Sinopsis & Review Film Safety Not Guaranteed (2012)

Ditulis oleh Aditya Putra
Safety Not Guaranteed
4
/5

Waktu merupakan sesuatu yang abstrak dan mengalir begitu saja tanpa bisa dihentikan, dipercepat atau diperlambat. Penjelajahan waktu dalam artian bisa kembali ke masa lalu kemudian membuat perubahan dianggap sebagai sebuah misi yang nyaris mustahil. Tapi para ilmuwan nggak berpikir demikian, mereka terus mencari formula untuk bisa mewujudkannya.

Penjelajahan waktu selalu menjadi topik yang nggak ada habisnya untuk dibicarakan. Oleh karena itu, sering diangkat temanya ke dalam film. Ada Back to the Future, Looper, Terminator dan Groundhog Day yang bercerita tentang penjelajahan waktu. Di film Safety Not Guaranteed, ada orang yang mencari rekan untuk penjelajahan waktu. Simak sinopsis dan review filmnya yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Film Safety Not Guaranteed (2012) 1
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Big Beach, Duplass Brother Productions
  • Sutradara: Colin Trevorrow
  • Pemain: Aubrey Plaza, Mark Duplass, Jake Johnson, Karan Soni, Jenica Bergere, Kristen Bell

Darius Britt adalah seorang perempuan yang baru saja lulus dari University of Washington. Dia tinggal di Seattle bersama ayahnya yang sudah nggak punya istri. Dia mendapat kesempatan magang di Seattle Magazine. Salah satu penulis di majalah tersebut, Jeff Schwensen, mencoba menyelidiki sebuah iklan yang mencari rekan untuk penjelajahan waktu.

Pemasang iklan itu mengatakan bahwa dia pernah melakukannya sekali. Di akhir iklan, ada kalimat Safety Not Guaranteed. Jeff mengajukan usul agar diberi kesempatan menyelidiki iklan penjelahan waktu lebih dalam. Usulan Jeff disetujui oleh atasannya, Bridget. Jeff pun diberi keleluasaan untuk memilih timnya.

Dia memilih Darius beserta Arnau, seorang pelajar yang magang demi punya daftar panjang di CV-nya agar bisa diterima di sekolah kedokteran. Jeff dan timnya mulai menelusuri siapa di balik iklan penjelajahan waktu. Mereka mendatangi komunitas-komunitas di Seattle dan mendapat petunjuk. Petunjuk itu bilang sang pengiklan ingin mencari pasangannya di masa lalu.

Darius berhasil mendapat informasi tentang pemasang iklan itu. Orang itu adalah Kenneth Calloway. Kenneth adalah seorang penjaga toko. Jeff mulai mencari cara untuk mendapat informasi tentang Kenneth, masalahnya Kenneth dianggap sebagai orang gila oleh orang-orang di sekelilingnya. Oleh karena itu, Jeff mengutus Darius untuk mendekati Kenneth.

Sifat Darius yang sinis dan pesimis membuatnya berhasil menjalin kedekatan dengan Kenneth. Terlebih dia menyatakan siap menjadi orang yang melakukan penjelajahan waktu. Di balik keinginan kuat Kenneth untuk menjelajah waktu, dia menyimpan ketakutan. Dia merasa ada agen rahasia yang mengintainya.

Darius berhasil memperoleh kepercayaan Kenneth setelah rela berpartisipasi dalam berbagai percobaan yang Kenneth lakukan. Perlahan-lahan Darius mulai menyimpan perasaan pada Kenneth. Darius mulai membuka diri pada Kenneth. Dia menjelaskan bahwa dia kehilangan ibunya di usia yang sangat muda dan ingin berusaha mencegah hal itu terjadi.

Kenneth pun membuka diri. Dia menyatakan ingin kembali ke tahun 2001 dan mencegah kematian pacarnya saat itu, Belinda. Belinda tewas karena seseorang menabrakan mobil ke rumahnya. Punya pengalaman kehilangan yang sama membuat kedekatan mereka semakin erat. Keduanya jadi saling percaya untuk membuka diri.

Jeff melacak keberadaan Liz, perempuan yang ditaksirnya ketika remaja. Dia akhirnya berhasil menemukan pujaan hatinya dulu itu walau menurut dia fisiknya sudah nggak semenarik dulu. Dia mengajak Liz untuk tinggal bersamanya di Seattle. Liz menolak dengan alasan hubungan dengan Jeff bukanlah sesuatu yang serius.


Sinopsis & Review Film Safety Not Guaranteed (2012) 3

Merasa frustasi, Jeff mengajak Arnau untuk mencari wanita. Jeff memberi saran bahwa masa muda sebaiknya dihabiskan untuk bersenang-senang. Keesokan harinya, Jeff mendapat telpon dari Bridget, salah satu pegawai Seattle Magazine. Bridget yang mendapat laporan perkembangan pekerjaan Jeff, mengatakan bahwa Belinda masih hidup.

Darius mulai mewawancara Kenneth mengenai Belinda. Kenneth memberi penjelasan bahwa dia dan Belinda dulu hanyalah berteman. Dia menambahkan bahwa dialah yang menabrakkan mobil ke rumah. Tapi rumah yang ditabrak adalah rumah mantan Belinda dan pada saat itu nggak ada satu orang pun yang terluka.

Setelah wawancara, Darius ditanyai oleh dua orang agen pemerintah. Mereka mencurigai Kenneth sebagai mata-mata karena berkomunikasi dengan para ilmuwan. Darius menghampiri Kenneth untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kondisi Belinda yang masih hidup, menurut Kenneth adalah keberhasilannya membangun mesin penjelajahan waktu.

Benarkah Kenneth berhasil menjelajahi waktu? Ataukah dia seperti yang dikatakan oleh sekelilingnya bahwa dia orang gila? Film yang mengangkat tema penjelajahan waktu yang dipadukan dengan misteri memang bukan hal yang baru. Formula ini cukup sering dipakai, tapi film ini berhasil membuat cerita yang segar sehingga penonton akan dibuat betah sampai akhir.

Pendekatan Berbeda dari Tema Penjelahan Waktu

Sinopsis & Review Film Safety Not Guaranteed (2012) 5

Tema penjelajahan waktu di film Safety Not Guaranteed dikemas dengan cara yang unik yaitu apa yang melatarbelakangi keinginan untuk menjelajahi waktu. Pendekatan itu bukanlah sesuatu yang baru karena film-film lain pernah melakukannya tapi film ini terasa relatable dan menyentuh.

Mereka yang menginginkannya adalah orang-orang biasa, bukan ilmuwan sehingga yang mereka inginkan pun hanyalah hal-hal sederhana tapi bermakna besar dalam hidup mereka. Kenneth dan Darius merupakan dua orang yang benar-benar tertarik untuk menjelajahi waktu. Kenneth ingin mengembalikan Belinda yang meninggal dan Darius ingin mencegah kematian ibunya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram