bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Indie Shine Your Eyes (2020)

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 18 September 2021

Seorang musisi dari Lagos sampai di Sao Paulo untuk mencari keberadaan kakaknya yang sangat diharapkan kabarnya oleh ibu mereka di kampung halamannya di Nigeria. Tetapi tugas ini tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama karena banyak misteri pelik di balik ini semua.

Shine Your Eyes, yang judul aslinya dalam bahasa Portugis ialah Cidade Passaro yang artinya kota burung, adalah sebuah film drama berbahasa Portugis produksi bersama Brasil dengan Prancis dan mengambil seting lokasi di kota Sao Paulo, Brasil. Pertama kali ditayangkan di Berlin International Film Festival pada bulan Februari 2020, film ini kemudian didistribusikan oleh Netflix sejak 29 Juli 2020.

Simak review kami kali ini tentang film indie yang memberikan gambaran realita kehidupan imigran di salah satu kota terkenal di Brasil ini.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun: 2020
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: February Films, MPM Film, Primo Films
  • Sutradara: Matias Mariani
  • Pemeran: O.C. Ukeje, Indira Nascimento, Paulo Andre

Amadi, seorang musisi dari Lagos, Nigeria, tiba di Sao Paulo, Brasil, dengan sebuah misi yaitu mencari kakaknya, Ikenna, yang memutuskan tali silaturahmi dengan keluarganya menjadi “hilang dalam transisi” dan membawanya kembali ke Nigeria.

Amadi, yang terbiasa hidup santai dan berjiwa riang, sangat kontras dengan Ikenna yang berkepribadian fokus dengan tujuan hidupnya, harus berhasil melakukan tugasnya ini demi keluarganya juga demi dirinya sendiri. Ibu mereka berharap besar kepada Ikenna, dan Amadi tidak ingin harapan itu dibebankan ke pundaknya, oleh karena itu dia harus menemukan Ikenna.

Di Brasil, Amadi mencari jejak-jejak Ikenna dari foto-foto terakhirnya dan informasi dari pamannya yang memiliki salon kosmetik di sebuah pusat perbelanjaan di kota itu. Dia menemukan kenyataan jika ternyata Ikenna bukanlah dosen di sebuah universitas seperti yang dikabarkannya. Selain itu, dari salah seorang teman dekatnya, Ikenna juga mengalami delusi yang cukup parah.

Salah satu faktornya adalah kesulitan ekonomi yang membuatnya menggunakan ilmu matematikanya untuk merumuskan peluang kemenangan taruhan dalam pacuan kuda. Selain itu, ternyata salah satu rekan kerjanya di salon adalah mantan kekasih Ikenna. Darinya dia juga menemukan beberapa fakta yang malah membuat Amadi jatuh cinta kepada Emilia, mantan kekasih kakaknya itu.

Beberapa kali dia seperti melihat Ikenna di keramaian kota, tapi kemudian kehilangan jejaknya berkali-kali pula. Hingga akhirya dia berhasil menemukan Ikenna di tepian kota yang membawanya menelusuri daerah pedesaan dimana Ikenna tinggal dalam kesendirian. Dari penemuannya ini, Amadi berada dalam dilema, apakah ia memilih kembali ke Nigeria atau memulai hidup baru di Brasil?

Dilema Imigran di Kota Besar

Dilema Imigran di Kota BesarSumber: imdb.com

Shine Your Eyes dibuka dengan sebuah adegan yang menunjukkan keakraban dua bersaudara yang sedang bermain di kampung halaman mereka di Nigeria. Setelah itu, cerita langsung berpindah ke hiruk-pikuk kota Sao Paulo, Brasil. Kita dihadapkan dengan kebingungan Amadi dalam mencari keberadaan kakaknya, Ikenna, yang hanya meninggalkan beberapa jejak foto sebagai petunjuk utama.

Tentu saja tidak mudah untuk mencari orang dengan sedikit petunjuk, apalagi Amadi baru pertama kali menginjakkan kaki di kota tersebut. Meski dengan bantuan pamannya, terutama untuk tempat tinggal, dia tidak mendapatkan bantuan yang lebih dari itu. Dia harus berkeliling kota di luar jam kerjanya membantu usaha pamannya, untuk menapaki kemungkinan jengkal demi jengkal keberadaan Ikenna.

Beruntung dia bertemu dengan salah satu teman dekat Ikenna semasa kuliah yang memberikan banyak informasi yang belum diketahui olehnya tentang kakaknya ini. Dari sini dia tahu jika Ikenna mengalami kesulitan hidup di kota besar dan berusaha berjuang dengan menggunakan ilmu matematika yang dimilikinya untuk menghasilkan uang.

Sayangnya, justru tekadnya ini membuatnya tenggelam dalam delusi yang berkepanjangan hingga membuat hidupnya berantakan dan terlempar keluar dari kota itu. Dari sisi kehidupan pribadi, Amadi juga mendapatkan informasi tambahan dari Emilia yang justru membuatnya jatuh cinta dan ingin memulai hidup yang baru di salah satu negara di Amerika Selatan ini.

Amadi yang dari kecil tidak pernah dibebankan sesuatu dalam hidupnya dan hidup santai sebagai musisi, tidak ingin beban menanggung hidup keluarga besar yang seharusnya dipikul oleh Ikenna dipikul olehnya kelak. Ketakutan ini membuatnya berada pada dilema. Sedangkan memulai hidup baru di Sao Paulo juga bukanlah hal yang mudah. Ikenna adalah bukti otentiknya. Harus memiliki modal yang kuat untuk itu.

Realita Kehidupan di Sao Paulo

Realita Kehidupan di Sao PauloSumber: imdb.com

Sao Paulo adalah kota metropolis dengan penduduk terbanyak di Brasil, bahkan di seluruh Amerika Selatan. Sejak tahun 1870, banyak imigran datang ke kota ini sehingga menjadikan Sao Paulo sebagai kota dengan multikultur. Berbagai budaya ada di kota ini, Italia dan Portugal adalah yang terbesar, kemudian diikuti oleh Afrika, Arab, Jepang, Jerman, Prancis, Yunani, Cina, Bolivia, Korea dan Yahudi.

Meski bahasa Portugis adalah bahasa resmi di Brasil, tetapi di Sao Paulo berbagai macam bahasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari mereka hanya bisa satu bahasa saja yang membuat kesulitan dalam berkomunikasi, seperti yang ditampilkan di dalam film dimana Emilia hanya bisa berbicara dengan bahasa Portugis, sedangkan Amadi tidak bisa bahasa itu sama sekali.

Efek multi kultur ini membuat demografi di Sao Paulo terkotak-kotak sesuai dengan daerah asal mereka dan dipertemukan di keramaian, salah satunya adalah pusat perbelanjaan. Paman Amadi pun hanya mempekerjakan orang yang berasal dari Afrika, kecuali Emilia yang memang sudah lama bekerja padanya. Bisa jadi, begitupun yang dilakukan oleh warga imigran lainnya.

Matias Mariani mampu menampilkan realita kehidupan di kota besar ini dengan baik. Seolah setiap sudut kota mendapat porsinya masing-masing yang membuat kita mengerti bagaimana gambaran kehidupan di kota yang memiliki klub sepakbola terkenal ini. Hampir sama dengan kota-kota besar di Indonesia, faktor kemiskinan yang berserakan di antara gedung-gedung tinggi adalah masalah utamanya.

Mengungkap Misteri dalam Tempo yang Lambat

Mengungkap Misteri dalam Tempo yang Lambat

Fokus cerita Shine Your Eyes adalah pencarian Amadi terhadap sosok Ikenna yang menghilang nyaris tanpa jejak di Sao Paulo. Misteri hilangnya Ikenna menghadirkan kesulitan tersendiri bagi Amadi. Tapi naskah yang diolah oleh 7 penulis ini, yang salah satunya adalah sutradara Matias Mariani, juga memberikan sekelumit kisah lain di sisi cerita utamanya.

Bagi penonton yang ingin fokus dalam mengungkapkan misterinya, mungkin akan sedikit terganggu dengan sempilan adegan lain yang sepertinya tidak berpengaruh terhadap cerita, apalagi film ini memiliki tempo yang lambat dan menampilkan banyak montage panjang tentang situasi kota. Tapi justru dengan sempilan adegan ini, kita akan semakin mengerti perasaan yang dialami Amadi, dan Ikenna secara tersirat.

Shine Your Eyes merupakan film debut penyutradaraan Matias Mariani, meski sebelumnya dia sudah lama berkecimpung di dunia sinema sebagai produser dan penulis naskah. Mariani juga sempat membuat beberapa film pendek dan dokumenter yang membuat kesan dokumentasi kota Sao Paulo terasa lekat dan otentik di film ini.

Sebagai tambahan referensi, IMDb memberikan rating 6,3 dengan Metascore sebesar 79 yang artinya film ini disukai oleh para kritikus tetapi tidak semua penonton umum bisa menikmatinya dengan baik. Tentu saja apa yang ditampilkan film indie ini memang tidak mudah dicerna, tetapi kualitas film ini mampu menutupi semua itu. Rekomendasi kami? Layak untuk ditonton.

Shine Your Eyes
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram