bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Something’s Gotta Give (2003)

Film komedi romantis memang memiliki banyak penggemar. Selain menghibur dengan adegan-adegan yang membuat penonton baper, film dengan genre ini juga meyelipkan humor-humor yang lucu serta menarik.

Nah, untuk kalian penikmat film ber-genre komedi romantis, jangan melewatkan film yang satu ini yang berjudul Something’s Gotta Give besutan sutradara Amerika Nancy Meyers. Film ini menceritakan tentang Harry Sanborn, pria tua kaya raya dan terkenal di masa mudanya yang tidak ingin hidupnya terikat oleh sebuah komitmen.

Ia juga selalu mengencani wanita dengan usia dibawah 30 tahun. Kemudian suatu hari ia bertemu dengan ibu dari seorang gadis yang ia kencani bernama Erica sang penulis terkenal. Pertemuan mereka pun menjungkir balikan prinsip masing-masing. Bagaimana kisah selanjutnya? Simak ulasan filmnya berikut ini

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Komedi, romantis, drama, family
  • Produksi: Rilis Sony Pictures & Warner Bros Pictures
  • Sutradara: Nancy Meyers
  • Pemeran: Jack Nicholson, Diane Keaton, Keanu Reeves, Amanda Peet, Frances MCDormand

Harry Sanborn (Jack Nicholson) adalah seorang pria kaya raya berusia 63 tahun yang memiliki sebuah perusahaan rekaman musik hip hop. Ia merupakan seorang playboy yang tidak mau berkomitmen dengan siapapun. Semasa hidupnya ia tidak pernah menjalani hubungan serius dengan siapapun dan hanya sebatas kencan serta berhubungan seksual saja.

Setiap kencan, Harry selalu memilih seorang wanita yang usianya kurang dari 30 tahun atau separuh dari usianya. Pada suatu hari ia berkencan dengan seorang wanita bernama Marin Klein (Amanda Peet). Mereka berdua berencana akan berlibur sambil bermesraan di sebuah rumah mewah yang ada di pinggir pantai milik ibu Marin yang saat itu diketahui sedang pergi ke luar kota.

Namun, pada saat mereka akan bermesraan, ibu dari Marin yang bernama Erica Barry (Diane Keaton) bersama saudara perempuannya Zoe (Frances McDormand) datang.

Erica Barry dan Zoe awalnya menganggap Harry Sanborn adalah seorang penyusup dan berniat untuk melapor ke polisi. Tetapi niat itu urung dilakukan tidak jadi setelah Erica tahu bahwa Harry Sanborn adalah teman kencan anaknya.

Erica Barry secara terang-terangan menolak Marin berkencan dengan Harry. Ia menganggap Harry cocok menjadi ayah Marin daripada menjadi teman kencan.

Marin yang tidak enak terhadap Harry menjelaskan bahwa ibunya adalah seorang penulis buku yang sangat sukses dan terkenal. Akan tetapi ia mengalami kegagalan dalam rumah tangganya yang menyebabkan ia menjadi wanita yang sangat kaku.

Pada suatu malam pada saat Harry dan Marin sedang melakukan foreplay, Harry tiba-tiba collapse karena penyakit jantungnya. Ia dilarikan kerumah sakit dan ditangani oleh dokter muda dan ganteng bernama Julian Mercer (Keanu Reeves). Baik Marin maupun Zoe langsung tertarik pada Julian, tetapi ternyata Julian tertarik kepada Erica yang merupakan penulis favoritnya.

Harry ternyata terkena serangan jantung karena terlalu banyak mengkonsumsi Viagra, salah satu obat kuat pria. Hal tersebut mengakibatkan Harry harus beristirahata total, tidak boleh bepergian jauh, serta berhubungan seksual.

Julian pun menyarankan Harry untuk tinggal sementara di rumah Erica. Karena Harry dalam keadaan sakit, Erica tidak bisa menolak permintaan Julian.

Dari sanalah Harry dan Erica yang mempunyai kepribadian yang bertolak belakang mulai hidup satu rumah. Marin pun pergi ke kota dan memutuskan hubungannya dengan Harry karena menganggap ia terlalu muda untuk Harry.

Tinggallah Erica dan Harry di rumah tersebut. M`ereka berdua mulai terbiasa dengan sifat masing-masing dan menganggap ada sesuatu dalam diri mereka yang melengkapi satu sama lain. Mereka mencoba menyangkal hal tersebut.

Erica mencoba menerima tawaran makan malam Julian meskipun ia tidak yakin dan Harry mencoba meyakinkan Erica untuk menerima tawaran Julian padahal merasa cemburu.

Akan tetapi, suatu hari mereka tidak bisa membendung perasaan mereka sendiri dan akhirnya saling mencurahkan perasaan mereka dan akhirnya berhubungan intim.

Erica begitu bahagia dan langsung ingin menjalani hubungan serius dengan Harry. Sedangkan Harry yang takut berkomitmen masih belum yakin dengan apa yang dia lakukan.

Suatu hari Erica dan Marin pergi makan malam dengan mantan suaminya yang akan menikah lagi dengan seorang gadis yang berusia lebih muda dari Marin. Di restoran tersebut Erica melihat Harry sedang mengajak seorang gadis muda makan malam. Erica yang kecewa berlari keluar yang kemudian dikejar oleh Harry.

Erica mengatakan bahwa ia begitu mencintai Harry dan ingin memiliki hubungan serius dengannya, namun ia malah pergi dengan wanita lain. Harry yang hanya bisa terdiam membuat Erica marah dan meninggalkannya. Padahal banyak sekali yang ingin Harry katakan pada saat itu. Lalu bagaimanakah kelanjutan kisah mereka?

Menampilkan Romansa Lansia

Jika biasanya kita akan dibikin baper dengan pasangan muda mudi yang sedang dimabuk asmara, lain halnya dengan film ini yang menampilkan romansa pasangan yang sudah senja.

Harry Sanborn disebutkan seorang pria berusia 63 tahun yang masih doyan berkencan dengan wanita muda. Kemudian Erica adalah seorang Janda yang merupakan penulis sukses dan berusia 50 tahunan yang sudah menopause.

Mereka berdua menampilkan akting yang apik dan membuat para penonton terbawa suasana meskipun usia mereka tidak muda lagi.

Harry Sanborn yang tidak pernah benar-benar jatuh cinta dan tidak ingin berkomitmen merasakan perasaan aneh ketika satu rumah dengan Erica. Ia mulai merindukan sebuah keluarga untuk menemaninya ketika sore hari.

Sedangkan Erica yang trauma dengan sebuah hubungan juga merasakan ada yang hilang dan ia menemukannya dalam diri Harry. Rayuan-rayuan yang dilayangkan Harry terhadap Erica juga tidak terdengar cringe dan aneh. Malahan kalian akan gregetan dibuatnya.

Menyajikan Adegan Komedi yang Menghibur

Seperti film ber-genre komedi romantis lainnya, film ini juga memberikan sentuhan komedi di beberapa scene-nya. Siap-siap karena beberapa adegan humor tersebut akan membuat kalian tertawa dan terhibur. Contohnya saat Harry terkena serangan jantung dan harus dilarikan ke rumah sakit. Ia mencoba kabur karena harus berlama-lama di sana.

Harry tidak sadar kalau ia hanya memakai pakaian rumah sakit yang hanya menutupi badan bagian depannya saja. Sedangkan bagian belakang terpampang jelas bokongnya. Melihat ekspresi kepanikan Erica yang kaku dan Harry yang konyol akan membuat penontonnya tergelak melihat adegan tersebut.

Diperankan oleh Aktor dan Aktris Ternama

Salah satu hal menarik yang ditawarkan dalam film ini adalah karakter dalam film ini diperankan oleh para aktor dan aktris yang ternama yang sudah malang melintang dalam dunia perfilman seperti  Jack Nicholson dan Diane Keaton yang merupakan salah satu aktor dan aktris terbaik Hollywood yang sudah mendapatkan banyak penghargaan.

Kemudian ada Keanu Reeves dan Amanda Peet yang saat itu juga popularitasnya sedang menanjak. Oleh karena itu, akting yang ditampilkan oleh para pemain sangatlah apik dan pas. Semua emosi dan perasaan yang terkandung dalam film tersampaikan dengan baik. 

Jatuh Cinta tidak Memandang Usia

Mungkin kalian sudah mendengar banyak tentang pernyataan bahwa cinta tidak memandang usia. Berapapun usia kalian, sang Cupid tidak akan segan-segan menembakkan panahnya jika kalian sudah menemukan orang yang pas. Cinta juga terkadang timbul karena sering berinteraksi lalu timbullah rasa nyaman.

Dalam film ini pun banyak menampilkan contoh-contoh tentang cinta tidak memandang usia. Selain Harry dan Erica, kalian juga perlu menyoroti kisah Julian Mercer dokter ganteng berusia 36 tahun yang menangani Harry. Ia jatuh cinta dengan sosok Erica. Sang penulis buku terkenal berusia 56 tahun yang merupakan idolanya.

Bahkan Julian tidak peduli sama sekali saat Erica yang sosoknya kaku mengatakan Julian seharusnya menyukai dan berkencan wanita yang muda, cantik, dan seumuran dengannya. Julian mengatakan bahwa ia tidak pernah merasakan perasaan seperti ini sebelumnya. See? Cinta tidak memandang umur dan bisa terjadi pada siapa saja.

Ceritanya yang unik dan ringan serta diperankan oleh para aktor dan aktris terbaik menjadikan film ini layak masuk ke watch list kamu. Terbukti, film ini mampu menghasilkan keuntungan mencapai $266 juta dollar karena menarik banyak penonton di seluruh dunia dari berbagai kalangan.

Banyak dari kritikus film dunia pun yang memberikan ulasan positif tentang film ini. Baik Jack Nicholson ataupun Diane Keaton sama-sama masuk dalam nominasi Golden Globe Award dan menang untuk kategori aktor dan aktris terbaik dalam film komedi romantis.

Jadi penasaran dengan kelanjutan kisah Harry dan Erica? Lalu bagaimanakah dengan Julian yang juga mempunyai perasaan tulus terhadap Erica? Tonton langsung filmnya ya!

Something's Gotta Give
Rating: 
4.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram