Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jogja / Ke Yogyakarta Tak Lengkap Tanpa Sop Ayam Pak Min Klaten

Ke Yogyakarta Tak Lengkap Tanpa Sop Ayam Pak Min Klaten

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2018

Kalau lagi jalan-jalan ke Yogyakarta pastinya tidak boleh melewati kuliner satu ini yang namanya Sop Ayam Pak Min Klaten. Bacaterus merekomendasikan sekali untuk kamu yang sedang atau berencana mengunjungi Yogyakarta untuk mampir ke Sop Ayam Pak Min Klaten ini karena rasanya yang juara.

Sop Ayam Pak Min ini buka dari jam 8 pagi sampai sore atau sehabisnya saja. Seringkali kalau sudah lewat jam makan siang, mereka sudah kehabisan menu tertentu. Jadi kalau masih mau yang lengkap sih datang kesini pagi atau sebelum jam makan siang.

Sop ayam disini cocok untuk jadi menu sarapan khususnya untuk kita yang akan bersiap untuk berwisata seputaran kota Yogyakarta. Kamu tahu kenapa? Karena kalau mau berjalan-jalan itu butuh tenaga yang lebih soalnya biasanya kalau kesenengan jalan-jalan pasti jam makan suka kelewat.Betul tidak?

Menunya Apa Saja?

menu 2

Sesuai dengan namanya yaitu Sop Ayam Pak Min Klaten, di sini hanya meyajikan menu sop ayam. Lalu apa bedanya dengan sop ayam di tempat lain? Bedanya kalau di Sop Ayam Pak Min Klaten ini, kamu bisa milih bagian ayam mana yang mau kamu makan atau bisa juga dicampur sesuai permintaan kamu.

Potongan daging ayamnya dipisah menurut bagian badannya seperti bagian dada, punggung, paha, sayap atau cakarnya saja atau bisa juga request menu campur. Nah, inilah kenapa bacaterus menyarankan untuk tidak terlalu sore kalau mampir ke sini, makin sore makin sedikit pilihan dagingnya karena sudah habis.

Kalau sudah bicara soal menu, pasti sekarang yang dipertanyakan selanjutnya itu adalah soal rasanya. Sop Ayam Pak Min ini memang terlihat sederhana tapi rasanya sangat memuaskan, enak dan gurih kaldunya itu asli daging ayam.

Lalu apa lagi yang membuat Sop Ayam Pak Min Klaten ini lebih spesial? Ayam yang digunakan di sini adalah ayam kampung. Kuah dari Sop Ayam Pak Min Klaten ini kental dan kaldunya kaya akan gurihnya ayam kampung asli bukan karena penyedap rasa.

Penyedap rasa sangat tidak diperlukan di sini untuk membuat sopnya enak, tapi kalau kamu mau tambahkan garam saja sih sudah ada disediakan di meja masing-masing.

menu 1

Kebetulan Bacaterus memesan bagian dada dan punggung, potongan dagingnya besar-besar rasanya sangat empuk dan berasa sangat segar kuahnya ketika ditambahkan sambal di kuah sop ayamnya. Dan sebagai pelengkap menu sop, di setiap meja tersedia tahu goreng, tempe goreng juga kerupuk. Oh iya, jangan lupa ya untuk membayarnya kalau sudah di kasir.

Harganya?

Untuk harga satu porsi Sop Ayam Pak Min Klaten ini terhitung murah lho! Kalau lihat harganya pasti kaget deh, apalagi untuk kamu yang dari luar kota seperti Jakarta atau kota besar lain. Nasi putih dihargai Rp. 2000 saja dan untuk sopnya dimulai dari harga Rp. 6000 sampai paling mahal Rp. 19.000 saja. Murah sekali, kan?

Memang sih Yogyakarta atau singkatnya disebut Jogja ini terkenal dengan harga makanannya yang murah-murah tapi tetap enak. Kapan lagi bisa mendapatkan makanan enak dan mengenyangkan hanya dengan bermodal sekitar Rp. 20.000an saja? Hanya di Sop Ayam Pak Min Klaten kamu bisa mendapatkannya.

Suasana Tempat Makannya?

bagian dalam

Kalau bicara soal suasana tempat makannya sendiri sih cukup bersih dan nyaman. Sop Ayam Pak Min Klaten ini berada di pinggir jalan dan tempatnya pun seperti warung kecil yang bentuknya memanjang. Terdapat lima meja panjang dengan kursi kayu panjang yang berhadapan. Di setiap meja sudah tersedia tahu goreng, tempe goreng dan bumbu tambahan lain seperti kecap dan sambal.

Cabang Sop Ayam Pak Min Klaten yang berada di Jalan Mataram ini selalu ramai pengunjung dari jam sarapan hingga sore hari. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar tapi lokasi di sini termasuk yang paling strategis karena dekat dengan pusat wisata Malioboro. Pelayanannya pun sangat baik, kita sebagai pembeli dilayani dengan cepat dan baik.

Lokasinya?

depan resto

Sop Ayam Pak Min Klaten yang bBacaterus datangi ada di Jalan Mataram yaitu cabang terdekat dengan penginapan. Namun, Sop Ayam Pak Min Klaten ini memiliki beberapa cabang lain, seperti:

  1. Jl. Mataram, Suryatmajan, Danurejan
  2. Prof. Herman Yohanes, Terban, Gondokusuman
  3. Jl. Bantul No. 104
  4. Jl. Magelang, Sinduadi, Kab. Sleman
  5. Jl. Wates KM. 6 Kab. Sleman
  6. Jl. Gedongkuning Selatan No. 202C Bantul
  7. Jl. Senturan Raya, Kab. Sleman
  8. Jl. Wonosari KM. 7 Bantul
  9. Jl. Mataram, Banyuraden, Kab. Sleman
  10. Jl. Colombo No. 22 Kab. Sleman

Lumayan banyak yah cabangnya, nah kalau Sop Ayam Pak Min Klaten yang di Jl. Mataram, Suryatmajan, Danurejan adalah cabang yang terdekat dengan pusat wisata di Yogyakarta yaitu Malioboro. Jadi, kalau kamu mau mampir ke sini dari arah Malioboro, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan becak.

Salah satu cara lain untuk dapat menikmati Sop Ayam Pak Min Klaten ini adalah memesannya melalui ojek online. Seiring berkembangnya jaman memang sekarang semua jadi serba mudah ya. Contohnya saja waktu Bacaterus lagi makan di Sop Ayam Pak Min Klaten ini, cukup banyak para sopir ojek online yang ikut mengantri.

 

Bagaimana nih setelah membaca ulasan ini apa kamu jadi tertarik untuk mampir ke Sop Ayam Pak Min Klaten ini kalau lagi di Yogyakarta? Kalau kamu suka bagian dari ayam yang mana untuk dibuat sop ayam? Bacaterus sih sukanya bagian dada karena banyak dagingnya. Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar bawah ini, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

INFP, Gemini, O type.

Leave A Comment