesaat, jiwa Joe berhasil kembali ke tubuhnya. Ia pun segera menuju lokasi pertunjukan dan menjalani pertunjukan seperti yang telah lama dimimpikannya.

Setelah menyelesaikan pertunjukan, Joe pun kembali merenung mengenai apa yang sebenarnya ia impikan dalam hidupnya. Hingga akhirnya Joe dan 22 kembali tertangkap oleh Terry, penghitung jiwa di akhirat yang kemudian membawa mereka kembali ke Great Before.

Saat kembali ke Great Before, 22 rupanya telah menemukan spark-nya saat ia menjalani hidup di bumi. 22 pun siap untuk menjadi manusia dan turun ke bumi. Sementara Joe yang seharusnya pergi ke Great Beyond juga diberikan kesempatan kedua untuk kembali ke bumi setelah apa yang dilakukannya. Jiwa Joe Gardner pun kembali ke tubuhnya dan siap menjalani hidup baru yang lebih berarti.

Tema Spiritual yang Dikemas Ringan dan Menarik

Film Soul mengangkat tema yang cukup mendalam dan menyentuh sisi spiritualitas manusia. Namun tema yang cukup mendalam ini mampu dikemas secara menarik dan ringan dalam kisah hidup Joe Gardner dan 22. Jika biasanya film-film dengan tema spiritual semacam ini akan diceritakan dengan nuansa yang serius, film Soul justru membuatnya terasa begitu ringan.

Film animasi ini juga memperlihatkan nuansa yang begitu ceria dan colorfull, bahkan dalam menggambarkan alam akhirat. Tidak ada sedikit pun gambaran menyeramkan mengenai kehidupan di alam sebelum dan sesudah, yang ada justru hanyalah karakter-karakter lucu dan menggemaskan. Hal ini membuat tema yang diangkat terasa lebih mudah dicerna.

Baca juga: Film Animasi Terbaik yang Dibuat oleh Studio Pixar

Menyimpan Makna dan Pesan yang Mendalam

Meski diceritakan dengan kisah animasi yang lucu dan menggemaskan, namun film Soul merupakan salah satu film dengan makna dan pesan yang mendalam. Film ini akan mengajarkan kita tentang arti hidup. Melalui perjalanan Joe Gardner, kita juga akan kembali diingatkan tentang hal-hal kecil di sekitar kita yang sering terlupakan namun sebenarnya adalah hal yang sangat berarti bagi kita.

Adegan saat Joe Gardner yang tiba-tiba saja harus meninggal dan menuju ke alam akhirat juga akan membuat kita merenung bahwa kematiian bisa datang kapan saja dan tanpa diduga. Setelah menonton film ini, mungkin kamu akan lebih menghargai setiap menit dalam hidup dan waktu yang masih kamu miliki bersama orang-orang tersayang.

Cerita dan Imajinasi yang Unik dan Kreatif

Seperti film-film produksi Disney lainnya, film Soul juga memberikan cerita yang unik dan dikemas dengan begitu kreatif dalam menceritakan tentang jiwa dan kehidupan. Film ini menghadirkan imajinasi yang unik mengenai penggambaran alam akhirat, mulai dari antrian menuju Great Beyond, sosok penghitung nyawa, hingga jiwa-jiwa baru yang akan turun ke bumi.

Imajinasi yang kreatif ini juga terlihat dari pengemasan visual film ini. Misalnya saja penggambaran Great Before yang didominasi dengan warna biru dan ungu yang memanjakan mata. Semua hal dalam film ini juga tampak diceritakan dengan begitu detail, mulai dari bulu di tubuh kucing hingga jejak kapal di atas pasir.

Alunan Musik Jazz di Sepanjang Film

Musik jazz tampaknya menjadi tema musik dari film Soul. Hal ini juga sesuai dengan penggambaran karakter utama film ini, Joe Gardner yang dikisahkan sebagai guru musik yang bermimpi untuk menjadi musisi jazz. Maka, di sepanjang film, telinga penonton juga akan dimanjakan dengan alunan-alunan musik jazz yang indah.

Penempatan irama musik yang tepat dalam film ini juga membuat cerita dalam film Soul terasa lebih emosional. Saat Joe dan 22 menjalani adegan sedih, musik jazz pelan akan mengalun dan membuat cerita terasa lebih sendu. Begitu pula musik jazz dengan tempo cepat yang membuat adegan aksi dalam film ini terasa lebih mendebarkan.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Soul, film animasi dengan cerita yang ringan dan menggemaskan namun menyimpan nilai dan pesan mendalam mengenai kehidupan. Film Soul juga menjadi film yang cocok untuk kamu tonton dengan keluarga atau orang tersayang.

Apakah kamu sudah menonton film animasi Soul ini? Makna apa yang kamu tangkap setelah menonton filmnya? Ceritakan di kolom komentar ya!

Soul
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram