bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Sassy Girl Chun Hyang (2005)

Serial drama ini mengisahkan tentang perjalanan romansa Chun Hyang dan Mong Ryong, sepasang remaja yang terpaksa menikah karena kesalahpahaman orang tua mereka. Mereka harus menjalani perikatan yang diawali tanpa cinta. Namun, seiring berjalannya waktu, dengan banyak hal yang harus mereka lalui bersama, akhirnya tumbuhlah rasa itu di antara keduanya.

Pada masa tayangnya, Sassy Girl Chun Hyang (2005) mendapatkan rating nasional 24,3% serta mendapatkan 5 penghargaan pada KBS Drama Awards 2005. Salah satunya yaitu Best Couple Award untuk Han Chae Young dan Jae Hee. Buat yang lupa sama ceritanya atau belum tahu drakor ini, yuk, baca sinopsis dan review-nya!

Sinopsis

Sassy Girl Chun Hyang (2005)
  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Romantic, Comedy
  • Produksi: -
  • Sutradara: Jeon Ki Sang, Ji Byung Hyun
  • Pemeran: Han Chae Young, Jae Hee, Uhm Tae Woong, Park Si Eun, Lee In Hye, Moon Ji Yoon, Kim Chung, Ahn Suk Hwan, Choi Ran, Joo Ho, Lee Han Wi
  • Jumlah episode: 17

Pertemuan pertama Sung Chun Hyang (Han Chae Young) dengan Lee Mong Ryong (Jae Hee) memang kurang menyenangkan. Sampai mereka mengetahui kalau mereka satu sekolah, kehidupan mereka jadi lebih tidak menyenangkan lagi.

Mong Ryong anak manja dan nakal dari seorang kepala polisi yang dihormati banyak orang. Sedangkan Chun Hyang anak dari keluarga sederhana yang selalu bekerja keras membantu kedua orang tuanya. Mong Ryong terlalu sering menjahili Chun Hyang, sampai-sampai dia sakit dan tidak masuk sekolah.

Sassy Girl

Mong Ryong yang menyadari kemungkinan Chun Hyang sakit karena ulahnya. Dia pun memberanikan diri menjenguk Chun Hyang ke rumahnya. Di rumah Chun Hyang, Mong Ryong meminum 'jus' yang malah membuat dia tertidur sangat lelap di tempat tidur, tepat di sebelah Chun Hyang. Belakangan diketahui, kalau yang dikonsumsi Mong Ryong adalah minuman anggur.

Mereka hanya tidur bersebelahan, tidak melakukan apa pun. Namun, karena insiden dengan sahabat Mong Ryong di sekolah, kejadian itu menjadi rahasia publik dan sampai ke telinga orang tua mereka. Kedua keluarga sepakat untuk menikahkan mereka atas dasar 'tanggung jawab'.

Sassy Girl Chun Hyang (2005)

Sebelum menikah, Mong Ryong yang telah menyukai Hong Chae Rin (Park Si Eun) sejak lama, berusaha menyatakan perasaannya. Namun, Chae Rin keberatan karena selalu memandang Mong Ryong seperti seorang adik. Kemudian, Mong Ryong dan Chun Hyang pun menikah. Mereka harus menjalani kehidupan pernikahan yang canggung.

Mereka menghadapi ujian pernikahan yang cukup berliku. Chae Rin muncul lagi di kehidupan Mong Ryong setelah putus dari pacarnya. Karena merasa kehilangan perhatian Mong Ryong yang dulu selalu menempel padanya, Chae Rin pun berusaha mendapatkan Mong Ryong kembali.

chae rin

Lalu, hadir juga Byun Hak Do (Uhm Tae Woong), seorang pimpinan tertinggi dalam sebuah talent agency besar dan terkenal. Pada awalnya, dia hanya sering menolong Chung Hyang ketika mengalami kesulitan. Namun, lama kelamaan dia menjadi sangat berhasrat untuk memiliki Chun Hyang seorang diri. Hal ini memicu kecemburuan dalam hati Mong Ryong, karena walau bagaimana pun, Chun Hyang adalah istrinya.

Di sela-sela kehidupan pernikahan mereka yang unik, Mong Ryong yang kurang pandai dibantu oleh Chun Hyang yang selalu rangking pertama di sekolahnya untuk studi bersama. Itu semua demi cita-cita Mong Ryong untuk masuk ke universitas terbaik tempat di mana Chae Rin kuliah. Walaupun sakit hati, Chun Hyang tetap membimbing Mong Ryong untuk belajar.

Sassy Girl Chun Hyang (200

Setelah berjuang, mereka berdua sama-sama berhasil masuk ke universitas tersebut. Naasnya, Chun Hyang berdusta kepada orang tua Mong Ryong saat dia berjanji akan bertemu mereka di Seoul. Chun Hyang tidak bisa berkuliah di Seoul karena ibunya telah ditipu habis-habisan sehingga kehilangan uang untuk biaya kuliah Chun Hyang.

Dalam kesulitan yang Chun Hyang alami, Chae Rin mengganggu hati dan pikiran Chun Hyang dengan mengatakan bahwa Mong Ryong hanya iba kepada Chun Hyang, bukan karena cinta tulus. Namun, perlahan Mong Ryong dan Chun Hyang akhirnya saling mengakui perasaan mereka satu sama lain.

Sassy Girl

Kali ini, mereka berdua dihadapi tantangan dari kebusukan Hak Do yang memanipulasi video dari kamera CCTV. Seolah-olah Mong Ryong adalah pelaku kejahatan seksual, padahal pada kenyataannya Mong Ryong sedang menolong korban.

Video editan itu menjadi senjata Hak Do untuk menekan Chun Hyang. Dia menawarkan pilihan kepada Chun Hyang, berpisah dengan Mong Ryong dan pergi bersamanya ke Jepang atau jika tetap bersama Mong Ryong maka video itu akan disebarkan media massa.

Sassy Girl Chun Hyang (2)

Chun Hyang yang tidak ingin hal buruk terjadi kepada Mong Ryong, terpaksa memilih pergi ke Jepang bersama Hak Do. Namun, menjelang pesawat akan lepas landas, Chun Hyang tidak pernah muncul dan membuat Hak Do sangat kecewa dan murka.

Tahun-tahun pun berlalu, Chun Hyang membuka pabrik aksesori buatannya sendiri, namun menyembunyikan identitasnya supaya Hak Do tidak bisa menemukannya. Lalu, Mong Ryong telah berprofesi sebagai jaksa yang populer.

Sedangkan Hak Do, dia kembali ke Korea. Dia berusaha mendapatkan Chun Hyang kembali ketika tidak sengaja melihat wanita idamannya di pernikahan Bang Ji Hyuk (Moon Ji Yoon) dan Han Dan Hee (Lee In Hye), sahabat Mong Ryong dan Chun Hyang.

Sassy Girl

Kim Dong Soo (Joo Ho), tangan kanan Chun Hyang, tidak sengaja mengalami insiden dengan Mong Ryong. Dia menjadi korban penculikan karena dikira sebagai narasumber Mong Ryong oleh para kriminal yang membenci sang jaksa. Pada akhirnya, Dong Soo bisa diselamatkan, dan kejadian ini membawa Mong Ryong menemukan Chun Hyang. 

Mong Ryong berusaha mendapatkan Chun Hyang kembali. Namun, Chun Hyang masih khawatir dengan ultimatum Hak Do yang dulu-dulu. Sekarang, Mong Ryong bukan anak SMA lagi melainkan seorang jaksa, sehingga dia tidak akan tinggal diam. Dia mengusut talent agency milik Hak Do dan menemukan keterkaitan Hak Do dengan geng mafia. 

Mong Ryong pun bisa membersihkan nama baiknya karena telah mendapatkan video asli dari kasus kejahatan seksual yang dulu menimpanya. Para mafia yang tidak menerima keberhasilan Mong Ryong, menangkap Chun Hyang. Hak Do membantu Mong Ryong untuk membebaskan Chun Hyang. Hak Do dan Chae Rin pun akhirnya merelakan Mong Ryong dan Chun Hyang menikah kembali.

Chunhyangjeon versi Modern

Sassy Girl Chun

Sassy Girl Chun Hyang (2005) terinspirasi dari Chunhyangjeon (The Story of Chunhyang atau The Tale of Chunhyang), sebuah folklor populer asal Korea. Tokoh Seong Chunghyang menjadi Sung Chun Hyang, Yi Mongryong menjadi Lee Mong Ryong, serta Byeon Hakdo menjadi Byun Hak Do.

Dalam Chunhyangjeon, Chunhyang adalah seorang anak gisaeng yang saling jatuh cinta dengan Mongryong, anak seorang pejabat. Cinta mereka diuji dengan Mongryong yang harus ikut ayahnya pindah ke tempat yang jauh. Lalu, ada pejabat baru yang jahat, ambisius dan korup, Byeon Hakdo, yang memperlakukan Chunghyang seperti ibunya yang seorang gisaeng.

Dalam versi modernnya yaitu drama ini, Chun Hyang adalah seorang anak yatim dari ibu yang kurang fokus mengurusnya. Dia harus hidup susah dengan bekerja part time di luar jam sekolahnya.

Serta, harus menerima kesulitan lainnya karena ibunya telah menggunakan biaya kuliahnya dan kehilangan uang tersebut akibat ditipu. Namun, Chun Hyang seorang pekerja keras, sehingga setelah dewasa dia bisa membuka pabrik aksesoris yang sukses.

Lalu Mong Ryong adalah seorang anak nakal, kurang pintar dan suka berkelahi. Namun, semenjak bertemu Chun Hyang, dia perlahan berubah. Pernikahan terpaksa yang harus mereka jalani menumbuhkan cinta di antara keduanya. Meski kehadiran Chae Rin dan Bak Do membumbui pernikahan mereka dengan air mata. Pada akhirnya, Chun Hyang dan Mong Ryong bisa bersatu untuk selamanya.

Tema Umum tapi Nggak Ngebosenin

Sassy Girl

Buat yang sudah pernah nonton, mungkin setuju dengan pendapat saya. Serial drama ini temanya memang umum dan mungkin mudah ditebak alurnya. Dua sejoli saling membenci, tapi karena sering bertemu jadi saling suka.

Hadir orang ketiga dan keempat, namun bukan karena salah satunya selingkuh, tapi karena sosok yang ingin merebut salah satu pasangannya untuk menjadi miliknya. Bahkan, menghalalkan segala cara demi memisahkan mereka berdua.

Meski genre-nya populer, namun alur cerita dikemas secara apik dan menarik. Drakor ini juga dibumbui dengan sedikit komedi dari tingkah laku para pemeran yang menambah keseruan kita untuk terus menonton seluruh episode yang disuguhkan. Selain itu, adegan-adegan yang bikin gereget juga jangan dilupakan. Seperti saat Chae Rin mencuri sketsa desain aksesoris milik Chun Hyang.

Lalu, saat Hak Do melakukan cara apa pun untuk mendapatkan Chung Hyang meski itu bertentangan dengan hukum sekalipun. Namun, Mong Ryong yang memang tulus mencintai Chung Hyang, mampu menyelesaikan permasalahan itu dengan baik sesuai profesinya, yaitu jaksa. Serta, banyak adegan-adegan romantis Mong Ryong dengan Chun Hyang juga bikin baper, kan.

Rating Tinggi dengan Penonton yang Antusias

Sassy

Pada awalnya, serial drama Sassy Girl Chun Hyang (2005) ini dibuat dalam 16 episode. Namun, karena mendapatkan rating dunia 32,2%, dibuatlah 1 episode tambahan untuk menyenangkan hati para pemirsanya.

Sampai sekarang, serial drama yang ditulis oleh Hong Sisters (Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran) ini tetap memiliki rating tertinggi di antara karya mereka yang lainnya. Dalam IMDb, serial drama ini sendiri mendapatkan rating 7,6/10.  

Peran aktor dan aktris dalam serial drama ini juga menunjukkan bahwa mereka memang patut mendapatkan penghargaan. Pada acara KBS Drama Awards 2005, Jae Hee dan Han Chae Young mendapatkan penghargaan Best Couple Award karena chemistry mereka yang sangat baik.

Ada pula penghargaan Popularity Award untuk Han Chae Young. Kemudian, Jae Hee mendapatkan penghargaan Best New Actor, sementara Uhm Tae Woong mendapatkan penghargaan Excellence Award. Sampai sekarang, mereka semua masih aktif dalam dunia layar kaca maupun layar perak. 

Demikianlah sinopsis dan review serial drama Sassy Girl Chun Hyang (2005). Buat yang belum pernah nonton, mungkin agak sulit mencari serial drama ini. Namun, pada masa tayangnya, peminat serial drama ini sangatlah banyak.

Sampai-sampai gaya rambut dan aksesoris karakter Chung Hyang pun digandrungi, loh. Apa kamu termasuk yang pernah nonton drakor ini pada masa tayangnya?

Sassy Girl Chun Hyang
Rating: 
4.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram