bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Animasi Sing 2, Moon’s Squad is Back!

Di tahun 2016 silam, Moon berhasil untuk membuat eksistensi teater miliknya yang bernama New Moon Theater kembali gemilang. Teater miliknya kini menjadi salah satu pusat perhatian banyak pihak di kota Calatonia setelah usahanya bersama para anggota grup Moon saling bantu mengisi acara di teater tersebut, namun kini semua hal is leveling up.

Kita akan dibawa ke petualangan berikutnya yang akan dialami Moon dan kawan-kawan lewat film sekuel dari Sing yakni Sing 2 yang disutradarai oleh Garth Jennings. Film Sing 2 ini masih menggaet para artis dan aktor lamanya untuk kembali bersaing untuk mengisi suara para tokoh-tokoh dalam film. Apa petualangan Moon cs, selanjutnya?

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Sing (2016)

Sinopsis

SING 2_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Animation, Family
  • Produksi: Illumination Entertainment
  • Sutradara: Gareth Jennings
  • Pemain: Tori Kelly, Scarlett Johansson, Matthew McConaughey, Reese Witherspoon

Buster Moon (Matthew McConaughey) sedang dalam masa keemasannya setelah berhasil membuka teater baru miliknya yang kini ramai penonton. Kini ambisi Moon kembali meningkat dengan membuat teater miliknya semakin terkenal dan para penyanyi di bawah manajemennya juga ikut melambung dengan memanggil seorang pencari bakat paling terkenal, Suki (Chelsea Peretti).

Namun usaha Moon kali ini gagal. Suki nampaknya tidak terlalu tertarik dengan apa yang disuguhkan oleh Moon bersama dengan para penyanyi di New Moon Theater.

Di tengah pertunjukan, Suki beranjak dari tempat duduknya dan segera pergi. Moon yang melihat hal itu langsung mencegah Suki dengan obrolan ringan namun Suki tetap meninggalkan teater. Tidak mau kehilangan kesempatan, Moon pun mengejar Suki.

Suki lantas mengatakan bahwa kelompok Moon tidak akan bertahan di kota Redshore City yang terkenal dengan hiburan kelas dunianya. Moon patah hati, namun saat Nana tahu soal itu, Nana segera membesarkan hati Moon dengan mengatakan Moon pasti bisa melakukannya dengan menyatukan kembali para penyanyi dan membawa mereka ke kota.

Akhirnya berangkatlah mereka semua ke Redshore City untuk diam-diam masuk menyelinap ke audisi yang sedang diadakan oleh sang maestro, Jimmy Crystal (Bobby Cannavale) di gedung kantor miliknya. Audisi yang dimulai dari pagi tidak ada yang berkesan di mata Jimmy karena semua sudah dilihat dan basi. Ia menginginkan sesuatu yang baru, yang fresh.

Saat audisi akan berakhir, Moon dan yang lainnya berhasil masuk ke dalam ruang audisi dan langsung menunjukan kemampuan para penyanyinya namun Jimmy tetap tidak tertarik sampai Gunter mengangkat tema luar angkasa yang mencakup lagu-lagu dari Clay Calloway (Bono), seorang bintang rock legendaris yang tidak pernah terlihat selama 15 tahun. 

Penasaran dan dengan asumsi Calloway akan menjadi bagian dari pertunjukan, Jimmy menerima Moon dan timnya untuk bekerjasama dengannya. Ia diberi tenggat waktu selama tiga minggu untuk merencanakan pentas spektakuler mulai dari setting panggung, persiapan penyanyi dan yang lainnya. Moon yang kelewat senang lantas menyanggupinya tanpa tahu apa yang akan terjadi setelahnya.

Ash mengatakan bahwa Calloway sama sekali belum pernah tampil semenjak kematian istrinya belasan tahun lalu. Ini akan menjadi PR besar bagi Moon untuk membujuk Calloway guna bergabung dengan Moon untuk mengisi acara di tempat hiburan milik Jimmy.

Namun Moon tetap optimis kalau Calloway bisa dan mau menerima tawarannya. Ia meminta asistennya Miss Crawly untuk mengunjungi kediaman Calloway.

Selama produksi di acara pentas itu, satu per satu masalah muncul. Dimulai dari Rosita yang seharusnya bisa meluncur dari ketinggian ternyata takut sehingga perannya yang sebenarnya adalah peran utama dilempar ke putri Jimmy yaitu Porscha (Hesley).

Rosita malah jadi kebagian untuk memerankan peran kecil. Sedangkan Johnny yang tidak bisa mengikuti arahan dari sang koreografer papan atas, Klaus Kickenklober (Adam Buxton).

Beruntung Johnny bertemu dengan penari jalanan bernama Nooshy (Letitia Wright) si kucing. Ia belajar banyak dari Nooshy dan akhirnya sedikit demi sedikit bisa mengikuti gerakan yang Klaus inginkan dengan campuran gaya bebas miliknya.

Lantas Meena yang tidak bisa beradegan romantis dengan rekan panggungnya, Darius (Eric André). Beruntung ia juga menemukan Alfonso (Pharrell Williams) yang super ganteng dan Meena sukai.

Di sisi lain, Ash dan Moon mencoba untuk kembali mengunjungi Clay Calloway untuk meyakinkannya agar ikut dalam pertunjukan setelah sebelumnya Miss Crawly tidak berhasil bertemu dengannya. Awalnya Calloway menolak namun karena bujukan dari Ash akhirnya ia mau karena ia ingat istrinya yang pasti akan sedih kalau dirinya selalu mengurung diri. 

Setelah semua dirasa terkendali, masalah kembali muncul ketika Porscha ternyata tidak bisa akting dan Moon mendekatinya untuk berbicara apakah ia mau bertukar peran kembali dengan Rosita. Namun hal itu dianggap oleh Porscha sebagai tindak pemecatan. Jimmy yang tahu hal itu langsung ngamuk dan mengancam Moon sampai mengurungnya di dalam ruangan.

Beruntung Suki membebaskannya dan membuat Moon langsung mempertunjukan pentas yang ia rancang satu malam lebih cepat. Semua penyanyi siap dan Porscha pun jadi turut serta.

Johnny pun mendapat bantuan dari Ayahnya supaya bisa mencegah siapapun anak buah Jimmy yang mau merusak pentas tersebut. Acara itu diselenggarakan di ballroom hotel milik Jimmy dan dikunjungi oleh semua tamu hotel.

Semua mulai memerankan perannya masing-masing. Drama musikal yang spektakuler pun terjadi. Apa yang diharapkan Moon menjadi kenyataan. Bahkan ia bisa membujuk Clay Calloway untuk tampil bersamanya yang banyak orang tidak bisa.

Pertunjukan pun akhirnya selesai dan semua penonton puas. Jimmy yang melihat itu langsung memanfaatkan momen tersebut untuk mencari atensi. Namun ketika naik ke atas panggung ia dipermalukan.

Jimmy ditangkap atas perbuatannya sendiri akibat laporan yang dibuat oleh Suki, Sementara Moon dan teman-temannya bersiap untuk pergi ke sebuah teater besar lainnya di kota lain setelah diberitahu oleh Suki bahwa penampilan Moon dan timnya sungguh memukau. Tim Moon bertambah dengan adanya Clay dan Nooshy, mereka kini bersama untuk petualangan selanjutnya.

Petualangan Moon

SING 2_Moon Journeys (Copy)

Rasanya petualangan Moon dari film Sing pertama yang tayang di tahun 2016 seru untuk diikuti ya? Mulai dari bagaimana Moon membuat teater miliknya kembali bersinar, membuat semua penyanyi dibawah manajemennya, yakni Rosita, Johnny, Meena, Ash dan Gunter menjadi berani untuk tampil dihadapan banyak penonton hingga membuat suara mereka di dengar oleh semua hewan di kota besar.

Kali ini ceritanya juga cukup asyik untuk diikuti, film dengan durasi 110 menit ini sukses membawakan cerita baru dan masalah baru yang harus dihadapi Moon dan teman-teman, dimana mereka tidak akan menyerah dan terus berusaha sampai keinginan mereka bisa tercapai meski harus melawan banyak kejahatan, kecurangan juga manipulasi dari Jimmy Crystal yang bengis.

Mengangkat Lagu Populer

SING 2_Songs (Copy)

Satu hal yang saya suka dari film Sing baik filmnya yang pertama maupun filmnya yang kedua ini adalah, sang sutradara, Gareth Jennings, memasukan banyak lagu yang populer sehingga para penonton selain bisa menikmati jalan ceritanya yang cukup oke, juga bisa sekaligus mendengar lagu-lagu tersebut di aransemen ulang di cover oleh artis lainnya bukan penyanyi originalnya.

Meski beberapa lagu terdengar hanya sepenggal-sepenggal, namun setidaknya kita tahu lagu tersebut. Lagu-lagu yang diangkat dalam film ini diantaranya Let’s Go Crazy dari Prince, Can’t Feel My Face dari The Weeknd, Holes by Mercury Rev hingga lagu Bad Guy yang dipopulerkan oleh si penyanyi fenomenal saat ini yaitu Billie Eilish.

Sing 3?

SING 2_Sequel (Copy)

Film pertama Sing sama sekali tidak memperlihatkan bahwa akan adanya sekuel film tersebut dikarenakan ending dari film Sing tidak mengindikasikan adanya lanjutan kisah Moon dan teman-temannya, namun dalam film Sing 2 ini, ending film yang akhirnya menggabungkan semua hewan juga penambahan karakter sekilas menggambarkan akan adanya Sing 3.

Kalau memang benar ada lanjutannya lagi, tidak sabar untuk menontonnya ya? Semoga saja ada kabar bagus nih dari Illumination Entertainment. Untuk film ini, Bacaterus memberi skor 3/5. Menjadikan film animasi musikal ini menjadi salah satu rekomendasi tontonan film kalian di akhir pekan ini! Enjoy the movie guys

Sing 2
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram