Sinopsis & Review Security, Kebenaran Lewat Kamera Pengawas

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Security
2.4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kemajuan teknologi di berbagai bidang membuat banyak hal kini lebih mudah untuk dilakukan. Di bidang keamanan misalnya, teknologi kamera pengawas membuat banyak orang bisa lebih mudah memantau rumah atau lingkungan mereka.

Di sebuah film yang berjudul Security, kita juga bisa melihat bagaimana sebuah kejahatan yang ditutupi dengan cukup rapi pada akhirnya terbongkar oleh rekaman yang terlihat di kamera pengawas. Bagaimana cerita lengkapnya? Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

security-1_

Film berdurasi 118 menit ini mengambil setting di sebuah kota yang bernama Forte Dei Marmi, sebuah kota tepi pantai dengan banyak rumah-rumah yang dimiliki oleh para orang-orang kaya.

Roberto Santini memiliki bisnis di bidang keamanan dengan menjaga rumah-rumah di kawasan tersebut. Sementara sang istri, Claudia, tengah mencalonkan diri menjadi walikota.

Kehidupan Roberto dan Claudia beserta satu anak mereka, Angela juga kurang harmonis. Roberto sering tidak pulang karena mengalami insomnia sementara Angela sibuk dengan kehidupan remajanya.

Rupanya Angela berpacaran dengan professor yang mengajar di sekolahnya. Stefano. Sementara itu di suatu malam, sebuah peristiwa menimpa Maria, teman sekelas Angela.

Dari kamera pengawas beberapa rumah yang dijaga Roberto, tampak Maria yang sudah terluka meminta pertolongan di jalanan. Di malam yang sama, Roberto juga menemukan Dario, anak dari selingkuhannya, Elena yang berkeliaran di jalan sembari mabuk. Roberto kemudian mengantarkan Dario ke rumahnya.

Di hari selanjutnya, hasil penyelidikan kamera pengawas menyatakan bahwa Maria dianiaya oleh ayahnya sendiri, Walter

Roberto dan Walter diketahui memiliki hubungan yang buruk karena di masa lalu Walter dianggap telah melecehkan Angela yang juga membuat hubungan keluarga Roberto memburuk. Namun saat Maria tersadar di rumah sakit, ia mengungkap hal lain.

Maria mengatakan jika ayahnya tidak terlibat dalam penganiayaan tersebut. Ia mengatakan jika peristiwa itu terjadi di rumah Pilati, politisi kaya yang juga pendukung Claudia.

Roberto pun kembali melakukan penyelidikannya. Ia kemudian mengetahui jika pada kejadian tersebut Maria dibawa oleh Pilati dan seorang pria lain ke rumahnya dan ia mabuk serta berhubungan seksual dengan Dario.

Belakangan diketahui jika pria yang membawa Maria tersebut adalah Stefano yang juga kekasih gelap dari Angela.

Angela yang mengetahui fakta tersebut sempat marah karena menganggap Stefano memiliki hubungan dengan Maria. Namun Angela yang begitu mencintai Stefano justru mengajaknya untuk kabur agar Stefano bisa terlepas dari masalah tersebut.

Tetapi Stefano justru mencampakkan Angela. Angela yang patah hati pun akhirnya kembali pada ayahnya. Dalam tugas yang ia bacakan di kelas Stefano, Angela mengaku telah memaafkan trauma masa kecilnya saat ia dilecehkan oleh Walter. Sementara itu, Roberto juga semakin menemukan titik terang dari kasus Maria.

Roberto membawa Dario ke kantor polisi dan Dario pun mengakui semuanya. Ia mengaku dibayar oleh Pilati untuk membawa dan melakukan hubungan seks dengan para gadis-gadis di rumah itu. Sementara Pilati mengawasi mereka dan menjadikannya bahan fantasi bagi dirinya yang memiliki kelainan tidak bisa disentuh oleh lawan jenis.

Saat Maria datang, Pilati yang sudah tak tahan mencoba untuk meracuninya dengan obat bius yang ia tuangkan dalam kopi dan mencoba menyentuh tubuh Maria.

Namun ia kemudian justru menganiaya Maria dan menutupi semua fakta tersebut dengan harta dan kekuasaan yang dimilikinya. Walter yang mengetahui fakta itu pun akhirnya memilih untuk bunuh diri.

Setelah peristiwa bunuh diri Walter, Roberto kembali mencari bukti mengenai kejahatan yang dilakukan Pilati. Ia kembali menelusuri setiap kamera pengawas dan mengumpulkan rekaman video yang menampilkan apa yang dilakukan Pilati pada Maria.

Setelah itu, Roberto mengirimkannya pada semua warga sehingga seluruh penduduk Forte Dei Marmi mengetahui kebusukan Pilati.

Alur Cerita yang Berputar-Putar dan Banyaknya Sub Plot

security-2_

Sejak awal hingga akhir film, film Security tampak menampilkan alur cerita yang cukup berputar-putar dan tidak berfokus pada satu plot utama saja.

Hingga pertengahan film kamu mungkin tidak bisa menebak mana bagian plot utama dan bagian sub plot dari film ini. Security tampak memiliki cukup banyak subplot yang membuat jalan ceritanya terasa melebar.

Meski plot utama dari film ini adalah mengenai peristiwa penganiayaan yang dialami oleh Maria, namun hal itu terasa tidak fokus diceritakan.

Kita justru dibawa untuk melihat cerita-cerita lain seperti kisah percintaan Angela, kehidupan pernikahan Roberto dan Claudia, perjalanan karir Claudia dan Pilati, hingga masa lalu yang menceritakan kejahatan yang dilakukan Walter.

Hal ini akan membuatmu sedikit kebingungan untuk mengikuti jalan ceritanya dan membuat setiap konflik tidak terasa sampai klimaks karena langsung beralih ke sub plot cerita yang lain. Meskipun di akhir cerita semua subplot ini sedikit beririsan satu sama lain, tampaknya hal ini membuat cerita film Security terasa kurang greget sebagai film thriller.

Karakter Pendukung yang Terlalu Banyak

security-3_

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, banyaknya sub plot dari film ini pun membuat film Security memiliki cukup banyak karakter pendukung. Semua karakter juga tampak memiliki porsi yang sama, tidak ada karakter yang cukup dominan dibanding lainnya, bahkan karakter Roberto Santini yang tampaknya dibuat sebagai karakter utama.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram