bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 10 Juli 2021

Seon Gyeom adalah atlet lari nasional yang berasal dari keluarga berada. Ibunya aktris hebat dan ayahnya seorang politikus yang diakui dan menjaga reputasi. Sayangnya, dia tak pernah merasa nyaman dengan perlakuan kedua orangtua, terutama sang ayah yang terlalu banyak mengatur dengan dalih kasih sayang.

Di sisi lain, Mi Joo adalah gadis yatim piatu yang bekerja keras untuk hidupnya hingga dia menjadi penerjemah yang diperhitungkan. Sebuah tugas dari sang profesor mempertemukan dirinya dan Seon Gyeom dalam satu projek. Kedekatan antara keduanya pun mulai terjalin. Lalu bisakah dua orang yang berbeda ‘dunia’ ini bisa bersama? Kelanjutan cerita Run On bisa Anda saksikan di Netflix, tapi jika ingin sedikit mengetahui gambarannya sinopsis dan ulasan di bawah ini adalah yang Anda butuhkan.

Sinopsis

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 16 Desember 2020 – 4 Februari 2021
  • Genre: Romantis, Drama, Olahraga
  • Produksi: Mace, Zium Content
  • Sutradara: Lee Jae Hoon
  • Pemeran: Im Si Wan, Shin Se Kyung, Choi Soo Young, Kang Tae Oh
  • Jumlah Episode: 16

Drama dibuka dengan scene ketika dua orang terlihat berlari. Rupanya mereka adalah Ki Sun Gyeom (Im Si Wan) dan Oh Mi Joo (Shin Se Kyung) yang berlari dengan tujuan serta maksud berbeda. Ki Sun Gyeom adalah seorang atlet lari yang merupakan putra aktris terkenal Yook Ji Woo (Cha Hwa Yeon) dan politikus besar, Ki Jung Do (Park Yeong Gyu). Lari adalah kegiatannya setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Sementara itu Oh Mi Joo berlari karena mengejar jadwal pemutaran film di sebuah festival. Film yang akan ditontonnya ini merupakan hasil kerjanya sebagai penerjemah. Secara kebetulan film ini juga merupakan karya sang mantan, sutradara Han Seok Won (Bae Yoo Ram). Namun, belum sampai tujuan perhatian Mi Joo teralihkan oleh sang aktris idola, Yook Ji Woo, yang tampil di satu acara di festival tersebut.

Selesai pemutaran film, Oh Mi Joo diajak makan malam perayaan bersama. Di sana sudah duduk sang mantan selaku sutradara dan profesornya, Profesor Hwang Guk Geon (Kim Jung Ho). Mi Joo tampak tidak nyaman berada di dekat keduanya tapi dia harus melakukan itu untuk formalitas. Benar saja, dalam keadaan mabuk, sang profesor terkesan merendahkan kemampuan Mi Joo sebagai penerjemah.

Sang profesor lantas merasa dipermalukan oleh ucapan Mi Joo. Keributan pun tidak bisa dihindarkan. Oh Mi Joo kemudian pergi meninggalkan makan malam tapi  Han Seok Won mengejarnya. Tak ingin lagi berurusan dengan sang mantan atau kejadian tadi, Mi Joo setengah berlari hinga tak melihat seseorang di depannya.

Dia pun menabrak Ki Seon Gyeom yang juga ada di festival tersebut dari belakang. Ki Seon Gyeom berada di sana karena menemani sang ibu di karpet merah sekaligus bertemu teman-teman sesama atletnya. Isi tasnya berhamburan keluar, termasuk pemantik berupa pistol yang kemudian dipungut oleh Seon Gyeom.

Han Seok Won berusaha membawa Mi Joo kembali dengan menarik tangannya di depan Seon Gyeom. Gadis itu terang menolak hingga terjadi pemaksaan. Seon Gyeom yang masih memegang pistol pemantik milik Mi Joo menodongkannya ke Han Seok Won. Secara kebetulan kembang api di daerah itu dinyalakan dan membuat sang sutradara kaget sementara Mi Joo berhasil pergi.

Esok harinya Seon Gyeom berlatih di arena pelatihan bersama atlet lainnya, termasuk Kim Woo Sik (Lee Jeong Ha), Kwon Young Il (Park Sung Joon) dan Park Gyu Deok (Park Sang Won). Di sana diketahui bahwa Seon Gyeom telah menolak sebuah wawancara karena merasa tidak berprestasi dibanding Young Il yang memang berhasil memecahkan rekor lari di Korea. Berseloroh, Young Il merasa temannya itu menyebalkan karena sudah berlagak eksklusif dan pintar.

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah 3

Di arena lari, Woo Sik menghampiri Seon Gyeom yang sudah lebih dulu ada di sana. Keduanya berbicara tentang senioritas yang melelahkan. Esok harinya Mi Joo kembali bertemu dengan Han Seok Won. Mi Joo tidak segera kembali ke Seoul karena harus menyelesaikan pekerjaannya menerjemahkan wawancara Han Seok Won. Namun, wawancara tersebut rupanya sudah diambil alih oleh Profesor Hwang. Gadis itu lantas berusaha mendapatkan pekerjaannya kembali dengan meminta maaf pada sang profesor secara langsung.

Upayanya cukup sulit hingga perlu mengajak sahabatnya, Park May (Lee Bong Ryun), yang kini menjadi distributor film sukses, untuk menemui Profesor Hwang.  Sementara itu di tempat pelatihan, Seon Gyeom menyadari ada yang salah dari Woo Sik, terutama karena bekas luka atau memar di tubuhnya. Atlet junior itu tidak mau mengaku dan berusaha menutupi tapi Seon Gyeom bisa menebak siapa pelakunya.

Di sisi lain Mi Joo dan Park May berhasil menemui Profesor Hwang. Scene berpindah ketika Ki Jeong Do, ayah Seon Gyeom, meneleponnya dan meminta segera dicarikan penerjemah lisan selama sepekan untuk mengikuti jadwal sang putra guna membantunya berhadapan dengan reporter asing. Profesor Hwang tak perlu pikir panjang dan langsung memberikan tugas paruh waktu tanpa bayaran ini untuk Mi Joo.

Esok harinya Mi Joo yang hobi mengoleksi duplikat-duplikat pistol ditipu oleh seorang penjual yang membawa kabur uang dan pistol miliknya. Gadis ini mengejar penipu tersebut sekuat tenaga. Melihat Mi Joo kesulitan, Seon Gyeom yang kebetulan berada di sana melempar sebuah tabung panjang berisi termos hingga berhasil mengenainya. Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya pada mereka berdua? Bagaimana Mi Joo melakukan tugasnya sebagai penerjemah untuk Seon Gyeom selama satu minggu?

Karakter-Karakter Menarik

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah 5

Jika melihat pada dua karakter utama drama Run On, secara garis besar tidak ada yang istimewa. Maksudnya, mereka adalah dua orang yang datang dari latar belakang keluarga dan status ekonomi serta sosial berbeda. Pemasangan karakter semacam ini lumrah ditemukan di banyak judul drama Korea. Namun, ada hal yang bisa Anda pelajari dari para karakter di sini.

Karakter Seon Gyeom yang hidupnya tak pernah kesulitan uang, tampak baik-baik saja dari luar. Padahal sebagai seorang anak dia tak pernah merasa punya ‘rumah’. Hidup di bawah kendali sang ayah yang otoriter lama-lama membuatnya muak. Menariknya, karakter Seon Gyeom begitu tenang tanpa emosi yang meledak-ledak seperti lelaki muda lainnya.

Anda juga akan bertemu dengan karakter Mi Joo; gadis yatim piatu yang hanya tahu bekerja keras. Mi Joo terbiasa disepelekan sejak remaja, hal itulah yang membuatnya jadi pribadi yang keras dan berani. Dia bahkan berani untuk tidak menuruti permintaan ayah Seon Gyeom. Dia sudah cukup baik tapi ketika berhadapan dengan Seon Gyeom, Mi Joo merasa kecil dan bersalah; bukan karena status sosial mereka tapi karena kebaikan hati Seon Gyeom.

Tampilkan Profesi yang Cukup Berbeda

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah 7

Bukan pengusaha atau pebisnis sukses, dalam Run On Anda akan melihat profesi lain yang tak kalah menarik diangkat sebagai latar belakang karakter utama, yaitu atlet lari nasional dan penerjemah. Tidak banyak drama Korea dengan pilihan profesi semacam keduanya. Apalagi profesi tersebut diangkat ke dalam alur cerita melalui dialog-dialognya.

Dari penjelasan yang disampaikan Seon Gyeom dalam salah satu scene, Anda akan tahu bahwa atlet yang bisa berlari cepat memang terlahir dengan bakat demikian. Singkatnya, informasi dan pengetahuan terkait dunia lari turut dimasukkan ke dalam cerita. Kehidupan seorang penerjemah pun diwakilkan oleh kepiawaian karakter Mi Joo ketika membantu Seon Gyeom menyelesaikan masalahnya.

Pada salah satu episode Anda akan melihat betapa Mi Joo bersemangat menerjemahkan berita berbahasa Inggris mengenai pengungkapan skandal pemukulan yang dialami Woo Sik ke dalam bahasa Korea. Hasilnya banyak pihak mulai mengetahui kebenaran kisah yang melibatkan Seon Gyeom. Kerjasama yang asyik dan tidak terduga antara dua profesi, bukan? Di sini sutradara dan penulis cerita terlihat menunjukkan kualitasnya.

Drama Romantis dengan Naskah Menarik

Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah 9

Drama Run On menampilkan kisah romantis dengan script yang menarik, tidak terlalu penuh ‘bunga’ atau kiasan yang manis-manis tapi justru terasa nyata. Hubungan keduanya terasa mengalir. Anda bisa merasakannya ketika Seon Gyeom harus menghadapi masalah. Dialog-dialog yang keluar dari Seon Gyeom atau Mi Joo terasa tidak berlebihan tapi punya daya untuk saling menguatkan.

Belum lagi chemistry antara keduanya juga cukup natural dan menyenangkan. Mi Joo yang diam-diam menyadari perasaannya tetap bisa mengendalikan diri tanpa ada tindakan-tindakan atau sikap yang berlebihan. Sementara Seon Gyeom yang pendiam dan terlalu baik hati juga menyikapi segala sesuatu dengan sikap yang tenang.

Run On adalah salah satu drama romantis dengan pilihan pemain yang berkualitas. Im Siwan sebelumnya sukses dalam drama Strangers From Hell (2019) yang dia mainkan bersama Lee Dong Wook. Sementara itu Shin Se Kyung juga tak kalah memikat dalam drama Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019) yang dia mainkan bersama Cha Eun Woo. Keduanya membawakan cerita dalam drama ini dengan mengesankan. Sudah penasaran untuk mulai menontonnya?

Run On
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram