bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Sing, Ketika Para Hewan Bernyanyi

Ditulis oleh Gerryaldo
Sing
3.4
/5

Film animasi saat ini mengalami banyak sekali penambahan ide cerita. Mulai dari kehidupan sebuah kota hewan seperti Zootopia, kehidupan para hantu di Hotel Transylvania hingga film animasi satu ini yang menceritakan tentang talenta para hewan yakni menyanyi. Ceritanya yang ringan dan bisa dinikmati siapa saja membuat film ini menjadi salah satu film animasi paling disukai oleh banyak pihak.

Film Sing memiliki cerita dimana seorang pemilik teater tua berusaha untuk kembali membangkitkan popularitas teaternya supaya bisa kembali ke dalam masa kejayaannya dengan mengadakan audisi besar-besaran bagi para hewan yang punya bakat bernyanyi. Mampukah pemilik teater itu mewujudkan impian nya? Yuk kita simak sinopsis dan ulasannya berikut ini.

Sinopsis

Sing Movie_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Animation, Family
  • Produksi: Illumination Entertainment
  • Sutradara: Garth Jennings
  • Pengisi Suara: Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Seth MacFarlane, Tori Kelly

Catalonia merupakan sebuah kota hewan antropomorfik yang dihuni oleh banyak sekali binatang. Salah satunya adalah seekor koala bernama Buster Moon (Matthew McConaughey) yang juga adalah pemilik sebuah teater tua.

Teater ini sedang berjuang supaya bisa tetap eksis agar tidak disita Bank. Moon akhirnya mencoba banyak cara mulai dari cara mudah hingga mengadakan kompetisi menyanyi dengan hadiah $ 1.000

Naas, asisten Moon, seekor kadal tua bernama Miss Crawly (Garth Jennings) melakukan kesalahan dengan menambahkan dua angka nol ekstra pada hadiah uang sehingga jumlahnya menjadi $ 100.000. Selebaran yang salah cetak tertiup oleh kipas sehingga beterbangan ke luar jendela dan menyebar ke seluruh kota sebelum dapat dikoreksi. Hal itu membuat geger kota.

Keesokan paginya, Moon kaget bukan main mengetahui bahwa ada ratusan hewan lain yang ingin ikut audisi yang ia gelar. Ada Rosita (Reese Witherspoon) yaitu seekor babi dengan 25 anaknya yang masih kecil-kecil, seekor landak yang menyukai punk-rock bernama Ash (Scarlett Johansson), seekor gorila bernama Johnny (Taron Egerton) yang merupakan putra dari seorang mafia ternama Big Daddy, tikus musisi jalanan si Mike (Seth MacFarlane) dan Meena (Tori Kelly).

Begitu audisi selesai dan beberapa hewan terpilih, Moon segera membagi tugas pada hewan-hewan yang lolos audisi tersebut, begitu para hewan menanyakan hadiah sebesar $ 100.000, Moon kaget bukan main.

Ia lantas mencari cara untuk benar-benar mendapatkan uang sebesar itu dengan meminta bantuan pada teman baiknya Eddie (John C. Reilly) si domba. Moon meminta bantuan Eddie untuk mengunjungi nenek Eddie yang super kaya.

Nenek Eddie merupakan mantan bintan penyanyi sukses di masanya bernama Nana Noodleman (Jennifer Saunders). Saat bertemu dengan Nana, permintaan Moon untuk bisa mendapatkan sponsor darinya ditolak mentah-mentah, namun saat dipikir kembali ia setuju untuk menghadiri pratinjau secara pribadi atas acara tersebut sebelum membuat keputusan.

Hal tersebut direspon baik dengan Moon. Ia mencoba untuk membuat pentas paling spektakuler dan tidak mengecewakan Nana. Namun selang beberapa hari sebelum hari pentas tiba, masalah banyak sekali muncul.

Mulai dari beberapa hewan yang terluka, Rosita yang kurang bergairah dengan tariannya bersama pasangan panggunya, Gunter (Nick Kroll), Ash yang menemukan pasangannya berselingkuh, Meena yang demam panggung juga Mike yang dikejar-kejar para beruang Rusia yang merasa ditipu oleh Mike.

Tak lebih baik, Johnny pun dipaksa untuk ikut merampok bersama dengan Ayah juga komplotan lainnya. Namun ia tidak berhasil dan malah membuat Ayah juga komplotan Ayahnya tertangkap polisi. Hal tersebut membuat Johnny drop, namun ia berusaha untuk bangkit dengan mengejar karir musiknya dan mendapatkan hadiah $ 100.000 untuk menebus Ayahnya. 

Saat hari pratinjau dimulai, keadaan jadi makin kacau. Mike ditangkap oleh para beruang Rusia yang malah mengarahkan mereka ke Moon. Ini akibat Mike mengatakan bahwa Moon memiliki uang sebesar $ 100.000 yang ada di dalam peti.

Para Beruang membuka peti hadiah, tetapi uang yang mereka temukan tidak mendekati $ 100.000. Saat semua orang kaget dengan tipuan Moon, tangki kaca pertunjukan pecah akibat terlalu berat menahan beban semua hewan.

Teater pun hancur sehingga Judith, perwakilan dari Bank, langsung mengambil alih tanah itu. Moon hancur sehancur-hancurnya. Para hewan yang sudah mengetahui kebenarannya kini berbalik iba pada Moon dan mencoba untuk menghiburnya. Awalnya Moon tidak punya harapan lagi namun setelah dibujuk ia ingin memulai semuanya kembali dengan modal awal membuka tempat cuci mobil.

Saat Moon mencuci mobil di tempat yang ia buka tidak jauh dari teater miliknya yang amblas, samar-samar ia mendengar Meena menyanyi di reruntuhan teater.

Suaranya merdu sekali membuat Moon kagum dan mendapatkan ide untuk membuat pentas di luar ruang tanpa harus di dalam teater dengan tujuan untuk senang-senang saja. Ide ini lantas disambut baik oleh para kontestan hewan lainnya yang langsung setuju untuk mengisi acara disana.

Akhirnya semua hewan bergabung untuk setidaknya membuat teater yang sudah ambruk itu menjadi sedikit lebih cantik. Rosita dan Gunter lantas menampilkan lagu kombo yang dipadupadankan dengan tarian mereka yang menawan sehingga membuat suami Rosita, Norman (Nick Offerman) memperhatikan bakatnya.

Ratusan hewan mulai tertarik untuk datang ke tempat kejadian saat pentas milik Moon disiarkan di berita. 

Penampilan Johnny sangat mengesankan Ayahnya yang melihat pertunjukannya di berita. Ia bahkan melarikan diri dari penjara untuk berdamai dengan dia dan meminta maaf karena tidak melihat apa bakatnya dan malah meminta Johnny untuk jadi mafia sepertinya.

Ash menyanyikan lagu rock yang ia tulis sendiri berjudul "Set It All Free", Mike juga mengisi acara meski berakhir tetap dikejar-kejar oleh beruang sampai pertunjukan terakhir ditampilkan oleh Meena si gajah. 

Demam panggung yang selama ini menghantui Meena bisa dikendalikan dan dalam sekejap Meena membuat semua hewan yang ada di teater tersebut terpukau atas penampilannya di atas panggung. Pertunjukan tersebut sukses berat dan membuat Nana terkesan. Ia akhirnya membeli teater itu untuk Moon dan karir Moon pun kembali.

Film Animasi Musikal Paling Hit

Sing Movie_Hits Movie (Copy)

Film Sing menjadi film animasi musikal paling hit di tahun 2016 silam. Bagaimana tidak? Selain menggaet banyak artis dan aktor ternama, film Sing pun punya jalan cerita yang super-duper menyenangkan untuk ditonton. Belum lagi lagu-lagu yang dinyanyikan merupakan lagu hits sehingga film ini mudah sekali untuk diterima oleh para penonton dari banyak usia.

Tak hanya sukses di pasaran, film Sing juga berhasil meraup keuntungan sebesar lebih dari setengah juta dolar Amerika, film berjudul Sing ini sukses mendapatkan nilai A dari CinemaScore, masuk ke dalam 6 nominasi dari ajang penghargaan film berbeda, menjadi kategori Most Valuable Blockbusters selama dan di tahun 2016 dan masih banyak hal bagus lainnya atas rilisnya film ini. 

Pelajaran Berharga

Sing Movie_Lessons (Copy)

Garth Jennings yang merupakan seorang sutradara sekaligus penulis naskah dari film Sing ini berhasil memasukan banyak pelajaran berharga ke dalam plot. Kita diajarkan lewat Moon untuk tidak takut menghadapi semua meski yang terlihat di depan rasanya mustahil untuk dilewati.

Kita juga belajar dari Rosita, meski sudah menjadi orang tua, bakat yang ia punya sebaiknya tetap ia geluti disamping hanya mengurus anak-anak.

Kita juga belajar dari Johnny bahwa konsistensi itu perlu, Johnny benar-benar put his heart untuk mendalami karir musiknya. Pelajaran paling berharga pun didapat dari karakter Meena yang takut akan hal yang sebenarnya tidak terjadi. Meena menjadi terlalu hati-hati sehingga terkurung oleh rasa takutnya sendiri, meski demikian Meena bisa melalui semua itu dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sekuel

Sing Movie_2 (Copy)

Film ini punya sekuelnya yang berjudul Sing 2 yang tayang di tahun 2021. Filmnya masih memiliki cerita dimana para penyanyi dibawah manajemen Moon menghadapi masalah baru yang lebih pelik dari film pertama. Cukup seru untuk disaksikan juga bersama dengan keluarga dan teman kalian di akhir pekan. Film Sing ini mendapatkan rating sebesar 3.4/5 dari Bacaterus. 

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Animasi Sing 2 (2021)

Untuk kalian yang belum menonton filmnya, segera tonton film pertamanya lebih dulu ya sebelum menonton sekuelnya. Ini karena film Sing 2 bersifat kelanjutan sehingga kalau kita belum menonton film pertama, kita akan menebak-nebak siapa, kenapa dan bagaimana tokoh-tokoh hewan itu dapat bergabung. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram