Bacaterus / Review Film Barat / Sinopsis dan Review 3% Season 4 yang Mendebarkan!

Sinopsis dan Review 3% Season 4 yang Mendebarkan!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Drama series kali ini datang dari Brazil, dimulai pada November 2016, Drama berjudul 3% ini sukses diterima oleh para penonton Netflix dan mampu memasuki season ke 4 nya di Agustus 2020. Masih menceritakan bagaimana para pemuda terpilih untuk saling serang mempertahankan posisinya di sebuah arena pertandingan.

Dari ratusan pemuda pemudi yang ikut dalam pertandingan hanya akan tersisa 3% saja yang akan menerima reward yaitu keluar dari tempat tinggal mereka yang kumuh dan penuh penderitaan. Mereka akan mendapatkan kehidupan baru yang super-duper layak di sebuah tempat bernama Offshore dimana hanya kekayaan, kejayaan dan kebahagiaan yang ditawarkan di sana.

Sinopsis

3% Netflix Poster (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Sci-Fi, Action
  • Produksi: Boutique Films
  • Sutradara: Caesar Charlone
  • Pemain: Joao Miguel, Bianca Compararato, Michel Gomes

Dalam season 4 ini, kita akan disuguhkan dengan pemandangan para pemuda pemudi yang siap-siap untuk berangkat untuk melakukan interview dengan pihak Offshore untuk mendapatkan posisi di Offshore dengan melakukan serangkaian test yang sudah disiapkan oleh pihak Offshore.

Siapapun yang mampu menyelesaikan test yang diberikan oleh Process (Offshore council), maka mereka bisa diterima dan masuk menjadi anggota baru di Offshore. Tempat dimana kehidupan akan lebih baik karena tidak ada kemiskinan, kelaparan dan kesusahan.

Di antara ratusan muda mudi yang berangkat, kita akan difokuskan pada tokoh  Michelle Santana dan beberapa aliasi juga rival Michelle. Mereka semua diharuskan untuk mengikuti serangkaian test dari yang mudah hingga yang paling susah.

Test tersebut dilakukan untuk mengeliminasi lagi para peserta menjadi semakin sedikit. Selain ingin mendapatkan posisi di Offshore, ada misi lain dari Michelle; yaitu menemukan pembunuh Kakaknya di Offshore.

Michelle yang awalnya sudah mempersiapkan segalanya harus dihadapkan dengan test yang sulit yaitu mengorbankan temannya sendiri untuk dieliminasi. Belum selesai penyesalan, Michelle dihadapi lagi dengan rentetan test yang bikin dirinya dan semua rekan-rekannya depresi.

Lambat laun konflik diantara Michelle dengan aliasi dan para rivalnya mulai memanas, karena mereka putus asa sehingga yang awalnya satu suara menjadi terbagi beberapa kelompok. Yang awalnya aliasi berubah menjadi rival begitupun sebaliknya. Ditambah lagi di antara muda mudi yang tersisa, ada yang berlagak menjadi bos bikin keadaan di dalam arena jadi makin runyam.

Masalah lain bisa kita temukan dalam internal Offshore sendiri. Dimana ada dua kubu di dalam Offshore Council. Salah satu petinggi Offshore bernama Aline mencurigai petinggi Offshore lainnya bernama Ezeqiel yang dirasa menyembunyikan sesuatu yang bisa membahayakan Offshore dengan mengubah kebijakan yang sudah ada dan mengabaikan mandat dari para Level C Offshore.

Cerita di Balik Semua Tokoh

Drama 3% (Copy)

Setiap tokoh yang ada di dalam drama series ini memiliki ceritanya masing-masing sebelum masuk ke dalam Process. Kita akan dibawa ke masa lalu setiap tokoh utama sehingga kita bisa melihat watak para tokoh utama yang sebenarnya. Egois? Bossy? Manipulatif? Perasaan bersalah? Tidak mudah percaya? Ketakutan? Semua bisa dilihat.

Nah watak asli mereka itu yang perlahan-lahan ketahuan ketika mereka terjebak di dalam arena. Ada nih, salah satu tokoh pria yang-jujur-saya-idolakan dari awal. Karena baik, ramah dan mau membantu. Eh, setelah terjebak di dorm tanpa makanan, tokoh pria bernama Marqo ini berubah 360’ menjadi seseorang yang bikin saya darah tinggi dan malah kepingin dia tereleminasi saja. Gemesin banget.

Malah yang sebelumnya saya benci malah jadi yang saya idolakan! Joana! Joana ini awalnya rese banget, mencuri koin yang bukan miliknya sehingga rekannya tereliminasi, selalu ingin jadi yang paling tangguh, tidak mau bekerja sama. Eh…di akhir episode, Joana yang membuka pikiran saya kalau Offshore itu sebenarnya tempat yang salah!

The Hunger Games Wannabe

3% Tunnel (Copy)

Dari awal drama dimulai dan melihat banyak muda-mudi yang terpilih untuk berebut posisi di Offshore, saya langsung teringat dengan film survival The Hunger Games yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence. Cerita yang disajikan oleh 3% ini hampir mirip dengan pola cerita The Hunger Games dimana semua muda mudi dikumpulkan untuk ikut peperangan di sebuah arena hingga semua perwakilan habis dibunuh.

Setelah berhasil menghabisi semua perwakilan dari banyak distrik, maka pemenang akan mendapatkan tempat di Capitol. Sama seperti di drama ini yang merebutkan posisi di Offshore. Plotnya persis sekali. Jadi buat saya tidak ada yang istimewa karena jalan ceritanya sudah bisa ditebak dan tiap tebakan yang saya buat pasti terjadi. Jadi ya,biasa saja.

Ah, kecuali adegan dimana mereka yang menjadi penyintas dari ratusan muda mudi dimasukan ke dalam kamar mewah, diberi kesempatan untuk bertemu dengan keluarga dan ditawari uang yang banyak. Itu semua bisa mereka dapatkan apabila mereka menyerah di babak yang jadi modal mereka untuk melanjutkan ke level selanjutnya.

Pemeran Berjibun

3% Netflix (Copy)

Sudah pasti banyak pemeran sih, tapi maksud saya, dalam drama series ini pemeran utamanya lumayan banyak. Itu sudah di luar para cameos ya. Misalnya saja, para petinggi dan karyawan dari Offshore, tiba-tiba ada istri dari Ezeqiel, seorang anak lelaki, ditambah lagi dengan para muda mudi yang ikut pertandingan. Masuk lagi pemeran lain saat tokoh utama diceritakan masa lalunya. Pemerannya jadi terus bertambah.

Buat saya yang doyan menikmati satu cerita dan fokus hanya pada beberapa tokoh utama-5-maksimum-saja jadi kelimpungan kalau banyak pemeran. Untuk mengingat siapa saja yang jadi peran utama jadi PR buat saya.

Hancurkan Offshore!

3% fight Dorm (Copy)

Offshore yang dianggap sebagai surga oleh semua peserta pertandingan di Process, mulai dianggap aneh oleh beberapa orang penyintas. Joana, Fernando dan lainnya. Mereka merasa semua yang dijanjikan hanyalah akal-akalan mereka saja untuk mempermainkan mereka saja.

Joana jadi diminta untuk jadi pembunuh untuk mengurangi populasi bar-bar di tempat tinggalnya dulu, dan semua yang ingin masuk Offshore menjadi pembohong semua! Menyebalkan sekali.

Sepertinya akan ada Season 5 untuk drama series 3% ini; karena dari beberapa sumber, Joana dan Fernando juga yang lainnya akan membawa Michelle keluar dari Offshore dan berniat menghancurkan Offshore karena kebobrokannya. Semoga jalan ceritanya fresh tidak mengikuti jalan cerita film lain yang gampang ditebak

Buat kalian yang senang dengan film-film semacam The Hunger Games atau Maze Runner pasti doyan sih mengikuti drama series 3% ini. Meskipun plotnya sama dan mudah ditebak, tapi lumayan oke kok buat ditonton sehabis pulang kerja atau saat weekend. Oh iya, drama series ini masuk kedalam kategori 17+ ya. Jadi buat kalian yang akan menonton drama ini diharapkan bijak.

Overall, drama series ini saya berikan nilai 6.5/10. Terdiri dari 8 episode, semua ceritanya sudah cukup oke kok buat menghibur kita. Oh iya, jangan lupa nonton Season 1 sampai 3 dulu ya kalau tidak mau bingung. Tapi kalau tidak sabar menonton Season 4 langsung, boleh juga sih. Buat kalian yang sudah menonton drama series ini, kira-kira berapa skor yang akan kalian kasih? Tulis di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *