bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Riverdale S4, Upaya Memulihkan Riverdale

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 16 Juni 2021

Season ketiga Riverdale diakhiri dengan pengakuan Penelope bahwa dia adalah sosok di balik permainan mistis yang banyak mencelakakan warga Riverdale. Dia menjadi otak dari kemunculan Gargoyle King yang sebenarnya adalah Chic dan juga Black Hood yang sebenarnya adalah Tall Boy. Sayangnya, dia kabur ke hutan sebelum ditangkap.

Di season keempat, Riverdale akan mengungkap misteri yang belum benar-benar terpecahkan dengan tuntas. Selain keberadaan Penelope, akan dijawab juga kondisi Jughead yang beanie-nya dibakar disertai dengan misteri lainnya. Kalau ingin tahu lebih banyak mari simak review dan sinopsis Riverdale Season 4.

Sinopsis

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Misteri, Horor
  • Produksi: Berlanti Productions, Archie Comics, Warner Bros. Television, CBS Studios
  • Jumlah episode: 19
  • Sutradara: Gabriel Correa, Pamela Romanovsky, Gregory Smith, Erin Feeley, Harry Jierjian
  • Pemain: KJ Apa, Lili Reinhart, Camila Mendes, Cole Sprouse, Marisol Nichols, Madelaine Petsch

Archie sedang mempersiapkan diri untuk merayakan hari kemerdekaan. Dia dikejutkan oleh kabar bahwa Fred tertabrak di Cherry Creek dan meninggal. Karena libur nasional, Archie harus mengambil mayat sang ayah. F.P. memberi tahu bahwa pelakunya sudah tertangkap. Archie mengunjungi rumah pelaku dan menemukan bahwa dia melindungi sang anak agar nggak ditangkap.

Mr. Honey, kepala sekolah yang baru membatalkan diselenggarakannya pesta dansa karena ada pembunuhan yang terjadi di acara yang sama ketika dihadiri oleh siswa junior. Betty kesulitan untuk mempercayai Kevin yang masih berhubungan dengan sekte The Farm. Dengan dibantu Charles, Betty menyembuhkan Kevin.

F.P. membujuk Jughead untuk masuk sekolah baru Stonewall Prep. Reggie ternyata menjadi korban kekerasan dari ayahnya. Dengan bantuan Archie, mereka merusak mobil Mr. Mantle yang sering melakukan kekerasan pada Reggie. Veronica mencoba menghilangkan label Lodge yang ada di nama akhirnya setelah keluarganya terlibat dalam banyak masalah di Riverdale.

Betty dan Charles berusaha memulihkan anggota-anggota The Farm. Betty dipukul oleh Evelyn sampai pingsan. Ketika bangun, dia diikat di sebelah Alice. Mereka berhasil keluar dan memukul Evelyn. Sampai di rumah Betty dan Jughead mendengar bel rumah berbunyi dan ada sebuah videotape yang tersimpan seperti permintaan untuk diputar.

Pada malam Halloween, penduduk Riverdale dikejutkan dengan videotape berisi rekaman rumah mereka. Archie dan Munroe mengadakan pesta tapi salah satu pengunjungnya ada yang ditembak oleh Dodger. Veronica berhasil melarikan diri ketika salah satu pasien RSJ mencoba membunuhnya.

Charles mencoba melacak nomor telpon yang menelpon dan menerornya. Ternyata nomor itu berasal dari kediaman Polly. Persidangan Hermione dan Hiram dimulai, Veronica berusaha membuktikan Hermione nggak bersalah. Tapi Veronica terdesak dan mengakui ibunya bersalah sementara Hiram dibebaskan oleh Hermosa, saudara dari Veronica.

Cheryl dan Toni yang mencoba mengeluarkan arwah Bryan diganggu oleh paman dan tantenya. Betty mengunjungi Chic di RSJ dan Chic berbohong dengan mengatakan bahwa Charles pernah membunuh seseorang. Dia juga mengatakan bahwa Alice seorang pembunuh. Ternyata Charles dan Chic punya hubungan spesial dan berniat menghancurkan keluarga Cooper.

Betty dan Jughead menemukan kasus meninggalnya Mr. Chipping bukan karena bunuh diri seperti yang diungkapkan, melainkan pembunuhan. Pembunuhan itu dibuat seolah-olah bunuh diri dan menimpa pada beberapa orang lain yang bergabung di sekte yang sama dengan Chipping. Betty berusaha untuk masuk ke Yale University.

Kevin mulai membuat video-video untuk memuaskan fetish yang aneh dan mendapatkan uang. Mendekati kelulusan, siswa-siswi mempersiapkan diri untuk menghadiri prom night. Sayangnya, acara itu dibatalkan oleh Mr. Honey seiring dengan beredarnya rekaman video pembunuhan siswa. Honey dicurigai sebagai orang yang menyebarkan tape.

Pengembangan Karakter Utama

Setiap perpindahan season, perlu ada pengembangan karakter agar serial tetap menarik. Hal itu dilakukan juga oleh Riverdale yang sudah memasuki season keempat. Karakter-karakter utama di serial ini yaitu Archie, Cheryl, Veronica, Jughead dan Betty tetap bertahan dari season pertama. Pengembangan mereka akan membuat serial ini jauh dari kata membosankan.

Di season keempat, Cheryl dan Veronica memulai bisnis rum. Betty dan Jughead mulai bekerja untuk FBI sebagaimana Alice di season ketiga. Archie mencoba mengembalikan hidupnya setelah ditinggal ayahnya. Selain itu, semua karakter mencoba untuk berkontribusi lebih dengan ikut komunitas sosial untuk memulihkan Riverdale setelah banyak diteror.

Kondisi Jughead

Di akhir season ketiga, kita melihat bagaimana Archie, Betty dan Veronica membakar beanie milik Jughead. Pertanyaan tentang kondisi Jughead pasti ada. Apalagi Jughead langsung muncul di episode pertama season keempat seperti seakan-akan nggak terjadi apa-apa. Ada satu episode yang didedikasikan untuk menjawab pertanyaan itu yaitu di episode 15 dengan judul To Die For.

Hal itu dilakukan untuk membuat Jughead seolah-olah sudah mati sedangkan dia bersembunyi di bunker milik Dilon. Pasalnya, Jughead jadi sosok yang diburu banyak orang. Ini karena DuPont, kreator buku Baxter Brothers, mengadakan sayembara yang gila. Barang siapa yang bisa membunuh Jughead akan mendapat kontrak untuk menulis buku.

Donna dan Bret yang sekolah di Stonewall Prep bersama Jughead, memukul kepala Jughead dengan batu. Mereka menyangka Jughead telah meninggal padahal denyut nadinya masih ada. Archie, Betty dan Veronica langsung menyelamatkan Jughead dengan melakukan tindakan medis darutat tanpa membawanya ke rumah sakit. Untungnya, Jughead berhasil diselamatkan.

Motif DuPont untuk mengerahkan siswa-siswanya memburu Jughead bukan tanpa alasan. Dia ingin menyingkirkan orang-orang yang berada di lingkarannya karena cerita di Baxter Brothers mengambil dari teman-teman DuPont. DuPont mencuri cerita milik kakek dari Jughead dan dia ingin Jughead terlibat agar bisa menemukan keberadaan kakeknya sekaligus.

Misteri Videotape

Videotape menjadi benda misterius yang dikirimkan pada warga Riverdale. Dimulai dari rekaman rumah mereka seakan-akan sedang diawasi kemudian meningkat dengan menunjukkan hal-hal yang lebih mengerikan. Sampai-sampai Cheryl menerima video yang berisi seseorang menggunakan topeng Clifford dan membunuh seorang lainnya yang menggunakan topeng Jason.

Jughead membuat tulisan yang kelak menjadi portofolio baginya ketika mengajukan diri untuk kuliah. Tulisan itu berisi tentang fantasi balas dendam pada Mr. Honey yang menggagalkan prom night. Dalam sebuah draft, Jughead, Archie, Betty, Veronica, Cheryl dan Reggie bekerja sama untuk menghabisi Honey. Tulisan-tulisan Jughead itu belum bersifat final.

Jughead pun hanya memberi tahu Betty tentang tulisannya itu. Yang mengerikan adalah munculnya videotape yang berisi tayangan realisasi dari tulisan Jughead. Pelakunya antara sudah membaca tulisan Jughead yang sebenarnya belum disebarkan secara luas, atau dia mendengar pembicaraan Jughead dan teman-temannya tentang tulisan itu.

Riverdale Season 4 hadir dengan cerita yang terus berkembang dari season satu ke season lainnya. Selain itu, ending selalu dibuat menggantung. Seperti biasa, ending satu season memang selalu menjadi jembatan untuk season selanjutnya kalau memang serial masih berlanjut. Apa season keempat ini cukup menarik untuk kamu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, yuk!

Riverdale Season 4
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram