bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 1

Gabi Braun dan Falco Grice telah melatih seluruh hidup mereka untuk mewarisi salah satu dari tujuh Kyojin yang berada di bawah kendali Marley untuk membantu bangsa mereka dalam membasmi Eldian di Pulau Paradis.

Namun, kedamaian mereka tiba-tiba terguncang dengan kedatangan Eren dan sisa Pasukan Pengintai dari Pulau Paradis.

Eren dan para Pasukan Pengintai menemukan sejarah kelam di sekitar para Kyojin; sebuah jawaban yang dengan susah payah mereka perjuangkan untuk mengungkapnya. 

Dalam Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 1 ini, dua bangsa yang sangat berbeda, bertabrakan dengan masing-masing keyakinannya. Pertempuran antarbangsa pun tak bisa dihindari. Akankah Eren bisa menyelesaikan semua problematika yang telah terjadi ribuan tahun ini? Berikut ini ulasan sinopsis dan review anime-nya.

Sinopsis

sinopsis attack on titan final part 1_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Mystery, Fantasy, Drama, Slice of Life
  • Produksi: MAPPA
  • Sutradara: Yuichiro Hayashi
  • Pengisi Suara: Kaji Yuuji, Ishikawa Yui, Inoue Marina
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Cerita dimulai setelah empat tahun Kejadian di Pulau Paradis. Di sisi lain laut, peperangan antara Marley dan Aliansi Timur Tengah hampir berakhir.

Kekutaran para Kyojin yang dimiliki oleh Marley, seperti Kyojin Rahang, Kyojin Pengangkut, Kyojin Berzirah dan Kyojin Binatang, merupakan salah satu faktor yang membuat peperangan tersebut dimenanngkan oleh Marley.

Tapi, beberapa petinggi militer mulai menyadari bahwa era peperangan menggunakan kekuatan Kyojin akan segera berakhir.

Untuk mengalahkan negara lain yang mengembangkan senjata anti-kyojin, Zeke memberikan sebuah saran pada petinggi militer. Zeke mengatakan kalau operasi Pulau Paradis harus diteruskan untuk merebut Kyojin Pendiri dari mereka secepatnya.

Sementara itu, pewaris Kyojin Berzirah telah diputuskan. Ia adalah seorang calon pejuang dari bangsa Eldian, Falco Grice. Falco pun bersumpah pada Reiner, kalau ia akan melindungi Gabi Braun, seorang gadis yang ia sukai.

Ketika akan pulang ke rumah, Falco bertemu dengan salah seorang Eldian yang mengalami trauma akibat peperangan.

Demi merebut Kyojin Pendiri dan mengembalikan kedamaian antara Eldian dan Marley, diadakanlah sebuah festival di Liberio. Kepala keluarga Tybur, Willy Tybur, akan menyatakan perang ke Pulau Paradis pada seluruh dunia. Di tengah-tengah acara berjalan, Reiner diajak Falco menuju ke bawah tanah di suatu bangunan.

Betapa terkejutnya Rainer ketika melihat orang yang menunggunya di sana. Orang tersebut tak lain dan tak bukan adalah Eren.

Reiner dibuat kebingungan dengan tujuan Eren. Eren mengatakan kalau Paradis dan Marley memiliki kesamaan, tetapi keyakinan dan latar merekalah yang berbeda, sehingga Eren akan terus melanjutkan keyakinannya untuk memusnahkan musuhnya. 

Eren berubah menjadi Kyojin saat Willy menyatakan perang, sehingga semua orang terkejut, kemudian lari kebingungan karena panik. Tak lama, Kyojin Palu Perang yang merupakan adik dari Willy muncul  melawan Eren. Arena tempat berkumpulnya orang-orang di acara festival pun kini berubah menjadi arena pertempuran.

Medan perang semakin kacau balau karena Kyojin dari bangsa Marley terus bermunculan. Tapi, Pasukan Pengintai dari Paradis menyerbu dan berhasil mengalahkan Kyojin Binatang Buas. Sementara Eren berhasil memakan Kyojin Palu Perang dan ditarik kembali ke Paradis oleh Mikasa.

Gabi yang tak terima dengan kejadian di Marley diam-diam mengikuti Pasukan Pengintai. Namun, Falco juga mengikuti Gabi karena ia ingin melindungi Gabi, sehingga mereka berdua berhasil menaiki pesawat yang membawa Eren dan yang lainnya kembali. 

Gabi yang sampai di dalam pesawat, mengarahkan senapan pada Sasha dan berhasil menembak Sasha. Tak lama Sasha pun meninggal karena tembakan tersebut dan membuat orang-orang di dalam pesawat sedih, termasuk Armin dan Mikasa.

Kemudian, Gabi dan Falco ditangkap dan dibawa menemui Zeke yang merupakan dalang semua masalah yang terjadi. Melihat Zeke di sana, membuat Gabi merasa marah karena ia menganggap kalau Zeke telah berkhianat pada Marley.

Tiga tahun yang lalu, Kapal Penyelidik Marley mendatangi Pulau Paradis. Di sana, terdapat pengikut Zeke, prajurit sukarela anti-Marley. Tujuan mereka adalah membebaskan semua orang Eldian dan Zeke berjanji akan membantu Pulau Pradais yang 100 tahun tertinggal dari dunia luar. 

Zeke memberitahu mereka bahwa rencana rahasia yang tersisa di Pulau Paradis hanya ‘Guncangan Tanah’, yang akan menghancurkan dunia dengan jutaan Kyojin yang berada di dalam dinding. Syarat untuk mengaktifkannya adalah kontak Eren yang memiliki Kyojin Pendiri dan Zeke, keturunan keluarga raja. 

Berkat usaha para prajurit sukarela, dermaga dan rel kereta selesai dibuat sehingga Pulau Paradis pun berkembang. Kemudian, Pulau Paradis memulai interaksi dengan satu-satunya negara sahabat, Hizuru.

Negara Hizuru menyarankan Pulau Paradis untuk mencoba memperlihatkan daya hancur ‘Guncangan Tanah’ kepada dunia. Mereka juga menyarankan untuk mempertahankan Kyojin yang memiliki darah pendiri dan keluarga raja. 

Tetapi, Eren tak setuju dengan rencana tersebut. Pasukan Pengintai memutuskan untuk menyusup ke Marley, mencari cara berdamai. Namun, jalan untuk perdamaian itu telah hilang karena Eren melakukan penyerangan di Marley seorang diri.

Para petinggi militer di Paradis berencana mengambil kedua Kyojin yang ada di pihak mereka. Eren dan Zeke, serta prajurit sukarela langsung ditangkap. Namun, para warga tidak setuju dengan keputusan militer sehingga terjadi demo di depan gedung Militer. 

Tiba-tiba terjadi sebuah ledakan di kantor Zackly yang dilakukan oleh fraksi Yeager dan saat itu Eren melarikan diri. Sementara itu, Gabi dan Falco yang kabur saat terjadi kekacauan di militer, bersembunyi di sebuah desa di pinggiran kota. Oleh keluarga yang menyambut mereka, Gabi dan Falco diajak ke sebuah restoran bersama anak-anak lainnya.

Berkat bantuan dari Kaya yang merupakan salah seorang anak yang ikut ke restoran tersebut, Gabi dan Falco bertemu dengan Nicolo yang merupakan keturunan dari Marley.

Gabi menceritakan semua kejadian hingga bisa sampai di Pulau Paradis. Namun, mereka tidak tahu kalau Nicolo jatuh cinta kepada Sasha dan membuat Nicolo hendak membunuh Gabi ketika tahu kalau Gabi adalah pembunuh Sasha.

Saat itu, Hanji dan pasukannya datang. Nicolo mengatakan kalau wine yang selama ini diberikan kepada para petinggi telah dicampur dengan cairan tulang belakang Zeke. Sementara itu, Mikasa dan Armin mencoba berbicara dengan Eren untuk memberitahukan tujuannya, tapi, diskusi mereka gagal.

Di waktu yang bersamaan, pasukan Levi yang menahan Zeke telah berubah menjadi Kyojin karena telah meminum wine yang telah dicampur dengan cairan tulang belakang Zeke. Mereka berubah setelah mendengar teriakan dari Zeke.

Levi dengan berat hati membunuh semua bawahannya dan kembali menangkap Zeke yang berusaha melarikan diri.

Zeke yang tengah sekarat, memberitahu Levi tentang rencananya yang menginginkan kebebasan bagi bangsa Eldian. Kemudian, Zeke sengaja menarik pelatuk yang terikat dengan dirinya dan terjadi ledakan cukup besar, sehingga Zeke bisa melarikan diri dari Levi. Tak lama, muncul Kyojin misterius yang menghampiri Zeke.

Di Distrik Shiganshina, para militer yang telah meminum wine ditangkap. Kini, militer berada di bawah perintah fraksi Yeager yang dipimpin oleh Yelena.

Namun, ada beberapa orang dari Marley yang menyusup untuk melakukan penyergapan di sana. Lalu, apakah yang akan Eren lakukan melihat kejadian tersebut?

Sejarah Kelam Manusia dan Kyojin

Sejarah kelam manusia dan kyojin_

Pada season ini, dengan durasi sekitar 23 menit di setiap episodenya, diceritakan tentang awal mula adanya Kyojin dan sejarah kelamnya. Pada tiga episode pertama, saya merasa mulai jenuh ketika menontonnya karena terlalu banyak percakapan yang membahas tentang pewaris Kyojin selanjutnya.

Tapi mulai dari episode keempat, cerita mulai sedikit menarik dan semakin membuat penasaran. Satu persatu tentang masa lalu kelam manusia dan Kyojin mulai terungkap hingga akhirnya terjadi peperangan antar bangsa yang sampai sekarang konfliknya belum selesai.

Bagi yang baru ingin menonton anime Shingeki no Kyojin, saya sarankan untuk menontonnya dari season pertama. Hal tersebut bertujuan agar bisa memahami alur cerita anime yang bisa dibilang cukup berat dan butuh konsentrasi ketika menontonnya. Apalagi ketika masuk ke isu politik dan sejarah tentang Kyojin itu sendiri.

Cerita yang Penuh Kejutan

penuh kejutan_

Pada season ini bisa dibilang ceritanya penuh dengan kejutan. Tidak hanya ceritanya, para karakternya pun memiliki banyak kejutan yang bisa dibilang tidak terduga-duga, terutama karena sudah adanya pengungkapan masa lalu dari masing-masing karakter yang berhubungan dengan awal mula Kyojin.

Selain itu, season kali ini tidak hanya memperlihatkan pandangan dari orang-orang di Pulau Paradis, bangsa Eldian, tapi juga memperlihatkan pandangan dari bangsa Marley.

Orang-orang Marley berjuang untuk bisa mewarisi Kyojin dari leluhur mereka dan cara para pandang mereka terhadap bangsa Eldian juga orang-orang di Pulau Paradis.

Untuk perkembangan karakter Eren yang dulu mungkin terlihat seperti pemarah dengan emosinya yang meluap-luap, di season kali ini, karakter Eren berubah cukup drastis.

Eren tampil dengan sikap yang lebih tenang, simpatik, tapi kejam. Kata-kata Eren yang cukup menarik adalah ketika ia mengatakan, baik dirinya yang merupakan bangsa Eldian maupun Reiner yang merupakan bangsa Marley itu sama saja.

Setiap bangsa memiliki sisi baik dan buruk, namun Eren akan terus berlanjut sampai semua musuhnya dihancurkan.

Visualisasi yang Berbeda dengan Tiga Season sebelumnya

Visualisasi berbeda_

Jika di tiga season sebelumnya animasi dibuat oleh Wit Studio, pada season kali ini dibuat oleh MAPPA, sehingga visualnya jadi terasa sangat berbeda dari tiga season sebelumnya. 

Beberapa perbedaan visual tersebut bisa dilihat dengan penggambaran karakter yang tidak sehalus sebelumnya. Pada season ini menurut saya, penggambaran karakter terlihat memiliki visual yang lebih tegas, apalagi ketika melihat karakter Mikasa yang jadi terlihat macho.

Padahal di season sebelumnya, karakter Mikasa ini digambarkan sebagai gadis yang terlihat manis. Tidak hanya perubahan penggambaran pada karakternya saja, pemilihan warna dan efek yang digambarkan pun cukup berbeda jika dibandingkan dengan yang sebelumnya. 

Meskipun saya pribadi lebih menyukai visual pada tiga season sebelumnya, tapi untuk keseruan ceritanya masih tetap bisa dirasakan. Bahkan karena season ini merupakan final, saya sangat menanti ending dari seri Shingeki no Kyojin ini.

Secara keseluruhan, anime ini seru untuk ditonton terutama bagi yang penasaran dengan ending ceritanya. Namun, perlu saya ingatkan kembali, bagi kamu yang baru mau menonton seri anime ini, ada baiknya untuk menonton dari season pertama agar mengerti alur cerita.

Sekian ulasan sinopsis dan review anime Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 1 ini. Bagi yang penasaran dengan ceritanya, kamu bisa melihat anime ini di Netflix, dan iQIYI.

Shingeki no Kyojin: The Final Part 1
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram