bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2

Eren mulai menjalankan rencananya, berbalik melawan mantan sekutu dan musuhnya. Di bawah arahan Zeke, kyojin hewan buas, Eren mengambil sebuah tindakan ekstrem untuk mengakhiri konflik antara Marley dan Eldia yang telah lama terjadi. Namun, niat Eren yang sesungguhnya masih menjadi sebuah misteri. 

Eren menggali jauh ke masa lalu keluarganya, dia berjuang untuk mengendalikan nasibnya sendiri. Sementara itu, negara Marley dan Eldian yang telah lama bertikai, masih memanfaatkan tentara dan kyojin dalam upaya saling membalaskan dendam di masa lalu.

Dalam keputusasaan, Reiner berusaha menahan Eren berubah menjadi kyojin pendiri. Falco, Grice, dan Gabi berjuang untuk tetap bertahan hidup ditengah-tengah kekacauan yang terjadi. Di tempat lain, Mikasa, Armin dan beberapa rekan di pasukan pengintai, masih berada di penjara tanpa mengetahui kondisi diluar sana. 

Bagaimanakah kelanjutan peperangan antara negara Marley dan Eldian? Dan bagaimanakah nasib umat manusia setelah peperangan ini berakhir? Berikut ini ulasan sinopsis dan review-nya.

Sinopsis

sinopsis attack on titan final season part 2_

Setelah mendengar sebuah ledakan besar, Hanji dan fraksi Eren menemukan tubuh Levi juga Zeke yang muncul dari balik tubuh kyojin. Memanfaatkan situasi yang cukup mengejutkan, Hanji membawa Levi melarikan diri.

Zeke menjelaskan mengenai lukanya yang telah sembuh total berkat seorang gadis misterius. Gadis tersebut merawat Zeke di sebuah tempat misterius yang disebut dengan ‘Paths’. 

Sementara itu di Shiganshina, tentara Marley datang menyerbu dari kapal udara milik mereka. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Gabi, orang-orang Marley berusaha untuk menghentikan kontak fisik antara Eren dan Zeke. Reiner dan Porco melawan Eren, namun mereka dikalahkan oleh kekuatan kyojin palu perang. 

Pertempuran semakin sengit. Dalam keputusasaan, Onyankopon membebaskan pasukan pengintai bersama Nicolo dan keluarga Braus. Pasukan pengintai yang telah dibebaskan memutuskan untuk membantu Eren, meski sebenarnya Mikasa ragu dengan motif Eren yang sesungguhnya. 

Sementara itu, pertempuran ganas Eren melawan Reiner dan Porco masih berlanjut. Ketika Eren hampir dikalahkan, muncul Zeke yang telah berubah menjadi kyojin untuk menjalankan perjanjian yang telah dibuat bersama Eren.

Sementara Gabi, Falco dan Colt yang bersembunyi, mendengar perkataan keluarga Braus yang membuat dirinya tersadar bahwa di pulau tersebut tidak ada iblis, tapi hanya sekelompok manusia biasa.

Saat itu, Falco tiba-tiba menyatakan perasaannya pada Gabi, karena khawatir ia bisa berubah menjadi kyojin kapan pun. Kemudian, Colt membawa Gabi dan Falco mendekati Zeke, berharap untuk menghentikan teriakan Zeke yang bisa membangunkan pasukan kyojin

Namun, Zeke tetap berteriak dan kyojin murni dari orang-orang yang telah meminum cairan tulang belakang miliknya. Sehingga falco pun berubah menjadi kyojin dan mulai menyerang orang-orang yang berada di sekitarnya, termasuk Reiner dan Porco.

Pada kesempatan tersebut, Eren bergegas menuju ke Zeke. Namun, Gabi menyerang Eren menggunakan senapan dan mengenai kepalanya Eren hingga terputus. Tapi kepala Eren jatuh di tangan Zeke, sehingga Eren bertemu dengan Zeke di Paths.

Di tempat misterius tersebut, Eren melihat Zeke yang dirantai, juga seorang gadis yang merupakan budak Ymir. Eren mengatakan kalau dari awal ia tidak pernah bermaksud untuk mengikuti rencana Zeke. Untuk meyakinkan kembali Eren, Zeke mengajak Eren kembali ke ingatan masa lalu ayah mereka, Grisha.

Dalam ingatan Grisha, Eren dan Zeke dibawa ke dalam ruang rahasia bawah tanah. Di tempat tersebut, mereka melihat Grisha bertemu dengan keluarga Reiss.


Dari sana, Zeke mendapatkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan bagi dirinya sendiri. Semua yang terjadi di masa depan merupakan rencana Eren dan Grisha memohon pada Zeke untuk menghentikan Eren.

Setelah kembali dari ingatan Grisha, Zeke memerintahkan gadis Ymir untuk menjalankan rencana euthanasia.

Namun, Eren berhasil membujuk gadis Ymir tersebut dan memberikan kekuatannya pada Eren. Sebelum itu, terjadi sebuah kilas balik yang memperlihatkan tentang masa lalu sang gadis Ymir pada 2.000 tahun sebelumnya.

Ymir tinggal di sebuah pedesaan kecil, tempat tinggalnya diserang oleh Eldian yang dipimpin oleh Fritz. Kemudian, Fritz memperbudak bangsa Ymir dan memimpin dengan arogan. Ymir muda sering disalahkan, lalu diberi hukuman dijadikan buruan layaknya hewan. 

Saat gadis Ymir itu melarikan diri, ia memasuki sebuah pohon kuno dan jatuh ke sebuah kolam yang dalam. Di sana, sebuah entitas (makhluk misterius) seperti parasit muncul dan merubah gadis Ymir itu menjadi kyojin pertama.

Setelahnya, Raja Fritz memanfaatkan kekuatan gadis kyojin pendiri tersebut untuk memperluas kerajaan dan menghancurkan Marley.

Fritz memiliki tiga putri dengan Ymir: Maria, Rose, dan Shina. Setelah kematian Ymir, Fritz memerintahkan anak-anaknya untuk memakan tubuh ibunya sendiri agar mereka tetap bisa menghasilkan keturunan kyojin hingga ke anak cucu. Jiwa Ymir berada di Paths dan menghabiskan 2.000 tahun untuk membuat kyojin dengan tangannya sendiri.

Kembali ke masa depan, kini Eren telah mendapatkan kekuatan kyojin pendiri dari Ymir. Namun, hal tersebut memicu runtuhnya dinding di Shiganshina dan membangunkan ribuan raksasa kyojin dari dalam dinding.

Tak lama setelah kemunculan raksasa kyojin dan kyojin pendiri, Eren menggunakan kekuatan telepati kepada semua Subjek Ymir. Kemudian, Eren mengatakan niat dirinya yang sesungguhnya untuk memusnahkan musuh yang berada di luar pulau.

Melihat situasi yang berubah, Levi dan Hanji menyusun rencana baru untuk beraliansi dengan warga Marley. Kemudian disusul oleh Armin, Mikasa, Jean, dan Connie yang bergabung dalam grup aliansi yang baru tersebut.

Annie yang hidup kembali pun ikut dengan aliansi baru itu. Mereka berusaha menghentikan rencana Eren untuk menyelamatkan dunia.

Namun, mengingat aliansi baru yang dibentuk ini berasal dari kelompok yang memiliki sejarah kelam, sehingga terjadi pertentangan antara pihak mana yang memulai konflik lebih dulu. Tapi, mereka diingatkan kembali dengan tujuan mereka membentuk aliansi baru tersebut.

Keesokan harinya, mereka menemukan kelompok fraksi Eren ada di pelabuhan dan menyandera Kiyomi Azumabito. Aliansi baru ini kemudian menyusun rencana untuk mendapatkan pesawat yang ada di pelabuhan tersebut. Dengan begitu, Armin, Mikasa dan yang lainnya harus menyerang bangsa mereka sendiri. 

Sementara pertempuran di pelabuhan terjadi, Eren dan pasukan kyojin dinding raksasa masih terus berjalan. Dan sudah hampir sampai ke negara Marley dan bersiap untuk memusnahkan kota juga penduduk di sana.

Awal Mula Munculnya Kyojin dan Sejarah Bangsa Ymir

awal mula munculnya kyojin_

Anime ini memiliki durasi 23 menit di setiap episodenya. Pada Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2 ini, akhirnya sejarah dan awal mula munculnya kyojin pertama terungkap. Awal mula munculnya kyojin pun masih berkaitan dengan sejarah bangsa Ymir. 

Anime ini memiliki alur cerita yang maju mundur. Dan dengan alur campuran tersebut, kita bisa memahami awal mula terjadinya permusuhan antara bangsa Eldia dan Marley. Permusuhan yang telah terjadi sangat lama yang berkaitan dengan sejarah kyojin pertama.

Tapi, ketika melihat sejarah bangsa Ymir ini membuat saya sedikit miris. Terlebih Ymir muda sering dijadikan kambing hitam, tapi setelah memiliki kekuatan yang cukup besar malah dimanfaatkan demi kepentingan pribadi.

Dan yang membuat cukup sedihnya lagi adalah, Ymir selalu menurut karena dia adalah seorang budak yang tidak berani melawan.

Menurut saya, Raja Fritz adalah sosok raja yang bisa dibilang serakah dan haus akan kekuasaan. Dia juga cukup tega ketika menyuruh tiga anaknya memakan bagian tubuh dari Ymir, padahal Ymir adalah ibu dari tiga anaknya sendiri. 

Terbentuknya Aliansi Baru

terbentuknya aliansi baru_

Salah satu hal yang cukup menarik pada Shingeki no Kyojin The Final Season Part 2 ini adalah terbentuknya sebuah aliansi baru antara Pasukan Pengintai Eldian dan Pasukan Marley. Padahal hal tersebut terlihat sangat tidak mungkin terjadi, mengingat sejarah kelam yang terjadi antara Eldia dan Marley.

Setelah terbentuknya aliansi pun wajar saja jika rasa dendam atau emosi yang sudah tertanam sejak dahulu kala masih selalu terungkit, seperti terlihat pada scene saat Jean dan Magath bertengkar mengenai siapa yang memulai peperangan lebih dulu.

Kemudian, pada scene saat Gabi minta maaf dan memohon pada orang Eldian ini cukup dibuat terharu, mengingat sebelumnya Gabi ini digambarkan sebagai sosok gadis yang cukup menyebalkan.

Tapi setelah Gabi bertemu dengan orang-orang Eldian yang ternyata baik hati, ia mulai luluh dan sadar. Setiap orang itu pasti memiliki sisi baik dan sisi jahat (iblis), sehingga tidak bisa dipukul rata kalau kelompok tertentu adalah orang jahat.

Dan yang pasti, perubahan karakter pada Shingeki no Kyojin The Final Season Part 2 ini cukup terasa. Masing-masing karakter mulai menurunkan egonya demi menyelamatkan dunia dan berharap bisa hidup damai suatu saat nanti.

Bersambung ke Part 3

bersambung ke part 3_

Sama seperti pada Shingeki no Kyojin: The Final Part 1, pada Part 2 ini pun studio yang bertanggungjawab membuat animasinya adalah studio MAPPA, dengan visual yang terlihat lebih dark dibandingkan dengan tiga season sebelumnya.

Tapi, gambaran visual tersebut pun menurut saya cukup sesuai dengan cerita masa-masa kelam atau masa-masa awal munculnya kyojin.

Jika kamu mengikuti anime Shingeki no Kyojin sejak season pertamanya, selain visual yang berubah, masing-masing karakternya pun terlihat semakin berkembang, terutama tiga karakter utama, yakni Eren, Armin, dan Mikasa.

Namun, kamu masih harus bersabar menanti akhir dari cerita  anime ini, karena pada Part 2 ini ceritanya masih menggantung. Di akhir episode terdapat pengumuman bahwa cerita final-nya akan dilanjutkan pada Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 3 yang akan ditayangkan pada tahun 2023 mendatang.

Sembari menunggu cerita terakhirnya di tahun 2023, kamu bisa menonton kembali pada season pertama.

Jika penasaran dengan ceritanya, kamu bisa langsung menontonnya di iQIYI atau di Netflix. Atau jika kamu malas menonton, kamu juga bisa membaca ulasan anime aksi ini, mulai dari season pertama sampai dengan akhir hanya di Bacaterus.

Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2
Rating: 
4.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram