Sinopsis & Review Anime Shingeki no Kyojin Season 2 (2017)

Ditulis oleh Siti Hasanah
Attack on Titan Season 2
3.8
/5

Attack on Titan atau yang dikenal juga dengan Shingeki no Kyojin melanjutkan kisahnya ke musim berikutnya. Cerita musim kedua anime ini dimulai dari siasat para Resimen Penyelidik yang ingin membongkar identitas Annie Leonhart.

Armin sudah lama mencurigai Annie, namun ia memilih diam sebab belum ada bukti yang cukup. Selain itu, ia tidak mau membuat Eren dan Mikasa sedih. 

Eren tidak mengetahui bahwa kedatangan Mikasa dan Armin ke Tembok Sina bukan sekadar untuk memenuhi panggilan Polisi Militer.

Di sisi lain, Erwin, Levi dan tim senior Resimen Penyelidik sudah siap untuk menjerat Annie jika ia berubah menjadi Titan Wanita. Eren tidak sepenuhnya diberitahu perihal ini sebab ia akan sulit menerimanya. Penasaran dengan kisah lanjutannya? Berikut ini sinopsis dan ulasannya!

Sinopsis

attack-on-titan-s2-1_
  • Tahun Rilis: 2017 
  • Genre: Action, Fantasy, Drama, Mystery 
  • Jumlah Episode: 12
  • Produksi: Wit Studio 
  • Pengisi Suara: Yuuki Kaji, Yui Ishikawa, Marina Inoue
  • Sutradara: Tetsurou Araki 

Misi menangkap Annie Leonhart tidak bisa dibilang sukses sebab ketika Eren berhasil mengalahkannya, gadis itu masih terperangkap di dalam kristal yang sulit dihancurkan. Lagi-lagi Resimen Penyelidik gagal mengorek informasi tentang Titan setelah semua kehancuran akibat operasi penangkapan Titan Wanita dan penyelamatan Eren. 

Semua Resimen bahkan hadir membantu Resimen Penyelidik setelah mereka melihat adanya Titan di Tembok Sina yang disebut jauh dari jangkauan Titan.

Rupanya Resimen Penyelidik tidak diberi waktu untuk beristirahat dari operasi melawan Titan. Segera setelah Annie tertangkap, mereka melihat adanya Titan di dalam Tembok Rose. Ini berarti mereka punya PR yang harus segera diselesaikan. 

Pastor Nick sudah lama tahu keberadaan Titan yang tersegel dalam Tembok Rose, tapi ia bersikeras menolak memberitahukan lebih dalam tentang Titan itu. Ia hanya menyuruh Resimen Penyelidik untuk menutupi Titan agar tidak terkena sinar matahari. Hal itu membuat Hange Zoe dan seluruh orang curiga bahwa Pastor Nick punya kaitan dengan Titan itu. 

Di tempat lain, Titan-Titan baru bermunculan dengan perilaku yang berbeda, seperti Titan berbulu yang bisa bicara. Belum lain Titan-Titan abnormal yang menunjukkan perilaku yang aneh dan kekuatan yang berbeda.

Shasha dan Connie pergi keluar dengan arah yang berbeda. Connie ke selatan dan Shasha ke arah kebalikannya. Wilayah yang mereka tuju rupanya adalah kampung halaman mereka. 

Tapi sesampainya di tempat masing-masing, Connie dan Shasha mendapati kampung mereka kosong dan hancur. Shasha melihat seorang gadis yang hampir dimangsa Titan dan ia melarikan diri dari Titan yang balik mengejarnya. 

Hange Zoe dan Eren yang membawa Pastor Nick menuju Distrik Shiganshina untuk menutup celah agar tidak dimasuki Titan. Disana, Pastor tersebut memberitahukan bahwa kunci untuk melumpuhkan Titan adalah Christa. 

Serangan Titan tidak berhenti. Para kadet dan senior bergantian menahan mereka. Setiap serangan selalu merenggut korban baru. Reiner terluka parah dan prajurit senior terbunuh. Kemudian hal mengejutkan muncul. Ymir menjadi Titan kecil yang gesit dan cerdas.

Sementara itu, Eren sudah tahu bahwa Reiner dan Bertholdt adalah Titan Kolosal dan Titan Armor. Mereka menjelaskan pada Eren bahwa kepunahan manusia akibat dimangsa Titan dapat dihindarkan jika ia mau bergabung dengan mereka. 

Keadaan semakin tidak terkendali dan Eren harus berhadapan dengan rekan-rekannya yang ternyata punya kekuatan Titan seperti dirinya. Pertempuran Eren dengan Titan Armor tidak terelakkan dan korban dari pihak Resimen Penyelidik dan Pasukan Militer semakin banyak. 

Sementara Eren bertekad untuk menggunakan kekuatan Titan yang dimilikinya demi melindungi manusia, Erwin semakin gencar mengungkap kebenaran di balik rahasia Titan yang terus muncul. 

Cerita Lebih Seru yang Dihiasi Aksi Pertarungan Epic Para Titan 

attack-on-titan-s2-2_

Butuh waktu empat tahun bagi penggemar Attack on Titan untuk menyaksikan kelanjutan cerita Eren Jaeger dan Mikasa Ackerman. Setelah penantian yang panjang, akhirnya pada musim semi tahun 2017, Attack on Titan musim kedua resmi dirilis. Penggemar anime ini tentu bahagia, termasuk saya. 

Cerita di musim lanjutan ini terlihat lebih seru dan menghadirkan banyak pertarungan yang menegangkan antar Titan (Eren VS Titan). Adegan pertarungan di udara kerap mewarnai hampir setiap episodenya.

Kita bisa melihat betapa lihainya Mikasa mengoperasikan ODM gear-nya sambil menyerang Titan-Titan itu. Manuver prajurit lainnya pun tidak kalah keren. 

Rencana yang diarsiteki oleh Erwin banyak menampilkan serangan udara yang menakjubkan. Manuver hebat itu makin tampak menarik dengan pengemasan cerita yang apik.

Sebagian besar musim kedua ini diisi dengan pemecahan misteri yang dilakukan dengan cara yang baik. Resimen Penyelidik tampak keren ketika sedang dalam mode serius memahami clue penting yang mereka temukan. 

Tidak Puas Hanya dengan 12 Episode 

attack-on-titan-s2-3_

Selain adegan pertarungan yang menegangkan sekaligus tragis (karena Eren kalah), Attack on Titan musim ini dihiasi dengan pengkhianatan yang menyakitkan.

Cerita dalam musim kedua adalah pelengkap musim pertama dimana kita disuguhi adegan penyerangan Titan ke wilayah manusia. Hampir di seluruh episodenya, kita menyaksikan manusia hidup dalam teror yang menakutkan. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram