Sinopsis & Review Rookie Cops, Drama di Sekolah Kepolisian

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Rookie Cops
3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Seorang gadis bernama Eun Kang diam-diam menyukai tutornya yang ternyata berkuliah di KNPU. Sejak itu dia bercita-cita ingin masuk kampus khusus calon-calon polisi tersebut. Sayangnya, Eun Kang belum beruntung.

Di sisi lain seorang pemuda bernama Wi Seung Hyun berhasil lulus dengan nilai tertinggi. Dia adalah putra seorang perwira polisi yang tidak menyukai ketidakadilan. Keduanya sempat terlibat pertengkaran.

Nasib baik ternyata masih berpihak pada Eun Kang karena dia akhirnya diterima di KNPU setelah salah satu mahasiswa baru mengundurkan diri.

Perjalanan barunya sebagai mahasiswa baru KNPU tidak mulus-mulus saja karena dia harus bertemu Wi Seung Hyun dan menghadapi masalah yang tak pernah dia perbuat.

Bagaimana kelanjutan cerita Eun Kang dan Seung Hyun dalam drama Rookie Cops (2022)? Simak sinopsis, review dan update-nya melalui artikel di bawah ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Miss & Mrs. Cops, Kisah Polisi Wanita

Sinopsis

Eun Kang sedih karena dia tidak berhasil diterima di KNPU, padahal gadis itu sangat ingin kuliah di sana karena ada pemuda yang diam-diam ditaksirnya.

Siapa sangka keberuntungan masih berpihak karena Eun Kang dihubungi KNPU untuk mengisi slot kosong akibat ada salah satu mahasiswi baru yang mengundurkan diri. Belum lama berada di kampus, Eun Kang sudah terlibat banyak masalah.

Dia juga bertemu Wi Seung Hyun, pemuda yang sempat bertengkar dengannya. Apa yang akan terjadi pada Eun Kang dan Seung Hyun selama jadi mahasiswa di sana?

Episode 1-2

Episode 1-2

Ko Eun Kang termotivasi masuk KNPU (Korean National Police University) karena Jang Ju Chan, pemuda yang dia sukai berkuliah di sana. Sayang pada waktu pengumuman penerimaan, namanya tidak ada dalam daftar.

Di sisi lain Wi Seung Hyun, putra seorang Perwira Polisi, diterima masuk KNPU dengan nilai tertinggi. Sang ayah, Wi Gi Yong, tidak ingin banyak orang tahu bahwa Wi Seung Hyun adalah putranya karena itu hanya akan menjadi beban.

Selama dua minggu mahasiswa baru KNPU harus menjalani masa pelatihan fisik dan materi dasar. Salah satu mahasiswi bernama So Yeon gagal karena fisiknya tidak kuat menghadapi pelatihan tersebut.

Berkah bagi Eun Kang karena hal itu dia dipanggil KNPU untuk mengisi slot kosong yang ditinggalkan So Yeon. Eun Kang satu kamar dengan tiga mahasiswi baru lainnya, yaitu Gi Han Na, Woo Ju Young dan Shin A Ri.

Hari pertama di universitas dia kaget karena melihat Wi Seung Hyun, pasalnya sebelum bertemu di kampus, keduanya sempat terlibat pertengkaran.

Ketika itu Eun Kang membela kakak perempuannya, Mi Kang, yang dituduh berselingkuh dan mata duitan oleh Seung Hyun karena mencampakkan sahabatnya, Min Yong.

Baru beberapa hari Eun Kang bergabung dengan mahasiswa baru lainnya, gadis itu sudah terkena masalah karena kepergok mengantuk saat di kelas oleh seniornya.

Eun Kang mengelak dan menolak hukuman karena merasa tidak tidur. Namun, upayanya tetap tidak berhasil dan Eun Kang dihukum bersama beberapa mahasiswa baru lain.

Tanpa disadari semua orang, hukuman yang diberikan para senior pada mahasiswa baru tersebut direkam diam-diam oleh orang misterius.

Sialnya Eun Kang kembali kena getah karena rekaman yang disimpan dalam USB tersebut tanpa dia ketahui ada di saku jaketnya dan jatuh saat pelatihan. Um Hyuk yang menemukannya langsung menindak Eun Kang.

Sementara itu Profesor Cha Yu Gon dan staff KNPU membicarakan berita tentang pengajuan RUU untuk menghapus KNPU oleh Anggota Kongres Seo Ki Chul.

Salah satu alasannya karena Ki Chul merasa konyol jika lulusan KNPU langsung memimpin kepolisian. Atas kasus yang sedang menimpanya Eun Kang dipisahkan dari mahasiswa lain.

Di sisi lain Seung Hyun mengetahui bahwa Shin A Ri yang memasukkan USB ke dalam jaket Eun Kang. Shin A Ri mengaku dia yang memasukkannya tapi bukan dia pemiliknya.

Dia mengira USB tersebut milik Eun Kang, karena itu dia memasukkannya ke dalam jaket. Eun Kang meminta bantuan Seung Hyun untuk menyelidiki kasus ini.

Di tempat berbeda Gi Han Na terlihat mencurigakan karena terdengar menelepon seseorang. Eun Kang sendiri juga mulai mencurigai Han Na dan memeriksa kamarnya.

Tepat saat gadis itu menemukan sebuah charger kamera yang dianggapnya sebagai petunjuk pertama, Han Na tampak berjalan menuju kamarnya.

Episode 3-4

Episode 3-4

Gi Han Na hampir dikeluarkan dari KNPU karena kasus kamera tersembunyi. Namun putusan dekan KNPU berubah karena Han Na mengancam akan menyebarkan video tersebut.

Hari itu Han Na dihukum sampai pingsan karena datang terlambat ke pelatihan. Padahal dia memang tidak mengetahuinya.

Eun Kang menemui dekan dan menyampaikan keberatannya dengan pola pelatihan yang kejam dan tidak adil. Dekan Kim Soon Young mengingatkan gadis itu bahwa ketidakadilan yang dia lihat selama di pelatihan tidak ada apa-apanya dengan kondisi di masyarakat.

Akibat tindakannya Eun Kang mendapat hukuman dari Um Hyuk tapi Seung Hyun membelanya. Dua mahasiswa itu lantas mengajak mahasiswa yang lain untuk mogok latihan dan menuntut agar Pelatihan Cheongram dibubarkan.

Tuntunan mereka dipenuhi karena KNPU juga sedang jadi sorotan. Eun Kang disambut seperti pahlawan oleh mahasiswa yang lain.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram