Sinopsis & Review Rumput Tetangga, Apakah Benar Lebih Hijau?

Ditulis oleh Syuri
Rumput Tetangga
3.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Rumput Tetangga adalah film Indonesia tahun 2019 yang ber-genre drama, keluarga, komedi, dan fantasi. Memiliki judul internasional If I Were You, film ini menyinggung isu perempuan yang telah dewasa.

Penonton bisa melihat dari dua sisi, yaitu orang yang profesi menjadi ibu rumah tangga dan yang menjadi business woman. Ingin tahu seperti apa sinopsis dan ulasan film Rumput Tetangga dari Bacaterus? Scroll sampai bawah, ya!

Sinopsis

if i were you

Pernah mendengar pepatah 'the grass is always greener in the other side' atau 'rumput tetangga selalu tampak lebih hijau'? Kamu pasti sudah sering mendengarnya. Walau kamu bukan ahli bahasa sekalipun, kamu mungkin bisa langsung paham apa maknanya, bukan?

Nah, film Indonesia berjudul Rumput Tetangga ini diangkat dari pepatah terkenal tersebut. Mengisahkan Kirana (Titi Kamal), seorang ibu rumah tangga biasa-biasa saja. Ia total menjadi IRT, membiarkan suaminya seorang diri mencari nafkah untuk keluarga. Ia telah dikaruniai dua orang anak, satu perempuan dan satu laki-laki.

Rumput-Tetangga-

Suaminya, Ben (Raffi Ahmad), adalah pacarnya sejak zaman SMA. Mereka terbukti langgeng karena bisa bertahan sampai jenjang pernikahan. Dulu, Kirana dan Ben merupakan hot couple di sekolah. Pasalnya, keduanya merupakan anak paling famous seantero sekolah. Kirana sendiri disebut paling cantik, populer, dan berprestasi waktu SMA dulu.

Tapi, kini ia hanya menjadi ibu rumah tangga, sehingga ia mengalami krisis rasa percaya diri. Soalnya, dibandingkan teman-teman seangkatannya yang jadi wanita sukses, Kirana bahkan tidak becus jadi IRT. Ia tak bisa memasak, ia juga kewalahan mengurus dua anaknya, Rega (Daffa Deddy) dan Windy (Aqilla Herby).

gading

Anak lelakinya, Rega, mengidap Disleksia yang memicu nilai-nilainya yang jelek di sekolah, karena ia memiliki gangguan ketika membaca dan menulis. Sementara anak perempuannya, Windy, punya alergi akut terhadap kacang. Kirana merasa tak bisa menjadi ibu dan istri, bahkan majikan yang baik untuk pembantunya.

Kehidupan Kirana jungkir balik ketika sahabatnya, Diana (Donita), memaksanya untuk datang ke acara reuni SMA. Di sana Kirana bertemu dengan teman-teman lamanya yang sudah sukses semua, sementara hanya ia yang jadi ibu rumah tangga biasa. Tapi, Diana malah berbohong pada mereka kalau Kirana bekerja sebagai PR Consultant sukses.

kostum

Minder, Kirana melipir dan menemukan booth peramal milik Madam Sri Menyan (Asri Welas). Madam peramal itu seakan sudah tahu kegundahan hatinya. Ia dapat kartu yang bertuliskan "Bermula Dari Titik Awal, Setelah Tidak Akan Kembali". Kirana bisa mengubah takdirnya, dari IRT menjadi business woman.

Saat terbangun di pagi hari, impian Kirana ternyata betul-betul terkabul. Ia tinggal sendirian di mansion mewah. Ia juga single, tanpa suami dan anak yang mengganggu hari-harinya. Tapi, ia dikejutkan dengan kehadiran Indra (Gading Marten) di rumahnya. Ternyata, Indra yang seharusnya jadi asisten Diana kini menjadi asistennya.

film-rumput-tetangga-

Ternyata Kirana sekarang memiliki kehidupan Diana yang selama ini diimpikannya. Ia sangat senang dan bersemangat untuk menjalankan bisnis PR Consultant yang sekarang jadi miliknya. Ia berangkat ke kantornya dengan pakaian dan mobil mahal. Ia juga berdandan sangat cantik, berbeda ketika ia hanya ibu rumah tangga.

Di kantornya Kirana punya banyak pegawai yang segan terhadapnya. Walau jomblo, ada pria yang terus mendekati Kirana, yaitu Tamtama (Tora Sudiro) si politikus yang hobinya main medsos. Untuk sesaat, Kirana terlena dengan kehidupannya, hingga ia merasa rindu pada dua anak dan suaminya.

rumput-tetangga a

Saat datang ke rumahnya yang dulu, ia begitu terkejut melihat Diana ada di sana. Rupanya tak hanya Kirana, tapi Diana juga datang ke Madam Sri Menyan! Lebih tepatnya, kini mereka bertukar nasib. Kirana merasa kesal karena Diana mencuri kehidupannya. Apalagi Diana tampak lebih bisa menjadi istri dan ibu yang baik daripada dirinya.

Psst, dulu Diana dan Kirana berebutan Ben semasa sekolah! Tapi, Ben sukanya sama Kirana, dan Diana pun menerima kekalahannya. Tapi, ternyata selama ini ia tetap sendiri karena masih mencintai Ben. Dan sekarang ia mendapatkan apa yang diinginkannya, yaitu Ben dan keluarga yang bahagia.

titi kamal

Kirana ingin menukar lagi kehidupannya yang dulu. Ia tak mau menjadi pebisnis kaya raya namun kesepian, ia ingin suami dan anak-anaknya kembali. Tapi, Diana tak mau melakukannya. Hingga terjadi insiden yang hampir merenggut nyawa salah satu anak Kirana. Apakah yang terjadi selanjutnya?

Menghibur dan Sarat Makna

tora sudiro

Walau lebih kental sisi dramanya, film ini punya bumbu komedi juga. Overall, saya merasa terhibur menonton film ini. Tapi, nggak cuma karena lucu aja, melainkan ada pesan moral yang bisa diambil dari film If I Were You ini.

Pada dasarnya, semua profesi yang dipilih perempuan, baik itu menjadi ibu rumah tangga ataupun berkarir dan menjadi single itu bukanlah sesuatu yang memalukan. Yang penting orang tersebut senang menjalaninya, dan jangan lupa bersyukur apa yang telah menjadi miliknya.

Casting Full Artis Terkenal

rumput-tetangga-movie

Film produksi RA Pictures ini 90% diisi oleh aktor dan aktris terkenal di Indonesia. Titi Kamal, Donita, Raffi Ahmad, Gading Marten, Tora Sudiro, Jeremy Thomas. Bahkan untuk bagian komedinya pun dipilih yang terbaik, sebut saja Asri Welas dan Kirana Larasati.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram