bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Secret Royal Inspector & Joy (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 20 Desember 2021

Menjadi inspektur kerajaan pemula membuat Ri Ya Eun tak bisa menolak ketika ditugaskan sebagai inspektur rahasia kerajaan. Bersama dua pelayannya dia pergi ke Provinsi Chungcheong yang jauh dari ibu kota, Hanyang. Di sana dia bertemu wanita yang sedang mengurus perceraian dengan suaminya, Kim Jo Yi.

Melakukan penyamaran sebagai rakyat biasa, Ri Ya Eun menyelidiki kasus kematian mencurigakan yang terjadi di sana. Mampukah dia memecahkan kasus tersebut?

Dibintangi Ok Taecyeon dan Kim Hye Yoon, drama sageuk Royal Secret Inspector & Joy (2021) siap bersaing dengan drama yang sudah tayang sebelumnya. Berjumlah 16 episode, dua episode pertamanya sudah berjalan seru. Gak percaya? Simak bersama sinopsis dan ulasannya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Haechi, Kisah Empat Pejuang Penuh Ajaran

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Comedy, Sageuk
  • Produksi: Studio Dragon, Mongjakso
  • Sutradara: Yoo Jong Sun
  • Pemeran: Ok TaecYeon, Kim Hye Yoon, Lee Joon Hyuk, Yang Hee Kyung
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Ri Ya Eun tak pernah menyangka jika dirinya yang masih pemula bekerja di kantor penasihat khusus kerajaan langsung ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan. Tugasnya berat karena sangat berisiko, apalagi beberapa inspektur rahasia yang ditugaskan tak pernah kembali dengan selamat atau sehat-sehat saja.

Ri Ya Eun tak bisa menolak dan langsung dihadapkan pada kasus kematian inspektur rahasia yang sebelumnya. Apakah dia bisa memecahkannya?

Episode 1-2

Episode 1-2

Ri Ya Eon merupakan petugas baru di kantor penasihat khusus kerajaan. Dia baru tahu kalau petugas yang ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan tak pernah kembali dalam keadaan sehat atau selamat.

Inspektur Park yang jadi inspektur rahasia kerajaan di Provinsi Chungcheong bahkan tak diketahui kabarnya. Oleh karenanya semua petugas sebisa mungkin menghindari pekerjaan tersebut.

Malam harinya sekretaris kerajaan mendatangi kediaman Ri Ya Eon untuk menugaskannya menjadi inspektur rahasia kerajaan. Tak bisa menolak karena tidak ada kandidat lain, Ri Ya Eon terpaksa pergi ditemani dua pelayannya, Yuk Chil dan Goo Pal.

Semakin kaget karena Ri Ya Eon mengetahui kalau dia ditugaskan di Provinsi Chungcheong Kiri yang jaraknya cukup jauh. Satu hal yang membuatnya semangat pergi ke Provinsi Chungcheong adalah makanan yang dijual di salah satu kedai terkenal di sana. Kedai tersebut adalah milik Hwang Bo Ri, teman Kim Jo Yi.

Kim Jo Yi sendiri sedang mengurus perceraian dengan No Chu Han. Namun, pemerintah setempat tak bisa begitu saja mengabulkannya karena Jo Yi harus membawa saksi.

Jo Yi meminta Bo Ri menjadi saksi karena bagaimana pun sebagai pemilik kedai dia pasti pernah melihat No Chu Han berjudi. Di samping itu Jo Yi terkejut sekaligus senang mengetahui bahwa Bo Ri sedang mengandung anak salah satu pejabat di sana bernama Jang Ki Wan.

Bo Ri bukan hanya menjadi selir tapi dia juga diminta Jang Ki Wan menyembunyikan buku besar catatan kantor Provinsi Chungcheong.

Jang Ki Wan ternyata berada dalam masalah karena dia menenggelamkan kapal pembawa pajak sesuai perintah kepala keadilan. Buku besar yang dia titipkan adalah nyawa mereka sehingga Bo Ri harus menyimpan itu baik-baik dan membawanya pergi saat ada perintah untuk pergi.

Ketika tiba waktunya Bo Ri bersaksi untuk perceraian Jo Yi, wanita itu tidak datang. Jo Yi marah dan bergegas menuju rumah sekaligus kedai tempat usaha Bo Ri.

Di saat bersamaan Ri Ya Eon dan dua pelayannya juga sudah ada di sana tapi kecewa karena kedai tutup. Jo Yi lantas mencari Bo Ri ke berbagai penjuru desa hingga akhirnya Bo Ri ditemukan meninggal di sungai.

Mayatnya langsung dibawa paksa oleh pejabat lokal. Jo Yi tidak diberi kesempatan untuk berduka. Ri Ya Eon hanya bisa menyaksikan dari kejauhan. Tak lama sesosok mayat lain ditemukan di pantai.

Mayat tersebut tampaknya adalah Inspektur Park yang ditugaskan kerajaan sebelumnya. Dia penumpang kapal pembawa pajak yang ditenggelamkan Jang Ki Wan.

Ri Ya Eon tak ingin ikut campur tapi melihat dua kematian yang aneh dan lencana kepemilikan kuda yang hanya dimiliki inspektur kerajaan pada jasad Inspektur Park, dia mulai tergerak.

Sementara itu ditemukannya jasad Inspektur Park membuat Jang Ki Wan panik karena tak tahu di mana Bo Ri menyimpan buku besar yang sempat dia titipkan. 

Jo Yi membakar barang-barang milik Bo Ri. Tanpa sengaja dia ikut membakar buku besar yang dicari Ki Wan. Buku besar yang sudah sebagian terbakar itu dia simpan.

Ri Ya Eon sendiri terus menyelidiki kasus kematian Inspektur Park dengan bantuan Yuk Chil dan Goo Pal. Di tempat berbeda Park Tae So murka mengetahui buku besar itu tak berhasil ditemukan.

Jo Yi membuka-buka buku besar yang dia pegang dan menemukan stempel pemerintah lokal. Dia pun menggunakan itu untuk bernegosiasi dengan Ki Wan agar mau menyetujui perceraiannya.

Jo Yi berjanji akan menyerahkan buku tersebut jika dia resmi bercerai. Ri Ya Eon menemukan beberapa bukti terkait kematian Inspektur Park. Hari itu dia memutuskan keluar dari penyamaran.

Di saat bersamaan putusan cerai Jo Yi dan Chu Han disidangkan. Ketika surat perceraian hendak diberi cap, Ri Ya Eon dan rombongan datang.

Dia langsung mendakwa Ki Wan dengan tuduhan pembunuhan terhadap Inspektur Park untuk melindungi korupsi yang dilakukannya. Ki Wan bersikeras mengaku tidak membunuh Park tapi Ri Ya Eon tak mau dengar.

Begitu kantor Ki Wan akan disegel, Jo Yi berteriak lantang. Dia ingin surat perceraiannya disahkan lebih dulu. Sang ibu mertua Jang Pat Soon dengan percaya diri merobek surat tersebut tapi Ri Ya Eon tanpa diduga mengesahkan perceraian tersebut. Jo Yi resmi berpisah dengan suaminya.

Episode 3-4

Secret Royal Inspector & Joy Ep 3-4

Jo Yi berhasil membantu Ri Ya Eon menangkap pembunuh Ki Wan yang tewas karena dipanah. Panah yang menewaskan jasad Ki Wan rupanya memakai Aconitum, sejenis herbal yang dapat menjadi racun dan hanya dapat ditemukan di istana. Dia pun teringat kematian Putra Mahkota yang sangat dekat dengannya.

Ri Ya Eon dianggap sebagai ancaman oleh Park Tae Seo karena mengetahui kasus kematian Inspektur Rahasia sebelumnya. Dia pun memerintahkan anak buah untuk mencari dan membunuh inspektur rahasia itu. Ri Ya Eon sendiri melanjutkan perjalanan ke kota lain bersama dua pelayannya. Dia meninggalkan peta untuk Kim Jo Yi.

Kim Jo Yi resmi meninggalkan desa dan mengikuti peta dari Ri Ya Eon. Dalam perjalanan dia beristirahat di sebuah kuil di tengah hutan. Tanpa sengaja kakinya tersandung oleh Ri Ya Eon. Menurut aturan lama bernama Seubcheob jika dua orang pria dan wanita tak sengaja bertemu di depan kuil desa, mereka harus menikah.

Tanpa sadar aturan tersebut berlaku untuk Ri Ya Eon dan Jo Yi sendiri. Keduanya menolak menikahi masing-masing, tapi jika tidak dilakukan mereka akan dihukum karena melanggar adat. Tak lama ke empatnya ditangkap oleh penjahat setempat. Mereka siap dikubur hidup-hidup sebelum diselamatkan oleh sesosok makhluk misterius yang ternyata sekumpulan yatim piatu. Mereka adalah korban keserakahan ketua serikat dagang Cha Mal Jong.

Ri Ya Eon menjalankan tugas selanjutnya yaitu menginvestigasi secara diam-diam korupsi yang dilakukan Cha Mal Jong. Sementara itu Jo Yi membantu menyelamatkan anak yatim piatu yang dijadikan budak oleh Cha Mal Jong secara semena-mena. Jo Yi berniat membantu karena penasaran dengan pemimpin Pulau Ganghwa; seorang wanita yang terkenal baik pada yatim piatu dan wanita tanpa tujuan.

Saat menyamar Ri Ya Eon bertemu Park Tae Seo yang memang bekerjasama dengan Cha Mal Jong. Penyamaran Ri Ya Eon membuat Tae Seo curiga. Mereka pun tersudut sampai-sampai Jo Yi harus mengaku sebagai istri Inspektur Ri. Di tempat lain, pos penjagaan yang mendapat kode bergegas menyelamatkan Ri Ya Eon.

Episode 5-6

Secret Royal Inspector & Joy Ep 5-6

Inspektur Ra tidak menghukum Tae Seo dan Cha Mal Jong di tempat tapi mengirim mereka ke Kantor Pengadilan Khusus di ibukota. Di tengah jalan mereka dibebaskan oleh Ji Maeng So. Do Soo saudara tiri Tae Seo juga datang dan mengaku diperintah ayah mereka. Tae Seo terlihat terharu tapi sebelum menemukan buku besar, dia tak diizinkan bertemu ayahnya.

Di saat bersamaan Jo Yi dan rombongan anak-anak yatim piatu yang dibebaskan dari perbudakan Cha Mal Jong bersiap berangkat ke Ganghwa. Namun, Gwang Soon menyadari kalau Jo Yi sedang membawa buku besar yang sangat penting yang harus diserahkan pada Inspektur Ra. Tanpa pikir lama, mereka bertiga, Jo Yi, Gwang Soon dan Bi Ryeong membatalkan perjalanan.

Mereka harus bergegas karena antek Tae Seo dan Cha Mal Jong juga mengejar. Beruntung mereka berhasil lolos. Dari salah satu antek Tae Seo dan Cha Mal Jong yang mereka selamatkan didapat informasi bahwa Tae Seo punya tempat persembunyian bernama Lembah atau Bengkel Perak Baekwiryeong.

Inspektur Ra membaca lembar-lembar buku besar yang tidak lagi utuh dan menemukan nama Hong Seok Ki sebagai salah satu yang terlibat. Inspektur Ra dan Jo Yi berencana ikut rombongan teater untuk bisa masuk ke persembunyian mereka. Hong Seok Ki sendiri memerintahkan bawahannya untuk menangkap Jo Yi, karena wanita itu dicurigai memiliki buku besar yang dia cari. Sampai di kediamannya, Seok Ki kaget melihat Inspektur Ra sudah ada di sana.

Seok Ki dan Sekretaris Senior dipenjara sementara Inspektur Ra menyusun untuk menyusup ke persembunyian Tae Seo dan mendapatkan bukti buku besar lainnya, termasuk meminta bantuan pada pengawal pribadi Putra Mahkota yang terkenal hebat. Malam hari, karena tak ada lagi ruangan untuk tidur, para pria dan wanita terpaksa tidur satu kamar.

Inspektur Ra yang tidak terbiasa mendadak tidak keberatan, berbeda dengan Jo Yi yang canggung. Agar merasa sama-sama nyaman, Inspektur Ra memberi pembatas di antara mereka. Esok hari semua bersiap menyamar menjadi anggota teater agar bisa masuk ke persembunyian. Sayang, rencana mereka ternyata sudah diketahui oleh Tae Seo dan pasukannya.

Pertarungan sengit terjadi tapi pengawal pribadi Putra Mahkota bisa memukul mereka mundur. Goo Pal berhasil mendapatkan buku besar, sayangnya kuitansi yang memuat nama ayah Tae Seo berhasil diselamatkan oleh Cha Mal Jong. Ayah Tae Seo sendiri kembali mengutus putranya yang lain, Do Soo, untuk membunuh Hong Seok Ki agar rahasianya tidak bocor.

Di persembunyian setelah berhasil mengalahkan Tae Seo dan pasukannya, Inspektur Ra memasak untuk mereka yang ada di sana. Semua memuji masakan pria itu. Di akhir, tanpa terduga Inspektur Ra memberi Jo Yi dua buah gula-gula yang membuat wanita itu tertegun dan bertanya-tanya.

Episode 7-8

Episode 7-8

Hong Seok Ki tewas di tangan Do Soo sesaat setelah berhasil melarikan diri. Bi Ryeong mengaku dirinya bekerja untuk Tae Seo. Do Soo pun meminta Bu Ryeong mengantarnya menemui Tae Seo ke tempat persembunyian. Bi Ryeong cemas karena dia tahu Inspektur Ra dan Jo Yi masih ada di sana.

Di tempat lain anggota kelompok Tae Seo, Ji Maeng Soo dan Kang Han Ki, berurusan dengan Deok Bong, wanita pembuat mesiu, karena telat membayar mesiu yang mereka beli. Mereka diberi waktu tiga hari untuk melunasi pembayaran.

Sementara itu Jo Yi mendapati mantan ibu mertuanya ada di dekat persembunyian. Dia ikut ke sana sebab sang putra, Chu Han, tak bisa bayar hutang sehingga dijadikan budak di area tambang. Inspektur Ra nekat melihat area tambang yang dimaksud seorang diri. Jo Yi sudah melarangnya karena cemas tapi pria itu tetap pergi.

Inspektur Ra yang kesulitan menemukan jalan menuju area tambang milik Tae Seo memutuskan pulang dan meminta bantuan pada pemerintah setempat. Alih-alih dibantu, Ra malah sempat dituduh membunuh Hong Seok Ki.

Beruntung Jo Yi segera membebaskannya. Rombongan Inspektur Ra akhirnya sampai ke lokasi tambang setelah diantar seorang kakek pencari herbal.

Di sana Do Soo sudah sampai lebih dulu. Dia terlibat keributan dengan Tae Seo. Tak lama, setelah melihat rombongan Inspektur Ra menyerbu tambangnya, Tae Seo meledakkan seluruh area tambang. Inspektur Ra tidak terselamatkan setelah lebih dulu menyelamatkan Jo Yi. Berita kematian Ra sampai pada sang nenek.

Tae Seo mendatangi ayahnya, Penasehat Kerajaan Park Seung. Dia terlihat marah dan kecewa sudah diperlakukan semena-mena. Tae Seo yang selama ini patuh, akhirnya berontak dan memutuskan meninggalkan ayah yang sangat dihormatinya itu.

Kematian Inspektur Ra membuat sedih Direktur Shim Tae Seon, kepala Investigasi Khusus yang juga mengetahui kejahatan Park Seung. Namun, Park Seung justru memanfaatkan ini untuk menghasut Raja agar mau menghukum Shim Tae Seon atas ketidakbecusannya memilih Inspektur Rahasia. Sejurus kemudian Inspektur Ra mengagetkan semua dengan tiba-tiba hadir di tengah mereka.

Episode 9-10

Episode 9-10

Jo Yi, Gwang Soon dan Bi-ryeong pergi ke Pulau Ganghwa untuk mencari ibu Jo Yi yang dikenal dengan sebutan Goblin Laut. Sayang, sampai di Pulau Ganghwa mereka bertemu Kang Han Ki dari Serikat Gokdu yang masih punya hutang pada Goblin Laut.

Ledakan di tambang, membuat Serikat Gokdu yang masih terhubung dengan Tae Seo tak bisa membayarnya, maka Kang Han Ki berniat pakai cara lain. Jo Yi yang mengaku tengah mencari Goblin Laut pun disandera. Kang Han Ki menggunakan Jo Yi untuk mengancam Goblin Laut.

Namun, wanita paruh baya itu cukup pintar. Dia berhasil memulangkan Jo Yi ke Hanyang walau harus kembali berpisah dan pura-pura tidak mengenal putri semata wayangnya. Sementara itu di sisi lain Inspektur Ra berhasil mengikuti dan menyelidiki kejahatan yang dilakukan Park Seung, Do Soo dan Tae Seo.

Namun, dia masih perlu mengumpulkan bukti lain agar benar-benar bisa menangkap mereka. Malam itu perayaan Chilseok sungguh ramai. Jo Yi yang masih sedih karena berpisah dengan ibunya teringat petunjuk dari Inspektur Ra. Dia pun berjalan menyusuri jembatan demi jembatan hingga akhirnya benar-benar bertemu Inspektur Ra.

Setelah meyakinkan lelaki di depannya bukan hantu, Jo Yi merasa gembira. Inspektur Ra juga tak melepas genggamannya. Jo Yi, Gwang Soon dan Bi Ryeong memutuskan memulai hidup di Hanyang. Saat kesulitan menemukan rumah, tanpa diduga, Jo Yi bertemu teman masa kecilnya.

Dia adalah Seung Ryul, yang kini sudah jadi pengacara. Seung Ryul menyukai Jo Yi sejak dulu, bahkan sebelum wanita itu menikah. Pengacara tersebut bahkan membantu Jo Yi menemukan rumah yang layak dan murah di Hanyang. Inspektur Ra cemburu melihat Jo Yi makan berdua dengan Seung Ryul.

Di sisi lain Tae Seo berencana membunuh ayahnya dan raja. Inspektur Ra sendiri mendapatkan izin untuk menyelidiki Kepala Penasihat Negara, Park Seung. Dia berhasil meringkus orang-orang yang terlibat seperti Do Soo, Mal Jong dan Maeng Soo.

Sayang Tae Seo masih buron. Inspektur Ra juga akan menyelidiki kemungkinan keterlibatan Park Seung dan Tae Seo dalam kematian Putra Mahkota menggunakan Aconitum.

Episode 11-12

Episode 11-12

Inspektur Ra mencari tabib spesialis abses Putra Mahkota yang diusir oleh Park Seung. Dia memiliki catatan rinci yang bisa dijadikan bukti atas kejahatan Park Seung. Park Seung sendiri malah mengancam raja terkait rumor kematian Putra Mahkota.

Tae Seo sudah lebih dulu mendapatkan tabib dan catatan itu. Beruntung Inspektur Ra berhasil meringkusnya. Dia juga mulai curiga bahwa dia adalah pembunuh Putra Mahkota dari tanda luka di pergelangan tangan Tae Seo. Di sisi lain Jo Yi sedang bingung sebab dia mendapati nama ibunya tertulis di catatan penjualan mesiu ilegal yang melibatkan kelompok Tae Seo.

Dia meminta saran pada Seung Ryul terkait hal ini, karena jika catatan itu diserahkan pada Inspektur Ra, sang ibu bisa terancam ikut dihukum. Kebingungan Jo Yi bertambah ketika sang ibu diam-diam berhasil mengunjunginya di Hanyang.

Kedatangan Goblin Laut itu untuk menyampaikan perpisahan. Jo Yi yang sedih dan tidak bisa membayangkan kehilangan ibu, memilih membakar catatan tersebut.

Rupanya Jo Yi mengurungkan niatnya membakar catatan itu dan menyerahkannya pada Inspektur Ra. Persidangan untuk Tae Seo, Mal Jong, Do Soo dan Maeng Soo digelar. Tiba-tiba Park Seung hadir di tengah mereka dan ditunjuk menjadi hakim.

Inspektur Ra keberatan tapi raja memihak Park Seung. Hingga Mal Jong mengatakan dia memiliki bukti keterlibatan Park Seung. Mal Jong, Tae Seo dan Maeng Soo memang bersekongkol untuk menjatuhkan Park Seung. Sayang Mal Jong tewas dibunuh, diyakini oleh orang suruhan Park Seung, setelah berhasil menyerahkan bukti.

Do Soo yang diselamatkan Park Seung dengan uang tebusan. Sementara itu Tae Seo dan Maeng Soo yang dihukum penggal dia biarkan. Begitu tiba hari eksekusi, sekelompok pemanah membebaskan keduanya. Mereka kabur dan Inspektur Ra kesulitan menangkapnya.

Inspektur Kerajaan dan Dua Pelayannya yang Kocak

Inspektur Kerajaan dan Dua Pelayannya yang Kocak

Royal Secret Inspector & Joy (2021) melengkapi drama sageuk tahun ini dengan genre yang segar. Ia hadir dengan cerita yang berputar di sekitar kehidupan seorang inspektur kerajaan bernama Ri Ya Eun. Ri Ya Eun punya sisi menarik karena dia hobi sekali memasak. Dia juga punya dua pelayan yang setia dan konyol.

Drama berjumlah 16 episode ini dibuka dengan sesuatu yang lucu dan semakin lucu di menit-menit berikutnya. Terutama saat Ri Ya Eun yang masih pemula ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan; tugas yang dihindari banyak petugas karena berisiko besar.

Di tengah tugas yang serius, scene-scene mengundang tawa disajikan oleh Taecyeon, Min Jin Woong dan Park Kang Sub sebagai majikan dan dua pelayannya.

Perjuangan Wanita di Era Joseon Gugat Cerai

Perjuangan Wanita di Era Joseon Gugat Cerai

Selain Taecyeon, Royal Secret Inspector & Joy (2021) juga dibintangi oleh Kim Hye Yoon. Aktris cantik yang meroket melalui drama Sky Castle (2019) ini berperan sebagai Kim Jo Yi.

Dengan pembawaan yang khas, Kim Hye Yoon mampu menghidupkan karakter Jo Yi di drama ini. Dia adalah wanita yang sudah menikah tapi berani menggugat cerai ketika terus-menerus diperlakukan buruk oleh mertua dan suaminya.

Kim Jo Yi menjadi pembeda di antara wanita-wanita yang menurut tapi tersiksa oleh kehidupan rumah tangganya. Perceraian pada masa itu bukan sesuatu yang ber-image baik, tapi Kim Jo Yi tidak memedulikannya.

Kim Jo Yi bersikeras berpisah sekaligus tetap memperlakukan mertuanya dengan baik. Alur drama ini semakin seru ketika dua orang berbeda latar belakang tersebut dipertemukan dalam kasus pembunuhan.

Pecahkan Kasus Pembunuhan Mencurigakan

Pecahkan Kasus Pembunuhan Mencurigakan

Royal Secret Inspector & Joy (2021) berbeda dengan drama-drama sageuk di tahun ini. Konfliknya bertemakan investigasi dan penyelidikan yang sudah pasti menjanjikan keseruan. Kalau kamu suka drama-drama detektif, bisa mencobanya.

Sampai episode 2, penyelidikan yang dilakukan menyuguhkan analisis-analisis sederhana yang tidak terlampau rumit seperti drama investigasi modern, tapi tetap seru untuk diikuti.

Seperti pada salah satu scene ketika Ri Ya Eun bisa mengetahui ada yang aneh dari kematian Inspektur Park karena bersama jasadnya ikut hanyut pula potongan kayu dari sebuah kapal. Dia mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mengerti kapal serta mendapatkan pengakuan dari saksi.

Selain investigasi yang penuh dengan analisis menarik, drama ini juga menawarkan chemistry antara Taecyeon dan Kim Hye Yoon. Kekonyolan mereka yang sudah ditampilkan sejak episode pertama sayang dilewatkan.

Perkembangan hubungan mereka juga bikin penasaran, apakah akan ada love line? Sebatas teman bertengkar yang lucu? Ataukah Jo Yi yang berani bisa membantu Ri Ya Eun menyelesaikan kasus-kasus lainnya? Kita ikuti sama-sama ceritanya!

Kerjasama Inspektur Rahasia Ri Ya Eon dan Kim Jo Yi Dimulai

Kerjasama Inspektur Rahasia Ri Ya Eon dan Kim Jo Yi Dimulai

Perjalanan Ri Ya Eon sebagai inspektur rahasia kerajaan masih harus berlanjut di dua episode minggu ini. Sekarang saatnya Ri Ya Eon pergi ke kota-kota berikutnya di Provinsi Chungcheong. Namun, dia tampak tak bisa meninggalkan Jo Yi yang sudah membantunya menangkap pembunuh bayaran yang menewaskan Ki Hwan.

Jo Yi yang sudah berstatus janda pun di dua episode minggu ini mulai melangkahkan kakinya ke dunia yang lebih luas. Tetap dengan kekonyolan antara dua pelayan dan tuannya, episode Royal Secret Inspector & Joy (2021) 3 dan 4 sedikit menampilkan scene masa lalu Ri Ya Eon yang kehilangan Putra Mahkota. Kematian Putra Mahkota masih menjadi kesedihan sekaligus misteri bagi sang inspektur rahasia.

Menariknya di episode 3 dan 4, kerjasama antara Ri Ya Eon dan Jo Yi mulai terjalin. Chemistry antara Taec Yeon dan Kim Hye Yeon masih jadi jadi hiburan utama. Scene manis tipis-tipis antara mereka juga diselipkan di beberapa bagian; belum banyak tapi sudah cukup menggemaskan. Penasaran dengan kerjasama lain antara Ri Ya Eon dan Jo Yi?

Inspektur Ra Mulai Tertarik pada Jo Yi?

Inspektur Ra Mulai Tertarik pada Jo Yi

Penyelidikan Inspektur Ra terhadap korupsi yang dilakukan Cha Mal Jong terus berlanjut. Di istana, ayah Tae Seo yang terkait dengan hal ini mulai gelisah. Perjalanan Inspektur Ra semakin seru dengan bantuan Jo Yi yang berani dan cerdas. Di dua episode ini, pesona Jo Yi semakin terlihat jelas oleh Inspektur Ra.

Di salah satu scene, saat Jo Yi berpamitan pergi ikut dengan rombongan, Ra terlihat menyayangkan putusan wanita itu karena menurutnya Jo Yi cerdas dan bisa membantu penyelidikan. Selipan-selipan adegan manis yang menggemaskan mulai lebih banyak disuguhkan di tengah ketegangan kasus yang sedang diselidiki.

Kerjasama antara Jo Yi dan Inspektur Ra sangat serasi; Taec Yeon dam Kim Hye Yoon perlihatkan chemistry yang kuat sebagai mitra dalam mengungkap kejahatan di istana atau calon pasangan. Belum lagi kelucuan-kelucuan serta kekonyolan yang mereka buat; drama ini menyegarkan terutama jika kamu bosan dengan kisah klise percintaan.

Lalu penasaran gak sih gimana perkembangan hubungan mereka selanjutnya? Bagaimana kerjasama mereka selanjutnya dalam mengungkapkan kelicikan pejabat di istana?

Berita Inspektur Ra Tewas Sempat Bikin Was-Was

Berita Inspektur Ra Tewas Sempat Bikin Was-Was

Kelucuan drama Secret Royal Inspector & Joy (2021) kali ini mendapat tambahan sedikit cemas karena bisa-bisanya Inspektur Ra di-plot meninggal dunia. Peristiwa ledakan di area tambang milik Tae Seo diceritakan menjadi penyebabnya. Jo Yi yang biasanya ceria, berubah sedih dan kehilangan karena Ra meninggal sesaat setelah menyelamatkannya.

Ada rasa penasaran dan gak percaya dengan alur tewasnya Inspektur Ra; mengingat drama ini baru setengah jalan. Benar saja, Ra masih hidup dan muncul secara mengejutkan di akhir episode 8. Lantas bagaimana Ra bisa selamat dari ledakan tersebut? Harap sabar karena cerita ‘kebangkitannya’ ada di episode selanjutnya!

Inspektur Ra, Sibuk dengan Urusan Cinta dan Kerja

Inspektur Ra, Sibuk dengan Urusan Cinta dan Kerja

Selamat dari kematian di episode lalu, Inspektur Ra harus kembali bekerja di dua episode minggu ini. Dia semakin percaya diri setelah mengetahui kebusukan orang-orang yang melakukan korupsi di istana.

Melihat Inspektur Ra bekerja, image konyol bisa tiba-tiba lenyap dari diri Taec Yeon, tetapi ketika sudah bertemu dua pelayannya kesan tersebut runtuh. Di tengah kesibukan yang super serius, scene romantis tipis-tipis antara Inspektur Ra dan Jo Yi bikin gemes.

Apalagi dua orang itu terlihat mulai saling menunjukkan perasaannya masing-masing pasca terpisah. Mereka tidak segan berpelukan dalam waktu lama dan berpegangan tangan sepanjang jalan.

Jo Yi Bertemu Ibu dan Teman Kecilnya

Jo Yi Bertemu Ibu dan Teman Kecilnya

Selain melihat yang manis-manis dari Inspektur Ra dan Jo Yi, episode 9 dan 10 Secret Royal Inspector & Joy (2021) juga menampilkan hal lain. Satu di antaranya benar-benar mengejutkan karena baru dihadirkan di episode 10, yaitu penampilan spesial Cha Haek Yeon sebagai Seung Ryul.

Menurut cerita dia adalah teman kecil Jo Yi yang tumbuh bersama tapi sempat terpisah sejak Jo Yi menikah. Jo Yi juga bertemu dengan ibunya di episode 9. Di sini terdapat sedikit flashback yang memperlihatkan masa lalu Jo Yi ketika dia terpisah dengan ibunya.

Bagian ini cukup emosional karena Jo Yi harus kembali menahan rindu pada ibunya. Wanita perkasa itu mendorong Jo Yi menjauh demi keselamatannya. Kasih sayang ibu, bentuknya memang tidak pernah sama dan kadang sulit dimengerti.

Pekerjaan Inspektur Ra yang Akan Panjang

Pekerjaan Inspektur Ra yang Akan Panjang

Memasuki episode 11 dan 12, alur cerita Secret Royal Inspector & Joy (2021) didominasi oleh penyelidikan yang sedang dilakukan Inspektur Ra terhadap kejahatan Park Seung, yang nantinya sekaligus mengungkap fakta kematian Putra Mahkota.

Namun, pekerjaan Inspektur Ra tampaknya akan panjang, apalagi dia tidak dibantu siapa pun kecuali Jo Yi yang di dua episode ini juga sibuk dengan urusan sendiri. Jo Yi menjadi penjahit andal yang langsung tersohor berkat kemampuannya menjahit baju-baju cantik.

Di sisi lain, pada dua episode ini emosi Jo Yi sebagai seorang anak juga ditampilkan lagi. Terutama terkait keterlibatan sang ibu secara tidak langsung dengan kelompok Tae Seo. Konflik ini tampaknya potensial membuat hubungan antara Inspektur Ra dan Jo Yi dipertaruhkan; apakah mereka akan semakin dekat atau menjauh?

Royal Secret Inspector & Joy
Rating: 
3.4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram