Sinopsis & Review Record of Youth, Drama Keresahan Anak Muda

Ditulis oleh Syuri
Record of Youth
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Siapa yang menanti-nanti drama "Record of Youth"? Kalau begitu, kamu sama dong dengan ribuan bahkan jutaan orang lainnya di seluruh dunia yang nggak sabar menunggu episode baru tiap minggunya dari drama ini. Wajar banget, sih. Soalnya, selain ceritanya yang menarik, pemainnya juga sangat dinanti penampilannya. Ini adalah drama terakhirnya Park Bo Gum sebelum enlist military.

Terus, ini merupakan proyek drama Park So Dam yang pertama setelah penampilannya di film pemenang Oscar, "Parasite". Selain para pemainnya, tentu kita tidak bisa melupakan orang-orang di balik layar, terutama penulis dan sutradara. Penulis drama "Record of Youth" adalah Ha Myung Hee, beliau merupakan dalang di balik drama "Doctors" (2016). Lalu, drama ini diarahkan oleh Ahn Gil Ho, yang menyutradarai drama "Rooftop Prince" (2012) dan "Stranger" (2017).

Bagaimana, sudah membuatmu semakin tertarik dengan drama "Record of Youth"? Baca sinopsis dan review dari tim Bacaterus untuk drama ini, yuk!

Sinopsis

Drama ini memiliki judul "청춘기록" atau yang bisa juga disebut "The Moment" dan "Youth Record". Drama ini menceritakan tentang kehidupan anak muda menjelang usia 30 tahun, di mana merupakan 'batas patokan' yang menunjukkan kamu sudah sukses atau belum.

Terutama bagi laki-laki Korea Selatan, mereka merasa harus membuktikan diri terlebih dahulu sebelum mereka masuk wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. Itulah yang dirasakan Sa Hye Joon (Park Bo Gum), Ahn Jung Ha (Park So Dam), dan Won Hae Hyo (Byeon Woo Seok).

Mereka semua berada di circle yang berdekatan, yaitu dunia entertainment. Bedanya, Hye Joon dan Hae Hyo itu model dan aktor, sedangkan Jung Ha itu makeup artist favorit mereka berdua! Tapi, cerita ini lebih banyak kita lihat dari sisi Hye Joon. Dia adalah seorang model dengan keinginan tinggi menjadi aktor.

Hye Joon adalah pria yang tampan dan cukup berbakat dalam berakting, tapi dia berasal dari keluarga miskin. Dia juga tidak mau mendapatkan peningkatan status atau pun job akting berkat sponsor (bukan endorse atau iklan), sehingga dia tidak punya 'backingan' di dunia entertainment. Sedangkan Hae Hyo adalah seorang model juga yang kebetulan bersahabat dengan Hye Joon sejak SMP.

Mereka berdua memulai karir modeling bersama-sama, tapi yang 'maju' hanya Hae Hyo. Nampaknya, itu semua tidak terlepas dari 'dukungan' orang tuanya yang terpandang dan kaya, terutama ibunya yang 'menyogok' supaya Hae Hyo mendapatkan peran di drama dan sebagainya.

Kamu mungkin berpikir, "Ah, enak jadi Hae Hyo." Padahal, Hae Hyo sangat iri dan malu terhadap Hye Joon yang mendapatkan semuanya murni berkat kerja kerasnya sendiri.

Lalu, untuk Jung Ha, dia adalah seorang makeup artist di sebuah salon. Di sana dia masih asisten, tapi karena hasil kerjanya bagus, dia sering mendapatkan pelanggan dia diminta untuk mendadani (seperti Hae Hyo, ibunya Hae Hyo, dan Hye Joon juga).

Hal ini membuat salah satu seniornya cemburu dan merundungnya setiap kali ada kesempatan. Tapi, dia pantang menyerah karena kecintaannya pada dunia kecantikan. Di sisi lain, dia juga seorang YouTuber dan suka busking makeup-in orang-orang di jalanan. Jung Ha bekerja keras karena dia hidup sendiri. Kedua orang tuanya telah bercerai dan memiliki keluarga baru.

Jika sang ayah masih berhubungan baik dengannya (walaupun tidak menafkahi), ibunya selalu menyusahkannya seperti mengkritiknya, mendiktenya, walaupun tidak terang-terangan meminta uang tapi ibunya sering berkeluh kesah tidak memiliki uang. Jung Ha memiliki hobi fangirling, dan coba tebak siapa bias-nya? Sa Hye Joon!

Cerita tentang Actor Wannabe & Makeup Artist Wannabe

Ketika baru memulai karirnya sebagai model, Sa Hye Joon terbilang cukup sukses. Tapi, seiring bertambah umurnya, job modeling kian sepi, dan dia pun masih punya cita-cita yang belum tercapai yaitu ingin menjadi aktor.

Demi menutupi kekurangan keuangan, dia bekerja sambilan di kedai bbq dan Subway, yang mana sering mendapatkan pelanggan wanita muda yang menyukai 'server yang tampan'. Beberapa diantara gadis-gadis itu juga sengaja datang karena tahu Hye Joon bekerja di sana. Hye Joon memang cukup terkenal sebagai ulzzang (selebgram).

Karena sudah menunda wajib militer beberapa kali, Hye Joon pun mendapatkan tekanan terus menerus dari keluarganya, memintanya berhenti bermimpi menjadi aktor dan bekerja seperti orang biasa saja (pekerjaan yang stabil seperti pegawai kantoran, dll).

Dia juga dicap 'beban keluarga' oleh ayah dan kakaknya. Selama ini memang yang mendukung karier entertainment-nya hanya kakek dan ibunya saja. Sempat berpikir untuk menyerah dan mendapatkan tawaran dari sponsor, tapi akhirnya Hye Joon berhasil meraih mimpinya secara perlahan dengan cara murni.

Sebelum itu, kamu mungkin bertanya-tanya kapan Hye Joon dan Jung Ha bertemu? Ketika acara Fashion Week, Hye Joon dan Hae Hyo merupakan salah satu modelnya. Jung Ha terpilih sebagai asisten seniornya yang menyebalkan sebagai salah satu makeup artist di sana. Mari kita sebut namanya supaya saya tidak perlu mengetik 'si senior itu', namanya adalah Jin Ju.

Karena Jin Ju penjilat dan (dulunya) merupakan makeup artist ibunya Hae Hyo sebelum berpindah ke Jung Ha, tentu Jin Ju memilih mendandani Hae Hyo dibandingkan Hye Joon. Dan, memang saat itu Hye Joon belum sepopuler Hae Hyo. Karena merasa terintimidasi dengan kehebatan Jung Ha, Jin Ju pernah berjanji untuk membuat hidup Jung Ha susah.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram